4 Cara Mengganti Nama User Windows

Pada Windows 10 sendiri, anda akan mengenal 2 hal berbeda tentang user yakni, Local Account dan nama komputer. Keduanya sebenarnya bisa dilakukan perubahan sesuai keinginan. Ketika anda menginstal Windows, pastinya anda akan melihat nama user yang ingin dibuat. Dan costum tersebut tetap dapat anda lakukan setelah selesai menginstal Windows.

Fungsi dari user tersebut sangat penting sebagai identitas sebuah komputer. Saat komputer terhubung ke jaringan, biasanya nama komputer akan terlihat sesuai dengan nama komputer yang telah dibuat. Selain itu, fungsi dari Local Account dan nama komputer juga dapat digunakan sebagai proteksi untuk mengakses file tertentu bersamaan dengan password yang dibuat.

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana mengganti Local Account dan User komputer di Windows 10, 8, dan 7. Buat anda yang mungkin masih merasa bingung cara mengganti user Windows, anda berkunjung ke situs yang tepat. Dibawah ini saya berikan langkah dalam mengganti Local Account dan nama komputer Windows 10, Windows 8, dan Windows 7. Berikut beberapa metodenya….

Lihat Juga : 6 Cara Membuat Shortcut di Windows

Cara Mengganti Nama Local Account Windows 10

Yang pertama adalah Local Account pada Windows 10. Local Account adalah nama yang terlihat ketika anda sign in Windows 10 atau ketika anda menyalakan komputer. Dan biasanya, nama ini dilakukan penyetelan saat menginstal Windows 10. Untuk melakukan perubahan, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Pertama, anda masuk pada menu Control Panel di Windows 10 anda. Tampilannya akan terlihat seperti dibawah ini, pastikan untuk memilih mode View by Small icons. Lanjutkan dengan klik User Accounts.

1 Masuk Menu User Accounts Windows 10

Selanjutnya, pilih Change your account name untuk mengganti nama local account Windows 10 anda.

2 Edit Nama Akun Windows 10

Kemudian anda tinggal tuliskan nama baru untuk akun anda. Jika sudah, anda tinggal klik Change Name dan restart komputer anda.

3 Mengubah Local Account Administrator Windows 10

Cara Mengganti Nama Komputer Windows 10

Berbeda dengan Local Account, nama komputer dimaksudkan sebagai Device Name, identifikasi untuk komputer atau laptop Windows 10 anda. Nama ini terlihat ketika anda terbung dengan jaringan LAN, WiFi, Bluetooth, hingga Internet. Untuk melakukan perubahan, anda membutuhkan simbol (-) sebagai penghubung jika lebih dari dua kata. Berikut langkah-langkahnya….

Pertama, anda masuk ke menu Settings di Windows 10 anda. Atau bisa juga dengan kombinasi tombol Windows + I. Kemudian pilih menu Systems.

1 Masuk Menu System Windows 10

Setelah masuk pada menu System, scroll ke bawah dan pilih fitur About. Lalu klik Rename this PC.

2 About Windows 10

Selanjutnya, tuliskan nama baru yang diinginkan. Anda bisa kombinasikan dengan letters, gyphens, dan numbers. Klik Next dan nantinya akan muncul pop up restart dan anda bisa lakukan restart untuk melihat hasilnya.

3 Mengganti Nama Komputer Windows 10

Lihat Juga : 3 Cara Menampilkan Recent Document Windows 10

Cara Mengganti Nama Local Account Windows 8

Berikutnya adalah Local Account pada Windows 8. Bagi anda yang mungkin masih menggunakan Windows 8, anda tetap bisa melakukan perubahan. Berikut langkah-langkahnya…

  1. Pertama, anda bisa masuk pada menu Control Panel di Windows 8 anda melalui fitur search.
  2. Kemudian klik User Account and Family Safety, lalu klik Change your account name.
  3. Jika tidak tersedia fitur Change your account name, klik Manage another account. Kemudian klik Change the account name.
  4. Dibagian tersebut, anda bisa mengganti nama akun untuk Windows 8 anda.
  5. Selesai.

Selain mengubah nama akun beberapa perubahan lain juga dapat anda lakukan, dan berikut diantaranya.

Change the account nameUntuk mengubah nama akun pada Windows anda.
Change the passwordUntuk mengubah password atau kata sandi untuk Windows anda.
Set up Family SafetyFitur untuk mengatur penggunaan Windows untuk keluarga, terutama anak-anak.
Change the account typeUntuk mengubah tipe akun yang diinginkan, Standard atau Administrator.
Delete the accountUntuk menghapus akun Windows anda.

Cara Mengganti Nama Local Account Windows 7

Berikutnya adalah Windows 7. Sama seperti sebelumnya, anda bisa melakukan perubahan melalui fitur Control Panel. Berikut langkah-langkahnya…

Mengganti Nama User Windows 7
  1. Pertama, anda bisa masuk pada menu Control Panel melalui menu Start Windows 7 anda atau dengan kombinasi tombol Start + I.
  2. Kemudian klik User Account and Family Safety, lalu klik Change your name.
  3. Dibagian tersebut, anda bisa mengganti nama akun untuk Windows 7 anda.
  4. Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.