Istilah Pengiriman Barang JNE Express

JNE Express merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang. Tentunya JNE Express sendiri sudah terdengar akrab bukan, bagi anda yang sering berbelanja online di situs e–commerce ternama seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sejenisnya.

JNE Express dapat dikatakan salah satu jasa pengiriman tertua setelah Kantor Pos. Kemudian jangkauan jasa pengiriman JNE di Indonesia sendiri sangatlah luas. Yang mana memiliki 1.500 titik layanan eksklusif dari penjemputan hingga pengantaran disertai karyawan lebih dari 40.000 orang. Dengan begitu JNE dapat memaksimalkan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

Selain dikenal dengan kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten. Di dalam jasa ini terdapat layanan menarik lainnya yang telah disediakan. Misalnya saja fitur Trace & Tracking, Cek tarif pengiriman dan lainnya. Jadi tidak heran, JNE Express memiliki banyak sekali peminatnya.

Lihat Juga : Istilah Pengiriman Barang J&T Express

Istilah Pengiriman Barang JNE

Istilah JNE Express
image source : liputan6.com

Terdapat banyak sekali sebuah istilah pengiriman di setiap jasa pengiriman barang di Indonesia. Tentunya setiap jasa pengiriman memiliki istilah tersendiri, tak terkecuali JNE Express. Mungkin bagi anda yang sudah mengenal istilah tersebut, tidak memperdulikannya lagi. Namun tidak menuntup kemungkinan, jika masih terdapat banyak pelanggan yang belum mengetahui istilah pengiriman JNE tersebut.

Istilah ini dapat anda temukan ketika melakukan cek resi barang pesanan. Setiap istilah memiliki arti yang berbeda-beda, misalnya saja Delivered yang mempunyai arti “Paket sudah sampai ke tujuan dengan aman dan selamat” dan lain sejenisnya. Untuk mengetahui apasaja Istilah Pengiriman dari JNE Express tersebut. Dapat anda simak di tabel berikut ini.

Lihat Juga : Jam Kerja JNE Terbaru

IstilahPenjelasan
AUSingkatan dari Antar Ulang, yang artinya Paket anda sedang diproses untuk antar ulang karena tidak terkirim di hari sebelumnya.
AU TO OPSPaket anda sedang diserahkan dari bagian masalah pengiriman ke bagian operasional untuk diantar ulang.
BASingkatan dari Bad Adrees, yang artinya Alamat yang tertera pada paket tersebut kurang lengkap/jelas. Yang mengakibatkan kurir sulit menemukan lokasi tujuan.
BOX DELAYPaket anda sedang disimpan JNE. Hal ini terjadi ketika alamat sulit ditemukan.
BOX UNDELPaket telah diantarkan oleh kurir ke tempat tujuan, namun tidak ada orang sama sekali ditempat.
CCSingkatan dari Criss Cross, yang dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket. Biasanya paket tersebut tertukar dengan yang lainnya.
CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPTPaket telah diantarkan oleh kurir ke tempat tujuan, namun tempat tersebut sedang tutup.
CNEEE UNKNOWNPaket telah diantarkan ke alamat tujuan, namun tidak ditemukan nama yang sesuai dengan nama penerima yang ada pada paket.
DELIVEREDPaket telah sampai di tempat tujuan dengan aman dan selamat. Hal ini biasanya disertakan nama penerima.
DELIVERY TIMEWaktu pengiriman dari JNE di kota tujuan ke alamat yang dituju.
DEPARTED FROM TRANSITPaket anda berada di tempat transit.
HOSingkatan dari Hand Over, yang mana paket anda sedang diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan ke agen JNE terdekat dengan alamat tujuan.
HO TO HVSPaket berisi barang berharga. Oleh karena itu paket sedang diurus oleh bagian khusus menangani barang berharga.
HOLDPaket sedang ditahan oleh pihak JNE.
HOLD RUSAKPaket yang sedang ditahan oleh JNE terjadi kerusakan.
INVALID BAGPaket tersasar ke jalur yang salah dikarenakan masuk ke tas yang salah.
LBASingkatan dari Luar Batas Antar, yang mana Lokasi tujuan paket tersebut berada diluar zona jangkauan dari JNE.
MANIFESTPaket telah dimasukkan ke daftar pengiriman oleh JNE
MRSingkatan dari Misroute, yang artinya Kurir mengalami kesalahan jalur dalam mengirim paket.
NTHSingkatan dari Not At Home, yang berarti penerima paket sedang tidak ada saat kurir JNE datang.
ON-PROCESSPaket sedang diproses untuk proses pengiriman
ON-TRANSITPaket sedang dalam proses Transit, hal ini biasanya terjadi untuk pengiriman antar pulau.
POD DETAILSingkatan dari Process On Delivery Detail, yang mana paket akan diantar oleh Kurir.
PROCESSES AT SORTING CENTERPaket telah disortir dan dalam proses untuk dikirim ke tempat selanjutnya.
RECEIVED AT ORIGIN GATEWAYPaket anda telah diterima di gudang jalur terkait dan akan diteruskan ke gudang pusat di kota tujuan paket.
RECEIVED AT SORTING CENTERPaket kiriman sedang disortir sebelum dikirim ke tujuan.
RECEIVED AT WAREHOUSEPaket telah sampai di gudang JNE terdekat kota tujuan.
RECEIVED ON DESTINATIONPaket telah dikirimkan dan sampai ke kota tujuan.
SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATIONPaket dikirim ke kantor JNE terdekat kota tujuan.
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICERPaket telah diterima JNE Pusat.
STATUS KOSONGKesalahan dalam menginput data oleh pihak JNE ataupun kesalahan sejenisnya.
WITH DELIVERY COURIERPaket dalam perjalanan diantar oleh kurir ke alamat tujuan.

