0813 Kartu Apa? Penasaran, Ternyata ini Jawabannya!

0813 adalah nomor kartu salah satu provider di Indonesia yakni Telkomsel simPATI

Bagi Anda para pengguna ponsel pasti tahu jika setiap orang memiliki nomor pengguna yang berbeda-beda. Setiap nomor juga memiliki kode awal masing-masing. Misalnya seperti 0813 yang merupakan nomor awal salah satu provider yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis provider yang digunakan yang dapat Anda kenali melalui kode awal nomor provider tersebut yang biasa disebut dengan kode prefix.

Kode prefix dari setiap kartu provider biasanya terdiri dari kombinasi empat digit angka yang bermacam-macam dan berbeda satu sama lain. Misalnya provider Indosat Ooredoo memiliki kode prefix 0857 yang berbeda dengan provider XL Axiata yang memiliki kode prefix 0817. Hal tersebut tentu dapat menjadi identitas tersendiri bagi suatu provider. Lalu bagaimana dengan kode prefix 0813? dan berasal dari provider manakah nomor awal tersebut? berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai 0813 yang dapat Anda simak dan ketahui.

Lihat Juga: Arti Panggilan dari Greater Jakarta?

0813 Kartu Apa?

0813 nomor apa

0813 adalah salah satu kode nomor awal dari kartu SimPATI dan Hallo dari provider Telkomsel. Telkomsel sendiri merupakan salah satu perusahaan dibidang telekomunikasi terbesar di Indonesia. Selain itu, beberapa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini juga cukup populer di Indonesia misalnya seperti kartu SimPATI, kartu AS, Hallo, Loop, dan lain-lain. Masing-masing kartu tersebut juga tidak hanya memiliki satu nomor prefix saja. Contoh beberapa nomor prefix yang dikeluarkan oleh Telkomsel yaitu antara lain yaitu:

  • 0811, yang merupakan kode awal kartu Hallo
  • 0812, yang merupakan kode awal kartu SimPATI
  • 0813, yang merupakan kode awal kartu SimPATI
  • 0821, yang merupakan kode awal kartu SimPATI
  • 0822, yang merupakan kode awal kartu SimPATI
  • 0823, yang merupakan kode awal kartu AS
  • 0851, yang merupakan kode awal kartu AS
  • 0852, yang merupakan kode awal kartu AS
  • 0853, yang merupakan kode awal kartu AS

Manfaat Kode Prefix

Adanya perbedaan kode prefix pada masing-masing provider juga bertujuan untuk memberikan identitas pada masing-masing provider, sehingga para pengguna lebih mudah mengidentifikasi jenis provider yang digunakan melalui kode prefix tersebut.

Apabila Anda sudah dapat mengidentifikasi kode prefix tersebut dan mengetahui jenis provider yang digunakan, maka Anda juga dapat lebih mudah untuk memperkirakan berapa jumlah biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan panggilan atau mengirim SMS pada nomor tersebut. Sehingga Anda dapat mempersiapkan pulsa yang cukup dan tidak menghabiskan terlalu banyak saldo hanya untuk melakukan satu panggilan saja.

Lihat Juga : Arti Mention di Media Sosial

Perbedaan kartu Simpati dan Halo

Perbedaan simPATI dan Halo

Kartu SimPATI dan Hallo memang sama-sama berasal dari satu provider yang sama yaitu Telkomsel. Namun yang perlu Anda ketahui, bahwa masing-masing kartu tersebut juga memiliki perbedaan masing-masing misalnya seperti kartu SimPATI memiliki 12 digit nomor, sedangkan kartu Hallo hanya memiliki 11 digit nomor saja. Tidak hanya itu, jenis kedua kartu tersebut juga berbeda. Kartu SimPATI merupakan jenis kartu prabayar, di mana para pengguna harus terlebih dahulu membayar atau mengisi pulsa sebelum menggunakan kartu tersebut.

Sedangkan kartu Hallo merupakan jenis kartu pasca bayar, di mana Anda dapat menggunakan pulsa terlebih dahulu kemudian melakukan pembayaran. Namun pada saat ini, kartu SimPATI dilebur bersama kartu AS, dan LOOP dan berganti nama menjadi Telkomsel prabayar. Sedangkan kartu pasca bayar Hallo, berubah menjadi Telkomsel Halo.

Lihat Juga : Apa itu Shadowban Twitter?

Cara registrasi kartu SimPATI dan Hallo

Cara Registrasi kartu Telkomsel

Karena kedua jenis kartu tersebut berbeda, maka cara registrasi kartu yang dapat Anda lakukan juga berbeda. Berdasarkan informasi melalui website Telkomsel, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan registrasi masing-masing kartu tersebut. Antara lain yaitu:

Kartu SimPATI

  1. Bagi Anda para pelanggan baru, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengirim SMS, ketik REG#NIK#NomorKK kemudian kirim ke nomor 4444.
  2. Kemudian bagi Anda para pengguna lama, maka Anda dapat mengirim SMS dengan ketik ULANG#NIK#NomorKK dan kirim ke 4444.

