Tips Menghemat Baterai Android

Dianisa.comTips Cara Menghemat Baterai Android Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama. Di jaman yang serba modern sekarang ini ternyata pengguna smartphone android semakin banyak. Yang dulunya smartphone hanya bisa di dapat dengan harga jutaan rupiah tetapi sekarang bisa di dapat hanya dengan harga ratusan ribu rupiah. Gebrakan dari Negara China lah yang memproduksi ponsel android dengan harga murah dengan fitur yang lengkap. Dengan pengguna android yang semakin banyak, keluhan dari pengguna android juga akan semakin banyak seperti halnya masalah baterai yang tidak awet dan cepat habis.

Baca Juga :

Baterai yang tidak awet dan cepat habis sangat wajar, dikarenakan ponsel jenis android memang membutuhkan daya yang sangat banyak agar performa menjadi lebih optimal. Terutama aplikasi – aplikasi tertentu yang membutuhkan daya besar seperti Game dan Browser Internet. Setiap ponsel android memang sudah rancang dengan kapasitas baterai yang berbeda – beda dari yang sedang hingga yang jumbo. Dengan memilih ponsel dengan kapasitas yang lebih besar/ jumbo tentunya akan lebih awet dan tahan lama. Namun, butuh uang lebih agar bisa mendapatkan ponsel dengan kapasitas baterai yang lebih besar tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal semacam itu anda tidak perlu beli ponsel baru, cukup menerapkan tips cara menghemat baterai android dibawah ini maka baterai android anda akan lebih awet dari sebelumnya.

1. Nonaktifkan Notifikasi Yang Tidak Diperlukan

Notifikasi atau pemberitahuan sering muncul tiba tiba gara gara adanya pembaharuan aplikasi atau game. Notifikasi seperti ini juga dapat menguras daya baterai android anda dikarenakan notifikasi tersebut muncul disaat adanya aplikasi yang melakukan update jika tersambung dengan internet. Mungkin hal seperti ini terbilang remeh, tapi tanpa kita sadari bahwa notifikasi game ataupun aplikasi dapat menguras baterai secara cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut tentunya anda harus menonaktifkan notifikasi update aplikasi atau game yang tidak begitu penting. Masuk ke menu “Setting” kemudian pilih “Apps” lalu carilah aplikasi atau game yang ingin dinonaktifkan notifikasinya, Biasanya yang sering memberikan notifkasi adalah Google Play dan Game. Kemudian hilangkan tanda centang pada bagian “Show Notification”.

2. Matikan Wifi Jika Tidak Diperlukan

Adanya fitur Wifi memang sangat mempermudah pengguna android untuk mengakses internet secara gratis pada area tertentu. Namun apabila anda tidak berada pada area Hotspot (WiFi) sebaiknya nonaktifkan fitur Wifi. Karena apabila terus aktif maka ponsel juga akan terus mencari sinyal Wifi terdekat, hal seperti ini dapat menguras daya baterai lebih cepat. Sebaiknya gunakanlah jaringan default pada ponsel android anda seperti 3G atau 4G LTE. Tetapi jika anda berada pada area Wifi gunakanlah sesuka hati anda, karena daya yang dibutuhkan lebih kecil dibanding dengan jaringan 3G atau 4G LTE.

Jadi agar tidak bingung dapat disimpulkan bahwa jika tidak berada pada area WIfi sebaiknya matikan fitur Wifi, tetapi jika berada pada area Wifi aktifkan fitur Wifi.

3. Matikan GPS (Lokasi) Apabila Tidak Dipakai

GPS bisa membantu anda dalam mencari lokasi/ tempat secara mudah dan cepat. selain digunakan sebagai petunjuk lokasi, GPS juga dapat melacak ponsel android yang hilang karena terhubung secara langsung dengan akun google. Namun, penggunaan GPS yang terlalu sering juga dapat menguras daya baterai secara cepat. Apabila anda tidak begitu membutuhkan GPS sebaiknya matikan saja fitur GPS agar baterai tidak cepat habis.

Cara mematikan fitur GPS dapat anda lakukan dengan masuk pada menu “Setting” kemudian pilih menu “Location” dan “Security” lalu matikan fitur tersebut dengan menghilangkan tanda centang.

4. Turunkan Tingkat Kecerahan Pada Layar

Apabila ponsel android terlihat terang dan cerah, tentunya dapat menyedot daya beterai android lebih cepat. Semakin terang ponsel android maka semakin boros juga penggunaan baterai android anda. Tampilan yang jelas dan cerah memang dapat mempermudah anda dalam melakukan aktifitas pada ponsel android, tetapi hal seperti tidaklah diperlukan apabila anda berada pada ruangan tertutup seperti kantor, rumah, atau sekolah. Namun, apabila anda berada dibawah terik matahari anda bisa meningkatkan kecerahan agar lebih jelas saat melihat layar android.

