20+ Aplikasi Kasir Android Terbaik, Cocok Untuk UKM & UMKM

Fungsi dari seorang kasir ialah mencatat semua transaksi dari barang yang dijual atau dibeli oleh konsumen. Hal ini tentu sangat penting, karena dengan catatan tersebut, penjual dapat mengetahui semua keuntungan (laba) yang didapatkan dari sebagian produk yang telah dijual.

Jika barang yang dijual sedikit dan mudah dihafal, seorang kasir akan mudah melakukannya, namun jika barang begitu banyak dan beragam, tentu akan menjadi PR tersendiri.

Di era digital saat ini, semua fungsi dan kebutuhan sehari – hari dapat dimudahkan dengan adanya teknologi informasi, termasuk transaksi penjualan yang dilakukan oleh petugas kasir. Sudah tidak jamannya lagi, melakukan transaksi penjualan secara manual, tidak efisien dan tidak akurat dalam perhitungan.

Terlebih jika sebuah toko memiliki pengunjung yang begitu banyak, kasir pasti akan kebingungan dalam mencatat dan menghitung semua transaksi yang ada. Oleh karena itu, Aplikasi Kasir Android dapat menjadi solusi bagi anda yang mungkin saat ini sedang menjalankan bisnis UKM & UMKM.

Aplikasi Terkait

Tips Android

Masalah HP Android

Aplikasi Kasir Android Gratis

Sebenarnya di Google Play Store sendiri, ada banyak aplikasi kasir atau Point of Sales (POS) yang bisa anda temukan dan unduh secara gratis. Dan untuk kali ini saya akan sedikit berbagi beberapa Aplikasi Kasir Android terbaik yang tentunya sangat efektif dalam pengelolaan toko atau usaha yang anda miliki.

Biasanya, untuk versi pro dengan fitur yang lebih lengkap harus bayar biaya lisensi sesuai dengan nominal aplikasi itu sendiri. Dan berikut rekomendasinya …

#1. Kasir Pintar Free – Point of Sales & PPOB

Kasir Pintar Free
Sumber Image : Play Store

Aplikasi kasir pertama yang bisa saya rekomendasikan yakni Kasir Pintar dari PT Kasir Pintar Internasional. Aplikasi ini sangat memudahkan anda dalam manajemen dan transaksi dari usaha atau jasa yang sedang anda jalankan. Tidak perlu repot harus mencatat satu – persatu, semua bisa anda inputkan ke aplikasi dan jika nantinya dibutuhkan tinggal tap dan gunakan sesuai kebutuhan.

Yang paling menarik ialah, laporan transaksi bersifat grafik sehingga memudahkan pengguna dalam melihat keuntungan dan kerugian. Selain itu, anda juga dapat melakukan sinkronisasi akun anda ke kasirpintar.co.id, sehingga nantinya tidak akan ada data yang hilang atau terhapus.

Ada dua versi yang dihadirkan oleh PT Kasir Pintar Internasional, yakni gratis dan pro. Untuk yang pro, fitur dan manajemen usaha hadir dengan opsi menu lebih banyak. Jika tertarik, anda bisa unduh langsung melalui Play Store sekarang juga.

Free Version

[Google Play] [App Store]

Pro Version

[Google Play] [App Store]

#2. Qasir – Sistem Kasir Online

Qasir
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi berikutnya ada aplikasi Qasir (Point of Sales) dari PT Solusi Teknologi Niaga yang ditujukan untuk pengelola usaha atau yang sedang menjalankan usaha UMKM sebagai bagian pencatatan dan laporan kondisi binis dalam mengembangkan usaha ke depannya. Di desain dengan model UI yang user friendly dan simple sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur yang tersedia.

Aplikasi ini bersifat online dan offline, dan apabila smartphone dalam mode offline data yang tersimpan nantinya dapat tersinkronisasi secara otomatis ketika smartphone online kembali. Data yang tersimpan secara online sangat aman dengan dukungan cloud server yang canggih, sehingga pemrosesan data dan sinkronisasi akan terasa lebih cepat.

