5 Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri

Zaman sekarang ini merupakan zaman dimana teknologi semakin berkembang dengan pesat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya penggunaan teknologi di segala bentuk aktivitas yang sedang terjadi dikalangan masyarakat.

Dan memang teknologi sekarang tidaklah hanya sebagai kebutuhan pelengkap saja. Namun, teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok manusia itu sendiri. Hadirnya teknologi tersebut, pastinya dapat memberikan dampak yang besar. Seperti halnya membuat segala aktivitas kita menjadi lebih mudah dan lebih ringan.

Terdapat banyak sekali teknologi yang telah diterapkembangkan oleh sebuah instasi perusahaan. Di sisi lain, hal tersebut juga berlaku di dunia perbankan. Yang mana telah berlomba-lomba untuk mengembangkan beberapa layanan yang ada. Tujuan daripada penerapan dan pengembangan yang dilakukan oleh perbankan, tidak lain adalah untuk mempermudah nasabah bank dalam melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi bank. Tidak hanya transaksi finansial saja, tetapi juga dapat melakukan transaksi non finansial.

Dengan menyadari dampak dari teknologi yang berkembang saat ini. Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, juga telah mengembangkan beberapa teknologi yang berupa fitur layanan kepada nasabah Bank Mandiri.

Beberapa fitur diantaranya adalah Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking dan fitur – fitur lainnya yang tidak bisa penulis cantumkan. Dari ke tiga layanan tersebut, anda dapat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan perbankan. Hanya saja, media yang digunakan nantinya berbeda di setiap layanannya.

Lihat Juga : 4 Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Mengenal apa itu Mutasi Rekening?

Mutasi Rekening Mandiri
Image Source : bni.emingko.com

Berbicara mengenai fitur layanan Bank Mandiri. Untuk meningkatkan kualitas daripada layanan kepada nasabah, dapat dipastikan, Bank Mandiri akan selalu mengembangkan fitur layanan yang lengkap dan praktis. Dan pastinya berguna untuk mempermudah nasabah.

Diantara banyaknya fitur layanan yang disediakan, adalah seperti halnya transfer, cek saldo, beli pulsa, beli token listrik, top up dan lain sebagainya. Terdapat juga layanan atau fitur lain yang menarik untuk dicoba. Dan fitur tersebut tidak lain adalah layanan untuk pengecekkan mutasi rekening Mandiri.

Seperti apa sih Mutasi Rekening itu? Mutasi rekening merupakan sebuah daftar riwayat transaksi yang masuk ataupun keluar dari rekening anda sendiri. Jadi dengan adanya layanan tersebut. Anda dapat melihat seberapa besar pemasukkan dan pengeluaran yang dilakukan oleh anda sendiri. Adapun manfaat lain dari layanan mutasi rekening ini, pastinya dengan anda melihat daftar riwayat tersebut, diharapkan anda dapat jauh lebih mudah dalam hal mengatur keuangan anda sendiri.

Lihat Juga : Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA

Cek Mutasi Rekening Mandiri

Mutasi ATM Mandiri
Image Source : kiatkita.com

Untuk melakukan cek mutasi rekening bank Mandiri sendiri, dapat dilakukan dengan beberapa cara yang ada. Diantaranya adalah cek mutasi lewat ATM, Mandiri Online, SMS Banking dan Internet Banking.

Tentu saja dalam melakukan pengecekan mutasi rekening dengan beberapa cara tersebut, dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini tergantung dari kondisi anda sendiri. Yang mana menurut anda jauh lebih mudah dan praktis dari beberapa pilihan cara yang ada. Berikut beberapa cara untuk melakukan cek mutasi rekening mandiri yang perlu anda ketahui.

Cek Mutasi Mandiri Lewat ATM

Cara yang pertama adalah melalui Mandiri ATM. Dengan melakukan pengecekkan di ATM sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Karena anda hanya perlu datang ke ATM Mandiri setempat. Simak dan ikuti langkah berikut…

  • Pertama datangi ATM Mandiri terdekat di wilayah anda.
  • Kemudian masukkan Kartu ATM Mandiri ke dalam mesin » pilih Bahasa (Indonesia / English) » masukkan PIN ATM anda.
  • Tekan Transaksi Lain » pilih Mutasi Rekening » tunggu transaksi sedang diproses » lalu akan disajikan print out mutasi rekening anda.
  • Setelah itu tekan Keluar
  • Selesai.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Cek Mutasi Mandiri Lewat Mandiri Online

Selain melalui ATM terdekat, Anda juga dapat melakukannya lewat aplikasi Mandiri Online. Namun sebelum itu anda harus download dan pasang aplikasinya. Dan pastikan anda memiliki jaringan internet yang stabil guna kelancaran dalam pengecekkan mutasi rekening anda. Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Pertama download dan pasang Aplikasi Mandiri Online berikut ini : [Google Play] [App Store]
  • Kemudian buka Aplikasi » lalu masukkan User ID dan Password » tekan Login.
  • Tekan pada bagian Rekening Giro & Tabungan.
  • Setelah itu anda akan ditampilkan detail transaksi yang sudah anda lakukan.
  • Selesai.

Cek Mutasi Mandiri Lewat Mandiri SMS

Kemudian anda juga dapat cek mutasi rekening Mandiri melalui Mandiri SMS. Untuk menggunakan cara yang satu ini, pastikan anda sudah melakukan registrasi Mandiri SMS di kantor cabang maupun ATM dan mempunyai pulsa yang cukup. Jika anda ingin menggunakan cara ini, anda dapat lakukan dengan dua cara yang berbeda. Yakni dengan Dial Phone dan Format SMS.

Mandiri SMS Dengan Dial Phone

  • Pertama lakukan panggilan ke nomor berikut : *141*6#.
  • Kemudian pilih nomor 2. Info » pilih 2. Mutasi Rekening .
  • Ketik 2 digit PIN SMS Banking yang sesuai dengan instruksi yang diberikan. Contoh : jika diminta ketik urutan digit ke 2 dan 4 maka balas dengan angka 24.
  • Jika berhasil, anda akan dikirimkan 5 daftar riwayat transaksi terakhir melalui SMS.
  • Selesai.

Mandiri SMS Dengan Format SMS

  • Pertama, ketik sms dengan format : TRN <spasi> Kode Rekening <spasi> 4 digit rekening terakhir (Contoh : TRN 1 1234).
  • Kirim ke 3355.
  • Selesai.

NOTE : Ketik angka “1” jika anda mempunyai 1 rekening Mandiri yang terdaftar di SMS Banking Mandiri. Namun jika anda mempunyai 2 rekening, anda dapat ketik angka “1” atau ”2”.

Lihat Juga : Transfer Uang dari BNI ke Mandiri via SMS Banking

Cek Mutasi Mandiri Lewat iBanking Mandiri

Dan yang terakhir adalah melalui website iBanking Mandiri. Untuk menggunakan layanan ini, anda diharuskan registrasi terlebih dahulu di Kantor Cabang Mandiri atau ATM Mandiri terdekat. Setelah anda terdaftar, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, kujungi website iBank Mandiri di link berikut ini : ib.bankmandiri.co.id
  • Kemudian masukkan User ID dan PIN Internet Banking Mandiri anda yang sudah terdaftarkan.
  • Setelah masuk menu utama, pilih Informasi Rekening » pilih Mutasi Rekening.
  • Lalu atur periode mutasi rekening yang ingin ditampilkan » klik Kirim.
  • Setelah itu, anda akan ditampilkan riwayat transaksi yang sesuai dengan periode yang anda pilih di layar.
  • Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.