32 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu, Unik, dan Mudah Dirawat!

Ketahui apa saja hewan peliharaan yang mudah dirawat di rumah melalui pembahasan berikut!

Sebagian orang ingin memelihara hewan lucu di rumah untuk menemani dan menjadi teman setia agar tidak merasa kesepian. Tentu saja dengan memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan yang lucu, unik dan mudah dirawat merupakan pilihan yang tepat, karena adanya suatu hubungan yang harmonis antara pemilik dan hewan dapat menjadikan suasana rumah semakin indah. Namun, beberapa orang juga perlu mempertimbangkan ketika ingin memelihara hewan, karena harus memikirkan tentang ketersediaan tempat tinggal yang sesuai dengan hewan yang akan dipelihara.

Hewan peliharaan sangat cocok dan pilihan yang tepat untuk menemani anak perantauan agar tidak kesepian. Ketika memiliki hewan peliharaan  dapat meningkatkan mood booster yang unik dan berbeda dengan lain. Tentu saja, setelah pulang kerja atau kuliah akan ada hewan peliharaan yang menyambut kepulangan dengan tingkah lucu dan gemasnya, serasa ada tambahan anggota keluarga baru. Berikut ini beberapa rekomendasi mengenai hewan peliharaan lucu, unik dan mudah dirawat.

Lihat Juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Rekomendasi hewan peliharaan lucu, unik dan mudah dirawat

Berikut beberapa rekomendasi hewan peliharaan lucu yang bisa Anda jadikan pilihan!

1. Anjing

Anjing
Sumber Gambar : nbcnews.com

Hewan peliharaan yang terkenal karena di juluki sebagai sahabat sejati adalah anjing. Hewan ini tidak hanya memberikan kasih sayang dan cinta tanpa syarat, tetapi juga dapat menjadi teman yang penuh kesetiaan dan perlindungan. Hewan peliharaan anjing dapat memberikan kegembiraan dan kebahagiaan sekaligus dapat meningkatkan kesehatan serta kebugaran pemiliknya, hal itu melalui kegiatan fisik seperti mengajak jalan-jalan atau bermain kelincahan.

2. Kucing

Kucing
Sumber Gambar : unsplash.com

Selain anjing, hewan kucing merupakan peliharaan favorite bagi sebagian orang. Kucing dikenal karena tingkah lucu dan menggemaskannya, itu mengapa kucing juga menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kucing merupakan makhluk yang anggun dan misterius, dengan kemampuan yang dimilikinya untuk menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan pemiliknya. Kehangatan, kelembutan dan kecerdasan yang dimiliki oleh kucing mampu memberikan rasa tenang, nyaman dan kehangatan di rumah, tentu saja suasana rumah akan terlihat lebih berwarna karena adanya hewan peliharaan kucing.

3. Hamster

Hamster
Sumber Gambar : wall.alphacoders.com

Hamster merupakan hewan kecil yang sedikit masih tergolong dari keluarga tikus. Namun bedanya hamster lebih lucu dan menggemaskan. Hewan ini juga cukup mudah untuk dirawat sebagai hewan peliharaan. Bagi beberapa orang yang sering begadang, hamster sangat cocok untuk menemani Anda. Mengapa? Karena hamster termasuk pada hewan nokturnal yang sangat aktif di malam hari. Dengan aktivitas malam yang sunyi dan tenang, akan lebih menyenangkan lagi jika ditemani oleh hewan kecil dan imut ini. Kepribadian ceria dan perawatan relatif mudah, hamster dapat menjadi pilihan tepat ketika Anda ingin mencari hewan peliharaan lucu dan menghibur.

4. Kelinci

Kelinci
Sumber Gambar : besthdwallpaper.com

Bagi orang-orang yang ingin mempunyai ruang dan keinginan untuk mencoba sesuatu yang berbeda, kelinci ialah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Lucu, lembut dan menggemaskan adalah sifat yang dimiliki oleh kelinci. Salah satu keunikan yang tidak ada di hewan lain yaitu kelinci mempunyai kebiasaan unik seperti selalu melompat-lompat riang gembira, mengunyah makanan dengan ekspresi yang lucu. Dari tingkah laku itulah dapat memberikan kesenangan dan hiburan untuk pemiliknya.

