10 Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Berikut beberapa metode mengecek IMEI ponsel Xiaomi yang bisa Anda simak dan ikuti!

IMEI pada smartphone Xiaomi memiliki peran yang sangat penting. Selain berguna untuk melacak ponsel yang hilang, terjatuh, atau dicuri, IMEI juga digunakan memastikan keaslian dan legalitas dari perangkat yang kita miliki. Hal ini juga berkaitan dengan aturan pemerintah mengenai pengendalian IMEI dengan sistem Whitelist per tanggal 18 April 2020. Penetapan aturan ini bertujuan untuk menekan penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat.

Untuk itulah, pembeli smartphone, komputer, atau tablet secara offline sebaiknya untuk melakukan pengecekan nomor IMEI sebelum membayar. Jangan sampai smartphone yang kita miliki ternyata adalah ponsel BM (Black Market) yang tidak terdaftar di Indonesia. Apalagi untuk ponsel Xiaomi yang rata-rata hanya bergaransi distributor maka bisa dipastikan ponsel tersebut dari black market. Untuk memastikan keaslian dari HP Xiaomi yang Anda gunakan, Anda bisa cek dari nomor IMEI-nya. Bagaimana cara cek nomor IMEI HP Xiaomi? Untuk mengeceknya, Anda bisa simak dan ikuti panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Masuk Safe Mode HP Xiaomi

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas unik yang terdapat pada perangkat ponsel dan beberapa telepon satelit. Nomor IMEI terdiri dari 15 digit dan ditetapkan untuk setiap telepon GSM. Pada perangkat CDMA, istilah lain yang digunakan adalah nomor MEID (Mobile Equipment Identifier). Fungsi dari nomor IMEI sendiri ialah untuk menyimpan informasi dasar mengenai smartphone tersebut. Informasinya sendiri meliputi merek, model, dan spesifikasi perangkat.

Jaringan GSM dan CDMA menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi perangkat yang valid, dan dapat menghentikan ponsel yang dicuri untuk mengakses jaringan. Misalnya, jika ponsel dicuri, pemiliknya dapat meminta penyedia jaringan mereka menggunakan nomor IMEI untuk memblokir ponsel tersebut. Ini membuat ponsel tidak dapat digunakan sama sekali, bahkan ketika pencuri mengganti SIM yang terpasang pada ponsel. Pengguna juga dapat melacak perangkat yang hilang atau dicuri dengan bantuan aplikasi atau situs pelacak seperti iStaunch.

Selain digunakan untuk melacak perangkat yang hilang, nomor IMEI juga berguna saat membeli ponsel berkas. Dengan bantuan layanan dari imei.info, pengguna dapat memeriksa detail lain tentang telepon yang digunakan. Ini termasuk merek dan model, informasi garansi tanggal pembelian, informasi operator, jaringan dan negara asal perangkat, versi sistem, tahun rilis, spesifikasi, dan informasi detail lainnya.

Lihat Juga : 7 Cara Keluar dari Mode Fastboot HP Xiaomi

Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Salah satu cara untuk mengetahui legalitas dan keaslian dari perangkat Xiaomi yang kita miliki adalah dengan memeriksa status IMEI pada ponsel. Pada perangkat Xiaomi sendiri, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, di antaranya: melalui menu Pengaturan, menggunakan kode panggilan, aplikasi pihak ketiga, dan juga kardus HP (dus book). Untuk mengetahuinya, simak beberapa metodenya berikut ini!

1. Cek IMEI lewat Pengaturan

Cek IMEI Xiaomi dari Pengaturan
1. Cek IMEI lewat Pengaturan. RUDI DIAN ARIFIN

Pertama, Anda bisa mulai dari cara yang paling mudah, yakni lewat menu Pengaturan atau Setelan pada ponsel Xiaomi Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa masuk pada fitur Tentang Ponsel (About Phone). Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Lalu temukan fitur Tentang ponsel (About phone).
  3. Gulir ke bawah, lalu pilih Status.
  4. Selanjutnya, pilih Informasi IMEI.
  5. Sekarang, Anda bisa melihat informasi IMEI pada SIM 1 dan SIM 2 dari HP Xiaomi Anda.
  6. Selesai.

2. Cek IMEI dengan kode panggilan

Cek IMEI dengan kode dial
2. Cek IMEI dengan kode panggilan. RUDI DIAN ARIFIN

Kedua, Anda bisa cek IMEI dengan kode panggilan *#06#. Caranya cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Telepon pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Kemudian masuk ke fitur panggilan telepon.
  3. Kemudian ketik kode dial: *#06#.
  4. Maka secara otomatis akan muncul nomor IMEI dari HP Xiaomi Anda.
  5. Selesai.

