8 Urutan Lengkap Film Spider-Man dari Awal Hingga yang Paling Baru

Ketahui apa saja urutan lengkap film Spider-Man mulai dari awal hingga yang paling baru!

Siapa yang tidak kenal dengan film Spider-Man, sepertinya semua orang pasti tahu dengan film yang sangat terkenal satu ini. Bagi pecinta Marvel Cinematic Universe alias MCU pasti sangat mengenal betul keberadaan film Spider-Man. Spider-Man merupakan film yang memiliki banyak series dengan karakter yang sangat menonjol yaitu superhero laba-laba yang disebut dengan Spider-Man. Film yang satu ini bahkan masih banyak digandrungi oleh kebanyakan orang dari berbagai alangan usia dan dari berbagai penjuru dunia. Hal ini membuktikan betapa terkenal dan legendarisnya film Spider-Man.

Akan tetapi, banyak yang mengira bahwa film Spider-Man dirilis pada tahun 2002 yang diperankan oleh Tobey Maguire, padahal film ini pertama kali tayang pada tahun 1977 dalam bentuk serial televisi dengan 13 episode. Hanya saja, pada masa itu teknologi belum terlalu canggih sehingga kualitas CGI (Computer Graphic Images) belum begitu bagus. Maka dari itu, film Spider-Man yang tayang pada tahun 2002 sangat melegenda karena CGI pada tahun itu sangat memukau penonton dan alur ceritanya juga sangat bagus.

Pastinya kamu sangat penasaran dengan urutan film Spider-Man mulai dari yang pertama hingga yang paling baru. Lalu, bagaimana sih urutan film yang sangat legendaris ini? Bagi kamu yang baru pertama kali ingin menonton film Spider-Man pasti sangat kebingungan dengan film ini secara keseluruhan. Apalagi dari mulai pertama kali rilis sampai yang terbaru, film ini diperankan oleh orang yang berbeda-beda. Aktor yang pertama kali memerankan film ini yaitu Tobey Maguire pada tahun 2002. Tobey Maguire hanya bertahan pada 3 film saja dengan diproduksi oleh Sam Raimi. Setelah tahun 2012, perannya digantikan oleh Andrew Garfield dengan di bawah arahan Marc Webb.

Selanjutnya, pada tahun 2017, peran Spider-Man digantikan oleh Tom Holland dengan rumah produksi MCU. Walaupun film Spider-Man sempat beberapa kali ganti peran utama, tetapi alur ceritanya saling berkaitan satu sama lain. Bahkan setelah berganti pemeran utama, film ini tetap menarik perhatian banyak orang di penjuru dunia dengan alur ceritanya yang menarik. Pergantian pemeran utama nyatanya tidak meredupkan popularitas film yang sangat fenomenal satu ini. Bahkan ketiga aktor tersebut turut tampil bersama dalam film Spider-Man: No Way Back Home yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak urutan lengkap film Spider-Man berikut ini.

Ringkasan

  • Tobey Maguire’s Trilogy (Raimiverse) terdiri atas: Spider-Man (2002), Spider-Man 2 (2004),  dan Spider-Man 3 (2007).
  • Andrew Garfield’s Series (Web Verse)  terdiri atas: The Amazing Spider-Man dan (2012), The Amazing Spider-Man (2014).
  • Tom Holland Trilogy (MCU)  terdiri atas: Spider-Man: Homecoming (2017), Spider-Man: Far from Home (2019), dan Spider-Man: No Way Home (2021).

Lihat Juga : Urutan Film Marvel Cinematic Universe

Urutan Film Spider-Man

Bagi kamu yang penasaran dengan urutan film Spider-Man, berikut akan disajikan urutan lengkapnya dari yang paling awal hingga terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa film ini sudah mengalami pergantian pemeran utama sebanyak tiga kali. Jadi, bagi kamu yang ingin menonton film ini, simak urutan lengkapnya sebagai berikut.

Tobey Maguire’s Trilogy (Raimiverse)

film Spider-Man yang pertama yaitu terdapat sosok Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire. Berikut series lengkapnya.

