Ingin Sukses Membuka Usaha Kuliner? Lakukan 7+ Tips Berikut Ini

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut mengenai tips usaha kuliner. Ada baiknya jika kita mengetahui seperti apa usaha atau bisnis itu? Mungkin sebagian besar masyarakat termasuk anda pasti tahu men­­­­­genai hal tersebut. Dan ada juga yang tidak mengetahui.

Jadi, bisnis itu adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Atau dengan artian lain bisnis itu seperti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan saja.

Dapat anda ketahui bahwasannya dalam ekonomi kapitalis pastinya bisnis ini kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta. Dan juga bisnis ini dibentuk untuk mendapatkan profit yang berlebih dan meningkatkan kesejahteraan bagi para pemiliknya.

Memang benar adanya, jika bisnis itu hanya mengejar keuntungan. Apakah semua bisnis seperti itu? Tentunya tidak semua. Seperti halnya kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya.

Kembali ke topik pembahasan, seperti yang anda ketahui terdapat banyak sekali jenis-jenis bisnis yang dapat dilakukan. Seperti bisnis toko, bisnis laundry, bisnis isi ulang air dan lain sebagainya. Akan tetapi di antara semua jenis bisnis yang paling menarik perhatian di kalangan pengusaha adalah usaha kuliner. Bahkan sudah menjadi tren bisnis sekarang ini.

Mengapa bisa begitu? Yup, perlu anda ketahui bisnis kuliner ini bisa di katakan bisnis yang tidak akan pernah mati dari waktu ke waktu dan alasan paling utamanya makan adalah suatu kebutuhan primer dari semua orang tanpa pandang status.

Tidak sampai disitu saja, modal yang digunakan untuk memulai bisnis kuliner ini tidak sebesar jenis-jenis bisnis lainnya. Dan juga anda bisa meraup 100% keuntungan yang didapat dari menjalani bisnis kuliner ini.

Baca Juga : 9+ Tips Sukses Bisnis Online Instagram

Jika dilihat dari permasalahan tersebut, dapat dipastikan bisnis kuliner ini merupakan bisnis yang menjanjikan dari tahun ke tahun. Banyak di kalangan pengusaha termasuk anda sendiri ingin memulai usaha kuliner ini.

Akan tetapi di samping hal tersebut, bisnis kuliner ini juga memiliki keuntungan dan juga kekurangan yang di dapat. Maka dari itu pikirkan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Berikut untuk lebih jelasnya.

Kelebihan Bisnis Kuliner

Modal Kecil

Apakah benar memulai usaha kuliner ini membutuhkan modal kecil? Besar kecilnya modal ini tergantung anda ingin usaha kuliner seperti apa. Misal jika anda ingin usaha makanan ringan seperti donat, nastar ataupun yang lainnya. Maka untuk memulainya pasti membutuhkan modal yang kecil.

Berbanding terbalik jika anda ingin membuka sebuah restoran tentunya anda membutuhkan modal yang cukup besar

Peluang Besar

Dapat diketahui bahwa usaha kuliner ini tidak akan pernah mati. Karena kebutuhan pokok manusia itu sendiri adalah makan. Nah, hal ini merupakan peluang besar bagi yang ingin memulai usaha kuliner.

Lokasi Mudah di Dapat

Untuk memulai usaha kuliner ini anda dapat dengan mudah mendapatkan lokasi. Di samping itu anda juga harus mempertimbangkan tempat yang akan anda jadikan lokasi usaha. Hal ini juga berkaitan dengan target pasar anda pastinya. Mungkin jika anda ingin membuka usaha kecil dapat dilakukan di rumah sendiri.

Kekurangan Bisnis Kuliner

Pesaing Banyak

Pesaing semakin banyak adalah hal yang biasa terjadi di dunia usaha kuliner. Tidak sedikit orang ingin membuka usaha kuliner ini. Jadi, jika anda ingin terjun ke dalam kuliner. diharapkan anda harus menyuguhkan sesuatu yang menarik.

Waktu Expired

Untuk melakukan usaha kuliner ini memang makanan tidak bisa bertahan lama karena ada Expired dari makanan tersebut. Dan hal tersebut bisa merugikan usaha anda. Berbeda dengan bisnis fashion yang bisa bertahan lama. Untuk itu anda harus memasang target dengan ketat.

Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Untuk Kebutuhan Bisnis

Tips Usaha Kuliner Untuk Pemula

Memang untuk memulai usaha kuliner ini tidaklah mudah seperti yang anda pikirkan. Anda memerlukan riset, strategi, modal, mengenal lebih jauh mengenai usaha kuliner dan pastinya anda harus bekerja ekstra keras supaya bisnis kuliner yang anda jalankan meraup keuntungan yang berlebih.

Dan hal tersebut perlu anda lakukan untuk memperkecil kerugian dari bisnis kuliner. Nah, untuk itu bagi anda yang sudah yakin ingin memulai usaha kuliner ini. Penulis ingin berbagi beberapa Tips usaha kuliner untuk anda yang masih pemula dan mungkin bisa anda jadikan referensi untuk memulai bisnis kuliner anda. Berikut ini …

#1. Pelajari Usaha Kuliner

Pelajari Usaha Kuliner
Sumber Image : dastornews.com

Untuk tips pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari tentang usaha kuliner. Mengapa demikian? karena jika anda tidak mempelajarinya, dapat di pastikan usaha kuliner anda tidak akan bisa berkembang.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut tentunya di perlukan pengetahuan dan kemampuan dalam usaha kuliner. Untuk mempelajarinya anda bisa peroleh dari buku-buku maupun lainnya. Akan tetapi penulis sarankan anda untuk menemui seseorang yang sudah menjalankan usaha kuliner tersebut.

