4 Cara Mengatasi WeChat Tidak Bisa Dibuka di Android

0
1465

Dianisa.com – Tips Cara Mengatasi WeChat Tidak Bisa Dibuka dan Error di HP Android. WeChat adalah aplikasi chat dan pesan suara gratis dan di kembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini memuat berbagai sistem operasi ternama seperti Android, IOS, Windows Phone, Blackberry, dan Symbian. Dukungan bahasa dari aplikasi #WeChat sangat banyak mulai dari Inggris, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia.

Baca Juga :

Di Indonesia sendiri WeChat hadir dan bekerja sama dengan perusahaan teknologi ternama seperti MNC Media, Indosat, IndosatM2, Panasonic Gobel Indonesia, Hillhouse Capital Inc, dan Tencent. Aplikasi ini juga telah dimuat di berbagai App Store Resmi seperti iTunes, #Google Play Store untuk Android, BlackBerry World untuk BlackBerry, dan Marketplace untuk Windows Phone.

Dengan adanya WeChat, pengguna smartphone dapat melakukan komunikasi secara bebas dan gratis dengan semua pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup keren dan menarik seperti obrolan, pesan video, momen, pesan suara, emoticon, grup, penambahan teman, dan #Facebook connect. Saingan terberat dari WeChat saat ini adalah #LINE dan WhatsApp, sekarang saja WeChat sudah kalah jauh dengan WhatsApp. Pengguna WeChat hanya sekitar 200 Juta, sedangkan pengguna WhatsApp sudah mencapai 1 Milyar Lebih diseluruh dunia.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai Cara Mengatasi Wechat Android Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka. Ada beberapa pengguna Android yang mengeluh karena aplikasi WeChat yang mereka miliki tidak bisa dibuka dan muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, WeChat Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WeChat Has Stopped”. Mengenai masalah tersebut, coba anda simak metode dan Langkah – Langkah Cara Mengatasi Wechat Tidak Bisa Dibuka berikut ini.

Mengatasi Wechat Tidak Bisa Dibuka Dan Error

Permasalahan mengenai aplikasi WeChat yang muncul pesan error bisa terjadi pada siapa saja dengan merek smartphone apa saja mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Smartfreen Andromax, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Acer, Advan, Evercross, Sony Experia, dan lainnya.

Pada umumnya masalah tersebut terjadi karena penumpukan cache dan memori RAM yang penuh. Tidak hanya pada WeChat saja, bisa saja terjadi pada aplikasi lain seperti Google Play Store, Instagram, WhatsApp, BBM, LINE, dan lainnya. Untuk mengatasinya, silahkan anda coba dengan metode dan langkah – langkah sederhana dibawah ini.

Metode 1 : Hapus File Cache Aplikasi WeChat

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan membersihkan cache android sampai bersih. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan, pertama tanpa aplikasi dan kedua bisa dengan aplikasi seperti Clean Master, CCleaner, CM Security, 1 Tap Cleaner, dan lainnya. Untuk kali ini saya akan menunjukkan cara paling mudah dan sederhana tanpa aplikasi tambahan. Tidak hanya pada Aplikasi WeChat saja, lakukan hal yang sama pada aplikasi lain.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WeChat” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Paksa dan Hapus Data Aplikasi WeChat

Metode kedua yakni dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi WeChat. Cara ini terbilang cukup ampuh mengatasi WeChat yang error ataupun tidak bisa dibuka. Banyak pengguna Android lain yang juga melakukan cara ini untuk mengatasi Aplikasi WeChat yang error. Tapi sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan menghilangkan data sementara secara permanen seperti basis data, data login, cache, setelan, dan lainnya. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “WeChat” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Update Aplikasi WeChat Ke Versi Terbaru

Apabila cara diatas tidak membantu sama sekali, cobalah untuk melakukan update pada aplikasi WeChat ke versi terbaru. Cara ini akan membuat program error hilang dan di repair secara Online melalui update aplikasi tersebut. Selain itu, dengan update anda juga akan mendapatkan tampilan dan fitur terbaru dari WeChat. Masuk pada Google Play Store dan cara aplikasi WeChat untuk melakukan Update.

Metode 4 : Hapus dan Install Ulang Aplikasi WeChat

Jika semua cara diatas tidak berhasil maka terpaksa anda harus menghapus aplikasi WeChat dan menggantinya dengan Aplikasi Yang baru. Untuk melakukannya, cobalah anda hapus aplikasi WeChat, kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android. Setelah itu, barulah anda unduh dan pasang aplikasi WeChat dari Google Play Store. Untuk menghapus aplikasi WeChat, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WeChat” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Wechat Tidak Bisa Dibuka Dan Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here