1. Spider-Man (2002)

Film Spider-Man pertama kali dirilis pada tahun 2002 yang diperankan oleh Tobey Maguire. Ia berperan sebagai Peter Parker, si superhero laba-laba atau Super-Man. Adegan yang paling iconic dari film ini adalah ketika Spider-Man mencium MJ di sebuah gedung tinggi sambil bergelantungan dengan jaring laba-laba miliknya. Kisah ini bermula dari seorang siswa yang diintimidasi di sekolahnya yang bernama Peter Parker. Dia hanya memiliki seorang teman bermakna Harry di sekolah itu. Diam-diam Peter Parker sangat menyukai seorang gadis bernama Mary Jane (Kristen Dunst). Ia tidak berani mengungkapkan perasaannya karena merasa canggung dan malu.

Tiba-tiba lengan Peter Parker digigit oleh laba-laba ketika ia sedang berada di laboratorium genetika dan hendak memfoto Mary Jane. Dari sinilah Peter Parker memiliki kekuatan super yang bisa mengeluarkan jaring laba-laba di tangannya. Setelah kejadian itu, penglihatan Peter juga menjadi semakin membaik, bahkan ia juga bisa menembak jaring laba-laba di pergelangan tangannya. Ia sangat senang dengan perubahan yang terjadi pada dirinya. Peter hanya tinggal dengan paman dan bibinya. Suatu hari, pamannya terkena insiden tabrak lari oleh seorang perampok sehingga peter memiliki tekad yang sangat kuat untuk membalaskan dendam dan melawan kejahatan, termasuk ayah dari Harry, temannya yaitu Green Goblin.

2. Spider-Man 2 (2004)

Setelah dua tahun berlalu dan ia menjadi sosok superhero Spider-Man, keadaan Peter malah semakin tidak membaik karena ia tidak bisa memiliki pekerjaan tetap. Hubungan ia dengan orang-orang terdekatnya menjadi kurang baik dan renggang karena ia harus menjaga identitasnya dengan baik, termasuk dengan sahabat satu-satunya, yaitu Harry. Hal itu ternyata sangat memengaruhi kekuatannya. Harry sangat dendam dengan sosok superhero Spiderman yang telah membunuh ayahnya, Green Goblin. Harry sangat merasa terpuruk atas kehilangan ayahnya. Harry menggantikan posisi ayahnya di perusahaan untuk memimpin perusahaan Oscorp yang sekaligus menjadi sponsor tetap dari proyek Fusi oleh ilmuwan nuklir yang bernama Dr. Otto Octavius.

Proyek tersebut ternyata gagal dan harus menelan korban jiwa, yaitu istri dari Dr. Otto Octavius sendiri. Hal ini menjadikannya sebagai sosok villain dengan kekuatan mekanik di tangannya. Karena kekuatannya semakin melemah, Peter memutuskan untuk berhenti menjadi sosok superhero Spider-Man. Pada kesempatan itu, Harry memutuskan untuk menyewa Dr. Octavius yang sudah menjadi sosok jahat untuk memancing Spider-Man agar muncul di hadapannya dengan imbalan tritium isotop. Harry ingin membalaskan dendam ayahnya karena superhero tersebut telah melenyapkan nyawa ayahnya. Harry masih belum mengetahui bahwa sosok superhero tersebut adalah sahabatnya sendiri, yaitu Peter Parker.

3. Spider-Man 3 (2007)

Film ketiga dari Spider-Man ini menjadi yang terakhir kalinya sosok Peter Parker diperankan oleh Tobey Maguire. Film ini menjadi semakin gelap musuhnya karena musuh terbesar Spider-Man adalah versi gelap dari sosok superhero itu sendiri. Cerita bermula saat ada meteorit yang datang menghantam Central Park. Setelah itu, muncul makhluk luar angkasa yang sangat mirip dengan Spider-Man, tetapi dengan versi gelap. Tidak hanya it, musuh bebuyutan superhero yang satu ini juga muncul secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, tugas dan masalah yang dihadapi Spider-Man menjadi semakin berat. Harry berubah menjadi sosok Green Goblin yang menggantikan ayahnya. Kemudian muncul perampok yang membunuh paman Spider-Man yang berubah menjadi Sandman. Musuh dan saingan Peter saat bekerja di surat kabar juga muncul, yaitu seorang fotografer yang berubah menjadi sosok Venom, Spider-Man dengan sisi gelapnya. Kemudian Venom dan Sandman bergabung untuk melawan Spider-Man. Akan tetapi, akhirnya sosok Harry yang berubah menjadi Green Goblin berubah haluan membantu Spider-Man.