5. Landak Mini

Landak Mini
Sumber Gambar : ruparupa.com

Sebagian orang berpikir bahwa landak itu sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, karena memiliki duri di tubuhnya. Tapi tenang saja, untuk jenis landak mini yang satu ini berbeda dengan landak yang berukuran besar. Landak mini justru lebih bersahabat dan mudah untuk dirawat, meskipun sama-sama memiliki duri pada tubuhnya, duri pada landak mini masih tergolong sedikit aman. Namun tetap saja, harus berhati-hati ketika hendak memegang supaya tidak tertusuk oleh duri-durinya.

6. Ikan Arwana

Ikan Arwana
Sumber Gambar : detik.com

Salah satu ikan hias yang dapat memberikan suasana rumah menjadi lebih menarik dan menawan adalah ikan arwana. Satu hal yang unik dari ikan ini yaitu dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Dan apabila ingin memelihara hewan yang habitatnya di air dan menarik, tentu saja ikan arwana pilihan yang tepat. Cara perawatan ikan ini pun cukup mudah, harus rutin membersihkan aquarium dan mengganti filter air.

 7. Kura-Kura

Kura-Kura
Sumber Gambar : okezone.com

Jika ingin memelihara hewan lucu dan menggemaskan seperti kura-kura, tentu saja harus menelusuri terlebih dahulu apakah kura-kura tersebut dilindungi atau tidak, dan apabila kura-kura tersebut berstatus sebagai hewan yang dilindungi, maka akan sangat sulit untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Salah satu jenis kura-kura yang tidak dilindungi adalah kura-kura brazil, perawatannya pun begitu mudah dengan memberikan makanan seperti sayur-sayuran, cacing, buah dan pelet. Dan yang perlu diperhatikan yaitu harus menggunakan air yang bersih dan selalu dikuras.

8. Burung Kakatua

Burung Kakatua
Sumber Gambar : wallpaperbetter.com

Bagi orang-orang yang ingin memiliki hewan peliharaan yang dapat menirukan suara manusia atau benda, pilihan tepat jatuh pada burung kakatua. Burung ini dikenal karena kepintarannya ketika menirukan suara orang lain, selain itu juga burung ini memiliki warna bulu yang indah, menawan dan megah.

9. Love Birds

Love birds - 1
Sumber Gambar : bestforpets.in

Burung cinta atau yang dikenal dengan sebutan Love Birds adalah salah satu jenis burung yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Burung ini mempunyai bentuk tubuh mungil dan warna bulu yang begitu indah. Tak salah jika banyak orang yang sangat berminat untuk memelihara love birds di rumah. Untuk merawat burung ini cukup mudah dengan memberikan biji-bijian, sayur dan buah sebagai makanan sehari-hari.

10. Burung Kenari

Burung Kenari
Sumber Gambar : wikipedia.org

Salah satu jenis burung yang mempunyai kicauan merdu adalah burung kenari. Jika Anda ingin suasana di pagi hari disambut dengan suara burung yang berkicau riang, tentu burung kenari sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Burung ini memiliki ukuran yang tergolong kecil yaitu 10-12 centimeter dan beratnya mencapai 15 gram.

Lihat Juga : 30 Gambar Fauna Simple

11. Iguana

Iguana
Sumber Gambar : nationaltoday.com

Salah satu jenis kadal yang sangat populer sebagai hewan peliharaan adalah iguana. Hewan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, meskipun banyak orang yang ingin memelihara iguana, perlu diketahui terlebih dulu bahwa untuk menjadikan iguana sebagai hewan peliharaan memerlukan pertimbangan secara matang, karena iguana mempunyai ukuran yang sangat besar ketika menginjak dewasa.

12. Bunglon

Bunglon
Sumber Gambar : ugm.ac.id

Dikenal sebagai salah satu hewan reptil yang eksotis ketika dijadikan sebagai hewan peliharaan, perlu untuk memastikan bunglon yang dirawat tersebut adalah jenis bunglon yang aman untuk dipelihara. Contoh bunglon yang dapat dipelihara adalah bunglon yaman, bunglon senegal, bunglon jackson dan bunglon fischer.

13. Kuda

Kuda
Sumber Gambar : wallpaperbetter.com

Di luar negeri, kuda merupakan hewan peliharaan yang terbilang mahal, hal itu karena kuda membutuhkan perawatan dan kandang yang besar. Setiap tahun pemilik hewan peliharaan ini harus merogoh uang yang lumayan besar untuk perawatannya. Akan tetapi, di Indonesia kuda bukan termasuk hewan peliharaan umum.