Sebagai pengguna, anda dapat mengelola semua kebutuhan usaha, baik informasi outlet, produk, pegawai, serta kebutuhan order. Jika ingin mencetak nota transaksi, bisa hubungkan aplikasi ke Printer.

[Google Play] [App Store]

#3. Sellfazz POS – Aplikasi Kasir Paling Simpel

Sellfazz POS
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yakni Sellpazz POS dari PT Payfazz Teknologi Nusantara, dengan dukungan berbagai kebutuhan manajemen toko dan kasir lengkap dan detail. Cukup gunakan smartphone android sebagai pengganti mesin kasir dari berbagi usaha yang telah anda jalankan.

Anda bisa upload semua produk beserta detailnya dengan mudah ke dalam aplikasi SellPazz POS sehingga nantinya anda tidak perlu repot lagi harus mencatat status produk secara manual kembali. Jika ada kesalahan, anda bisa update ulang, dan pantau semua persediaan produk yang ada di toko.

Jika pelanggan ingin mendapatkan struk pembelian, bisa kirimkan ke email atau print melalui sambungan Bluetooth. Yang paling menarik ialah, anda bisa pindai barcode produk menggunakan kamera smartphone sehingga proses transaksi akan terasa lebih cepat dan tidak perlu mencari satu persatu.

For Smartphone

[Google Play] [App Store]

For Tablet

[Google Play] [App Store]

#4. Pawoon – Kasir / POS Online

Pawoon POS Online
Sumber Image : Play Store

Selanjutnya ada aplikasi Pawoon  dari developers Pawoon, hadir dengan desain simple dan user friendly yang mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dapat membantu anda sebagai pemilik bisnis kecil atau menengah (UMKM) dalam mengembangkan dan memaksimalkan bisnis yang anda jalankan.

Aplikasi ini cocok untuk semua kebutuhan, baik itu dalam bidang retail, waralaba, kafe, hingga resto. Dalam melakukan manajemen stok (inventory management), aplikasi kasir android ini sangat handal, akurat, dan real-time dimapaun dan kapanpun. Melihat laporan harian terlihat lebih mudah dari sebelumnya, semuanya serba instan dan tidak menyita banyak waktu. Anda-pun tidak membutuhkan karyawan lebih untuk mengelola bidang usaha.

Aplikasi ini dapat berjalan secara online dengan menggunakan cloud server dan offline dengan menggunakan memori internal smartphone.  Jika ingin mencetak struk pembelian, tinggal hubungkan aplikasi ke printer struk thermal atau dot matrix via Bluetooth atau LAN.

[Google Play] [App Store]

#5. Cazh POS – Kasir Online / Aplikasi Toko

Cazh POS Kasir Online
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi aplikasi selanjutnya ada Cazh POS dari developers CAZH, hadir dengan tampilan sederhana yang memudahkan pengguna dalam menjalankan usaha. Aplikasi ini hadir secara gratis dan pro dengan menambahan fitur unggulannya.

Cocok untuk segala jenis usaha UMKM, entah itu toko kelontong, laundry, barbershop, salon, klinik kecantikan, waralaba, cafe, restoran, pedagang kaki lima, kantin, warteg, toko pakaian, cuci mobil, ataupun yang lainnya. Menariknya lagi, anda-pun juga dapat berjualan pulsa dan menerima pembayaran listrik, PDAM, PLN, Telkom, angsuran multifinance, serta beberapa kebutuhan transaksi lainnya.

Jika nantinya anda tertarik untuk upgrade ke fitur yang lebih pro atau lengkap, anda bisa melakukan pembayaran melalui OVO atau GO-PAY dengan nominal yang cukup terjangkau bagi pegiat usaha UMKM. Tertarik mencoba, unduh langsung melalui Google Play Store sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#6. Kasir & Catatan Penjualan

Kasir Catatan Penjualan
Sumber Image : Play Store

Kasir & Catatan Penjualan (Sales Record) dari developer devmeow bisa menjadi pilihan terbaik dalam mengelola bisnis atau usaha UMKM anda. Aplikasi ini bersifat gratis dan mudah untuk anda gunakan, tinggal input dan kelola nama barang, kategori barang, penjualan, statistik penjualan, hingga melakukan barcode scanner.

