40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Tips Merawat dan Harganya!

Ketahui jenis-jenis ikan hias air tawar berikut ini!

Pernahkah Anda merasa penat ketika pulang kerja? Atau merasa sangat jenuh jika seharian di rumah, karena tidak ada hiburan dan terkesan monoton? Nah coba saja untuk memelihara hewan peliharaan, seperti ikan hias air tawar. Mungkin dengan merawat ikan hias air tawar dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan membantu menghilangkan dari rasa kebosanan.

Mengamati ikan hias dapat memberikan efek menenangkan dan menghibur. Memelihara ikan hias bisa menjadi pusat perhatian dan memberikan keindahan visual di area  sekitar. Melihat mereka berenang dan berinteraksi dalam akuarium dapat memberikan perasaan menenangkan dan juga sebagai relaksasi alami.

Selain itu, merawat ikan hias juga melibatkan tanggung jawab dalam memberikan makanan yang tepat, menjaga kondisi air yang baik, dan memberikan perawatan yang diperlukan. Hal ini bisa memberikan rasa pencapaian dan kepuasan ketika melihat ikan-ikan tersebut tumbuh dengan sehat dan bahagia. Apa saja jenis ikan hias air tawar dan bagaimana cara melakukan perawatan dengan baik? Yuk, simak penjelasan berikut!

Ringkasan

  • Sisi menarik dari ikan hias yang menyebabkan orang tertarik untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yaitu ikan hias mempunyai keindahan dan beragam variasi warna, perilaku menarik yang dimiliki oleh ikan hias membuat orang jatuh cinta dan merawat ikan merupakan sebuah hobi yang menyenangkan.
  • Faktor yang harus diperhatikan untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk ikan hias yaitu memperhatikan suhu air, parameter air, ukuran akuarium, dekorasi dan pencahayaan.
  • Tips untuk merawat ikan hias ialah memilih ikan yang sesuai dengan ukuran akuarium, menjaga kualitas air yang baik, memberikan makan yang tepat, dan membersihkan akuarium.
  • Jenis ikan hias air tawar yaitu Guppy, Koi, Neon Tetra, Discus, Betta, Arwana, Molly, Angel Fish, Cherry Barb, Pearl Gourami dan sebagainya.

Lihat Juga : Jenis Kopi Populer di Indonesia

Isi tampilkan

Sisi menarik dari memelihara ikan hias

Jenis Ikan Hias Air Tawar
Sumber Gambar : ckamgmt.com

Sebagian orang akan berpikir, kenapa ikan hias banyak digemari oleh orang lain hingga banyak yang berbondong-bondong untuk merawat ikan hias di rumahnya? Berikut ini adalah poin penting atau sisi menarik dari ikan hias, sehingga banyak orang yang berminat untuk memeliharanya, yaitu:

1. Keindahan dan variasi warna

Salah satu alasan utama mengapa ikan hias air tawar begitu menarik adalah keindahan dan variasi warna yang mereka tampilkan. Setiap spesies ikan hias memiliki corak dan pola unik yang memikat mata. Dari kombinasi warna cerah hingga gradasi yang lembut, ikan hias memberikan tampilan visual yang menawan dan memikat. Mereka bisa menjadi pusat perhatian dalam akuarium dan memberikan kegembiraan serta keindahan di ruangan atau lingkungan rumah.

2. Perilaku yang menarik

Ikan hias air tawar juga menarik perhatian karena perilaku mereka yang unik dan menarik untuk diamati. Mereka dapat berenang dengan indah, berinteraksi dengan sesama ikan, atau melakukan gerakan-gerakan yang menarik. Beberapa ikan hias bahkan memiliki tingkah laku unik, seperti ikan cupang yang menampilkan tarian siripnya atau ikan arwana yang melompat untuk menangkap mangsanya. Pengamatan perilaku ikan hias ini dapat memberikan hiburan dan rasa keterlibatan kepada pemiliknya.

3. Hobi yang menenangkan

Merawat ikan hias air tawar juga diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan dan menenangkan. Aktivitas sehari-hari, seperti memberi makan ikan, melakukan perawatan akuarium, dan melihat ikan berenang, dapat membantu menghilangkan stres dan menciptakan suasana yang tenang. Ikan hias juga dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan relaksasi di rumah. Banyak orang menemukan bahwa merawat ikan hias menjadi hobi yang menyenangkan dan membantu melepaskan kebosanan setelah bekerja seharian atau menghabiskan waktu di rumah.

