6 Cara Memutar Film DVD di HP Android

Anda yang suka nonton film dengan genre movie seperti action, drama, atau yang lainnya, anda tidak perlu pusing – pusing untuk memutarnya di DVD Player karena sekarang ini anda bisa memutarnya lewat smartphone dan tablet android.

Tapi jenis file videonya berbeda? Jenis file video yang berbeda tidak menghalangi kita untuk tidak bisa memutarnya di Android. Jika anda lihat secara langsung, memang biasanya file video yang ada di DVD berformat .VOB sedangkan Android hanya bisa memutar Format .MP4, MP3, .3GP, .AVI, dan .MOV.

Nah, jika anda memasukkannya secara langsung ke Android memang tidak akan pernah bisa diputar. Kenapa? Karena video player bawaan android memang memiliki keterbatasan fitur.

Sedangkan apabila anda memutar film DVD pada DVD Player pasti dapat di putar karena DVD Player memiliki keunggulan yang dapat memutar semua jenis file film atau video, baik itu .VOB, .MP4, .AVI, ataupun yang lainnya.

Untuk itulah anda memerlukan aplikasi video player tambahan yang memiliki fitur lebih dan dapat memutar film dari DVD berformat apapun. Dan salah satu aplikasi video player yang menurut saya paling canggih dan paling keren yakni MX Player.

Untuk lebih jelasnya, mari simak reviews dan penggunaanya berikut ini.

Lihat Juga : Menampilkan & Mengedit Subtitle Film di HP Android

Memutar Film Resolusi Tinggi di HP Android

MX Player adalah salah satu aplikasi video player terbaik untuk smartphone dan tablet android. Aplikasi ini memiliki fitur dan keunggulan tersendiri yang tidak ada di aplikasi video player lainnya. Aplikasi ini dapat memutar berbagai jenis format file video, baik itu MP4, MP3, 3GP, AVI, ataupun file DVD seperti VOB.

Dan yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini yaitu dapat melakukan zoom pada video yang di putar hanya dengan menggunakan jari saja. Selain itu, aplikasi ini mampu memutar video dengan resolusi tinggi, termasuk HD video.

Mau mencoba, simak langkah – langkahnya berikut ini.

MX Player
Sumber Image : Google Play
  1. Pertama, unduh aplikasi MX Player melalui Google Play. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]
  2. Kemudian install dan buka aplikasi tersebut.
  3. Masukkan file film yang ingin anda putar ke memori eksternal Android anda.
  4. Kemudian klik icon refresh pada bagian atas, agar nantinya semua daftar putar di perbarui.
  5. Jika file video telah masuk, maka anda siap untuk memutarnya.
  6. Selesai.

Jika file video yang anda masukkan tidak dapat di putar atau tersendat – sendat saat memutar video, mungkin saja itu di sebabkan karena versi OS dan spesifikasi hardware tidak mumpuni.

Lihat Juga : Merubah Format Video di HP Android & PC

Rekomendasi Aplikasi Video Player lainnya …

Selain MX Player, ada beragam video player lain yang tidak kalah canggihnya dalam memutar video beresolusi tinggi. Penasaran seperti apa, berikut daftarnya ..

#1. KMPlayer

KMPlayer
Sumber Image : Google Play

Yang pertama ada KMPlayer dari developer Pandora TV. Melalui aplikasi ini, anda bisa memutar video secara sempurna untuk semua format. Dengan dukungan codec terbaru membuat video terasa lebih ringan ketika diputar.

Informasih Google Play, KMPlayer mampu memutar video dengan kualitas tinggi dari HD hingga 4K, UHD, dan Full HD. Penasaran, unduh KMPlayer langsung dari Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#2. Pemutar Video Semua Format

Pemutar Video Semua Format
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi selanjutnya ada video player dari Video Maker Inc. Aplikasi ini mampu memutar semua format video dengan kualitas 4K atau HD. Dan menariknya lagi, aplikasi ini mampu mendeteksi seluruh video yang ada di memori internal dan eksternal.

Dengan begitu, anda tidak perlu repot harus mencarinya di galeri, cukup buka aplikasi dan putar video yang diinginkan. Dukungan kontrol pintar menjadi kelebihan dari aplikasi ini, pengguna mampu melakukan perubahan pada rotasi, ratio, modus malam kunci, dan masih banyak lagi.

[Google Play] [App Store]

#3. Pemutar Video

Pemutar Video
Sumber Image : Google Play

Opsi selanjutnya ada pemutar video dimana aplikasi ini mampu memutar video kualitas tinggi seperti 4K, HD, Full HD, dan UHD. Dukungan format cukup lengkap seperti AVI, MP3, WAV, AAC, MOV, MP4, WMV, RMVB, FLAC, 3GP, M4V, MKV, dan masih banyak lagi.

Jika anda membutuhkan subtitle, anda-pun bisa menambahkan subtitle. Selain itu, menonton video menggunakan aplikasi ini berasa maksimal, mengingat fitur Equalizer-nya mampu membuat sound lebih nge-bass.

[Google Play] [App Store]

#4. VLC for Android

VLC for Android
Sumber Image : Google Play

VLC merupakan rekomendasi video player terbaik, dimana anda bisa memutar video ISO DVD layaknya versi desktop dari VLC. Sebagian dari anda mungkin sudah tahu mengenai aplikasi, mengingat VLC banyak diunduh oleh pengguna desktop, baik itu Windows, Linux, ataupun Mac.

Aplikasi ini gratis dan dibagikan secara open source. Sekali membuka, VLC akan melakukan scanning semua video yang ada di internal dan eksternal. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam memutar video.

[Google Play] [App Store]

#5. GOM Player

GOM Player
Sumber Image : Google Play

Sama seperti VLC, GOM player juga merupakan salah satu video player unggulan. Tidak hanya sekedar memutar video dengan kualitas tinggi, fitur unggulannya mampu memutar video 360 derajat dengan dukungan VR.

Hebatnya lagi, dukungan codec terbarunya mampu membuat video lebih stabil ketika diputar. Manajemen subtitle yang baik, serta dapat dihubungkan dengan teknologi cloud dari Dropbox, GoogleDrive,  OneDrive, dan lainnya.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.