Anda-pun bisa import semua data barang secara massal dari file excel (csv) melalui aplikasi ini, tidak perlu repot input satu persatu jika semua data telah tersedia. Jika anda ingin cetak nota, bisa hubungkan melalui printer.

[Google Play] [App Store]

#7. Kasir Pro

Kasir Pro
Sumber Image : Play Store

Revolusi industry 4.0 sudah tidak jamannya menggunakan nota manual, kini saatnya upgrade ke era yang lebih digital dengan menginstal aplikasi kasir terbaik. Kasir Pro dari Kasuar Networks Developer bisa menjadi opsi unggulan untuk kebutuhan kasir dari bisnis yang sedang anda jalankan. Aplikasi ini sangat cocok untuk segala jenis usaha UMKM, terlebih untuk bisnis kuliner akan sangat maksimal.

Aplikasi kasir ini dapat berjalan secara offline dan tanpa iklan. Jika smartphone berada dalam mode online, semua data secara otomatis akan terupload ke cloud server sehingga data akan aman walaupun ganti perangkat.

Tampilan UI dari aplikasi ini sangat menarik sehingga mampu memanjakan mata saat dibuka atau digunakan. Selain itu, informasi produk yang ditampilan cukup lengkap dan beragam, pengguna bisa input data produk secara lengkap, baik gambar, nama, harga, hingga detail produk.

[Google Play] [App Store]

#8. Kasir POS – Ireap Lite

Kasir POS
Sumber Image : Play Store

Kasir POS dari PT Sterling Tulis Cemerlang dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan bisnis usaha UMKM anda. Aplikasi kasir android ini bersifat offline (tanpa koneksi internet), kecuali pada saat backup dan mengirim laporan via Email. Adapun untuk kebutuhan lain seperti input produk dan transaksi penjualan semuanya offline dan tanpa iklan.

Idealnya aplikasi dapat membantu kebutuhan usaha seperti toko ritel, kios, cafe, food truck, pameran, bengkel, apotek, onlineshop, franchise, warung, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa temukan melalui website www.ireappos.com. Untuk download, bisa langsung kunjungi Google Play Store melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#9. Program Kasir Super Mudah

Program Kasir Super Mudah
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi berikutnya ada program kasir dari KiosAplikasi.com yang pastinya sangat mudah untuk digunakan, baik untuk kebutuhan transaksi ataupun pengelolaan barang. Pada menu Master, anda dapat melakukan perubahan identitas toko, menambahkan kategori barang, nama barang, serta nama pelanggan.

Dibagian transaksi, terdapat beberapa opsi penting seperti penjualan yang nantinya bisa anda gunakan ketika ada seorang pembeli yang datang untuk membeli barang. Bayar utang dapat anda gunakan untuk menyelesaika pembeli atau pelanggan yang berhutang. Kemudian return digunakan untuk pengembalian barang karena masalah atau kerusakan tertentu.

Menu laporan dapat menjadi hasil penting dari semua penjualan atau pendapatan yang telah didapatkan. Ini bisa menjadi analisis penting dari banyaknya barang yang telah dijual, pengeluan untuk kebutuhan toko, serta berapa banyak keuntungan yang didapatkan dalam per hari, per minggu, ataupun per bulan.

[Google Play] [App Store]

#10. Aplikasi Kasir Laundry – Cleanlab POS

Cleanlab POS
Sumber Image : Play Store

Anda punya usaha laundry kecil – kecilan, ingin mengelola semua kebutuhan laundry dengan mudah dan cepat, kini saatnya beralih ke digital dengan memanfaatkan  aplikasi kasir laundry Cleanlab POS berbasis android dari PT Ahlijasa Teknologi Indonesia. Tidak perlu repot harus menggunakan program Desktop atau Komputer, cukup dengan smartphone Android, manajemen laundry dan transaksi mudah untuk dilakukan.