Dengan demikian jika anda terkena masalah meskipun baru memulai usaha kuliner. Anda dapat mengatasinya dengan pengetahuan dan kemampuan anda dalam mengelola usaha tersebut.

#2. Modal Utama

Modal
Sumber Image : sahabatpegadaian.com

Seperti yang anda ketahui, Modal merupakan hal dasar yang harus anda siapkan jika ingin membuka usaha. Modal tidak hanya menggunakan uang anda sendiri, akan tetapi jika semisal anda kekurangan modal. Anda bisa mencari cara untuk mendapatkan modal. Diantaranya adalah dengan mencari seorang partner kerja maupun meminjam uang di Bank.

Memang untuk memulai usaha kuliner ini dibutuhkan modal yang kecil. Tetapi apakah seperti itu? Tentunya tidak, karena kecil besarnya modal tersebut tergantung anda ingin usaha kuliner seperti apa. Nah, untuk itu siapkan modal yang sekira-nya cukup untuk usaha kuliner anda..

Baca Juga : 10+ Aplikasir POS Penjualan Terbaik

#3. Konsep Usaha Kuliner

Konsep usaha
Sumber Image : cermati.com

Setelah itu tentukan konsep bisnis kuliner anda. Pada tahap ini yang harus anda lakukan adalah riset terlebih dahulu. Seperti halnya, anda harus mengamati jenis usaha kulier apa yang bisa membuat pelanggan tertarik.

Dapat anda ketahui, bahwa kebanyakan masyarakat sekarang ingin mencoba sesuatu yang baru. Maka dari itu, buatlah konsep semenarik mungkin untuk membuat pelanggan bertanya-tanya dan penasaran. Dengan adanya konsep usaha ini dapat menjadi nilai tambah dalam usaha kuliner anda.

#4. Lokasi Strategis

Lokasi Strategis
Sumber Image : sahabatpegadaian.com

Pada tahap ini adalah tahap yang sering menjadi masalah bagi pengusaha terutama yang baru memulai usaha kuliner. Mengapa? Tidak sedikit pengusaha kulier yang gagal dikarenakan tempat yang mereka pilih kurang strategis.

Untuk itu, jika anda serius ingin membuka usaha kuliner. Maka hal yang perlu anda lakukan adalah mencari lokasi yang mudah di akses dan ramai pengunjung. Tidak hanya itu saja, anda juga harus mempertimbangkan persaingan bisnis di sekitar lokasi yang anda pilih.

#5. Keunikan Usaha Kuliner

Keunikan Bisnis
Sumber Image : republika.co.id

Selanjutnya adalah keunikan usaha kuliner anda dan hal ini juga berkaitan erat dengan konsep usaha yang anda buat di tahap sebelumnya. Jadi di dalam suatu usaha baik usaha kuliner maupun usaha lainnya pasti mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri.

Hal ini dilakukan supaya anda dapat bertahan dengan segala persaingan yang ada. Maka dari itu buatlah sebuah inovasi dalam dunia kuliner supaya mengurangi tingkat persaingan usaha anda.

#6. Target Pasar

Target Pasar
Sumber Image : fastwork.id

Jika anda sudah memenuhi beberapa tahap di atas. Untuk tips selanjutnya adalah saatnya anda menentukan target pasar untuk usaha kuliner anda. Bagaimana caranya? Sebagai contoh, misalnya anda ingin menargetkan mahasiswa.

Maka hal yang harus anda lakukan adalah untuk berfokus terhadap faktor pendukung usaha kuliner yang dapat menarik minat mahasiswa. Seperti burger, kebab, atau makanan cepat saji lainnya yang digemari kebanyakan mahasiswa.

Baca Juga : 20+ Aplikasi Kasir Terbaik [Android & iOS]

#7. Promosi

Promosi
Sumber Image : portalinvestasi.com

Dan tips yang terakhir adalah promosi untuk usaha kuliner anda. Yup, Promosi merupakan hal terpenting dalam membangun sebuah usaha baik bagi yang baru memulai maupun yang sudah menjalankan. Dengan adanya promosi ini, dapat menjangkau pasar lebih luas.

Di samping itu kemajuan teknologi juga semakin meningkat yang mana memudahkan melakukan promosi. Seperti Facebook, WhatsApp, Instagram maupun lainnya. Dan hal ini pastinya dimanfaatkan kebanyakan pengusaha untuk mempromosikan usaha kuliner mereka.

Nah, untuk melakukan promosi ini bisa dilakukan dengan 2 cara yakni Offline dan Online. Offline sendiri dapat dilakukan dengan cara membuat brosur lalu menyebarkannya, memasang banner ataupun dilakukan dengan face to face.

Berbeda dengan cara online, yakni dengan menyebarkan promosi lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook. Untuk cara online memang cara paling efektif untuk melakukan promosi. Tetapi akan lebih baik jika melakukan promosi dengan kedua-duanya supaya hasilnya maksimal.

Penutup,

Dapat anda ketahui di atas, untuk membangun usaha tidak mudah. Kegagalan adalah hal yang biasa terjadi di dalam sebuah usaha. Jadi anda harus berjuang keras jika ingin usaha anda berhasil dan juga anda harus mengevaluasi bagaimana agar kegagalan tersebut tidak terulang kembali.

Bagikan artikel ini ke media sosial yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat. Tulis ide, tips, atau pendapat anda mengenai artikel ini melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!!

Show All Comments (0)