Bahaya Saat Menggunakan WiFi Gratis

Dianisa.com – Hati – Hati! Inilah Bahaya Yang Mengintai Anda Saat Menggunakan WiFi Gratisan. WiFi gratis selalu menjadi Incaran bagi para pengguna Internet, hal ini terbukti tidak hanya Indonesia, bahkan di luar negeri-pun mengatakan hal yang sama. Banyaknya pengguna Smartphone pastinya juga ada peningkatan Penggunaan WiFi.

Baca Juga :

Area WiFi gratis sangat mudah untuk kita temukan, bahkan dalam beberapa tempat penting biasanya sudah tersedia WiFi gratis seperti misalnya Kantor, Sekolah, Kampus, Café, Restoran, Hotel, dan beberapa tempat lainnya. Selain itu, banyak Public Place yang juga tersedia WiFi gratis seperti pertokoan, alun – alun, atau pusat perbelanjaan (Mall).

Dengan banyaknya tempat yang menyediakan WiFi gratis, tentunya ini menjadi incaran bagi para pengguna Smartphone. WiFi gratis tersebut banyak dimanfaatkan untuk Download #Aplikasi & Game, Update Aplikasi, Chatting atau BBM-an, Main game, Streaming Video Online, dan lainnya. Namun tahukan anda bahwa menggunakan WiFi ternyata ada beberapa Bahaya yang mengintai smartphone Android yang anda miliki.

Bahaya Menginstai Saat Berada Pada Area WiFi Gratis

Seperti yang kita ketahui bahwa WiFi Gratis tidak memiliki fitur keamanan yang cukup kuat. Hanya pemilik yang benar – benar mahil dalam komputer yang bisa mengamankan Area WiFi tersebut supaya tidak jebol. Sekarang ini ada banyak pakar IT yang canggih dan terkadang suka iseng dengan pengguna Smartphone lain. Lalu, seperti apa Bahaya menggunakan WiFi Gratis? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Data Mudah Dicuri Hacker

Hacker adalah seseorang yang memang ahli dalam bidang IT, namun memanfaatkan keahlian tersebut untuk berbuat usil, iseng, dan bahkan kejahatan Cyber yang tentunya tidak akan pernah mau bertanggung jawab atas kejahatan tersebut. Seorang Hacker bisa mencuri atau mengambil isi data yang kita simpan pada smartphone Android yang kita miliki. Dalam Area Wifi tentunya Hacker bisa dengan mudah mamanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil data orang lain dengan teknik sharing data yang mungkin tidak pernah kita sadari.

Karena Wifi bisa terhubung antara pengguna satu dengan pengguna lainnya, tentunya hal ini bisa dimanfaatkan oleh hacker tanpa sepengetahuan kita. Bahkan terkadang juga menyisipkan Program Malware yang tentunya bisa menjadi Virus atau Hacking dari jarang jauh dengan mudah dan cepat. Maka dari itu patut kita sadari untuk berhati – hati dalam menggunakan WiFi gratisan.

2. Mudahnya Virus Masuk

Perlu anda ketahui bahwa ternyata Virus juga bisa masuk pada perangkat teknologi seperti Laptop. Dari Informasi yang saya dapatkan, ternyata ada Virus bernama Chameleon yang bisa menyebar secara cepat melalui WiFi. Hal ini tentunya menjadi perhatian serius, apalagi jika Laptop yang anda miliki tidak terinstall aplikasi Antivirus. Virus tersebut mampu menyerang dan mengambil semua data #Laptop dengan mudah dan cepat, tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri. Untuk jaga-jaga, sebaiknya intall perangkat yang anda miliki dengan antivirus terbaik.

Baca Juga :

3. Iklan Pop Up Yang Menggangu

Terkadang WiFi gratis juga sering muncul Iklan Pop Up yang tentunya sangat menggangu aktifitas Internetan anda, iklan tersebut tidak cocok untuk ditampilkan karena iklan tersebut berupa Malware jahat yang tentunya bisa merusak laptop atau Smartphone yang kita miliki. Ketika kamu melakukan Klik maka secara otomatis akan terinstall pada Smartphone atau Laptop yang anda miliki.

Untuk meminimalisirnya, sebaiknya install Laptop atau Smartphone Anda dengan AdBlock supaya tidak ada iklan yang ditampilkan karena di block oleh Aplikasi tersebut. Ada banyak Aplikasi AdBlock yang bisa anda gunakan secara Gratis.

4. Snooper atau Mata-mata

Snooper lebih bahaya dari Hacker. Snooper lebih suka mematai – matai Browser yang kita miliki atau aktifitas Browsing yang anda lakukan. Di takutkan Snooper akan mengambil data Login berupa email dan password akun yang anda miliki. Disarankan untuk tidak login akun Banking saat menggunakan WiFi gratis supaya Snooper tidak mencuri data login banking anda. So! Tetap hati-hati!

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Bahaya Yang Mengintai Pada Saat Menggunakan Wifi Gratisan, semoga bisa menjadi perhatian untuk kita semua. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here