14. Guinea Pigs

Guinea Pigs
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Guinea pigs merupakan jenis hewan yang sekilas mirip dengan hamster. Hewan ini masih tergolong dalam keluarga tikus, namun yang membedakan bentuk hewan ini sedikit lebih besar dari tikus, memiliki ekor yang pendek. Guinea pigs sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karena tingkah dan bentuknya yang lucu.

15. Ayam

Ayam
Sumber Gambar : mongabay.co.id

Hewan peliharaan yang satu ini sudah banyak ditemui di pekarangan rumah, baik rumah sendiri maupun tetangga. Ayam banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang, misalnya untuk diolah menjadi makanan ataupun dijual kembali. Salah satu jenis ayam yang banyak dipelihara yaitu ayam cemani, ayam pelung, ayam batik, kalkun, ayam kate, dan ayam mutiara.

16. Otter

Otter
Sumber Gambar : reconnectwithnature.org

Otter dikenal sebagai berang-berang yang pandai berenang dan sangat menyukai makan ikan. Mempunyai karakteristik sikap yang begitu manja menyebabkan banyak orang tertarik dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ketika ingin memelihara hewan ini harus menyiapkan lahan yang cukup besar untuk digunakan sebagai kolam, agar otter bisa berenang dengan nyaman.

17. Sugar Glider

Sugar Glider
Sumber Gambar : cypressmag.com

Memiliki nama yang sangat unik yaitu sugar glider, hewan ini cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dan menemani di saat kesepian. Salah satu tingkah untuk dari sugar glider yaitu bisa melebarkan tubuhnya dan melayang cukup jauh.

18. Marmut

Marmut
Sumber Gambar : bankbjb.co.id

Marmut atau yang dikenal sebagai tikus belanda merupakan spesies hewan pengerat yang masih dalam kelompok famili caviidae dan genus cavia. Marmut merupakan hewan yang sangat menyukai terowongan karena dapat digunakan sebagai tempat persembunyian. Marmut sangat cocok dijadikan sebagai teman di kala menemani kesepian, hewan ini sangat aktif selama 20 jam sehari.

19. Ikan Koi

Koi fish
Sumber Gambar : sandiegozoo.org

Ikan koi mempunyai bentuk tubuh yang memanjang dengan sirip di punggung, pinggul, dada dan ekornya. Kepala ikan koi bentuknya sama dengan ikan mas yang dilengkapi oleh kumis kecil. Ikan koi memiliki banyak jenis diantaranya ikan koi tancho, ikan koi ochiba shigure, ikan koi ki utsuri dan lain sebagainya. Beragam macam dari jenis ikan koi adalah pilihan yang tepat untuk memelihara hewan air ini untuk mengisi kolam.

20. Sea Monkey

Sea Monkey
Sumber Gambar : livescience.com

Salah satu hewan yang sangat unik yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah sea monkey. Hewan ini dijuluki sebagai monyet laut sesuai dengan namanya yaitu sea monkey. Namun, sebetulnya, sea monkey merupakan udang air asin dan tidak berkaitan dengan monyet. Hal yang paling unik dari sea monkey adalah hewan ini dapat mati suri ketika kondisi lingkungannya sedang tidak baik-baik saja.

Lihat Juga : Macam-Macam Keragaman Budaya di Indonesia

21. Burung Kutilang

Burung Kutilang
Sumber Gambar : wikipedia.org

Banyak manfaat yang dirasakan ketika memelihara seekor burung yaitu meningkatkan rasa bahagia dan mampu untuk menurunkan stres. Kicauan yang dimiliki oleh burung dapat memberikan sensasi nyaman dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Salah satu jenis burung yang mempunyai kicauan merdu adalah burung kutilang. Kicauan dari burung ini begitu beragam dan sangat di rekomendasikan sebagai hewan peliharaan.

22. Monyet

Monyet
Sumber Gambar : kompas.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang telah memelihara seekor monyet meskipun jumlahnya dapat dihitung. Meskipun monyet tergolong hewan yang lucu dan menggemaskan, namun untuk merawat monyet perlu memikirkan banyak komitmen hingga kesulitan yang akan dihadapi nantinya.