Lihat Juga : Cara Download Film Lewat Torrent

Andrew Garfield’s Series (Web Verse)

Versi kedua dari film superhero laba-laba ini terdapat sosok Spider-Man yang diperankan oleh Andrew Garfield. Series ini masih ada kaitan dan hubungannya dengan series sebelumnya. Berikut versi lengkapnya.

1. The Amazing Spider-Man (2012)

Setelah bertahun-tahun berlalu, akhirnya Spider-Man terbaru muncul di tahun 2012. Pemeran utamanya diperankan oleh Andrew Garfield, bahkan sutradara film superhero ini juga sudah berubah. Kehadiran The Amazing Spider-Man sangat membuat banyak orang merasa antusias dengan film trilogi ini. Cerita bermula saat Peter Parker menemukan sebuah fakta bahwa ayahnya pernah mendokumentasikan diri saat sedang bekerja sama dengan Dr. Connors di Oscorp. Akhirnya, Peter memutuskan untuk pergi ke Oscorp untuk memastikan sesuatu, tetapi ia malah digigit oleh laba-laba hasil rekayasa genetika.

 Tak disangka ia malah berubah menjadi sosok orang yang memiliki kemampuan khusus. Saat Dr. Connors sedang mengerjakan serum regenerasi DNA kadal, ia malah menyuntikkan serum tersebut ke tubuhnya sendiri sehingga ia berubah menjadi monster mengerikan bernama The Lizard. Monster ini mulai menyerang kota dan melakukan kekacauan. Akhirnya, Peter muncul sebagai seorang superhero Spider-Man untuk menyelamatkan kota dari monster berbahaya ini.

2. The Amazing Spider-Man (2014)

Di perusahaan Oscorp terdapat seorang insinyur yang bernama Max Dillon yang secara tidak sengaja menyetrum dirinya sendiri sehingga jatuh ke tangki belut listrik. Akhirnya, Max Dillon berubah menjadi wujud menjadi sosok generator listrik hidup. Di sisi lain, Harry sahabat Peter sedang jatuh sakit dan ia yakin bahwa darah Spider-Man mampu menyembuhkan penyakit sahabatnya tersebut. Harry bertanya kepada Peter apakah dirinya mampu menemukan sosok Spider-Man untuk membantu menyembuhkan penyakitnya, tetapi Peter merasa ragu dan akhirnya menolak permintaan sahabatnya itu.

Harry akhirnya meminta tolong bantuan Max Dillon yang sudah bermutasi menjadi generator listrik yang disebut dengan Electro untuk menemukan Spider-Man dan mengambil sampel darahnya. Ia berjanji akan membawa Max Dillon kembali ke Oscorp jika ia menyanggupi hal tersebut. Ternyata penyakit itu malah mempercepat penyakit Harry untuk mengubahnya menjadi sosok Green Goblin, ayahnya. Spider-Man akhirnya harus menghadapi Electro yang mengacaukan kota dan Green Goblin yang ingin membalaskan dendamnya.

Lihat Juga : Blank Text Generator

Tom Holland Trilogy (MCU)

Series berikutnya dari Spider-Man yaitu diperankan oleh Tom Holland sebagai Peter Parker. Film ini diproduksi oleh Marvel Cinematic Universe, aka superhero ini tentu akan bersanding dengan toko superhero lainnya. Berikut series lengkapnya.

1. Spider-Man: Homecoming (2017)

Peter Parker kembali ke kehidupan sekolahnya setelah membantu Iron Man di fil Captain America: Civil War. Saat itu ia mulai bertemu dengan sosok villain dengan senjata yang sangat canggih hingga akhirnya kalah di sebuah danau. Stark atau Iron Man akhirnya menyelamatkan dirinya dengan sebuah alat pelacak yang terdapat di baju Spider-Man. Tak berhenti di situ saja, dirinya tetap menyelidiki perdagangan senjata misterius. Sampai akhirnya ia mengetahui bahwa ayah dari gadis yang ia sukai terlibat dalam perdagangan senjata itu. Bahkan ayah gadis itu menjadi dalang utama perdagangan senjata misterius itu.

2. Spider-Man: Far from Home (2019)

Setelah Thanos kalah, Peter memutuskan untuk berhenti menjadi sosok superhero laba-laba yang menyelamatkan orang banyak dan melawan kejahatan. Untuk menenangkan diri, ia memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Eropa. Tak disangka ternyata Nick Fury dan Maria Hill yang sedang berada di Mexico bertemu dengan makhluk Elemental. Akhirnya, Peter memutuskan untuk menyelidiki hal yang mencurigakan dan tidak wajah yang terjadi di sana. Ternyata makhluk Elemental itu sangat kejam dan jahat. Ia mulai menyerang dan mengacaukan dunia. Akhirnya Nick Fury meminta Peter Parker untuk membantunya menyelamatkan dunia dan memusnahkan makhluk Elemental itu.

3. Spider-Man: No Way Home (2021)

Setelah mengalami perubahan hidup yang cukup drastis, Peter dan teman-temannya memutuskan untuk pergi menemui Doctor Strange. Ia meminta Doctor Strange untuk membuat semua orang melupakan fakta bahwa dirinya adalah seorang superhero Spider-Man. Akan tetapi, kehidupan multiverse malah mulai terbuka dan membawa wajah-wajah familiar dari film sebelumnya. Dalam film Spider-Man: No Way Home ini pemeran Spider-Man yang sebelumnya dimunculkan. Sehingga ketiga pemeran Peter Parker ini dipertemukan dalam multiverse yang terbuka tersebut. Akhirnya, ketiga orang ini bekerja sama untuk menuntaskan kejahatan yang mengancam keselamatan dunia.

Lihat Juga : Aesthetic Font Generator

Penutup

Nah, itulah beberapa urutan film Spider-Man dari awal sampai yang terbaru. Setiap series film superhero ini diperankan oleh orang yang berbeda-beda, tetapi masih saling berkaitan alur ceritanya. Walaupun diperankan oleh orang yang berbeda, ternyata tak membuat film legendaris satu ini redup, bahkan semakin populer dan ditunggu oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Dengan adanya informasi seputar urutan Spider-Man, semoga semakin menambah wawasan kamu tentang film trilogi yang satu ini ya.

Apa saja film yang berkaitan dengan film Spider-Man?

Setelah film Spider-Man diproduksi oleh MCU, sosok superhero laba-laba ini mulai bermunculan di berbagai film superhero lainnya yang diproduksi oleh MCU. Berikut beberapa kemunculan Spider-Man di beberapa film, seperti di film Captain America: Civil War 2016, Venom 2018, Avengers: Infinity War 2018, Avengers: Endgame 2019, dan Venom: Let There Be Carnage 2021.

Mengapa film Spider-Man diperankan oleh 3 orang yang berbeda?

Film ini memang diperankan oleh 3 aktor yang berbeda-beda. Penyebab utama film ini berganti-ganti aktor yaitu karena film ini dianggap gagal dan keputusan studio yang buruk. Barulah setelah film ini diperankan oleh Tom Holland mengalami kesuksesan besar. Film ini mulai naik daun lagi setelah Tom Holland berhasil memukau para penonton dengan perannya sebagai Peter Parker.

Apakah film Spider-Man sudah tamat?

Setelah Tom Holland berhasil memerankan sosok Peter Parker di film Spider-Man, nyatanya film ini belum berakhir di situ saja. Sony picture dan Marvel akan melanjutkan cerita Spider-Man di Marvel Cinematic Universe setelah No Way Home. Bahkan Tom Holland akan ditunjuk menjadi pemeran Peter Parker untuk film selanjutnya.


Penulis : Viona Septi | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Membuka File PDF di HP Android

    Berikut beberapa cara membuka file PDF di HP Android yang dapat Anda simak dan coba ikuti!
  2. Ukuran ID Card dan Name Tag Sesuai Standar Indonesia dan Internasional, Terbaru!

    Ketahui ukuran ID Card dan Name Tag standar Indonesia dan Internasional melalui ulasan berikut ini!
  3. 33 Font Tegak Bersambung Keren, Aesthetic, dan Gratis!

    Berikut kumpulan font tegak bersambung aesthetic yang bisa Anda unduh dan install di PC / laptop…