Cara Hard Reset OPPO R1001

Bagi sebagian pengguna Android yang mengalami masalah berat dan membutuhkan penanganan khusus, biasanya solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah Factory Reset atau Hard Reset. Penanganan semacam ini dilakukan pada sebagian perangkat Android, khususnya perangkat OPPO yang terjadi bootloop, hardbrick, atau lupa kata sandi.

Dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset, semua pengaturan dan setting tampilan akan kembali pada kondisi baru atau pabrikan. Dan yang pasti semua data yang tersimpan di Memori Internal akan hilang secara total, termasuk aplikasi yang terinstall.

Sebelumnya akan saya jelasnya mengenai berbedaan Factory Reset & Hard Reset. Factory Reset sendiri lebih dikenal sebagai pengembalikan perangkat Android ke pengaturan pabrik, dan hal ini bisa dilakukan melalui opsi Setelan atau menu pengaturan perangkat OPPO.

Sementara untuk Hard Reset pada intinya sama dengan Factory Reset, namun metodenya dilakukan melalui menu Recovery Mode. Hard Reset jauh lebih baik, karena bisa membersihkan semua data dan cache yang tersimpan pada aplikasi dan sistem. Dan untuk metodenya, anda bisa simak keduanya berikut ini.

Lihat Juga : Cara Setting Private Number di HP OPPO

Factory Reset OPPO R1001

Untuk metode yang pertama, anda bisa mencoba melakukan Factory Reset Pada OPPO R1001. Sebelum anda melakukan Factory Reset, pastikan anda melakukan backup pada semua file yang tersimpan di Memori Internal dan Eksternal. Sayang sekali, untuk aplikasi yang terinstall tidak bisa anda backup. Tapi nantinya anda bisa mengundu lagi langsung dari Google Play Store.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai OPPO

Hard Reset OPPO R1001

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba melakukan Hard Reset atau Wipe Data. Untuk cara yang kedua, anda hanya bisa melakukannya melalui menu Recovery Mode atau ColorOS Recovery. Hard Reset sering kali dilakukan pada semua perangkat Android yang mengalami masalah berat seperti bootloop, lupa pola kunci, hang, freeze, brik dan lainnya. Dan untuk melakukan Hard Reset, silahkan anda simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Sebelumnya, pastikan HP OPPO R1001 dalam keadaan mati atau Off. Selanjutnya tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai pada LOGO OPPO, dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode (ColorOS Recovery).
  2. Pilih Opsional “Bahasa Inggris” untuk memudahkan anda melakukan Wipe Data & Cache. Pilih “Wipe Data” dan tunggu sampai proses Wipe (Pembersihkan) Selesai.
  3. Lakukan Restart pada HP OPPO R1001 yang anda miliki tersebut.
  4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : Cara Mematikan Getar Saat Sentuh di OPPO

Penutup,

Saya rasa metode diatas cukup mudah untuk anda ikuti. Apabila nantinya ada sedikit berbedaan, maka harap dimaklumi saja karena saya membuatnya pada perangkat OPPO yang berbeda. Namun pada intinya caranya tetap sama.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Hard Reset OPPO

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.