15 Contoh Surat Undangan Resmi Lengkap dengan Komponen dan Perbedaannya dengan Surat Pribadi

Berikut sejumlah contoh surat undangan resmi yang bisa Anda jadikan referensi pembuatan!

Surat adalah komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan pesan, informasi, atau komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Surat dapat berbentuk dokumen tertulis yang dikirimkan melalui pos, email, atau media komunikasi lainnya. Surat biasanya memiliki struktur tertentu, termasuk alamat pengirim dan penerima, tanggal pengiriman, salam pembuka, isi pesan, dan salam penutup.

Surat memiliki berbagai format dan gaya penulisan yang sesuai dengan konteks dan tujuannya. Gaya dan format surat akan berbeda tergantung pada apakah itu surat resmi, surat pribadi, atau surat bisnis. Penulisan surat juga harus sesuai dengan norma dan etika komunikasi tertulis yang berlaku dalam lingkungan yang bersangkutan.

Oleh karena itu, Anda juga harus memahami bahwa surat memiliki berbagai macam jenisnya. Salah satunya yaitu Surat undangan resmi. Dan bagi Anda yang masih bingung apa perbedaan surat undangan resmi dengan surat pribadi serta bagaimana contoh penulisan surat undangan resmi, simak informasi secara lengkap di bawah ini.

Ringkasan

  • Surat undangan resmi adalah sebuah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengundang seseorang atau sekelompok orang ke suatu acara atau kegiatan resmi dalam konteks formal.
  • Surat undangan resmi ini biasanya digunakan dalam berbagai situasi, seperti pertemuan bisnis, konferensi, seminar, acara pemerintah, atau acara resmi lainnya.
  • Tujuan dari surat undangan resmi adalah memberikan pemberitahuan formal tentang acara tersebut dan memberikan informasi rinci yang diperlukan kepada penerima undangan.
  • Komponen surat undangan resmi yaitu kop surat, nomor dan tanggal surat, nama dan identitas pengirim, nama penerima surat, isi surat, informasi acara, lampiran atau agenda, informasi tambahan, tanda tangan dan stempel.

Lihat Juga : Contoh Laporan PKL Siswa SMK

Jenis-Jenis Surat

1. Contoh Surat Undangan Resmi BEM Mahasiswa

1. Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis yang ditujukan secara khusus kepada seseorang atau sekelompok orang tertentu dalam konteks pribadi. Surat ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung, intim, dan personal dengan tujuan tertentu. Surat pribadi biasanya berisi pesan, perasaan, atau pengalaman pribadi yang ditujukan kepada teman, keluarga, atau kenalan pribadi. Isinya sering kali lebih subjektif dan mendalam daripada surat resmi atau bisnis.

Surat pribadi ditujukan kepada penerima yang spesifik. Pengirim surat pribadi ingin berkomunikasi secara pribadi dengan penerima tertentu, seperti teman, anggota keluarga, atau orang yang dekat secara emosional. Surat pribadi juga memiliki berbagai tujuan, termasuk menjaga hubungan, memberikan dukungan emosional, berbagi pengalaman, atau mengungkapkan perasaan seperti cinta, syukur, atau penyesalan.

2. Surat Resmi

Surat resmi adalah jenis surat yang digunakan dalam konteks formal atau resmi untuk berkomunikasi antara entitas bisnis, pemerintah, lembaga, atau individu dalam situasi-situasi yang memerlukan tingkat formalitas dan kredibilitas tertentu. Surat resmi menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan norma-norma tertentu. Istilah-istilah resmi, ungkapan hormat, dan tata bahasa yang baik umumnya diharapkan dalam surat resmi.

Surat resmi biasanya digunakan untuk komunikasi dalam berbagai konteks yang resmi, termasuk surat izin, surat perjanjian, surat pemberitahuan, surat permohonan, dan surat resmi lainnya yang berhubungan dengan bisnis, pemerintahan, atau institusi resmi. Surat resmi harus menyampaikan informasi dengan jelas, akurat, dan tepat. Kesalahan atau ambigu dalam isi surat dapat berdampak negatif pada situasi yang bersangkutan.

3. Surat Niaga

Surat niaga adalah jenis surat atau dokumen tertulis yang digunakan dalam konteks bisnis atau perdagangan. Surat niaga biasanya digunakan untuk berkomunikasi antara perusahaan, pelanggan, pemasok, atau pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi, permintaan, perjanjian, atau komunikasi terkait aspek-aspek bisnis.