Nah, untuk mengatur tingkat kecerahan pada ponsel android, anda dapat masuk pada menu “Setting” kemudian pilih pada bagian “Display”, dari situlah anda bisa mengatur tingkat kecarahan pada layar android.

5. Jangan Memakai Live Wallpaper (Animasi)

Dengan memasang Live wallpaper memang terlihat lebih keren dan lucu. Tetapi, mungkin anda sudah tahu bahwa Live Wallpaper dapat membuat baterai cepat habis dikarenakan memasang gambar bergerak layaknya animasi. Sebaiknya pasanglah tampilan home screen dengan gambar sederhana atau foto sang kekasih. Selain itu, kurangi juga penggunaan widget yang tidak begitu penting untuk dipasang. Dengan mengikuti cara tersebut pastinya anda sudah bisa menghemat baterai android anda.

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Kenapa baterai android cepat habis, padahal tidak membuka membuka aplikasi apapun? Tanpa anda sadari bahwa baterai cepat habis juga dipengaruhi karena adanya aplikasi yang berjalan terus walaupun tidak membuka aplikasi tersebut, Seperti BBM, Whatsappp, atau facebook messenger. Aplikasi tersebut tetap akan menguras daya baterai anda terus menerus apabila tidak dihentikan/ distop. Untuk cara menghentikan aplikasi berjalan pada android sangat mudah untuk di lakukan. Masuk pada menu “Setting” kemudian pilih menu “Apps” lalu carilah aplikasi yang ingin dihentikan pada bagian “Running”. Biasanya yang banyak menguras daya baterai adalah aplikasi Sosial media seperti Line, BBM, Whatsapp, dan Facebook Messenger. Hentikan aplikasi tersebut jika memang tidak dipakai dengan cara klik “Stop”.

Nah, dengan mengikuti langkah tersebut setidaknya bisa menghemat baterai android anda agar tidak cepat habis.

7. Kurangi Penggunaan Data Internet

Internet memang sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari kita. Dengan adanya internet komunikasi juga terasa lebih mudah dan cepat. Namun, mengakses internet yang terlalu berlebihan dapat menguras baterai android secara cepat. Kebanyakan dari ponsel android yang mengalami masalah baterai yang tidak awet dan cepat habis dikarenakan terlalu berlebihan mengakses internet sampai – sampai betarai menjadi panas.

Nah, untuk mengatasi hal semacam itu sebaiknya gunakanlah data internet seperlunya saja. Jangan berlama – lama nongkrong di media sosial. Namun, apabila anda mengakses internet pada area Wifi, gunakanlah sesuka hati anda karena selain gratis fitur Wifi juga hemat daya.

8. Install Aplikasi Penghemat Baterai

Sebenarnya tidak ada aplikasi penghemat baterai android, yang ada hanyalah aplikasi yang bisa memonitoring penggunaan daya baterai. Tetapi dengan aplikasi monitoring setidaknya anda bisa tahu aplikasi apa saja yang menguras baterai lebih cepat. Anda bisa menggunakan aplikasi Snapdragon™, Avast Battery Saver, atau DU Battery Saver untuk memonitoring penggunanan baterai agar dapat bertahan lebih lama. Download aplikasi tersebut memalui Google Play secara gratis.

Baca Juga :

9. Gunakanlah Headset Apabila Mendengarkan Musik

Tips menghemat baterai yang terakhir adalah gunakanlah headset di saat mendengarkan musik. Mengapa harus menggunakan Headset? Apabila anda mendengarkan secara langsung pada speaker android tentunya akan lebih cepat menguras baterai dikarenakan suaranya yang keras, sedangkan apabila menggunakan headset pastinya suara lebih kecil serta tidak menguras baterai terlalu banyak. Tetapi pilihan ada didiri anda masing – masing, mau menggunakan headset atau mendengarkan langsung dari ponsel.

Baca Juga :

Itulah Beberapa Tips Sederhana Membuat Baterai Lebih Awet Dan Dapat Bertahan Lebih Lama. Mungkin masih banyak tips dan trik diluar sana, namun apabila anda benar – benar menerapkan tips diatas saya yakin baterai anda akan lebih hemat dibanding dengan sebelumnya. Jika anda berpergian jauh dan takut baterai anda habis, sebaiknya bawalah Power Bank untuk mencarger ponsel disaat baterai sudah habis.

Demikian informasi yang dapat saya berikan semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here