Aplikasi ini berbasis online, yang artinya ketika anda punya karyawan maka anda tetap bisa memantau aktivitas laundry, dimanapun dan kapanpun anda mau. Ini menjadi sangat efektif untuk mematau absensi dan performa pekerjaan meskipun tanpa pengawasan.

Fitur pembukuan juga sangat berguna untuk melihat semua transaksi Laundry, baik dalam sehari, seminggu, ataupun sebulan. Semua pendapatan akan terlihat secara teratur dan mudah untuk dipahami. Jika tertarik, anda bisa unduh aplikasi ini langsung dari Play Store secara gratis.

[Google Play] [App Store]

#11. Aplikasi Kasir Laundry – Smartlink

Aplikasi Kasir Laundry Smartlink
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi aplikasi selanjutnya ada Smartlink dari Citridia IT Solution yang difungsikan untuk kebutuhan laundry. Aplikasi sangat cocok untuk jasa laundry karena fitur dan kebutuhannya sangat lengkap, baik untuk POS kasir laundry, manajemen proses kerja, hingga manajemen kurir laundry. Semua dapat anda kelola dengan mudah hanya dengan satu aplikasi saja.

Sementara untuk kebutuhan transaksi, ada beberapa opsi seperti transaksi reguler, transaksi deposit, pembelian deposit, pembelian E-Money, cetak nota transaksi, kelola penyimpanan, kelola customer, kelola kurir, serta permintaan transfer atau setor dana.

Untuk fitur yang lebih pro, tentunya pengguna harus uprgade dengan monimal biaya sesuai dengan yang tertera pada aplikasi. Untuk mencobanya, anda bisa unduh gratis langsung dari Play Store sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#12. Kasir Konter HP + Keuangan

Kasir Konter HP
Sumber Image : Play Store

Bagi anda yang saat ini sedang mengelola konter HP, kini saatnya beralih ke era digital dengan memanfaatkan aplikasi kasir konter HP plus keuangan dari KomputerKit.com. Aplikasi ini dapat mempermudah anda dalam mengelola semua produk yang ingin dijual, entah itu aksesoris, smartphone, kartu perdana, ataupun produk lainnya.

Ditambah lagi, anda bisa mendapatkan semua informasi keuangan, laporan harian, bulanan, hingga catatan hutang dari para pelanggan. Kebutuhan akan transaksi juga terasa lebih mudah, tinggal tap dan cari produk terkait, kemudian nantinya akan tampil nota pembelian.

Anda-pun dapat mencetak nota melalui printer yang terhubung via Bluetooth atau USB OTG.

[Google Play] [App Store]

#13. Kasir Bengkel + Keuangan

Kasir Bengkel
Sumber Image : Play Store

Mayoritas dari banyaknya bengkel yang berdiri, sangat jarang pengelolaan barang atau onderdil yang ingin dijual menggunakan program aplikasi android, pasti manual dan harus tulis satu per satu. So, kini saatnya memanfaatkan smartphone android sebagai bagian untuk memaksimalkan segala kebutuhan bengkel, baik pengelolaan produk, kebutuhan transaksi, hingga laporan pendapatan.

Kasir Bengkel Plus Keuangan dari KomputerKit.com bisa menjadi andalan. Informasi dan kebutuhannya terlihat cukup lengkap, baik untuk input kategori produk, nama produk, hingga daftar para pelanggan.

Kebutuhan transaksi juga terlihat simple, pengguna tinggal input data, cari produk terkait, kemudian selesaikan. Nantinya akan tampil nota pembelian yang bisa di cetak melalui printer via Bluetooth atau USB OTG. Jika tertarik, anda bisa unduh gratis langsung dari Google Play Store.

[Google Play] [App Store]

#14. Kasir Restoran + Keuangan

Kasir Restoran
Sumber Image : Play Store

Bagi yang sedang mengelola restoran, kini saatnya beralih ke era yang lebih efisien dengan manfaatkan aplikasi Kasir Restoran plus Keuangan dari KomputerKit.com.  Aplikasi ini dapat memudahkan pemilik restoran ataupun kasir dalam mengelola semua menu, kategori, isi menu, meja, hingga para pelanggan yang datang.