4. Surat Dinas

Surat dinas adalah jenis surat resmi yang digunakan dalam konteks pemerintahan atau lembaga/institusi resmi lainnya. Surat dinas biasanya digunakan untuk komunikasi internal antara berbagai unit atau departemen di dalam organisasi pemerintahan atau institusi tersebut. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi, instruksi, kebijakan, keputusan, atau komunikasi resmi lainnya yang berkaitan dengan operasi dan manajemen organisasi.

5. Surat Undangan

Surat undangan adalah sebuah bentuk komunikasi tertulis yang digunakan untuk mengundang seseorang atau sekelompok orang untuk hadir dalam suatu acara, pertemuan, atau kegiatan tertentu. Surat ini digunakan dalam berbagai konteks, baik dalam lingkup pribadi maupun resmi. Tujuan utama dari surat undangan adalah memberi tahu penerima tentang acara yang akan datang, termasuk tanggal, waktu, tempat, tujuan, dan informasi lain yang relevan. Surat undangan juga dapat berbentuk surat formal dengan format yang sesuai untuk acara resmi atau berbentuk lebih santai dan kreatif tergantung pada jenis acara dan hubungan antara pengirim undangan dan penerima undangan.

Lihat Juga : Contoh Makalah Singkat

Pengertian Surat Undangan Resmi

2. Contoh Surat Undangan Resmi OSIS

Surat undangan resmi adalah sebuah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengundang seseorang atau sekelompok orang ke suatu acara atau kegiatan resmi dalam konteks formal. Surat undangan resmi ini biasanya digunakan dalam berbagai situasi, seperti pertemuan bisnis, konferensi, seminar, acara pemerintah, atau acara resmi lainnya. Tujuan dari surat undangan resmi adalah memberikan pemberitahuan formal tentang acara tersebut dan memberikan informasi rinci yang diperlukan kepada penerima undangan.

Surat undangan resmi juga memainkan peran penting dalam acara-acara resmi dan bisnis. Mereka membantu dalam menyelenggarakan acara dengan baik, mengoordinasikan peserta, dan memastikan bahwa semua pihak memiliki informasi yang diperlukan. Selain itu, surat undangan resmi juga menciptakan kesan profesional dan kredibilitas bagi penyelenggara acara.

Perbedaan Surat Pribadi dan Surat Undangan Resmi

Perbedaan antara surat pribadi dan surat undangan resmi dapat ditemukan dalam beberapa aspek, termasuk tujuan, bahasa, format, dan konteks penggunaannya. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya yaitu:

  1. Surat pribadi memiliki tujuan komunikasi yang bersifat pribadi antara pengirim dan penerima. Hal ini sering digunakan untuk berbagi perasaan, pengalaman, cerita, atau pesan personal. Sedangkan surat undangan resmi digunakan untuk mengundang penerima ke suatu acara atau kegiatan tertentu dalam konteks formal atau resmi. Tujuannya adalah memberikan pemberitahuan formal tentang acara tersebut dan memberikan informasi rinci kepada penerima undangan.
  2. Bahasa dalam surat pribadi cenderung lebih informal, santai, dan penuh dengan ekspresi pribadi. Gaya penulisan bisa lebih bebas dan mengikuti hubungan antara pengirim dan penerima. Sedangkan surat undangan resmi menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan norma-norma komunikasi resmi. Gaya penulisan lebih kaku dan terfokus pada informasi yang jelas dan tepat.
  3. Surat pribadi memiliki fleksibilitas dalam formatnya. Meskipun biasanya mencakup salam pembuka, isi surat, dan salam penutup, formatnya dapat bervariasi sesuai dengan keinginan pengirim. Sedangkan surat undangan resmi mengikuti format standar yang telah ditetapkan oleh organisasi atau lembaga yang mengundang. Formatnya mencakup elemen-elemen seperti kop surat, nomor surat, tanggal, alamat pengirim, alamat penerima, dan lain-lain.

Lihat Juga : Contoh Soal Sinonim dan Antonim

Komponen Surat Undangan Resmi

3. Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

Jika Anda masih bingung, apa saja beberapa unsur atau komponen yang ada pada surat undangan resmi, Berikut adalah beberapa komponen penting dari surat undangan resmi yang dapat Anda simak.