Lihat Juga : Jenis Studio CGV

Faktor penting yang harus dilakukan saat memelihara ikan hias

Ikan Hias Termahal
Sumber Gambar : a-z-animals.com

Jika Anda ingin merawat ikan hias di rumah, ketahui terlebih dahulu tentang faktor yang harus diperhatikan ketika memelihara ikan hias agar kondisi lingkungannya tetap stabil, beberapa di antaranya:

1. Suhu air

Setiap spesies ikan memiliki rentang suhu air yang optimal untuk kelangsungan hidupnya. Penting untuk menyesuaikan suhu air dalam akuarium sesuai dengan kebutuhan spesies ikan yang dipelihara. Biasanya, suhu air antara 24°C hingga 28°C cocok untuk sebagian besar ikan hias air tawar. Namun, beberapa spesies mungkin membutuhkan suhu yang lebih tinggi atau lebih rendah.

2. Parameter air

Parameter air lainnya seperti pH, kekerasan air, dan kualitas air harus dijaga agar sesuai dengan preferensi spesies ikan yang dipelihara. Sebagian besar ikan hias air tawar menginginkan pH air yang netral atau sedikit asam, berkisar antara 6,5 hingga 7,5. Kekerasan air (dihitung dalam ppm atau dGH) juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan spesies ikan yang dipelihara. Selain itu, kualitas air yang baik, termasuk kejernihan dan kebersihan, harus dipertahankan melalui penggantian air rutin dan penggunaan sistem filtrasi yang tepat.

3. Ukuran akuarium

Ukuran akuarium yang sesuai sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan ikan hias. Ukuran akuarium yang lebih besar memberikan ruang yang lebih baik bagi ikan untuk berenang dan tumbuh dengan baik. Pastikan akuarium memiliki volume yang cukup untuk menampung spesies ikan yang dipilih, serta menyediakan area berlindung dan ruang yang cukup bagi mereka.

4. Dekorasi dan substrat

Menambahkan dekorasi dan substrat ke dalam akuarium dapat menciptakan lingkungan yang meniru habitat asli ikan. Tambahkan tanaman hidup atau tiruan, batu-batuan, kayu apung, dan elemen dekoratif lainnya. Substrat seperti pasir atau kerikil juga dapat memberikan lapisan dasar yang alami bagi ikan.

5. Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat dalam akuarium sangat penting untuk kesehatan tanaman hidup dan juga mempengaruhi siklus kehidupan ikan. Gunakan pencahayaan akuarium yang sesuai dan atur durasi pencahayaan secara tepat, sesuai dengan kebutuhan spesies ikan dan tanaman yang ada.

Lihat Juga : Lagu Pop Indonesia Terpopuler

Tips untuk merawat ikan hias

Clownfish
Sumber Gambar : livescience.com

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memelihara ikan hias di rumah harus mengetahui tips untuk melakukan perawatan umum ikan hias. Apa saja tipsnya, sebagai berikut:

1. Pemilihan ikan yang sesuai

Pilih ikan yang sesuai dengan ukuran akuarium dan kompatibel dengan ikan lain yang ada di dalamnya. Pastikan juga memilih ikan yang sehat dan aktif saat membelinya.

2. Penyediaan akuarium yang tepat

Pastikan akuarium memiliki ukuran yang memadai untuk ikan yang dipelihara. Berikan substrat, dekorasi, dan tempat persembunyian yang sesuai untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan habitat alami ikan.

3. Kualitas air yang baik

Periksa dan jaga parameter air seperti suhu, pH, kekerasan air, dan amonia dalam rentang yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesies ikan. Melakukan penggantian air secara teratur (sekitar 10-20% per minggu) dan menjaga sistem filtrasi yang baik akan membantu menjaga kualitas air yang baik.

4. Pemberian pakan yang tepat

Berikan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan spesies ikan. Jaga jadwal pemberian makan yang konsisten dan hindari memberikan makanan berlebihan yang dapat menyebabkan polusi air.

5. Perhatikan kebersihan akuarium

Bersihkan akuarium secara rutin dengan menghapus sisa makanan dan kotoran dari substrat serta membersihkan dinding akuarium. Hindari penggunaan bahan kimia yang berbahaya yang dapat merusak kesehatan ikan.

