10 Aplikasi Belajar Online Android & iOS Terbaik

Belajar adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang, karena dengan belajar kita bisa memahami dan mengetahui sesuatu yang baru. Dan kegiatan ini merupakan hal pokok bagi para pelajar, mereka harus belajar dan belajar demi mendapat nilai yang baik maupun demi sebuah peringkat yang tinggi.

Banyak dari mereka yang sulit, bahkan tidak suka dengan kegiatan belajar, dikarenakan beragam alasan tertentu. Terkadang belajar dengan cara konvensional membuat para murid atau pelajar cepat bosan dan akhirnya materi yang diberikan tidak pernah dimengerti.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dapat menjadi jembatan untuk memudahkan para murid dalam belajar sesuai dengan keinginan atau kebutuhannya. Beragam tingkatan pembelajaran telah dihadirkan oleh bimbel online dari SD, SMP, SMA, SMK, hingga mahasiswa dan calon PNS.

Banyak perusahaan startup Indonesia dan mancanegara yang juga hadirkan bimbingan online untuk kelas atau kursus tertentu, baik itu desain grafis, video editing, content writer, hingga pemrograman. Dengan ini semua, tentu pelajar dan mahasiswa dapat lebih produktif dan maksimal dalam belajar.

Lihat Juga : 8 Aplikasi Video Conference Android & iOS Terbaik

Aplikasi Bimbingan Belajar Online Terbaik

Melalui artikel ini, penulis ingin berbagi rekomendasi aplikasi bimbel online yang bisa jadi alternatif buat belajar dirumah, khususnya masa-masa sekarang ini. Mengingat, pemerintah telah menganjurkan untuk belajar dari rumah dan bekerja dari rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

… berikut rekomendasinya.

1. Quipper

Quipper
Sumber Image : Play Store

Quipper merupakan salah satu layanan Learning Management System dimana seorang guru dan murid dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Mirip seperti sekolah pada umumnya, di Quipper, guru berperan sebagai fasilitator dalam mengelola materi, memberikan tes atau ujian, serta melihat perkembangan siswa.

Ada 3 portal utama yang perlu diperhatikan yang ada di Quipper, yakni QLink (Portal Guru), QCreate (Portal pembuatan konten), dan QLearn (Portal Siswa). Data dari Quipper saat ini, 5 juta siswa dan 350 ribu guru di Indonesia telah terdaftar di Quipper. Dan 50 ribu soal telah dibuat untuk melatih kemampuan para siswa.

Untuk harga paketnya sendiri, update terbaru untuk paket reguler 200 ribu dan paket reguler masterclass 400 ribu. Jika tertarik, anda bisa beli paketnya sekarang juga, dan untuk aksesnya sendiri bisa melalui smartphone atau website Quipper.com.

[Google Play] [App Store]

2. Duolingo

Duolingo
Sumber Image : Play Store

Duolingo merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantu anda belajar Bahasa Inggris. Sampai saat ini, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna Android dan menjadi salah satu aplikasi pilihan editor terbaik. Dikembangkan untuk membantu pelajar dan mahasiswa seluruh dunia untuk belajar Bahasa inggris.

Layanan Duolingo dapat diakses melalui web app dan smartphone. Dan untuk mempercepat akses, anda bisa menggunakan Facebook untuk authentifikasi akun. Jika anda telah mendaftar, anda akan merasakan keseruan belajar menggunakan Duolingo.

Dalam pembelajarannya, anda akan disuguhkan beragam kuis yang perlu diselesaikan. Ini seperti bermain game dan akan sangat menyenangkan. Jika mau, anda juga dapat melakukan upgrade ke paket premium seharga 7 USD untuk pembelian selama 1 tahun penuh.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Belajar Tes TOEFL Android & iOS Terbaik

3. Brainly

Brainly
Sumber Image : Play Store

Buat anda yang bingung ngerjain soal, Brainly dapat menjadi alternatif buat nyari jawabannya. Atau anda bisa ajukan pertanyaan, apapun itu entah itu matematika, IPA, kimia, PPKN, IPS, dan lainnya. Dan para guru atau para pelajar lain yang mengerti akan merespon dan menjawabannya.

Dan menariknya, anda bisa gunakan kamera untuk memindai soal yang diinginkan, kemudian aplikasi akan mencoba menemukan jawabannya. Selain mengajukan soal, anda juga bisa membantu pelajar lain untuk menjawab soal. Artinya, ini bisa saling membantu dan berbagi pengetahuan antar pengguna.

Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

4. Quizlet

Quizlet
Sumber Image : Play Store

Quizlet merupakan salah satu media belajar yang dikembangkan oleh perusahaan startup Amerika. Dengan aplikasi ini, anda bisa belajar banyak pengetahuan umum dari biologi, kimia, ilmu komputer, ilmu kebumian, tekni, fisika, ruang angkasa, dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini, aplikasi telah digunakan oleh 50 juta murid diseluruh dunia. Dan menariknya, anda bisa membuat bahan pelajaran sendiri. Untuk fitur-fitur unggulan, anda bisa upgrade ke versi premium dan anda bisa dapatkan kelas tanpa batas, mode malam, dan bebas gangguan iklan.

[Google Play] [App Store]

5. Ruang Guru

Ruangguru
Sumber Image : Play Store

Berikutnya ada Ruang Guru yang merupakan salah satu aplikasi bimbel online yang dikembangkan PT Ruang Raya Indonesia. Diruang guru, anda bisa belajar pengetahuan umum dari jenjang SD hingga mahasiswa. Dan menariknya, semuanya dikemas dengan video animasi yang unik dan seru.

Semua kebutuhan pembelajaran tersedia lengkap sesuai dengan paket yang dipilih. Beragam latihan soal dan pembahasan dapat anda akses setelah memilih paket yang disediakan. Pengajarnya pun juga tak main-main, anda bisa belajar dari master teacher terbaik dari Ruang Guru.

Untuk harga paketnya sendiri, dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan, tergantung dari durasi yang dipilih. Kalau mau lebih murah, anda bisa pilih paket yang satu tahun atau dua tahun.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang, Bisa Mulai dari NOL

6. Photomath

Photmath
Sumber Image : Play Store

Mau menyelesaikan soal matematika secara cepat dan mudah, Photomath dapat menjadi alternatif terbaik. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengambil soal yang ada dengan kamera dan aplikasi akan menyelesaikan soal tersebut. Artinya, aplikasi akan menghitung sesuai dengan rumus yang ada secara detail dan lengkap.

Topik soal matematika yang dapat diselesaikan antara lain matematika dasar (pra aljabar), aljabar, trigonometri atau prekalkulus, kalkulus, dan statistik. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

7. Socratic

Socratic
Sumber Image : Play Store

Socratic merupakan salah satu aplikasi pembelajaran berbasis AI (artificial intelligence) yang dikembangkan oleh Google. Dengan aplikasi ini, semua pengguna akan terbantu dalam menyelesaikan masalah soal matematika atau pengetahuan mendalam lainnya.

Sampai saat ini, kategori pembelajaran yang dihadirkan yakni Aljabar, Geometri, Trigonometri, Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah, dan Sastra. Anda juga bisa menemukan beragam video penjelasan selangkah demi langkah sehingga dapat memperjelas pemahaman anda.

Aplikasi ini benar-benar bisa anda nikmati secara gratis. Unduh aplikasi melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

8. Snapask

Snapask
Sumber Image : Play Store

Aplikasi belajar online yang recommended buat anda gunakna juga yakni Snapask. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan pelajar dalam mengerjakan soal matematika, biologi, kimia, sampai bahasa inggris sekalipun. Anda bisa mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari pengguna lain tanpa ada batasan waktu.

Kurang puas dengan jawaban yang ada, anda bisa ikut sesi belajar 30 menit dan bertanya sepuasnya bersama tutor yang handal. Semua yang dihadirkan Snapask dijamin berkualitas karena tutor diseleksi secara ketat sehingga proses belajar yang hadirkan akan sangat memuaskan.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android & iOS Terbaik

9.  Kelas Pintar

Kelas Pintar

Berikutnya ada Kelas Pintar yang dihadirkan oleh PT Extramarks Education Indonesia yang diperuntuhkan untuk siswa SD, SMP, sampai SMA dalam menghadapi ujian harian, ujian semester, hingga ujian nasional. Ada banyak kuis dan soal Try Out yang bisa anda kerjakan disini.

Anda juga bisa bertanya semua mata pelajaran kepada guru-guru yang ahli dibidangnya. Dan kesulitanmu akan dibantu secara jelas dan detail. Semua materi pembelajaran yang ada dikemas dalam bentuk video animasi, multimedia interaktif, hingga ebook.

Untuk harga kelasnya, dimulai dari 75 ribu sampai ratusan ribu. Akan lebih hemat ketika berlangganan selama 1 tahun penuh. Tertarik mencoba, unduh aplikasi melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

10. Zenius

Zenius

Rekomendasi terakhir ada Zenius yang tak kalah kerennya. Menjadi salah satu aplikasi yang sangat lengkap dalam menghadirkan pembelajaran untuk tingkat SD sampai SMA untuk mata pelajaran matematika, IPA, IPS, dan Bahasa. Semuanya dikemas oleh mentor-mentor yang handal sesuai dengan kurikulum terbaru saat ini.

Tersedia juga simulasi untuk tes UTBK SBMPTN yang dapat diakses melalui websitenya. Untuk bisa bergabung, anda bisa beli kelas membershipnya dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah dengan garansi mendapat nilai terbaik.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.