1. Kop Surat

Kop surat adalah bagian dari sebuah surat atau dokumen resmi yang berisi informasi mengenai perusahaan, organisasi, atau lembaga yang mengirimkan surat tersebut. Biasanya, kop surat terletak di bagian paling atas surat, sebelum isi surat dimulai. Kop surat memiliki beberapa komponen penting, yang mencakup nama perusahaan atau organisasi, logo perusahaan atau organisasi, alamat perusahaan, nomor telepon dan fax, alamat email, dan situs web (jika ada).

2. Nomor dan Tanggal Surat

Nomor dan tanggal surat adalah komponen penting dalam surat resmi dan digunakan untuk identifikasi, referensi, serta melacak waktu penulisan surat tersebut. Nomor surat adalah angka atau kode unik yang diberikan kepada setiap surat resmi atau dokumen untuk keperluan identifikasi dan pelacakan. Nomor ini dapat digunakan oleh pengirim dan penerima untuk merujuk kembali ke surat tersebut di masa mendatang. Nomor surat biasanya tercantum pada bagian atas surat, biasanya di sebelah kiri atau kanan kop surat, dan dapat berupa huruf, angka, atau kombinasi keduanya. Contoh nomor surat misalnya yaitu :

  • No. 123/SDM/2023
  • Surat Keputusan Nomor: SK/HRD/2023/005.

Sedangkan Tanggal surat adalah tanggal ketika surat tersebut ditulis atau dikeluarkan oleh pengirim. Tanggal surat mencantumkan hari, bulan, dan tahun penulisan surat. Tanggal surat biasanya ditempatkan di bawah nomor surat dan dapat ditempatkan di sebelah kiri atau kanan kop surat. Tanggal surat penting karena memberikan informasi tentang kapan surat tersebut dikeluarkan atau ditulis. Ini juga digunakan untuk mengukur relevansi surat seiring berjalannya waktu. Contoh format tanggal surat yaitu:

  • 11 September 2023
  • 5 Agustus 2023.

3. Nama dan Identitas Pengirim

Dalam surat resmi, nama dan identitas pengirim adalah informasi yang penting dan harus dicantumkan dengan jelas untuk memberikan kejelasan dan keabsahan surat. Nama dan identitas lengkap pengirim undangan resmi biasanya contohnya seperti nama perusahaan atau organisasi, alamat, nomor telepon dan fax, alamat email, dan nama pengirim.

Informasi-informasi tersebut tentu akan membantu dalam mengidentifikasi dan mengenali pengirim surat resmi. Penerima surat akan dapat menghubungi perusahaan atau individu yang relevan jika ada pertanyaan atau perlu klarifikasi. Selain itu, informasi ini juga memastikan keabsahan surat dan memberikan kesan profesional pada komunikasi bisnis atau resmi.

4. Nama Penerima Surat

Dalam surat undangan resmi, nama penerima surat adalah informasi penting yang harus dicantumkan secara jelas dan akurat. Nama penerima surat biasanya ditempatkan pada bagian awal surat, setelah salam pembuka. Dan apabila surat undangan ditujukan kepada lebih dari satu penerima, maka setiap nama penerima harus dicantumkan secara terpisah dan diawali dengan salam pembuka yang sesuai. Selain itu, pastikan bahwa nama dan salam pembuka sesuai dengan konteks dan hubungan antara pengirim undangan dan penerima. Kesalahan dalam menulis nama atau salam pembuka dapat menciptakan kesan kurang profesional dalam surat undangan resmi.

5. Isi Surat

Isi surat pada surat undangan resmi harus mencakup informasi rinci tentang acara atau kegiatan yang diundang. Jelaskan dengan jelas tujuan dari surat undangan ini. Apa acara atau kegiatan yang Anda undang penerima untuk menghadiri? Misalnya, apakah ini adalah undangan untuk pernikahan, seminar, konferensi, pertemuan bisnis, atau acara resmi lainnya. Jika acara memiliki tujuan khusus atau tema tertentu, sebutkan dengan jelas dalam surat. Hal ini tentu akan membantu penerima untuk memahami lebih baik apa yang diharapkan dari mereka.

