Cara Ganti PIN Kartu ATM BTN

Bank Tabungan Negara atau biasa disebut dengan Bank BTN. Merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang berbentuk perseoran terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan.

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut mengenai cara ganti PIN ATM BTN. Penulis ingin memberikan sedikit informasi terkait Bank Tabungan Negara. BTN sendiri di pimpin oleh seorang Direktur Utama yang bernama Pahala N. Mansury.

Terbentuknya Bank BTN tersebut dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897. Setelah melalui beberapa permasalahan yang di hadapinya.

Bank Tabungan Negara diukir kembali dengan adanya penunjukan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 29 Januari 1974 melalui Surat Menteri Keuangan RI No. B-49/MK/I/1974 sebagai wadah pembiayaan proyek perumaham untuk rakyat.

Kemudian pada tahun 1989, Bank BTN sendiri mengembangkan bisnisnya dengan memulai operasi sebagai bank komersial dan mengeluarkan obligasi pertamanya.

Dan setelah beberapa tahun berikutnya, dikarenakan suksesnya dalam bisnis perumahan melalui fasilitas KPR. Status Bank BTN kini menjadi PT Bank Tabungan Negara (Persero).

Di era sekarang ini setiap instasi bank pastinya berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan bagi para nasabahnya.

Tak terkecuali Bank BTN, memang banyak sekali layanan yang disediakan oleh Bank BTN. Dan salah satu diantaranya adalah layanan kartu ATM, dengan tujuan agar nasabah lebih mudah, praktis dan nyaman dalam hal bertransaksi.

Dan dengan adanya layanan kartu ATM tersebut, pastinya diharapkan semakin memudahakan masyarakat dalam bertransaksi non tunai.

Kegunaan dari layanan kartu ATM tidak hanya untuk bertransaksi saja, namun dapat anda gunakan untuk melakukan top up, transfer uang, bayar tagihan, beli token , cek mutasi dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Tips Supaya Tidak Lupa PIN

Jika berbicara mengenai ATM pastinya tidak akan lepas dari kata PIN bukan?

Sebagai pengingat untuk anda, jangan sampai lupa dengan PIN kartu ATM anda. Kemudian, rawat selalu kartu ATM anda. Karena masalah bisa datang kapan saja, seperti halnya lupa PIN, kartu rusak, dan sebagainya.

Pastinya repot bukan, jika masalah tersebut di alami oleh anda sendiri. Lalu bagaimanakah tips supaya anda tidak lupa dengan PIN kartu ATM? dan bagaimana sih solusi aman dalam bertransaksi?

Baiklah untuk menjawan pertanyaan tersebut. Simak dan ikuti lah tips berikut yang mana dapat membantu anda supaya tidak lupa PIN kartu ATM yang anda gunakan.

  • Yang pertama adalah jangan menggunakan nomor PIN yang mudah di tebak, seperti halnya Tanggal Lahir, Alamat Rumah, Tahun Lahir, Nomor HP, Nomor KTP dan sebagainya.
  • Kemudian pilihlah nomor PIN yang dapat mengingatkan anda akan sesuatu, dan hanya anda seorang yang tahu hal tersebut.
  • Lalu simpan PIN anda, karena hal tersebut diperlukan apabila anda lupa. Untuk tempat penyimpanan PIN sendiri, gunakanlah tempat yang aman.
  • Dan yang terakhir adalah lakukan pergantian PIN kartu ATM anda secara berkala. Hal ini dapat anda lakukan sebagai pencegahan. Semisal jika nomor PIN sudah tidak aman ataupun untuk menjaga identitas anda.

Lihat Juga : Mengenal Lebih Jauh Sistem Keamanan KlikBCA

Cara Ganti PIN Kartu ATM BTN

Nah mungkin banyak orang – orang termasuk anda penasaran terkait bagaimana sih cara mengganti PIN Kartu ATM BTN? Apakah sulit untuk dilakukan?

Kemudian untuk melakukan pergantian PIN kartu ATM BTN anda sendiri tentunya tidaklah sulit. Untuk itu, cukup anda perhatikan dan ikuti intruksi yang penulis berikan.

Langsung saja, simak ulasan mengenai cara ganti PIN kartu ATM BTN dengan mudah berikut ini …

  • Pertama, pergi ke ATM Bank BTN terdekat » lalu masukkan kartu ATM anda ke dalam mesin ATM.
  • Kemudian pilih Bahasa Indonesia » masukkan PIN yang lama
  • Pilih menu Transaksi Lainnya » pilih Ganti PIN » tunggu proses sebentar.
  • Setelah itu, masukkan Nomor PIN baru anda » masukkan kembali Nomor PIN baru anda untuk dilakukan verifikasi selanjutnya.
  • Tunggu proses pergantian PIN beberapa saat » lalu Resi tanda berhasil mengubah PIN ATM akan keluar.
  • Jika sudah selesai, layar akan ditampilkan mengenai transaksi lagi atau tidaknya. Dan jika anda pilih Tidak » maka kartu ATM akan keluar sendirinya.
  • Selesai.

NOTE : untuk pergantian PIN Kartu ATM BTN, tentunya hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM saja, selain itu tidak akan bisa. Seperti halnya cara online tidak bisa dilakukan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.