Lihat Juga : Drama Terbaik Ji Chang Wook

6. Pemantauan kesehatan ikan

Amati ikan secara rutin untuk memeriksa tanda-tanda penyakit atau stres. Perhatikan perubahan perilaku, perubahan warna, luka, atau gejala tidak normal lainnya. Jika ada tanda-tanda penyakit, konsultasikan dengan ahli akuarium atau dokter hewan ikan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

7. Hindari kelebihan populasi

Jangan memasukkan terlalu banyak ikan dalam satu akuarium. Populasi yang berlebihan dapat menyebabkan stres, persaingan sumber daya, dan peningkatan risiko penyakit. Pastikan jumlah ikan yang dipelihara sesuai dengan kapasitas akuarium.

8. Perhatikan kompatibilitas

Pastikan ikan yang dipelihara kompatibel dalam hal suhu, pH, ukuran, dan perilaku. Hindari memadukan ikan yang agresif atau yang memiliki kecenderungan memangsa ikan lain.

9. Bersihkan peralatan akuarium

Bersihkan dan periksa peralatan akuarium seperti filter, pompa udara, dan pemanas secara berkala untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

10. Edukasi diri sendiri

Teruslah memperluas pengetahuan tentang spesies ikan hias yang dipelihara, termasuk kebutuhan khusus mereka. Baca buku, ikuti forum online, atau bergabung dengan komunitas penggemar ikan hias untuk mendapatkan informasi dan saran yang berguna.

Lihat Juga : Rekomendasi Mode Baju Pesta

Jenis ikan hias air tawar

Setelah mengetahui alasan kenapa ikan hias air tawar menjadi salah satu daya tarik sebagian orang dan tips merawat ikan hias. Berikut ini adalah beragam jenis ikan hias air tawar beserta harga jualnya:

1. Guppy (Poecilia reticulata)

Ikan Guppy
Sumber Gambar : duniapeliharaan.com

Ikan Guppy dikenal dengan keindahan dan variasi warna yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per ekor, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

2. Koi (Cyprinus carpio)

Koi fish
Sumber Gambar : sandiegozoo.org

Ikan Koi terkenal karena corak dan warna yang menakjubkan. Harga Koi dapat sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitasnya, mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah per ekor.

3. Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

Neon Tetra
Sumber Gambar : ikanesia.id

Ikan Neon Tetra memiliki warna biru cerah dan garis merah yang kontras di tubuhnya. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ekor.

4. Discus (Symphysodon sp.)

Discus
Sumber Gambar : youtube.com

Ikan Discus adalah ikan hias air tawar yang terkenal dengan bentuknya yang cekung dan keindahan warna dan polanya. Harganya dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan warnanya, mulai dari Rp 100.000 hingga beberapa juta rupiah per ekor.

5. Betta (Betta splendens)

Ikan cupang coccina
Sumber Gambar : bettasource.com

Ikan Betta  atau ikan Cupang, memiliki sirip yang indah dan variasi warna yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 500.000 per ekor, tergantung pada jenis, warna, dan ekornya.

6. Arwana (Scleropages sp.)

Ikan Arwana
Sumber Gambar : detik.com

Ikan Arwana terkenal dengan sisik yang besar dan gerakan yang elegan. Warna-warna seperti merah, emas, atau silver menjadi daya tariknya. Harganya dapat sangat bervariasi, mulai dari beberapa ratus ribu hingga puluhan juta rupiah per ekor, tergantung pada ukuran, warna, dan kualitasnya.

7. Molly (Poecilia sphenops)

Molly Fish
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Ikan Molly memiliki variasi warna dan bentuk yang menarik. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 30.000 per ekor, tergantung pada varietas dan kualitasnya.

8. Gourami (Osphronemidae family)

Dwarf Gourami
Sumber Gambar : ikanesia.id

Ikan Gourami termasuk dalam keluarga yang beragam dan memiliki variasi warna yang menarik. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per ekor, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

9. Platy (Xiphophorus maculatus)

Platy
Sumber Gambar : aquariumtidings..com

Ikan Platy memiliki bentuk yang kecil dan indah dengan variasi warna yang menarik. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ekor.

10. Molly Balon (Poecilia latipinna)

Molly Balon
Sumber Gambar : aqualog.de

Molly Balon adalah variasi Molly dengan sirip ekor yang panjang dan elegan. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per ekor, tergantung pada varietas dan kualitasnya.

Lihat Juga : 300 Nama-Nama Kucing Keren

11. Swordtail (Xiphophorus hellerii)

Swordtail
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Ikan Swordtail memiliki bentuk yang menyerupai pedang dan variasi warna yang menarik. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ekor.