3. Cek IMEI dari kardus HP

Cek IMEI Xiaomi dari kardus
3. Cek IMEI dari kardus HP. karousell.com

Terakhir, Anda bisa cek IMEI ponsel Xiaomi Anda dari kardus HP (dus book). Coba periksa bagian belakang kardus HP Xiaomi Anda, biasanya terdapat stiker khusus yang berisi informasi mengenai spesifikasi dan nomor IMEI ponsel tersebut. Informasi IMEI biasanya terletak pada bagian belakang kemasan di bawah barcode, baik itu IMEI pada SIM 1 maupun IMEI pada SIM 2. Untuk memastikan keaslian nomor IMEI, tidak cukup hanya melihat melalui kardus HP, karena terkadang nomor IMEI yang tertera pada kardus HP berbeda dengan yang ada pada ponsel.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi, biasanya karena HP tersebut merupakan HP rekondisi, sehingga banyak penjual yang mengakalinya dengan menggunakan kardus HP palsu. Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa cek keaslian HP Xiaomi dengan mengikuti panduannya di bawah ini.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Cek keaslian IMEI HP Xiaomi

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian dari HP Xiaomi yang Anda gunakan, melalui situs Xiaomi dan melalui situs Kemenperin. Langsung saja, simak kedua metodenya berikut ini.

1. Verifikasi IMEI di situs Xiaomi

Verifikasi IMEI di situs Xiaomi
1. Verifikasi IMEI dari situs Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Xiaomi sendiri sebagai produsen perangkat Android telah menyediakan situs untuk memastikan keaslian dari perangkat Xiaomi yang Anda gunakan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silakan akses situs Xiaomi berikut ini: mi.com/global/verify/#/en/tab/imei
  2. Kemudian masukkan kode IMEI dari HP Xiaomi yang Anda miliki.
  3. Masukkan juga kode verifikasi yang tersedia.
  4. Klik Verify untuk verifikasi IMEI Anda.
  5. Sekarang, Anda bisa melihat informasi mengenai HP Xiaomi yang Anda gunakan.
  6. Selesai.

2. Verifikasi IMEI di situs Kemenperin

Verifikasi IMEI di situs Kemenperin
2. Verifikasi IMEI dari situs Kemenperin. RUDI DIAN ARIFIN

Pemerintah Indonesia melalui Kemenperin juga telah menyediakan situs untuk memastikan legalitas dari HP Xiaomi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Melalui situs imei.kemenperin.go.id, Anda dapat mengecek status IMEI HP Xiaomi Anda apakah terdaftar di database atau tidak. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, silakan akses situs berikut ini: imei.kemenperin.go.id
  2. Kemudian masukkan nomor IMEI dari HP Xiaomi Anda.
  3. Tekan tombol Search untuk melakukan proses pencarian.
  4. Jika IMEI terdaftar, maka pesan yang ditampilkan yakni “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, sementara jika tidak terdaftar, maka pesan yang ditampilkan yakni “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Xiaomi

Penutup,

Mengecek status IMEI pada HP Xiaomi yang Anda miliki penting untuk diketahui. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa HP Xiaomi Anda asli dan legal di Indonesia. Terlebih pemerintah Indonesia juga sudah mengeluarkan aturan untuk melakukan pemblokiran IMEI pada smartphone ilegal dan black market. Nantinya, IMEI yang tidak terdaftar di database Kemenperin tidak bisa menggunakan operator seluler di Indonesia. Namun perlu diperhatikan bahwa aturan ini berlaku untuk ponsel keluaran 2020 atau yang lebih baru. Jadi, bagi Anda yang menggunakan HP Xiaomi keluaran 2019 mungkin tidak akan terkena dampaknya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai ulasan ini, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!

Kenapa ada nomor IMEI 1 dan IMEI 2?

IMEI 1 dan IMEI 2 dapat Anda jumpai pada smartphone dual-sim. IMEI tersebut akan memberikan identitas pada setiap kartu SIM yang digunakan. Sementara untuk smartphone single-sim maka IMEI-nya hanya 1 saja.

Apa penyebab “IMEI tidak valid” pada perangkat Xiaomi?

“IMEI tidak valid” dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: bugs pada sistem operasi, flashing gagal atau kesalahan dalam melakukan flashing, akses root, custom ROM, dll.

Apakah bisa melacak HP dengan IMEI?

Tentu saja bisa, Anda bisa menggunakan nomor IMEI untuk melacak smartphone yang hilang atau dicuri orang. Anda bisa meminta bantuan pihak kepolisian atau provider jaringan untuk melacak lokasi smartphone, bahkan pihak kepolisian juga bisa memblokir IMEI sehingga tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…