Transaksi terasa mudah untuk dilakukan, pengguna cukup tap nama pelanggan, cari menu yang diinginkan (bisa lebih dari satu menu), kemudian selesaikan. Nantinya, nota dapat dicetak melalui printer via Bluetooth atau USB OTG.

Untuk pendapatan, pemilik restoran dapat melihat semua hasilnya melalui fitur Laporan. Nantinya akan terlihat beberapa opsi pilihan laporan, pengguna tinggal melihat sesuai keinginan atau kebutuhan. Sementara, untuk mendapatkan fitur yang lebih Pro, pengguna bisa melakukan pembayaran melalui GO PAY dengan biaya yang cukup terjangkau.

[Google Play] [App Store]

#15. Restoku – Kasir Khusus Usaha Kuliner

Restoku
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi untuk yang sedang menjalankan usaha atau bisnis kuliner, bisa coba aplikasi Restoku dari developer PT Restoku Andalan Indonesia. Aplikasi hadir dengan tujuan untuk memaksimalkan usaha kuliner atau UMKM anda, lebih profitable, repeatable, dan scalable. Restoku memiliki segudang fitur manajemen menu dan transaksi yang lengkap.

Aplikasi kasir ini dapat dijalankan pada smartphone dan tablet android, dan bahkan bisa dihubungkan langsung melalui printer kasir agar nantinya lebih cepat dalam mencetak nota pembelian.

Keunggulan dari aplikasi ini ialah, Point of SDM untuk mendapatkan karyawan dengan cepat, Point of Sales untuk pencatatan penjualan dan menu, serta Point of Supply untuk mendapatkan supplier bahan baku dengan harga yang lebih terjangkau. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi Restoku langsung dari Play Store sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

 #16. Kasir Toko Portable – Point of Sales

Kasir Toko Portable
Sumber Image : Play Store

Selanjutnya ada Kasir Toko Portable dari GentaTekno yang mudahkan segala kebutuhan transaksi dan pembukuan dari usaha UMKM anda. Aplikasi ini sangat cocok untuk segala kebutuhan bisnis kecil ataupun menengah, entah itu warung, toko, apotek, onlineshop, franchise, serta berbagai jenis usaha lainnya.

Anda tidak perlu pusing lagi dalam manajemen stok produk, mengecek harga dan data produk, invoice atau order, ataupun mengatur keuangan. Semuanya dapat dengan mudah anda kelola hanya dengan menggunakan aplikasi ini.

Informasi yang dihadirkan bisa bermacam – macam, mulai dari produk barang atau jasa seperti halnya bengkel atau jenis usaha lainnya. Dapat melakukan input satu produk dengan harga yang berbeda – beda sesuai dengan levelnya. Bisa juga mendapatkan opsi diskon pada produk tertentu.

Untuk kebutuhan laporan, semuanya tersedia lengkap, baik harian, bulanan, hingga tahunan. Selain itu, informasi laporan dapat di export ke dalam bentuk file Excel. Adapun untuk nota pembelian, aplikasi bisa dihubungkan ke printer via Bluetooth.

[Google Play] [App Store]

 #17. Ubequ POS

Ubequ POS
Sumber Image : Play Store

Aplikasi kasir berikutnya ada Ubequ POS dari Vixelmedia dengan dukungan kebutuhan manajemen produk dan transaksi penjualan berbasis cloud server. Hadir dengan UI simple dan user friendly tentunya dapat memudahkan dan memanjakanmu saat menggunakan aplikasi ini.