12. Black Ghost Knifefish (Apteronotus albifrons)

Black Ghost
Sumber Gambar : youtube.com

Ikan Black Ghost Knifefish memiliki tubuh hitam dan gerakan yang unik. Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga beberapa juta rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

13. Angel Fish (Pterophyllum scalare)

Angelfish
Sumber Gambar : aquariumcoop.com

Ikan Angel Fish memiliki bentuk tubuh segitiga dan sirip yang indah. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada varietas dan kualitasnya.

14. Tiger Barb (Puntigrus tetrazona)

Tiger Barb
Sumber Gambar : wikimedia.org

Tiger Barb memiliki corak belang yang mencolok dan sikap yang aktif. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ekor.

15. Clown Loach (Chromobotia macracanthus)

Clown Loach
Sumber Gambar : fishlaboratory.com

Ikan Clown Loach memiliki pola belang kuning yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga beberapa ratus ribu rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

16. Cherry Barb (Puntius titteya)

Cherry Barb
Sumber Gambar : aquariumcoop.com

Cherry Barb memiliki warna merah cerah dan kebiasaan berenang yang aktif. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per ekor.

17. Pearl Gourami (Trichogaster leeri)

Pearl Gourame
Sumber Gambar : wikimedia.org

Pearl Gourami memiliki warna perak dengan bintik-bintik hitam yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per ekor.

18. Harlequin Rasbora (Trigonostigma heteromorpha)

Harlequin Rasbora
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Harlequin Rasbora memiliki warna merah dan hitam yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per ekor.

19. Electric Blue Ram (Mikrogeophagus ramirezi)

Electric Blue Ram
Sumber Gambar : aquaticarts.com

Electric Blue Ram memiliki warna biru elektrik yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

20. Goldfish (Carassius auratus)

Goldfish
Sumber Gambar : naturalworldpet.co.uk

Goldfish memiliki berbagai bentuk dan warna yang indah. Harganya berkisar antara Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah per ekor, tergantung pada varietas dan kualitasnya.

Lihat Juga : Harga Es Krim Mixue

21. Arowana Super Red (Scleropages sp.)

Arwana Super Red
Sumber Gambar : gardaanimalia.com

Arowana Super Red memiliki warna merah yang mencolok dan sisik yang mengkilap. Harganya dapat mencapai beberapa juta hingga puluhan juta rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

22. Flowerhorn (Cichlid hybrid)

Flowerhorn
Sumber Gambar : tfhmagazine.com

Flowerhorn adalah ikan hias yang dikembangkan melalui pembiakan silang dengan bentuk kepala yang khas dan corak warna yang menarik. Harganya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah per ekor, tergantung pada ukuran, bentuk, dan keunikan coraknya.

23. Oscar (Astronotus ocellatus)

Oscar
Sumber Gambar : fishlaboratory.com

Oscar adalah ikan dengan bentuk tubuh yang besar dan warna yang mencolok. Harganya berkisar antara beberapa puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

24. Red Tail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus)

Red Tail Catfish
Sumber Gambar : wikipedia.org

Red Tail Catfish memiliki ekor merah yang mencolok dan tubuh yang besar. Harganya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

25. Guppy Moscownya (Poecilia reticulata)

Ikan Guppy
Sumber Gambar : duniapeliharaan.com

Guppy Moscownya adalah varietas Guppy dengan corak warna cerah dan sisik yang indah. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada keunikan warna dan kualitasnya.

26. Ramirezi Blue (Mikrogeophagus ramirezi)

Ramirezi Blue
Sumber Gambar : aqualog.de

Ramirezi Blue memiliki warna biru cerah yang menarik dan bentuk tubuh yang kompak. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

27. Black Moor (Carassius auratus)

Black Moor
Sumber Gambar : bluegrassaquatics.com

Black Moor adalah varietas Goldfish dengan warna tubuh hitam yang menarik dan mata menonjol. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

28. Parrot Fish (Cichlid hybrid)

Parrot Fish
Sumber Gambar : nationalgeographic.com

Parrot Fish memiliki bentuk tubuh yang unik dan warna yang cerah. Harganya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan keunikan bentuknya.

29. Electric Blue Jack Dempsey (Rocio octofasciata)

Electric Blue Jack Dempsey
Sumber Gambar : wikipedia.org

Electric Blue Jack Dempsey memiliki warna biru elektrik yang mencolok dan pola belang hitam. Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

30. Pearl Scale Goldfish (Carassius auratus)

Pearl Scale Goldfish
Sumber Gambar : realaquatics.co.uk

Pearl Scale Goldfish memiliki sisik yang berbentuk seperti mutiara dan tubuh yang bulat. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

Lihat Juga : Harga Es Krim McDonald’s

31. Komet (Carassius auratus)

Comet Fish
Sumber Gambar : aquariadise.com

Komet adalah varietas Goldfish dengan tubuh panjang dan ekor yang panjang menjuntai. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

32. Red Devil (Amphilophus labiatus)

Louhan
Sumber Gambar : nakamaaquatics.id

Red Devil memiliki warna merah yang mencolok dan bentuk tubuh yang besar. Harganya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

33. Pearl Gourami (Trichogaster leeri)

Pearl Gourame
Sumber Gambar : wikimedia.org

Pearl Gourami memiliki warna perak dengan bintik-bintik hitam yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per ekor.