Kartu Hallo

  1. Anda dapat menyiapkan NIK, kartu KTP, dan nomor kartu KK Anda.
  2. Jika sudah lengkap, Anda dapat melakukan registrasi dengan memilih paket mana yang Anda gunakan. Anda dapat melakukan pembayaran paket yang Anda pilih sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pihak kartu tersebut.
  3. Setelah itu, isi provinsi Anda, dan masukkan nomor kartu Halo yang Anda gunakan.
  4. Dan yang terakhir, Anda dapat menunggu hingga proses selesai kemudian Anda akan menerima notifikasi berupa SMS apabila registrasi yang Anda lakukan telah berhasil.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Cek Kuota Internet Telkomsel

Cara cek nomor Telkomsel melalui Dial-UP

Jika Anda ingin melakukan cek nomor Telkomsel, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda dapat membuka menu panggilan atau dial-up yang tersedia pada ponsel Anda.
  2. Kemudian tekan *808#. Dan pilih menu Panggil/Call.
  3. Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapat notifikasi berupa SMS dari pihak Telkomsel.
  4. SMS tersebut berisi berbagai informasi mengenai nomor ponsel Anda. Dan perlu Anda ketahui, layanan cek nomor tersebut dikenakan biaya sebesar Rp100 untuk sekali permintaan pada jenis kartu prabayar.
  5. Selesai.

Cara cek nomor Telkomsel melalui MyTelkomsel

Cek Nomor Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel
Cek nomor Telkomsel melalui MyTelkomsel. RUDI DIAN ARIFIN
MyTelkomsel - Buy Package
MyTelkomsel - Buy Package
Developer: Telkomsel
Price: Free
‎MyTelkomsel
‎MyTelkomsel

Selain melalui dial-up, Anda juga dapat mengecek nomor Telkomsel dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, dengan aplikasi tersebut Anda tidak akan kehilangan pulsa. Namun Anda harus terhubung melalui internet ketika menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, antara lain yaitu:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store apabila belum terpasang pada ponsel Anda.
  2. Buka dan lakukan registrasi terlebih dahulu.
  3. Kemudian muncul beberapa menu, dan Anda dapat memilih menu informasi.
  4. Lalu informasi mengenai nomor Anda dan informasi mengenai provider yang Anda gunakan akan tersedia.
  5. Anda juga dapat mengecek beberapa nomor, maksimal lima nomor Telkomsel yang berbeda sekaligus dalam satu akun.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Harga Paket Internet by.U Telkomsel

Penutup,

Jika Anda sudah mengetahui mengenai kode prefix 0813, dan berasal dari provider manakah nomor tersebut. Anda sudah tidak perlu khawatir ketika melakukan panggilan atau SMS pada nomor tersebut. Anda juga sudah dapat menebak kira-kira berapa pulsa yang akan digunakan. Jika sama dengan jenis provider yang Anda gunakan, tentu Anda hanya akan mengeluarkan sedikit biaya untuk melakukan panggilan atau SMS pada nomor tersebut.

Namun apabila jenis provider Anda berbeda dengan nomor tersebut, maka Anda dapat mempersiapkan berapa kira-kira saldo pulsa yang akan Anda gunakan dan dapat beralih melalui panggilan atau pesan di WhatsApp agar tidak perlu memakan biaya pulsa terlalu banyak.

Bagaimana cara cek nomor Telkomsel selain melalui Dial-Up dan aplikasi MyTelkomsel?

Anda dapat mengeceknya melalui operator atau customer service, dan melakukan panggilan pada nomor lain.

Bagaimana cara menggunakan pulsa darurat Telkomsel?

Pulsa darurat dapat Anda aktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel, SMS, atau bahkan dengan cara tekan *500*5#.

Apa kelebihan dari kartu SimPATI Telkomsel?

Memiliki sinyal yang kuat di seluruh Indonesia, tersedia berbagai pilihan paket kuota internet, banyak promo bundling yang disediakan, dan dapat Anda beli di konter mana saja.

Apa kelebihan dari kartu Hallo Telkomsel?

Menyediakan berbagai paket unlimited, Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota internet karena kuota tidak akan habis sampai akhir bulan atau pada saat Anda membayar tagihan. Selain itu, kartu ini juga memiliki sinyal dan jaringan internet yang kuat.


Penulis: Adella Eka Ridwanti | Editor: Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Download Video YouTube di HP, PC, Laptop Tanpa Aplikasi

    Berikut beberapa cara download video YouTube tanpa aplikasi yang dapat Anda coba ikuti!
  2. Kode Warna Background Pas Foto (Merah dan Biru)

    Berikut kode warna background pas foto merah dan biru yang bisa Anda jadikan pilihan!
  3. Pengertian SPAM – Jenis, Penyebab, Dampak Negatif, Cara Mengatasi

    Spam merupakan jenis pesan yang biasanya dikirim dalam jumlah yang besar