Tips Memilih Smartphone Android

Dianisa.comTips Cara Memilih Smartphone atau Tablet Android Yang Baik dan Berkualitas. Smartphone android adalah sebuah ponsel pintar yang bisa mengikuti dan menuruti apa yang kita inginkan setiap harinya. Banyak Masyarakat Indonesia yang terlena akan canggihnya smartphone android yang hadir dengan fitur yang menarik dan beragam. Banyak produsen smartphone yang menawarkan atau menjual produk mereka dengan harga yang relatif lebih murah seperti EverCross, Smartfreen Andromax, Lenovo, Advan, Axioo, Acer, Oppo dan produk smartphone android lainnya.

Baca Juga :

Murah bukan berarti murahan? Fitur yang ada diponsel tersebut tak kalah dengan smartphone yang memiliki harga lebih mahal seperti Samsung atau Iphone. Mulai dari desain body, kamera, RAM, Prosesor, dan fitur yang ada didalamnya terlihat sangat menggoda untuk membeli smartphone semacam itu. Namun, kita sebagai pengguna ponsel biasa tentunya masih merasa bingung seperti apa ponsel android yang bagus itu, apa hanya dilihat dari bodynya saja atau dilihat dari fitur hardware yang ada diponsel android tersebut.

Tips Memilih HP Android Yang Bagus dan Berkualitas

Mengatasi hal tersebut marilah simak beberapa tips sederhana untuk memilih smartphone atau tablet android yang bagus dan berkualitas. Berikut tips-tipsnya.

1. CPU dan RAM

CPU atau Central Processsing Unit, mungkin anda mengenal intilah ini ada pada komputer atau Laptop, namun sebenarnya smartphone atau tablet android juga memiliki CPU. Mengapa demikian? Karena smartphone android sama halnya dengan laptop, bedanya hanyalah kecil dan besar. Smartphone juga menggunakan sistem operasi dan komputer juga menggunakan sistem operasi. Untuk memilih hardware CPU yang baik (Untuk Smartphone) biasanya CPU Dual-Core.

RAM atau Random Acces Memory merupakan hardware penting yang harus anda perhatikan setelah memilih CPU. Membuka aplikasi, bermain game, mengedit konten, menulis pesan, dan kegiatan lainnya juga membutuhkan hardware RAM. Lemot tidaknya sebuah smartphone android biasanya disebabkan karena RAM android yang kecil. Besaran RAM smartphone yang baik biasanya diatas 1 GB.

2. GPU

GPU atau (General Processing Unit) merupakan hardware yang berperan penting dalam memainkan game berkualitas HD dan 3D. GPU bukanlah Gosok Pijat Urut, melainkan sebuah kartu grafis yang memang menjadi perhatian para gamers untuk memilih spesifikasi hardware smartphone android. semakin tinggi besaran nilai GPU maka semakin baik pula tampilan grafis dari game tersebut. Tidak hanya game saja, tetapi disaat anda menonton video dengan kualitas HD juga akan terlihat jelas dan sangat detail apabila kartu grafis tersebut memang memiliki spesifikasi yang sangat baik.

3. Display Layar

Display Layar android juga harus menjadi pertimbangan disaat ingin membeli smartphone baru. Mulai dari ukuran layar, resolusi layar, dan sensitifitas layar. Teknologi layar yang bagus untuk sekarang ini minimal harus bertipe IPS (in-Plane Switches) dengan kombinasi warna mencapai 16 juta. Selain itu, pilihlah layar yang memiliki dukungan Multitouch. Apa itu Multitouch? Multitouch merupakan teknologi layar smartphone yang dapat merespon sentuhan dengan dua jari atau lebih, fitur seperti ini akan lebih memudahkan anda untuk mengoperasikan smartphone android anda.

Untuk ukuran layar, sebaiknya pilihlah sesuai kebutuhan anda. Jika dilihat secara langsung memang layar yang lebar jauh lebih baik dibanding dengan layar yang kecil, tetapi perlu anda tahu bahwa smartphone dengan layar lebar tentunya terasa lebih sulit untuk dioperasikan karena harus menggunakan dua tangan. Jadi sebaiknya pilihlah ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan anda serta sangat mudah untuk dimasukkan kedalam kantong. Tidak begitu besar dan tidak begitu kecil.

4. Kualitas Kamera

Dengan memilih smartphone android dengan kualitas kamera yang bagus tentunya akan menghasilkan gambar jepretan yang indah dan mengesankan. Untuk kamera belakang pilihlah kamera dengan ukuran minimal 5 MP lengkap dengan Flash. Sedangkan untuk kamera depan pilihlah kamera dengan ukuran minimal 1.5 atau 3 MP. Apabila anda adalah seorang wanita yang suka berfoto selfie ria mungkin membutuhkan kamera depan yang dilengkapi dengan fitur Flash agar menghasilkan jepretan yang lebih maksimal dibanding dengan yang lainnya.

Baca Juga :

5. Kapasitas Baterai

Memilih baterai smartphone android dengan kapasitas yang besar tentunya membuat smartphone tersebut dapat bertahan lebih lama. Untuk itu pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 2000 mAh, dan apabila anda suka dan sering bermain game pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 3000 mAh.

Baca Juga :

6. Jaringan Dan Konektifitas

Untuk masalah jaringan, mungkin semua smartphone minimal sudah memiliki jaringan 3G atau HSDPA. Dan apabila anda memiliki uang lebih, anda bisa memilih smartphone dengan jaringan terbaru Indonesia yaitu 4G LTE. Untuk konektifitasnya harus sudah mendukung Wi-Fi, Bluetooth, USBport, dan Headset.

Baca Juga :

7. Merek Ponsel

Semua jenis smartphone android yang beredar di Indonesia saya rasa semuanya sudah tahu, seperti Oppo, Smartfreen Andromax, Lenovo, Asus, Xiomi, Acer, Samsung, HTC dan smartphone android lainnya. Sebaiknya pilihlah smartphone yang memang lebih anda sukai dan pas untuk kantong anda. Pililah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda, tidak begitu murah dan tidak begitu mahal.

Pada dasarnya manusia ingin memilih smartphone terbaik dengan fitur yang handal dan cepat. Namun hal itu bisa saja terjadi kerusakan dilain waktu dan hari. Smartphone memang bisa dibilang ponsel cerdas, namun tanpa adanya pengguna, smartphone tersebut bukanlah produk yang cerdas. Jadi jika dibalik, kitalah yang cerdas bukan smartphone tersebut. Saran dari saya, pilihlah smartphone atau tablet android yang sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Selain itu, harga smartphone juga harus menjadi pertimbangan, agar uang anda tidak habis hanya gara-gara membeli smartphone.

Baca Juga :

Demikian tips sederhana mengenai Cara Memilih Smartphone Atau Tablet Android Yang Baik Dan Berkualitas. Semoga dengan adanya tips ini anda bisa memilih smartphone terbaik sesuai dengan keinginan anda. Apabila artikel ini terlihat bagus dan menarik, sebarkanlah melalui media sosial. Terima kasih dan semoga bermanfaat!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here