Tips Merawat Tablet Android Agar Tidak Cepat Rusak

Dianisa.com Tips Jitu Merawat Tablet Android Supaya Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak. Tablet adalah bagian dari smart gadget yang memiliki ukuran lebih besar di banding smartphone. Fungsi tablet sama dengan fungsi smartphone, dapat di gunakan untuk SMS, Telepon, Internet, gaming, serta mengolah data sesuai keinginan pemiliknya.

Baca Juga :

Salah satu keunggulan yang di miliki oleh tablet ialah ukuran layar yang cukup besar, minimal 7 inch atau 10 inch. Hal ini tentunya membuat pengguna merasa mudah dalam beraktifitas, seperti gaming atau internet. Tapi untuk di bawa ke mana – mana sangat merepotkan, karena ukurannya yang lebar dan tidak muat di kantong.

Pengguna smartphone memang lebih banyak di banding dengan tablet, karena dari segi harga memang lebih mahal di banding smartphone. Sedangkan untuk kualitas sebenarnya sama saja, tergantung dari harga itu sendiri. Beberapa pengusaha atau karyawan kantor ternyata banyak yang menggunakan tablet, mungkin mereka merasa tablet lebih praktis di banding dengan laptop atau komputer.

Selain anak muda dan orang tua, tablet juga banyak di peruntuhkan untuk anak kecil, sebagai media untuk belajar dan bermain. Perawatan tablet berbeda dengan smartphone, untuk itulah anda harus berhati – hati. Lalu, seperti apakah tips merawat tablet android yang baik itu? Berikut ulasannya.

1. Gunakan Aksesoris Original

Setiap kali anda membeli tablet pastinya sudah di lengkapi dengan Headset, Charger, Baterai, dan lain – lainnya. Salah satu perawatan yang baik adalah gunakan aksesoris yang original sesuai dengan tablet android itu sendiri. Jangan tancapkan charger tablet teman anda walaupun bisa mengisi daya, jika merek tablet berbeda takutnya nanti dapat merusak hardware karena ketidak sesuaian komponen.

Jika nantinya charger, baterai, ataupun headset mengalami kerusakan. Carilah aksesoris yang original dan sama dengan tablet yang anda gunakan.

Perlu anda ketahui bahwa setiap charger memiliki daya isi yang berbeda – beda, untuk itulah anda harus bisa memilih sesuai dengan daya isi tablet android anda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan komponen.

2. Jauhkan Dari Barang Elektronik Lain

Setiap barang elektronik mengandung bahan magnetik. Barang Elektronik bisa berupa TV, Radio, DVD Player, dan Komputer. Jika tablet dan barang elektronik berdekatan takutnya dapat merusak satu dari kedua barang tersebut. Untuk menghindari resiko terjadinya kerusakan, sebaiknya jauhkan dari barang elektronik tersebut.

Anda bisa memilih tempat yang lebih baik, seperti di atas meja yang datar, di dalam tas, atau tempat lain yang tidak begitu dekat dengan barang Elektronik.

3. Jauhkan Dari Benda (Hawa) Yang Bersifat Panas

Benda yang bersifat panas itu bisa kompor. Di saat anda memasak di dapur, jangan sambil membawa tablet, karena bisa jadi nantinya anda letakkan di dekat kompor yang memiliki hawa panas yang tinggi. Dampak buruknya komponen dalam bisa terbakar karena panas.

Selain benda, jauhkan pula dengan sinar matahari. Saat anda berpergian atau jalan – jalan, jangan sambil bermain tablet. Karena jika keadaan luar sangat panas maka dapat memicu kerusakan pada tablet, semakin panas tablet akan memicu komponen lain terjadi kerusakan.

4. Jangan Menaruh Tablet Di Kantong Celana

Beberapa celana jeans memang ada yang memiliki ukuran kantor yang cukup besar, tapi bukan berarti anda bisa memasukkan tablet ke kantor celana. Kantongnya memang besar, tapi sempit saat di masukkan. Itulah yang di namakan celana jeans.

Jadi sebaiknya jangan memasukkan tablet ataupun smartphone android ke kantong celana jeans. Kenapa? Karena kantong celana jeans sangat sempit, takutnya bisa membuat layar tablet retak atau pecah.

5. Lindungi Tablet Dengan Kondom (Dompet Tablet)

Kondom (Dompet Tablet) merupakan pelindung tablet dari sisi luar yang terbuat dari bahan lunak (Karet) dan ada juga yang terbuat dari kulit (Kain). Tujuan memang kondom ialah dapat mengurangi terjadinya goresan pada bagian sisi luar, baik itu di bagian samping ataupun di bagian belakang tablet itu sendiri.

Harga kondom cukup mudah, dengan uang minimal 100 ribu anda bisa dapatkan kondom dengan kualitas yang cukup bagus.

6. Matikan Tablet Saat Sedang Di Charger

Saat anda sedang mengisi daya baterai, matikan tablet anda. Hal ini tidak hanya berlalu pada tablet, tapi berlaku pula pada smartphone android. Jangan sekali – kali bermain tablet sambil men-charger karena efek panas yang di hasilkan lebih cepat di banding saat anda tidak men-charger. Selain berpengaruh pada baterai tablet, hal ini juga akan berpengaruh pada charger itu sendiri.

Pilihan terbaik adalah matikan tablet dan barulah anda charger sampai penuh. Dan jika sudah penuh, barulah anda bisa bermain tablet lagi.

Baca Juga :

7. Bersihkan Layar Secara Teratur

Agar layar tablet tetap kinclong dan tidak terdapat debu yang menempel sebaiknya bersihkan dengan tisu atau kain lembut secara teratur. Jangan sekali – kali anda membersihkannya dengan kain yang kasar, takutnya nanti terjadi goresan pada layar.

Jika anda ingin hasil yang lebih baik, anda bisa membeli air atau cairan yang di khusukan untuk membersihkan layar, bisa layar tablet, smartphone, ataupun komputer.

8. Pasang Anti Gores

Biasanya anti gores sudah terpasang langsung pada produk android yang beredar. Tapi jika tablet anda belum terpasang anti gores, sebaiknya pasang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi goresan pada layar. Anti gores tidaklah mahal, cukup dengan menyiapkan uang 50 ribu pasti sudah dapat anti gores.

9. Jangan Menyentuh Layar Ketika Tangan Kotor Atau Basah

Layar tablet sangat sensitif, jadi jangan sampai hanya gara – gara tangan anda yang kotor, basah, ataupun berminyak dapat memicu terjadinya error pada sensitifitas layar tablet itu sendiri. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda bersihkan tangan anda, dan barulah anda boleh menyentuh layar tablet yang anda miliki.

10. Lakukan Perawatan Secara Software

9 tips di atas adalah perawatan secara fisik dari tablet android itu sendiri. Tips terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan merawat tablet secara software. Salah satu hal yang sering terjadi kerusakan pada tablet atau smartphone android yakni sering terjadi error pada aplikasi. Terbukti bahwa banyak para pengguna android jarang melakukan perawatan secara software (Aplikasi).

Software yang paling untuk di install ialah anti virus dan pembersih cache. 2 jenis software tersebut dapat membantu merawat android secara berkala dari hari ke hari.

Baca Juga :

Kesimpulan,

Dengan menerapkan tips – tips di atas, di jamin tablet android anda dapat bertahan lama. Dan jikapun terjadi kerusakan, kebanyakan hanya pada aplikasi dan itupun bisa di perbaiki dengan mudah tanpa harus membawa ke tukang servis.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Merawat Tablet Android Supaya Tetap Awet Dan Tahan Lama, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan sesuatu, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here