Lihat Juga : 6 Cara Komplain Pengiriman Barang JNE

Mencari Kantor/Agen JNE Terdekat

Dan sebagai informasi tambahan yang dapat saya berikan adalah tips mencari Kantor/Agen tedekat JNE. Mungkin bagi sebagian pelanggan setia dari JNE Express sudah mengetahui hal tersebut. Namun tidak menuntup kemungkinan, jika masih ada banyak sekali masyarakat yang bingung mengenai letak dari Kantor/Agen JNE Express terdekat mereka.

Hal ini perlu anda ketahui, terutama untuk pelanggan baru dari JNE Express. Untuk cek lokasi Kantor/Agen JNE anda tidak perlu keliling daerah setempat untuk melihatnya. Cukup gunakan fasilitas yang disediakan oleh JNE Express melalui Website Resmi & Aplikasi My JNE. Berikut langkah-langkahnya.

Melalui Aplikasi My JNE

Pertama, download terlebih dahulu Aplikasi My JNE. Tentunya bagi anda pengguna Android, dapat download melalui Google Play. Sedangkan untuk pengguna iPhone dapat mendownloadnya melalui App Store.

Buka Aplikasi My JNE, berikutnya tekan menu JNE Nearby. Kemudian anda akan ditampilkan Kantor/Agen JNE Express terdekat didaerah anda. Tekan Ikon Logo JNE pada map yang tertera tersebut untuk mengetahui Alamat Kantor/Agen JNE. Setelah itu tekan Direction, untuk menunjukan jalan ke lokasi tersebut (Anda akan dialihkan ke Google Map).

NOTE : Pastikan Lokasi telah aktif pada smartphone anda. Jika tidak, setelah menekan JNE Nearby akan muncul Pop Up pesan “Lokasi tidak terdeteksi”.

Cek Kantor JNE Aplikasi

Lihat Juga : 6 Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Melalui Website JNE Express

Kemudian jika anda ingin menggunakan cara lain, anda dapat cek melalui Website JNE Express. Pada halaman utama tersebut, lihat bagian Titik Layanan. Lalu masukkan Lokasi anda pada kolom “Find location near … ”, pada tahap ini anda dapat memasukkan Alamat & Nama Kota/Provinsi. Jika sudah klik tombol Search.

Setelah itu anda akan ditampilkan sejumlah Kantor/Agen JNE Express terdekat didaerah anda. Dengan begitu anda dapat mengetahui Alamat Kantor/Agen JNE di daerah anda.

Cek Kantor JNE Website

Call Center JNE Express

Apabila penjelasan yang saya berikan terkait Istilah Pengiriman Barang JNE Express diatas sulit dipahami oleh anda. Tentunya anda dapat menghubungi Call Center JNE Express untuk menanyakan hal tersebut. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat bertanya mengenai informasi seputar JNE Expres. Berikut Call Center JNE yang perlu anda ketahui:

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.