Yang paling menarik dari aplikasi kasir android adalah, anda bisa melakukan banyak hal seperti melacak inventaris, menerima feedback dari para pelanggan, dan melakukan analisis sehingga nantinya anda bisa tahu item apa yang paling laku, barang apa yang hampir habis, kapan jam paling sibuk dalam melayani pelanggan, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dapatkan langsung dari Google Play Store melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#18. Accurate Lite

Accurate Lite
Sumber Image : Play Store

Untuk aplikasi kasir rekomendasi selanjutnya ada Accurate Lite dari CPSSoft yang mudah dan gratis untuk anda gunakan. Sebenarnya CPSSoft hadirkan dua versi, antara yang offline dan online, dan untuk versi online, anda perlu membuat akun untuk database melalui website accurate.id atau langsung pada aplikasi. Sedangkan untuk offline bisa langsung digunakan tanpa harus setting apapun.

Fitur utama dari aplikasi ini, pengguna dapat melakukan berbagai kebutuhan manajemen usaha, seperti pencatatan pembelian dan penjualan, hutang dan piutang, pencatatan beban gaji, listrik, air, perubahan stok persediaan, saldo dan histori rekening bank, serta beberapa opsi fitur lainnya.

Cetak struk penjualan melalui printer yang terhubung ke bluetooth atau Google Cloud Print. Dapat juga mengirimnya melalui Email, WhatsApp, dan LINE. Tidak hanya satu usaha, anda bisa melakukan manajemen multi cabang apabila memang anda memiliki lebih dari satu cabang.

Offline Version

[Google Play] [App Store]

Online Version

[Google Play] [App Store]

#19. Loyverse POS – Kasir Toko

Loyverse POS
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi aplikasi kasir selanjutnya yakni Loyverse POS dari developer Loyverse yang cocok untuk berbagai usaha atau bisnis UMKM seperti toko retail atau grosir, kafe, restoran, kedai kopi, kuliner, salon kecantikan, usaha cuci mobil, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini dapat menjadi pengganti mesin kasir umum yang biasa, ini merupakan aplikasi digital portable yang mudah dan bisa dikelola dimanapun dan kapanpun anda inginkan. Anda-pun bisa melacak penjuaan dan persediaan barang secara real-time, mengelola karyawan dan cabang usaha, serta kebutuhan – kebutuhan lainnya.

Informasi lebih lanjut bisa temukan langsung melalui link Google Play Store yang ada dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#20. Kasir Mudah – Simplify POS

Simplify POS
Sumber Image : Play Store

Simplify POS dari developer PT Mahakarya Internusa Teknologi bisa menjadi pilihan untuk anda yang sedang menjalankan bisnis kecil – kecilan ataupun menengah (UMKM). Tidak hanya sekedar aplikasi kasir biasa, didalamnya terdapat fitur yang begitu lengkap yang pastinya mampu mengelola semua kebutuhan transaksi usaha harian anda.

Beberapa fitur unggulan yang bisa anda gunakan seperti manajemen pegawai, manajemen outlet dan meja, manajemen produk dan kategori, manajemen pelanggan, serta manajemen pembayaran hutang.

Opsi pembayaran pun bisa sangat beragam, mulai dari Tunai, Debit atau Kredit Card, GOPAY, OVO, Transfer, dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba, unduh aplikasi langsung melalui Google Play Store sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#21. Olsera POS

Olsera POS
Sumber Image : Play Store

Berikutnya ada Olsera POS dari PT Olsera Indonesia Pratama yang merupakan aplikasi kasir android paling fleksible dengan hadirkan berbagai fitur terlengkap mudahkan para pegiat usaha UMKM. Tidak hanya pada versi Android, aplikasi ini juga tersedia untuk iOS dan Windows (Desktop).

Semua kebutuhan dalam manajemen usaha dan transaksi akan terasa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Bahkan untuk setiap resi transaksi dapat dikirim melalui Email ataupun SMS, bisa juga cetak melalui Printer dengan menghubungkannya ke Bluetooth.

Informasi lebih lanjut bisa kunjungi Google Play Store atau App Store sekarang juga.

[Google Play] [App Store] [Windows]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Yunit berkata:

    Bagus bagus rekomendasi aplikasinya..bnyak pilihan juga, jd pengen coba semua..terimakasih ……