5 Cara Cek Saldo Rekening Mandiri

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangatlah pesat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya alat yang berguna untuk mempermudah segala aktivitas keseharian kita termasuk pekerjaan maupun tugas. Dan perkembangan tersebut juga dapat dirasakan dalam dunia perbankan. Karena dengan adanya teknologi tersebut, nasabah jauh lebih dipermudah dalam melakukan kegiatan perbankan itu sendiri. Perkembangan tersebut yang dulunya dilakukan secara konvensional, namun saat ini sudah dapat diakses secara online.

Dengan menyadari hal tersebut, Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Telah mengembangkan sebuah fitur layanan yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi finansial maupun transaksi non finansial. Salah satu fitur layanan tersebut diantaranya adalah seperti SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, dan masih banyak lagi layanan yang dikembangkan. Perlu diketahui, pada setiap fitur layanan yang disediakan. Memiliki peranan yang sama-sama mempermudah, hanya saja media yang digunakan berbeda.

Jika anda menggunakan layanan tersebut, pastinya dapat melakukan berbagai hal seperti cek mutasi, cek saldo, beli token, transfer uang, top up, beli pulsa dan lain sebagainya. Dan perlu anda ingat, dari fitur – fitur tersebut sudah dapat anda lakukan secara online, tanpa harus pergi ke ATM. Sebagai contohnya adalah cek saldo, anda juga dapat melakukan pengecekan secara online yang mana jauh lebih mudah, cepat dan praktis. Karena memang hanya dengan bermodalkan smartphone, anda dapat melakukannya tanpa harus ke ATM Mandiri.

Cara cek saldo secara online tersebut memang sudah ada sejak lama, namun tidak sedikit nasabah yang belum mengetahuinya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya nasabah yang masih menggunakan mesin ATM untuk melakukan kegiatan perbankan termasuk cek saldo rekening Mandiri.

Lihat Juga : 4 Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Cek Saldo Rekening Mandiri

Cek Saldo Mandiri
Image Source : mamikos.com

Berbicara mengenai cek saldo rekening Mandiri. Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan secara offline maupun online. Diantaranya adalah dengan layanan SMS Banking, Internet Banking dan juga Mobile Banking.

Memang benar adanya masih banyak nasabah yang nyaman dengan cara offline untuk melakukan cek saldo. Namun jika boleh berpendapat, alangkah baiknya anda beralih sekarang menggunakan cara online. Karena tidak hanya cepat dan praktis, untuk melakukan cek saldo Mandiri anda secara online akan lebih efisien dari segi waktu maupun biaya. Berikut beberapa cara yang dapat anda pilih dan lakukan…

Cek Melalui ATM Mandiri

Cara yang pertama adalah dengan melalui ATM Mandiri. Untuk cara yang satu ini dapat dikatakan cara termudah untuk melakukan cek saldo rekening Mandiri anda. Karena anda hanya perlu mendatangi ATM Mandiri terdekat di wilayah. Terlebih lagi, anda tidak dikenakan biaya untuk pengecekan saldo rekening. Langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Pertama, datangi ATM Mandiri terdekat di wilayah anda.
  • Kemudian masukkan Kartu ATM Mandiri ke dalam mesin » pilih Bahasa (Indonesia / English) » masukkan PIN ATM anda.
  • Pilih Transaksi Lainnya » pilih Informasi Saldo » pilih lagi Informasi Saldo
  • Silahkan tunggu beberapa saat » lalu anda akan ditampilan informasi saldo rekening anda pada layar mesin
  • Tekan Tidak jika anda tidak ingin melakukan transaksi lainnya.
  • Selesai.

Lihat Juga : 2 Cara Daftar SMS Banking BNI

Cek Melalui Mandiri SMS

Kemudian, untuk cara selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan Mandiri SMS. Berbeda dengan cara sebelumnya yang menggunakan ATM. Layanan Mandiri SMS dapat anda gunakan dimana saja dan kapanpun sesuai keinginan anda. Hanya dengan mengirimkan format SMS, anda dapat melakukan cek saldo rekening Mandiri. Layanan Mandiri SMS dapat dilakukan dengan 2 cara yang berbeda. Yakni dengan menggunakan Dial Phone (Panggilan) atau Format SMS. Namun sebelum itu anda harus registrasi Mandiri SMS terlebih dahulu. Penasaran dengan caranya? Simak dan coba langkah-langkah berikut ini :

Menggunakan Dial Phone

  • Pertama, lakukan panggilan ke nomor berikut : *141*6#.
  • Kemudian pilih nomor 2. Info » pilih 1. Saldo.
  • Ketik 2 digit PIN SMS Banking secara acak yang sesuai dengan instruksi yang diberikan. Contoh : jika diminta ketik urutan digit ke 2 dan 4 maka balas dengan angka 24.
  • Jika berhasil, anda akan ditampilkan informasi saldo rekening anda.
  • Selesai.

Menggunakan Dial Phone

  • Pertama, ketik sms dengan format : SAL <spasi> Kode Rekening <spasi> 4 digit terakhir nomor rekening (Contoh : SAL 1 1234).
  • Kirim ke 3355.
  • Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Cek Melalui Mandiri Online

Selain menggunakan layanan Mandiri SMS, anda juga dapat cek saldo Mandiri melalui Aplikasi Mandiri Online. Akan tetapi setelah anda download dan pasang aplikasinya, anda diharuskan untuk melakukan registrasi Mobile Banking terlebih dahulu. Terlepas dari hal tersebut, pastikan juga anda terhubung ke jaringan internet yang stabil guna kelancaran transaksi anda.

  1. Pertama download dan pasang Aplikasi Mandiri Online berikut ini : [Google Play] [App Store]
  2. Kemudian buka Aplikasi » lalu masukkan User ID dan Password » tekan Login.
  3. Tekan pada bagian Rekening Giro & Tabungan.
  4. Setelah itu anda akan ditampilkan detail besaran saldo dalam rekening Mandiri anda.
  5. Selesai.

Cek Melalui iBank Mandiri

Dan cara yang terakhir adalah cek saldo melalui Internet Banking Mandiri. Memang untuk cara yang terakhir ini bisa dibilang jarang digunakan. Meski demikian, tetap tidak menutup kemungkinan jika cara tersebut masih digunakan oleh sebagian nasabah. Jika anda ingin menggunakan layanan Internet Banking Mandiri. Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Dan pastikan juga sebelum menggunakan layanan ini, anda harus terhubung ke jaringan internet yang stabil demi kenyamanan untuk cek saldo rekening mandiri anda.

  • Pertama, kujungi website iBank Mandiri di link berikut ini : ib.bankmandiri.co.id
  • Kemudian masukkan User ID dan PIN Internet Banking Mandiri anda yang sudah terdaftarkan.
  • Setelah masuk menu utama, pada bagian Informasi Rekening » pilih Rekening Tabungan dan Giro.
  • Setelah itu, akan ditampilkan seberapa besar saldo yang terdapat pada rekenening Mandiri anda.
  • Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.