34. Silver Arowana (Osteoglossum bicirrhosum)

Silver Arowana
Sumber Gambar : nationalzoo.si.edu

Silver Arowana memiliki warna perak yang mencolok dan tubuh yang panjang. Harganya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

35. Molly Dalmatian (Poecilia sphenops)

Molly Dalmatian
Sumber Gambar : aquariumpart.com

Molly Dalmatian memiliki warna tubuh hitam dengan bintik-bintik putih yang menyerupai corak dalmatian. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per ekor.

36. Blue Gourami (Trichogaster trichopterus)

Blue Gourami
Sumber Gambar : aqualibs.com

Blue Gourami memiliki warna biru cerah yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per ekor.

37. Swordtail Pineapple (Xiphophorus hellerii)

Swordtail Pineapple
Sumber Gambar : yourfishstore.com

Swordtail Pineapple memiliki warna tubuh kuning dengan corak belang yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per ekor.

38. Electric Yellow Cichlid (Labidochromis caeruleus)

Electric Yellow Cichlid
Sumber Gambar : fishlaboratory.com

Electric Yellow Cichlid memiliki warna kuning cerah yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

39. Tiger Oscar (Astronotus ocellatus)

Tiger Oscar
Sumber Gambar : thesprucepets.com

Tiger Oscar memiliki corak belang hitam dan oranye yang mencolok. Harganya berkisar antara beberapa puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

40. Bala Shark (Balantiocheilos melanopterus)

Bala Shark
Sumber Gambar : wikipedia.org

Bala Shark memiliki bentuk tubuh yang mirip hiu dan warna perak yang mencolok. Harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitasnya.

Lihat Juga : Rekomendasi Lagu Karaoke Terpopuler

Penutup

Dari penjelasan tentang seputar ikan hias air tawar di atas, apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan di rumah? Selain untuk menghilangkan rasa bosan, ikan hias juga bisa membuat hidup Anda lebih berwarna, loh. Tapi perlu Anda ingat, sebelum merawat ikan, tentunya Anda harus memahami karakteristik dan cara perawatannya, agar ikan tersebut akan tetap aman dan tidak mudah stres. Jadi, jika Anda mencari hiburan yang menenangkan dan keindahan yang memikat, memelihara ikan hias air tawar bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Selamat menjelajahi dunia menarik ikan hias!

Bagaimana cara yang benar dalam merawat ikan hias air tawar?

Berikut langkah-langkah yang benar untuk merawat ikan hias yaitu memilih ikan yang sesuai dengan akuarium, menyediakan akuarium yang tepat, menyediakan kualitas air yang baik, memberikan makanan yang tepat, memperhatikan kebersihan akuarium, memantau kesehatan ikan, membersihkan kebersihan akuarium dan memperhatikan mengenai suhu dan pH.

Bagaimana cara mengatasi agar ikan tidak stres?

Agar ikan tidak mudah stres, cukup memberikan lingkungan yang sesuai dengan menyesuaikan kondisi akuarium yang cocok dan pas bagi ikan, memperhatikan suhu, pH, air dan kebersihan tempat tinggal ikan. Selain itu, penting juga untuk menghindari kepadatan populasi yang berlebihan dalam akuarium, supaya ikan bisa bergerak dengan leluasa.

Bagaimana cara menjaga kualitas air dalam akuarium ikan hias?

Untuk menjaga kualitas air dalam akuarium ikan hias, penting untuk melakukan penggantian air rutin sekitar 10-20% per minggu, memantau dan menjaga parameter air seperti suhu, pH, kekerasan air, dan amonia, serta menggunakan sistem filtrasi yang tepat untuk membersihkan dan menyaring air.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  2. Logo Bank NTT PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank NTT PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  3. 86 Foto Profil WA Aesthetic, Kosong, dan Keren, Buat Cewek dan Cowok!

    Berikut kumpulan PP / foto profil WA aesthetic, kosong, dan keren buat cewek dan cowok yang…