6. Informasi Acara

Informasi acara dalam surat undangan resmi adalah bagian penting yang harus dicantumkan dengan jelas dan lengkap. Informasi ini membantu penerima surat untuk memahami acara yang diundang, memutuskan kehadiran mereka, dan merencanakan dengan baik. Informasi acara ini misalnya yaitu nama cara atau kegiatan, tanggal acara, waktu acara, tempat acara, tujuan atau tema cara (jika ada), agenda atau rangkaian khusus, kontak informasi, dan salam penutup.

7. Lampiran atau Agenda Acara

Lampiran atau agenda acara dapat menjadi bagian penting dari surat undangan resmi tergantung pada jenis acara dan tingkat rincian yang ingin Anda sampaikan kepada penerima. Lampiran adalah dokumen terpisah yang disertakan bersama surat undangan resmi. Lampiran ini dapat berisi informasi tambahan yang relevan dengan acara atau kegiatan yang diundang. Contoh-contoh dokumen yang sering dilampirkan dalam surat undangan resmi adalah agenda acara, peta lokasi, brosur atau informasi tambahan.

Sedangkan Agenda acara adalah bagian dari isi surat undangan resmi yang merinci jadwal dan urutan kegiatan yang akan berlangsung selama acara tersebut. Ini disebutkan langsung dalam surat undangan dan tidak terpisah dalam lampiran. Agenda acara biasanya mencakup:

  • Waktu mulai dan berakhir acara.
  • Urutan kegiatan atau sesi.
  • Nama-nama pembicara atau pemimpin sesi.
  • Topik atau isi dari setiap sesi.
  • Jeda atau waktu istirahat (jika ada).

8. Informasi Tambahan

Informasi tambahan yang dapat disertakan dalam surat undangan resmi tergantung pada jenis acara atau kegiatan yang diundang, kebutuhan khusus, dan tingkat rincian yang ingin Anda sampaikan kepada penerima. Contohnya seperti dress ode, persyaratan khusus, konfirmasi kehadiran, transportasi, akomodasi, waktu istirahat atau makan, kontak darurat, petunjuk lokasi, nama-nama tamu kehormatan dan lain-lain.

9. Tanda Tangan dan Stempel

Kemudian yang terakhir yaitu tanda tangan dan stempel adalah elemen penting dalam surat undangan resmi, terutama untuk memberikan otentikasi dan keabsahan undangan. Tanda tangan adalah tandatangan fisik dari individu atau otoritas yang mengeluarkan surat undangan resmi. Tanda tangan ini menunjukkan persetujuan dan kehadiran pihak tersebut dalam acara atau kegiatan yang diundang. ara penggunaan tanda tangan dalam surat undangan resmi adalah sebagai berikut:

  • Tanda tangan biasanya ditempatkan di bagian akhir surat, di bawah salam penutup.
  • Tanda tangan harus jelas dan mudah terbaca.
  • Tanda tangan biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki otoritas atau peran khusus dalam acara atau organisasi yang mengundang.

Sedangkan stempel atau cap adalah identifikasi visual atau merek dari organisasi, perusahaan, atau lembaga yang mengundang. Penggunaan stempel dalam surat undangan resmi membantu mengidentifikasi sumber atau sumber undangan dan menambahkan keabsahan pada surat.

Lihat Juga : Contoh Soal TKD dan Value Core BUMN

 Contoh Surat Pribadi

4. Contoh Surat Undangan Pribadi

Mojokerto, 5 Agustus 2023

Hai Delisa,

Semoga surat ini menemukanmu dalam keadaan sehat dan bahagia. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang telah kamu lakukan dan ingin berbagi kabar denganmu.

Tidak terasa, kita sudah menghabiskan begitu banyak waktu bersama. Kenangan kita bersama selalu menjadi bagian berharga dalam hidup saya. Kita telah melewati begitu banyak hal bersama-sama, dari saat-saat bahagia hingga tantangan yang pernah kita hadapi. Semua itu telah membentuk kita menjadi orang yang kita adalah sekarang.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan persahabatanmu. Kamu selalu ada di samping saya, baik dalam kebahagiaan maupun kesedihan. Itu adalah hal yang sangat berarti bagi saya.

Sekarang, saya berharap kita dapat terus menjaga hubungan ini dan menjalani lebih banyak petualangan bersama. Saya yakin masa depan kita penuh dengan kesempatan dan potensi yang menunggu.

