Aplikasi Android Yang Boros Kuota
Sumber Image : GadgetMatch

Dianisa.com – Inilah 5 Jenis Aplikasi Android Yang Boros Kuota/ Data Internet. Saat kuota internet mau habis serasa galau saat ingin membuka sesuatu di internet. Semakin banyaknya konten yang menarik untuk dilihat dan dibaca membuat pengguna android suka mengakses internet dan lupa dengan kuota sendiri karena asyik melihat/ menonton.

Baca Juga :

Berbagai cara telah kita lakukan, namun apa daya kuota internet tetap saja habis. Ini bukan salah aplikasi atau kuota tapi ini adalah salah anda sendiri. Terlalu sering dalam mengakses internet, lebih – lebihnya main game dan steaming video online. Yang paling bagus agar kuota internet tidak cepat habis yakni mematikan data internet selama satu bulan. DI JAMIN KUOTA ANDA UTUH!!!!

Aplikasi Android Yang Boros Data Internet Bulanan

Selain akses internet yang berlebihan, sebenarnya ada hal lain yang membuat kuota internet android cepat habis. Ada beberapa aplikasi tertentu yang cepat dalam menguras kuota. Aplikasi tersebut sering anda gunakan, dan alhasil kuota tidak sampai dalam satu bulan. Apa sih aplikasi yang membuat kuota cepat habis?, Berikut aplikasinya.

1. Sosial Media

Siapa sih yang tidak punya sosial media, semua pengguna android pasti punya sosial media. Di era digital sekarang ini, sosial media menjadi salah satu alat komunikasi biasa di kalangan remaja Indonesia, terutama anak SMA, Anak Kampus, dan anak – anak jalanan. Lalu, kenapa sosial media dikatagorikan sebagai aplikasi yang boros kuota? Berikut penjelasannya untuk anda.

  • Facebook : Kita tahu facebook merupakan sosial media/ aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Time line yang terus bermunculan dan banyaknya notifikasi yang masuk membuat kuota anda cepat habis. Terlebih sekarang ini facebook memberikan fitur terbaru pada videonya yang auto-play. Artinya tanpa anda memutarpun video tersebut akan berputar dengan sendirinya. Hal ini tentunya akan membuat anda galau karena kuota cepat habis. Perlu anda ketahui bahwa facebook saya saja dalam satu hari memberikan notifikasi sebanyak 60-100, entah itu dari status, tag, ataupun dari grup tertentu. Intinya hal tersebut sangat – sangat menggangu saat data internet saya aktifkan.
  • Twitter : Fitur twitter sama seperti facebook yakni post video auto-play. Hal semacam ini tentunya akan membuat kuota anda jebol dalam waktu beberapa minggu saja. Matikan fitur auto play dengan masuk pada menu Settings – Data, kemudian atur auto play saat terkoneksi dengan Wifi.
  • Instagram : Kita tahu bahwa instagram adalah tempat berbagi foto dan video. Gambar dan video memiliki load bandwith yang cukup besar, hal ini tentunya akan menguras kuota internet anda. Time line dan profil seseorang di penuhi dengan foto dan video, hal ini akan terus menguras kuota saat anda scrool kebawah terus menerus. Untuk membuat intagram lebih hemat, masuk ke menu Cellular Data Use, lalu pilih Use Less Data. Video yang terpost tidak akan otomatis diputar dan load foto akan sedikit lebih lama.

Baca Juga :

2. Game Online

Apapun jenis game online yang anda mainkan tentunya akan membuat kuota anda cepat habis. Tidak sampai 1 bulan, anda akan beli paket data yang baru. Salah satu game online yang paling banyak dimainkan di Indonesia yakni Clash Royale. Jujur saya sendiri memang tidak pernah bermain game online, apapun namanya saya tidak suka game online. Tapi banyak teman – teman saya yang suka game online. Saat anda bermain Clash Royale tentunya akan sangat seru, tapi jika koneksi internet anda lemah, dijamin anda pasti kalah total.

Baca Juga :

3. Video Streaming dan Video Call

Dijamin 100% kuota anda akan cepat habis karena nonton video. Banyak sekali aplikasi video streaming yang menawarkan berbagai konten yang menarik untuk anda lihat. Apa saja aplikasi video yang boros kuota, berikut ulasannya.

  • Youtube : Aplikasi youtube memberikan konten berupa video dari seluruh penjuru dunia. Video dengan resolusi yang tinggi akan membuat kuota anda jebol. Pilihan terbaik yakni jangan keseringan nonton video, dan jika ingin nonton video pilih ukuran video dengan low resolution.
  • Netflix : Aplikasi nonton film movie ini akan membuat kuota anda jebol hanya dalam waktu beberapa hari saja. film berdurasi 1 jam dalam menguras kuota hingga ratusan MB, kebanyang kan jika nontonnya hingga berjam – jam. Lebih baiknya, nonton saat ada koneksi WIfi, itung – itung anda bisa nyari gratisan.
  • HOOQ : Aplikasi HOOQ juga menawarkan keunggulan yang sama, movie yang berlimpah membuat anda ketagihan.
  • Skype : Layanan video call gratis ini dapat membuat kuota anda jebol. Bagaimana tidak, video call dapat diibaratkan seperti Video streaming. Makin lama anda video call maka makin banyak kuota yang tersedot.

Baca Juga :

4. Photo

Salah satu aplikasi yang dapat membackup foto dengan mudah yakni Google Photo. Aplikasi ini dapat membackup semua foto di android anda dengan cepat. Namun sayangnya aplikasi ini akan menyedot kuota anda dengan cepat. Untuk mengakalinya, anda bisa setting agar update saat sedang terkoneksi Wifi.

5. Update Aplikasi

Apabila anda mengaktifikan fitur update aplikasi android pada Google Play Store, maka tersebut tentunya akan membuat kuota anda jebol. Semua aplikasi memang perlu kita update, tapi hal tersebut tidak harus setiap hari. Anda bisa mengaktifkan update aplikasi saat sedang terkoneksi WIfi. Di jamin kuota anda akan lebih irit.

Untuk menghemat kuota internet Android, tergantung pada penggunanya itu sendiri. Sebagai pengguna android, kita harus bijak dalam memakai internet. Tidak perlu berlebihan, lebih baik buka internet saat anda perlu membukanya.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Aplikasi Android Yang Boros Kuota, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here