23. Angsa

Angsa
Sumber Gambar : wikipedia.org

Angsa memang selalu dikaitkan dengan perayaan pernikahan, hal itu karena  angsa melambangkan cinta dan kesetiaan hewan. Selain akan kebiasaannya yang saling menyatukan kepala dengan pasangannya dan membentuk gambar hati, angsa juga sangat terkenal sebagai hewan setia. Untuk itu, angsa sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

24. French Angelfish

French Angelfish
Sumber Gambar : fishlaboratory.com

Jenis hewan air ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki rasa setia terhadap pasangannya. Cocok sekali dijadikan sebagai hewan peliharaan, karena kesetiaan hewan ini menunjukkan dalam banyak hal, baik dari segi tempat tinggal, perjalanan, hingga berburu.

25. Ubur-Ubur

Ubur-Ubur
Sumber Gambar : okezone.com

Berniat ingin mencari hewan peliharaan yang terbilang sangat unik dan berbeda dengan lainnya tentu saja ubur-ubur menjadi pilihan yang tepat. Perawatan ubur-ubur juga cukup mudah yaitu hanya membutuhkan aquarium bening dan berukuran sedang. Makanan ubur-ubur cukup disediakan plankton kering dan sesuai takaran.

26. Chinchilla

Chinchilla
Sumber Gambar : wikipedia.org

Salah satu hewan lucu dan unik yang sangat cocok untuk dipelihara di rumah adalah chinchilla. Mamalia kecil sejenis rodensia herbivora ini sangat menggemaskan karena bentuknya yang minimalis. Chinchilla juga sering dikenal sebagai tikus yang memiliki telinga besar dan lebar, serta tubuhnya ditutupi oleh bulu lebat seperti karpet.

27. Tarantula

Tarantula
Sumber Gambar : wikipedia.org

Tarantula adalah jenis laba-laba terbesar di dunia. Mungkin sebagian orang berpendapat mengapa hewan yang tergolong menyeramkan ini dapat dipelihara. Namun, beberapa pecinta hewan tarantula ini menjadikannya sebagai hewan peliharaan karena dinilai sebagai hewan peliharaan yang menantang. Di Indonesia, tarantula merupakan jenis hewan yang banyak diminati oleh banyak orang.

28. Axolotl

Axolotl
Sumber Gambar : npr.org

Axolotl adalah jenis hewan yang unik karena memiliki tubuh berwarna merah muda. Hewan ini sering dijuluki sebagai “The Smiling Salamander” karena mulutnya terlihat seperti tersenyum. Axolotl termasuk dalam golongan amfibi yang begitu menyukai atau menghabiskan waktunya di air.

29. Ferrets

Ferrets
Sumber Gambar : britannica.com

Ferrets merupakan anggota keluarga Mustelidae yang mempunyai bentuk tubuh ramping, ekor panjang dan bulu yang halus. Hewan ini sangat cocok untuk dipelihara karena perawatannya yang mudah, untuk memelihara ferrets membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak dan bermain.

30. Burung Hantu

Burung Hantu
Sumber Gambar : nature.org

Bagi sebagian orang sangat menyukai burung hantu untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.  Burung hantu termasuk hewan nokturnal yang selalu beraktivitas di malam hari, itu mengapa dijuluki sebagai burung hantu.  Faktanya, burung hantu mempunyai kecerdasan yang melebihi burung lainnya. Agar burung ini lebih jinak, perlu adanya komunikasi dan sapaan antara pemilik dengan hewan ini. Untuk memelihara burung hantu juga cukup mudah dan tidak memerlukan sangkar, karena burung hantu lebih menyukai tepat yang terbuka.

31. Tupai

Tupai
Sumber Gambar : bobo.grid.id

Tupai adalah hewan kecil yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Terdapat beberapa jenis tupai yang populer yaitu tupai asia dan tupai kelapa, kedua jenis tupai tersebut sangat cocok untuk dipilih sebagai hewan peliharaan.

