Tips Merawat Layar Sentuh Android

Dianisa.comTips dan Cara Melindungi Layar Sentuh Android Agar Tidak Cepat Rusak. Setiap smartphone yang kita beli, baik itu mahal ataupun murah, baik itu berfitur canggih ataupun standar tentunya kita ingin smartphone tersebut tetap awet dan tidak cepat rusak. Sebagai pengguna tentunya kita juga harus merasa bijak dalam menggunakan smartphone ataupun tablet android.

Baca Juga :

Kita tahu bahwa layar sentuh merupakan salah satu bagian yang paling utama untuk anda jaga agar nantinya tidak terjadi error atau rusak. Berbeda dengan baterai atau charger, jika mengalami kerusakan maka tinggal beli yang baru maka masalah bisa selesai. Tapi jika yang rusak adalah Layar Sentuh, tentunya smartphone android anda akan dibongkar secara total. Menyedihkan bukan?

Tips Merawat Layar Sentuh Android Agar Tetap Awet

Ada beberapa Tips Yang Bisa Anda Lakukan Agar Layar Android Tidak Cepat Rusak Dan Tetap Awet. Dan berikut tips – tipsnya.

1. Pasang Screen Protector

Layar sentuh android tidak akan pernah bisa terhindar dengan yang namanya goresan. Jadi perlu anda ketahui bahwa Layar sentuh sangat lembut dan licin, dan apabila terdapat debu yang menempel saja, kemudian anda usap dengan tangan maka hal tersebut bisa terjadi goresan pada layar.

Untuk itulah anda perlu memasang dengan Screen Protector. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar sentuh android. Ada banyak pilihan Screen Protector dengan harga yang murah dan bisa anda manfaatkan untuk melindungi layar Android anda. Yuk, Pasang Screen Protector sekarang juga?

2. Gunakan Jari Tangan dan Stylus

Untuk mengoprasikan Layar sentuh android, sebaiknya jangan gunakan alat lain selain Jari tangan dan Stylus. Hal ini di maksudkan agar sensifitas layar sentuh tidak error atau rusak karena bersentuhan dengan benda lain yang tidak seharusnya digunakan.

Coba anda perhatikan pada Samsung Galaxy Note. Smartphone canggih tersebut dilengkapi dengan Stylus yang berguna untuk mengoperasikan layar sentuh seperti drag, tap, menulis, menggambar, dan berbagai aktifitas lainnya. Pihak dari Samsung juga melarang pengguna untuk memakai benda atau alat lainnya dalam mengoperasikan Toucscreen HP.

3. Jauhkan Dari Panas

Agar Layar sentuh tetap awet dan bisa bertahan lama, jauhkan dari bahaya panas. Pasas yang dimaksud bisa bermacam – macam mulai dari panas matahari, kompor, microwave, diatas CPU komputer, dan bahan – bahan lain yang dapat menghantarkan panas.

4. Jauhkan Dari Magnet

Mungkin anda sudah tahu bahwa magnet dapat merusak hardware pada smartphone android, terutama pada layar sentunya. Untuk itu hindari dan jauhkan smartphone android anda dari bahan yang mengandung magnet. Misalnya saja seperi TV, Radio, DVD Player, dan barang elektronik lain yang mengandung magnet.

5. Perhatikan Saat Menyimpan

Saat anda menyimpan atau meletakkan smartphone pastikan letakkan pada ruang yang bebas dan tempat yang datar. Selain itu, diharapkan untuk tidak memasukkan smartphone ke dalam saku Celana karena selain sempit, hal tersebut dapat membuat Layar Smartphone tergores dan tertekan.

6. Jangan Gunakan Smartphone Saat Sedang Men-Charger

Mungkin anda sudah tahu bahwa menggunakan smartphone saat sedang mengisi baterai akan berdampak buruk pada smartphone itu sendiri. Selain akan cepat panas, hal tersebut juga dapat mengakibatkan sensitifitas menjadi error dan rusak.

Untuk itu saya sarankan, saat anda sedang men-charger smartphone, sebaiknya matikan dan tunggu hingga pengisian daya baterai selesai. Barulah nantinya anda bisa memakainya kembali.

7. Gunakan Kalibrasi Layar

Kalibrasi Layar Android berfungsi untuk melihat sensitifitas layar apakah masih bekerja denagn baik atau tidak. Selain itu, anda juga harus mengatur tingkat Kalibrasi Layar, mau yang lambat atau yang cepat.

8. Bersihkan Touchscreen Dengan Bahan Yang Lembut

Untuk merawat Layar Sentuh Android agar terlihat kinclong dan awet anda juga harus membersihkannya. Gunakan bahan yang lembut untuk membersihkan layar sentuh. Biasanya banyak dari penguna android menggunakan Tisu sebagai pilihannya.

9. Istirahatkan Smartphone

Matikan smartphone android anda selama beberapa jam dalam sehari. Hal ini dimaksudkan agar smartphone bisa istirahat dan tidak ada proses apapun yang harus dimuat. Mengistirahatkan smartphone bisa anda lakukan pada malam hari saat anda sedang tidur.

10. Gunakan Hati Nurani Anda

Tips – tips diatas tidak akan pernah ada gunanya jika anda tidak menggunakan hati nurani anda. Jadi sebaiknya perlakukan Smartphone dengan baik. Misalnya saat sedang bermain game, jangan terlalu menekan tombol, jangan melempar smarphone, dan jangan menempatkan smartphone secara terbalik.

Smartphone android merupakan ponsel pintar yang dapat membantu kegiatan sehari – hari anda, baik dikantor, dikampus, disekolahan, ataupun ditempat – tempat lainnya. Jadi sebaiknya gunakan smartphone android dengan baik dan bijak agar nantinya anda juga mendapatkan kebaikan dari smartphone android tersebut.

Baca Juga :

Itulah beberapa Tips Melindungi Touch Screen HP Android Agar Tetap Awet Dan Tidak Cepat Rusak. Semoga dengan adanya tips ini, anda bisa terbantu. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here