Jika kamu memiliki waktu, mari kita rencanakan untuk bertemu lagi dalam waktu dekat. Saya sangat berharap bisa bertemu dan berbicara langsung denganmu.

Terima kasih Delisa, atas segala hal yang kamu berikan dalam hidup saya. Semoga kita tetap dekat dan berbagi momen-momen yang luar biasa di masa mendatang.

Salam hangat,

[Tanda Tangan (jika surat fisik)]

Adella

Lihat Juga : Contoh Majas Metafora

Contoh Surat Undangan Resmi

Kemudian setelah Anda mengetahui contoh surat pribadi di atas, berikut adalah beberapa jenis contoh surat undangan resmi baik untuk keperluan rapat dinas, pemerintahan, atau organisasi dan sebagainya yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi atau pengetahuan.

1. Contoh Surat Undangan Rapat Dinas Pendidikan

1 Contoh Surat Undangan Rapat Dinas Pendidikan
Sumber Gambar : Nesabamedia

2. Contoh Surat Undangan Rapat Koordinasi

2 Contoh Surat Undangan Rapat Koordinasi
Sumber Gambar : Serbabisnis

3. Contoh Surat Undangan Resmi Pemerintah Daerah       

3 Contoh Surat Undangan Resmi Pemerintah Daerah
Sumber Gambar : Nesabamedia

4. Contoh Surat Undangan Resmi

4 Contoh Surat Undangan Resmi
Sumber Gambar : IDN.Times

5. Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Kampus

5 Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Kampus
Sumber Gambar : Majoo

Lihat Juga : Contoh Pertanyaan Truth or Dare

6. Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi

6 Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi
Sumber Gambar : Pinterest

7. Contoh Surat Undangan Resmi

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
MALANG RAYA

No    : BEM.141-Ket.B.002.IX.2018
Lamp  : –
Hal    : UNDANGAN

KepadaYth.
Anggota BEM Malang Raya
Di –
Tempat.

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam silaturrahim. Teriring do’a kami sampaikan Bapak/Ibu senantiasa dalam lindunganNya, serta eksis dalam menjalankan aktivitas keseharian. Amin.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan musyawarah nasional yang insyaAllah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal  : Jum’at-Ahad, 21-23 September 2018
Pukul         : 08.00-selesai
Tempat       : Gedung Serba Guna Malang

Maka dengan ini kami mengharapkan kehadiran sahabat/I dalam acara tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Ketua pelaksana

Ahmad Mutamakkin

8. Contoh Surat Undangan Resmi OSIS

OSIS SMA NEGERI 01 MALANG
Jl. Panglima Sudirman No. 2 Karangploso, Malang

No: 021/OSIS/UBVD EX/X/18
Lamp : –
Hal: Undangan PELATIHAN CERDAS CERMAT TINGKAT NASIONAL

Kepada Yth
Pengurus OSIS
SMA NEGERI 05 MALANG
Jl. Soekarno No. 2 Karangploso, Malang

Sehubungan akan berakhirnya tahun ajaran 2018/2019, kami selaku pengurus OSIS SMA NEGERI 01 MALANG memohon kehadiran dari setiap perwakilan sekolah untuk mengikuti berbagai perlombaan yang insyaallah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal  : Senin s/d kamis, 23-27 Oktober 2018
Waktu        : 18.00-Selesai
Tempat       : Mushola SMA NEGERI 01 MALANG
Acara         : Pelatihan Cerdas Cermat Tingkat Nasional

Maka dengan ini kami mengharapkan kehadirannya dalam acara tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

Venicka Putri

9. Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

TRIBUWANA MERDEKA

Nomor       : 023 / JULI /X / 2018
Hal          : Undangan Rapat
Lampiran     : –

Kepada Yth.
Bapak Dewa Sutejo
Manajer HRD
PT. Tribuwana Merdeka
Di tempat

Dengan hormat,

Salam silaturrahim. Teriring do’a kami sampaikan kepada Bapak/Ibu agar senantiasa dalam lindungan-Nya, serta eksis dalam menjalankan aktivitas keseharian. Amin

Sehubungan dengan akan dilaksanakanya kegiatan peringatan ulang tahun perusahaan, maka bersama ini kami mengundang seluruh Manajer HRD di PT. Tribuwana Merdeka untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Kamis, 14 September 2018
Waktu       : 10.00-12.00 WIB
Tempat      : Ruang Serbaguna PT. Tribuwana Merdeka

Maka dengan ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu dalam acara tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia
Arliana

10. Contoh Surat Undangan Resmi

Bogor, 08 April 2028

No   : 08/OSIS/UND EX/V/28
Lamp : –
Hal   : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Kepada Yth
Pengurus OSIS

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun ajaran 2027/2028,kami selaku pengurus SMA Negeri 8 Bojonggede memohon kehadiran perwakilan sekolah untuk mengikuti berbagai perlombaan olahraga dan seni yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Senin/28 April 2028
Waktu        : 08.00-Selesai
Tempat       : Lapangan SMA Negeri 6 Bojonggede
Acara        : PORSENI

Karena cukup pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan kedatangan para perwakilan sekolah agar dapat hadir tepat waktu.

Mengetahui,
Ketua OSIS SMA Negeri 8 Bojonggede

Hendery Jaya Ramadhan

Lihat Juga : Sifat-Sifat Eksponen

11. Contoh Surat Undangan Rapat

Nomor   : XX/SUR/2023

Perihal   : Undangan Rapat
Lampiran : –
Yth. Seluruh Staf Redaksi PT Digital Indonesia
Jakarta

Sehubungan akan dilaksanakannya acara ulang tahun perusahaan, kami dari Human Capital mengundang seluruh staf redaksi PT Digital Indonesia untuk hadir dalam rapat persiapan dan undangan makan malam bersama, yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Rabu, 15 Februari 2023
Waktu     : 17.00-20.00 WIB
Tempat    : Hall A Digital Tower
Agenda    : Rapat persiapan dan makan malam bersama

Seluruh staf yang diundang wajib menggunakan dress code merah, dan melakukan registrasi ke bagian PIC divisi masing-masing.

Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon hadir tepat waktu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Human Capital Department

12. Contoh Surat Undangan Pengajian

Nomor : 01/ PanPel-Maulid/ XII/ 2014

Lamp. : _
Hal : Undangan
Bandung, (14 Safar 1436 H)/(14 Desember 2014)
Kepada Yth.

_______________________________

di- tempat


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Rasulullah SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia, sehingga kita dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik dan lancar.

Kami selaku Dewan Kemakmuran Mesjid ( DKM ) Al- Hidayah, bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk memperkokoh Ukhuwah Islamiyah dengan menghadiri acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari : Selasa
Tanggal : (2 Rabiul Awal 1436 H)/(23 Desember 2014)
Pukul : 19.30 WIB / Selesai
Tempat : Mesjid Al-Hidayah
Mubaligh : KH. Ahmad Salimul Apip ( Pimpinan Pontren Addahlaaniyyah HBT, Soreang. Kab. Bandung)


Besar harapan kami agar Bapak/Ibu/Saudara/i dapat menghadirinya.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Panitia Pelaksana                                                                              Mengetahui

Ketua Pelaksana Sekertaris                                             Ketua DKM Al-Hidayah

Agus Mulyana Febriana R                                                               Abdul Ra’uf

13. Contoh Surat Undangan Buka Bersama

Nomor : 01/PP/HBDI-110/PC-IDI/GTO/V/2018 Gorontalo, 17 Mei 2018

Lampiran : –
Perihal : Undangan Acara Buka Puasa Bersama
Kepada Yth,
Sejawat, dr. Nicortin Pakaya, Sp.A
Di tempat

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama dokter, kami selaku panitia mengundang sejawat untuk dapat menghadiri acara “Buka Puasa Bersama” yang dirangkaikan dengan salat tarawih secara berjamaah, yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Minggu, 20 Mei 2018
Waktu : 17.00 s/d Selesai
Tempat : Hotel Grand Quality

Demikian surat undangan ini kami buat, atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan Jazakumullah Khairan Kaatsiraa, Wabillahit Taufik wal Hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Gorontalo, 17 Mei 2018

Hormat kami,                                                                         Mengetahui

Ketua Panitia Sekertaris                                Ketua IDI Cabang Kota Gorontalo

dr. Herni Alwin Pakaja                          Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S
dr. Grace Tumewu                                                               NPA.2501.95348

14. Contoh Surat Undangan Wali Murid

Nomor : 421.2 / 15 / 2013
Lamp : –
Hal : Undangan


Yth
Bapak / Ibu Orang Tua Siswa(i)
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami sampaikan kepada Bapak / Ibu / Saudara(i) agar dapat hadir pada :

Hari : Jum’at
Tanggal: 26 April 2013
Pukul : 09.30 s/d Selesai
Tempat: SD Negeri 2 Curee

Acara: Membicarakan permasalahan anak, atas nama Rapit.

Demikianlah surat ini kami sampaikan atas kehadiran Bapak / Ibu / Saudara(i) tepat waktu sangat kami harapkan dan kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui Curee, 24 April 2013

Wali Kelas III Kepala Sekolah SDN 2 Curee

(Ambia, A.Ma.Pd) (M. Kasim Abdullah, S.Pd)

NIP : 19661231 198801 1 002 NIP : 19580203 197910 1 001

15. Contoh Surat Undangan Upacara

Mojokerto, 31 Mei 2023

Yth

  1. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah
  2. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  3. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah
  4. Terlampir

di – TEMPAT

Berdasarkan Surat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor B.220/BPIP/DV/05/2021 tanggal 28 Mei 2023, perihal Hari Lahir Pancasila, surat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor UND.045/KaBPIP/05/2023 Tanggal 28 Mei 2023 perihal Hari Lahir Pancasila dan surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 019.1/3201/Sj tanggal 28 Mei 2023 perihal Hari Lahir Pancasila sesuai, dasar tersebut bersama ini kami sampaikan hal- hal sebagai berikut:

1. Kepala Dinas/Badan/Inspektur/Sekretaris DPRD/Kepala Kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD untuk memasang Bendera Merah Putih satu tiang penuh pada tanggal 1 Juni 2023.

2. Camat se-Kabupaten Mojokerto untuk memerintahkan jajaran dibawahnya (Kepala Kelurahan/Kepala Desa) dan masyarakat untuk memasang Bendera Merah Putih satu tiang penuh pada tanggal 1 Juni 2023.

3. Memasang foto di aplikasi twibon

4. Mengikuti upacara yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa / 1 Juni 2023
Waktu : Pukul 07.30 WIB s/d selesai
Tempat : Kantor Penerintah Kabupaten Mojokerto
Acara : Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 secara langsung.

Keterangan :
1. Pakaian Adat
2. Sebelum pelaksanaan upacara peserta diwajibkan melakukan absensi kehadiran.

Demikian untuk menjadikan maklum, atas kehadirannya diucapkan terima kasih.

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO

Drs. Teguh Gunarko, M.Si

NIP.0427 199203 1 001

Lihat Juga : Lagu Nasional Indonesia

Penutup

Dapat Anda ketahui bahwa surat undangan resmi berbeda dengan jenis surat lainnya. Surat undangan resmi menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan norma-norma tertentu. Surat undangan resmi juga merupakan jenis surat yang digunakan dalam konteks formal atau resmi untuk berkomunikasi antara entitas bisnis, pemerintah, lembaga, atau individu dalam situasi-situasi yang memerlukan tingkat formalitas dan kredibilitas tertentu. Sehingga surat undangan resmi memiliki beberapa komponen penting yang tidak boleh ditinggalkan dan belum tentu ada di jenis surat lainnya.

Apa saja ciri-ciri surat undangan resmi?

Ciri-ciri surat undangan resmi yaitu menggunakan kop surat yang dikeluarkan oleh organisasi tertentu, memiliki nomor surat, lampiran, dan perihal. Serta memiliki format tulisan tertentu sehingga Anda tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya.

Apa tujuan surat undangan resmi?

Tujuan adanya surat undangan resmi adalah untuk memberi informasi atau mengundang seseorang untuk menghadiri suatu acara yang diselenggarakan oleh sebuah instansi atau organisasi tertentu.

Surat undangan resmi contohnya apa saja?

Adapun untuk surat undangan resmi contohnya yaitu surat undangan untuk menghadiri rapat umum para pemegang saham perusahaan, pertemuan bisnis, pertemuan dinas, serta undangan untuk menghadiri acara yang diselenggarakan organisasi tertentu dan lain sebagainya.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Walisongo Semarang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bung Hatta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Bhayangkara Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…