32. Leopard Gecko

Leopard Gecko
Sumber Gambar : exopetguides.com

Leopard gecko merupakan hewan jenis tokek yang berasal dari Pakistan, Iran dan India. Nama leopard gecko dipilih karena hewan ini memiliki corak pada bagian tubuh seperti macan tutul. Hewan ini juga termasuk nokturnal atau hidup di malam hari, leopard gecko sudah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan populer bagi para pecinta hewan reptil.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Cara merawat hewan peliharaan untuk pemula

Cara Merawat Hewan Peliharaan
Sumber Gambar : aboutdogfacts.com

Merawat hewan peliharaan dengan baik merupakan tanggung jawab penting bagi pemiliknya. Berikut ini adalah beberapa tips dasar untuk merawat hewan peliharaan bagi pemula:

1. Melakukan survei

Sebelum memilih hewan yang dijadikan sebagai peliharaan, perlu adanya survei yang tepat untuk mengetahui kebutuhan dasar, perilaku, pola makan, perawatan kesehatan dan lingkungan yang tepat untuk hewan tersebut.

2. Kandang dan lingkungan yang sesuai

Pastikan Anda menyediakan kandang atau tempat tinggal yang sesuai untuk hewan peliharaan. Kandang harus cukup besar agar dapat memberikan ruang gerak yang cukup dan dilengkapi dengan peralatan seperti tempat tidur, tempat makan, mainan dan tempat untuk bersembunyi.

3. Makanan dan nutrisi yang tepat

Memberikan makanan yang sesuai untuk jenis hewan peliharaan Anda, harus membaca terlebih dulu panduan makanan yang telah dianjurkan oleh dokter hewan. Menjaga makanan harus selalu tetap segar dan memberikan porsi yang sesuai, perlu menghindari makanan yang berpotensi beracun dan membahayakan hewan peliharaan.

4. Air bersih dan segar

Memastikan hewan peliharaan memiliki akses terkait air bersih dan segar agar tetap terjaga kesehatannya. Selalu rutin mengganti air setiap hari dan membersihkan wadah air secara teratur.

5. Perawatan kesehatan

Menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan rutin menjadwalkan kunjungan ke dokter hewan. Melakukan vaksinasi, pemeriksaan kesehatan dan perawatan pencegahan lainnya adalah bentuk perhatian dari merawat hewan peliharaan. Membersihkan gigi, memberi obat cacing dan melakukan perawatan lainnya sesuai dengan panduan dokter hewan.

6. Interaksi

Memberi waktu dan perhatian yang cukup untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan Anda, memberikan mainan, kasih sayang dan melatihnya dengan cara yang positif. Beberapa hewan peliharaan juga membutuhkan latihan fisik yang cukup teratur, hal itu akan menjadi kesempatan bagi hewan untuk terus bergerak dan beraktivitas.

Lihat Juga : Contoh Yel – Yel Pramuka Singkat

Penutup

Rekomendasi hewan peliharaan lucu, unik dan mudah dirawat semoga dapat dijadikan sebagai referensi untuk Anda saat memiliki keinginan untuk memelihara hewan yang bisa dijadikan sebagai teman setia dan menyenangkan untuk menemani di sepanjang hari. Perlu diingat bahwa setiap hewan peliharaan memiliki kebutuhan unik, jadi penting bagi calon pemilik untuk melakukan survei dan mempertimbangkan beberapa faktor seperti ruang, waktu dan komitmen yang diperlukan sebelum memutuskan memilih hewan peliharaan yang tepat.

Apa jenis hewan peliharaan yang cocok untuk mereka yang tinggal di apartemen dengan ruang terbatas?

Hamster adalah pilihan yang baik untuk mereka yang tinggal di apartemen dengan ruang terbatas. Hamster adalah hewan kecil yang dapat dengan mudah diakomodasi dalam kandang kecil dan tidak memerlukan ruang yang luas untuk beraktivitas.

Bagaimana dengan hewan peliharaan yang cocok untuk keluarga dan anak-anak?

Anjing seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk keluarga dengan anak-anak. Anjing, terutama yang mempunyai sifat ramah dan sabar dapat menjadi sahabat setia bagi anak-anak, memberikan cinta, keceriaan dan kesenangan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengawasan orang dewasa diperlukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan baik bagi anak-anak maupun anjing.

Apakah ada hewan peliharaan yang cocok untuk orang yang sibuk dengan jadwal yang padat?

Kucing merupakan pilihan yang tepat baik untuk orang yang sibuk dengan jadwal padat. Kucing dikenal karena kemandiriannya dan kemampuan untuk mengurus diri sendiri dalam banyak hal. Kucing dapat beradaptasi dengan waktu luang yang terbatas dan tetap memberikan kehangatan dan kebersamaan saat diperlukan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini