15 Film Sci-Fi Luar Angkasa & Astronomi

Alam semesta, sebuah kata yang penuh makna dan juga misteri. Pernahkah anda berfikir bahwasanya kita sebagai manusia merupakan satu-satunya eksistensi yang hidup di tata surya? Atau pernahkah anda bertanya-tanya tentang bagaimana keadaan diluar langit dengan gemerlap bintang tersebut? Jawabanya masih misteri.

Namun kita sebagai manusia dapat mengira-ngira seperti apa lingkungan serta keadan diluar sana melalui penelitian para Ilmuan. Misalnya saja, bagaimana warna serta aroma diluar angkasa? Pertanyaan yang gila bukan? Anda mungkin berfikir bagaimana bisa luar angkasa memiliki bau, sedangkan manusia tidak dapat bernafas disana tanpa oxygen.

Jangan salah! Menurut artikel yang diterbitkan oleh sains.kompas.com Luar angkasa ternyata memiliki aroma. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa, para astronot secara konsisten melaporkan bau aneh yang sama ketika melakukan spacewalks cukup jauh. Bau tersebut membawa mereka kembali mengenakan pakaian ruang angkasa, helm, sarung tangan, dan peralatan lainnya. Bau tersebut digambarkan sebagai aroma pahit, berasap, bau logam panas, asap las, hingga daging gosong yang dicampur menjadi satu. Fakta yang cukup informatif bukan? 

Lihat Juga : 22 Film Sci-Fi Terbaik, Semesta & Teknologi

List Film Sci-fi Luar Angkasa Terbaik

Jika anda ingin tahu lebih jauh mengenai luar angkasa, kenapa tidak tonton saja list film Sci-fi bertema penjelajahan luar angkasa dibawah ini. Berikut telah tersedia Film luar angkasa menurut penggamaran Imajiner manusia dari hasil penelitan para Ilmuan.

1. Intersellar  

Interstellar adalah film fiksi ilmiah petualangan tahun 2014 yang disutradarai oleh Christopher Nolan yang mengisahkan perjuangan manusia untuk bertahan hidup dengan berkolonisasi ke galaksi lain. Cerita dimulai dengan penggambaran di masa depan bumi tidak lagi mampu menopang kebutuhan umat manusia.

Ladang pertanian sering rusak akibat hawar, badai debu menerjang daratan, dan umat manusia kembali ke peradaban bertani tanpa negara. Hal tersebut menimbulkan umat manusia untuk menemukan sebuah solusi baru dimana mengharuskan mereka meninggalkan bumi dan mencari naungan di planet lain. Namun para manusia juga menghadapi lingkungan alam luar angkasa yang ekstrim dalam perjalanan mencarihunian baru tersebut.

2. Ad Astra  

Ad Astra merupakan film garapan James Ray yang berkisah tentang seorang Astronot Roy McBride putra astronaut terkenal H. Clifford McBride.  Ia diberi Misi untuk menemukan Projek Lima, yang dimana projek yang dibuat untuk mencari batas Tata Surya untuk kehidupan cerdas di bawah kepemimpinan Clifford.

Dimana projek tersebut beserta Clifford tidak terdengar selama enam belas tahun setelah mencapai Neptunus. Roy dibawa ke pangkalan SpaceCom bawah tanah di mana ia bertemu direktur fasilitas Helen Lantos dan ditugaskan untuk merekam pesan suara untuk dikirim ke Projek Lima dengan harapan Clifford akan membalas pesan tersebut.

Roy berasumsi benar bahwa tanggapan langsung dari ayahnya telah diterima dan menuntut untuk mendengarnya. Dan dari pesan tersebutlah Roy memulai perjalanan menuju ke batas tata surya.

Lihat Juga : 17 Film Adventure Terbaik, Seru & Menegangkan

3. Gravity  

Gravity merupakan film asal Amerika karya sutradara Alfonso Cuaron yang menceritakan mengenai seorang Astronot NASA bersama rekan-rekanya dalam melakukan misi keluar angkasa. Dalam Misi tersbut mereka diminta memperbaiki sebuah “Space Telescope”.

Namun hal tak terduga terjadi ketika Tim tersebut tengah menjalankan misinya. Sebuah Misil dari Rusia diluncurkan dengan tujuan menghancurkan sampah satelit mati. Dari ledakan tersebut menimbulkan efek gelombang kejut yang membahayakan para Tim NASA tersebut.

4. The Martian   

Cerita berpusat pada astronot Mark Watney diduga tewas selama misi berawak ke planet Mars setelah badai ganas yang terjadi di planet tersebut dan ditinggalkan oleh rekan astronot lainnya. Namun Watney tetap bertahan dan menemukan dirinya terdampar dan sendirian di planet Mars yang gersang tersebut.

Dengan pasokan logistik yang sedikit, ia harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan dan semangat untuk bertahan hidup dan menemukan cara mengirimkan sinyal ke bumi yang menunjukkan bahwa ia masih hidup di planet tak berpenghuni itu. Jutaan mil jauhnya dari planet tempat Watney terdampar, NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya kembali ke bumi. Jika tidak berhasil, maka misi penyelamatan tersebut dinyatakan gagal.

5. The Last Days on Mars  

The Last Days on Mars merupakan film berdurasi 98 menit yang berkisah mengenai sebuah tim astronot yang menjalankan misi 6 bulan lamanya di planet merah yang biasa kita sebut sebagai planet Mars. Dalam misi tersebut para astronot memiliki harapan besar dalam menemukan tanda kehidupan disana.

Akan tetapi tragedi menimpa mereka, yang ditemukan astronot tersebut malah sebuah virus pembawa petaka dan mengakibatkan tim tersebut menderita infeksi yang menyerupai infeksi virus zombie. Yang membuat film ini menarik ialah sebagian astronot yang masih belum terinfeksi berusaha kembali ke Bumi dengan keterbatasan yang ada.

Lihat Juga : 15 Film Tentang Virus & Wabah Penyakit

6. Approaching the Unknown  

Masih dengan tema perjalanan menuju Planet Mars, Namun kali ini cerita berganti kepada seorang tokoh bernama Stanaforth. Stanaforth sendiri merupakan seorang astronot berpengalaman yang ditunjuk badan antariksa negara dalam misi perjalanan satu arah ke planet Mars.

Dalam menjalankan misi tersebut Stanaforth mendapatkan banyak dukungan dari banyak orang serta negara dalam menyambut keberangkatanya ke dunia baru diangkasa sana. Namun konflik pada dirinya pun terjadi dimana ketika sudah tidak ada seorangpun yang melihat pengorbanannya menuju Mars.

7. Ender’s Game  

Ender’s Game adalah film bertema Sci-fi bertema alien yang ceritanya berfokus kepada seorang anak bernama Ender Wiggins. Ender sendiri merupakan anak biasa saja dan dari keluarga yang biasa juga, namun dirinya memiliki suatu kelebihan yang dibutuhkan oleh umat manusia dalam melawan koloni Alien yang diberi nama Formics.

Kelebihan yang dimiliki Ender tersebut ialah strategi tempur. Bukan strategi tempur biasa, namun merupakan sebuah cara pandang serta pola pikir dimana membuat ender dapat mengetahui cara berfikir musuhnya. Hal inilah yang membuat pemimpin perlawanan umat manusia memilih Ender dalam memimpin perang melawan Formics demi keselamatan umat manusia.

8. Red Planet  

Setiap kehidupan pasti didampingi juga dengan kematian, termasuk planet Bumi. Red Planet adalah film yang menggambarkan kondisi bumi dalam keadaan sekarat dimana sudah tidak mampu lagi menopang kehidupan makhluk hidup yang tinggal didalamnya.

Bersetting pada tahun 2025 para ilmuan membuat revolusioner untuk mengirim manusia ke mars demi melanjutkan kehidupan umat manusia. Dan membuat inovasi dalam mengatasi kadar oksigen yang berkurang pada planet dengan menggunakan sebuah tanaman semacam ganggang. Namun usaha mereka tiba-tiba saja gagal tanpa sebab yang jelas dan mengakibatkan mereka terdampar disana.

Lihat Juga : 10 Channel YouTube Buat Belajar Bisnis

9. LIFE   

Jika anda pernah menonton film Alien garapan 1979, anda juga pasti akan menyukai yang satu ini. LIFE adalah film yang dirilis pada tahun 2017 ini menggunakan premis penemuan kehidupan asing di planet Mars. Kehidupan tersebut berbentuk Organisme lunak bertentakel yang mirip dengan apa yang manusia kenal dengan hewan berjenis moluska.

Film berdurasi 103 menit ini menceritakan perjalanan sekelompok tim Astronot yang diminta untuk menjelajahi Mars. Dalam penelusuran mereka menemukan makhluk yang mirip binatang moluska bersel tunggal. Namun yang para astronot tersebut tidak mengetahui hal berbahaya apa yang dibawa oleh makhluk ini.

10. Jupiter Ascending  

Jupiter Ascending merupakan film buatan tahun 2015 yang menceritakan seorang tokoh bernama Jupiter Jones. Ketika Jupiter Jones lahir dibawah langit malam nan gelap dirinya diramalkan akan menjadi seseorang yang mengalami hal-hal besar.

Setelah kelahiranya, hidup Jupiter Jones bergulir begitu saja sama seperti dengan orang kebanyakan. namun ketika takdir ramalanya datang dirinya bertemu dengan orang bernama Caine. Yang mana menjelaskan kepadanya bahwa Jupiter Jones merupakan seorang ratu yang mewarisi kerajaan dari seluruh planet dan bintang di alam semesta.

11. 2036 Origin Unknown

Dalam misi menemukan kehidupan baru diplanet Mars, para manusia terus bekerja keras untuk dapat bukti keberadaanya. Dan demi tercapainya tujuan tersebut Ilmuan-ilmuan hebat melakukan berbagai eksperimen serta percobaan mulai dari penerbangan satelit yang membawa robot penjelajah di planet merah tersebut.

Seperti pada film 2036 Origin Unknown yang dimana seorang Ilmuan bernama Mack yang meluncurkan robot penjelajah bernama Little red. Namun pada ekspedisinya kesana mereka dikejutkan dengan hancurnya pesawat yang membawa Little Red. Setelah diselidiki ternyata ditemukan sebuah Kubus Hitam misterius yang dipercayai sebagai Origin Unknown.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

12. First Man

Seperti yang telah banyak orang ketahui Neil Armstrong merupakan orang pertama yang mendarat dibulan dan hal ini telah banyak dipelajari oleh orang-orang sejak mereka menginjakan bangku sekolah menengah pertama.

Dan First Man merupakan salah satu bentuk karya yang mengapresiasi usahanya menjadi orang pertama yang menginjakan kakinya pada satelit alami bumi tersebut. Film ini sendiri dirilis sejak tahun 2018 lalu dan memiliki premise yang cukup menarik buat diikuti oleh orang-orang yang penasaran dengan Neil Armstrong.

13. Star Wars

Star Wars merupakan film serial terpopuler dengan jutaan penggemar diseluruh dunia sejak film pertamanya dirilis pada tahun 1977. Star Wars atau perang bintang dalam bahasa Indonesia mengisahkan tentang pertempuran abadi antara kegelapan yang melambangkan kejahatan dan cahaya yang menggambarkan kebaikan.

Atau dalam filmnya disebut Darkside untuk kegelapan dan Jedi untuk cahaya. Jika anda mengikuti seriesnya dari film yang pertama. Sebagai penonton anda akan dibuat takjub dengan pembawaan cerita yang begitu kompleks dan memiliki plot twist dalam perkembangan cerita yang disajikan oleh Star Wars.

14. Prometheus

Prometheus mengisahkan jauh dimasa depan pada Tahun 2093, dua orang ilmuwan bernama Elizabeth Shaw dan Charlie Holloway melakukan ekspedisi ke luar angkasa untuk mengetahui asal usul penciptaan manusia.

Tekad keduanya melaksanakan misi tersebut dikarenakan pada tahun 2089 mereka menemukan gambar peta di sebuah gua di Skotlandia. Peta tersebut menurut Elizabeth adalah undangan bagi manusia untuk bertemu dengan “insinyur”, sebutan Elizabeth bagi pencipta manusia. Bersama rekannya yang lain, mereka pun memutuskan untuk menjelajahi angkasa raya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

15. Zathura

Zathura adalah film fantasi fiksi ilmiah yang dibuat pada 2005 dan berkisah tentang dua bersaudara Walter dan Danny tidak pernah bisa bergaul satu sama lain. Singkat cerita sang adik Danny menemukan sebuah kotak permainan aneh dan mengajak kakaknya Walter untuk memainkanya.

Sang kakak awalnya menolak namun pada akhirnya bersedia untuk ikut bermain dengan Danny, Ketika permainan berjalan hal aneh pun mulai terjadi dimana rumah mereka dihujani meteor. Dan ketika dua bersaudara tersebut menengok ke arah depan rumah mereka, tanpa disadari Danny & Walter berada di luar angkasa.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.