Tips Aman Browsing Dengan Wifi Gratisan

Dianisa.com – Tips Cara Aman Browsing/ Internetan Dengan Wifi Gratisan. Internet memang sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan seseorang, terutama anak muda. Semakin banyaknya hiburan seru dan menarik di internet membuat orang terpacu untuk terus membuka internet dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga :

Salah satu hal yang paling dicari dan disukai para remaja yakni Wifi Gratisan. Dengan Adanya layanan Wifi, seseorang bisa berselancar di dunia maya dengan mudah dan cepat tanpa biaya sepeserpun. Menariknya, tempat usaha seperti café, rumah makan, supermarket semuanya menyediakan layanan Wifi Gratis.

Apakah Wifi Gratisan Itu Aman?

Semua hal tentang teknologi tidak ada yang aman 100%, satu titik celah saja itu bisa membuat hacker mencari informasi pribadi yang anda miliki. Data login facebook, rekening bank, nomor telepon, email, dan lain – lainnya semua bisa dirampas jika kita tidak hati – hati.

Tips Browsing Aman Saat Pakai Wifi Gratisan

Bagi anda yang suka menggunakan Wifi Gratisan yang ada di café sebaiknya harus berhati – hati, karena tidak menutup memungkinan bisa terjadi pencurian data yang tidak pernah kita sangka – sangkan. Untuk itulah kita harus selalu berjaga – jaga. Bagaimana cara agar kita aman saat berselancar online dengan WIfi Gratisan? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Selalu Berhati – Hati Pada Wifi Gratisan Yang Tidak Pakai Password

Wifi yang tidak memasang Password atau kata sandi bisa mencari celah bagi para hacker untuk beraksi. Wifi semacam itu pasti terkesan tidak aman, seseorang yang ahli dalam bidang informatika tentunya dapat dengan mudah masuk pada Server Wifi untuk mencuri semua informasi mengenai Klien yang sedang Login.

Selain itu, terkadang Wifi gratisan (Tidak Pakai Password) dipasang dengan Software Cracked (Software jaha) yang difungsikan untuk mencuri data anda secara diam – diam. Terkadang hanya dengan sekali klik saja, Hacker bisa masuk ke Komputer atau Android yang anda miliki. So, hati – hati dalam mengklik hal – hal tertentu pada Wifi Gratisan.

2. Matikan Wifi Saat Tidak Dipakai

Wifi yang aktif akan terus mencari jaringan yang ada disekitarnya. Seorang hacker bisa mendeteksi koneksi Ponsel yang mengaktifkan Wifi melalui transmisi alamat MAC yang ada pada setiap ponsel android. Disini seorang hacker bisa mencari tahu mengenai ponsel android anda, dan jika anda terjebak maka semua data anda bisa dicuri oleh hacker.

Wifi smartphone atau Komputer yang tidak anda gunakan, sebaiknya anda matikan sejenak. Untuk apa Wifi aktif jika tidak anda gunakan sama sekali. Takutnya nanti akan ada pencurian data pribadi yang tidak bisa anda ketahui. Selain untuk keamanan, mematikan Wifi juga bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone supaya dapat bertahan lebih lama.

3. Batasi Kebutuhan Internet Anda

Batasi kebutuhan yang dimaksud yakni jangan mengakses perbankang via internet menggunakan layanan Wifi. Bukan apa – apa, takutnya nanti akan ada hacker yang dapat masuk ke laptop anda dan semua data login anda bisa ketahuan. Nah dari situlah, hacker bisa membabat habis semua isi rekening anda.

Alangkah lebih baiknya, anda mengakses akun perbankan anda dengan kuota internet sendiri, bukan melalui layanan Wifi. Jika anda mengakses melalui Wifi dari Telkomsel seperti Wifi.id mungkin tidak akan bermasalah, karena hal tersebut sudah dijamin aman dari pihak terkomsel itu sendiri.

4. Install Dengan Firewall Keamanan

Firewall keamanan yang dimaksud yakni sejenis anti virus yang dapat memproteksi browsing anda saat membuka laman tertentu. Firewall akan melakukan scanning pada semua halaman yang anda buka. Artinya tingkat kecurigaan anda akan jauh lebih kecil dibanding sebelumnya.

Salah satu aplikasi yang dapat anda pasang yakni AVG. Aplikasi tersebut tersedia dalam bentuk Android, IOS, Windows Phone, dan Windows PC. Aplikasi tersebut sangat powerfull dalam menjaga perangkat dari serangan hacker, entah itu melalui virus ataupun melalui laman di internet.

5. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Dengan menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network) maka dapat anda akan jauh lebih aman. Namun sayangnya VPN berbayar, tapi kelebihannya sangat luar biasa. Jaringan VPN akan mengskrips semua data yang masuk atau dikirimkan. Ada beberapa jaringan VPN yang memberikan layanan gratis ProXPN, Cyber Ghost, Your Freedom dan HotSpot Shield. Tidak seperti berbayar, versi gratis masih ada kekurangannya, terutama pada kecepatan.

Kesimpulan dari semua ini adalah, dengan menerapkan dari tips pertama sampai yang terakhir maka dijamin koneksi Wifi Anda akan jauh lebih aman. Untuk VPN (Virtual Private Network), jika tidak perlu maka anda bisa tinggalkan dan sampailah ke tips yang ke empat.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Internet Aman Saat Menggunakan Wifi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin menambahkan atau bertanya sesuatu, tulis melalui kolom komentar. Terima kasih!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here