Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo

Genshin Impact mungkin telah menjadi salah satu game keluaran Mihoyo yang mampu merajai peringkat atas jajaran game smartphone dalam segi grafis serta kualitas permainan yang epik. Sampai-sampai update yang tersedia setiap bulannya, menjadi suatu topik yang sering hilir dibahas dalam komunitas anime maupun game smartphone. Tapi tahukah Anda bahwasanya Genshin Impact bukan satu-satunya game populer keluaran Mihoyo? Bahkan faktanya, Genshin Impact bukanlah game pertama keluaran Mihoyo.

Alasan mengapa perusahaan seperti Mihoyo dapat menjadi berkembang besar dan merilis Genshin Impact sebagai game aksi dan petualangan terbaik dalam mobile saat ini, adalah berkat jasa dari game Honkai Impact 3rd. Honkai Impact 3rd atau bisa kita sebut dengan Honkai Impact merupakan game buatan Mihoyo dengan genre aksi petualangan serta hack and slash. Game-nya sendiri menceritakan mengenai dunia yang telah mulai berjalan rapuh akibat invasi makhluk asing bernama Honkai, dan untuk mengatasi invasi tersebut umat manusia dibuatkan sistem pertahanan Honkai bernama Schicksal.

Di sini player akan bermain sebagai Valkyrie, yaitu prajurit elit dari Schicksal yang dilatih untuk melawan para Honkai. Sistem gameplay Honkai Impact sendiri didesain dengan simple, meski begitu pemain masih dapat melakukan kombinasi dari tombol permainan untuk mengaktifkan gerakan-gerakan combo ala game hack and slash. Jika Anda tertarik dengan Genshin Impact Anda mungkin juga akan tertarik dengan Honkai Impact sebagai game selingan disela-sela waktu luang Anda.

Namun karena Honkai Impact sendiri termasuk ke dalam game dengan spesifikasi menengah ke atas, ada baiknya agar Anda mengetahui kompabilitas hardware perangkat yang dipakai, apakah sudah memenuhi ketentuan yang berlaku untuk memainkan Honkai Impact 3rd atau belum memenuhinya.

Lihat Juga : Apa itu Esports?

Spesifikasi Honkai Impact 3rd untuk Smartphone

Honkai Impact pertama kali rilis pada platform Android, iOS, dan juga Microsoft Windows di tahun 2016. Dan menjadi game dengan popularitas tertinggi dari para pengguna smartphone, pasalnya Mihoyo berani mengambil tema permainan yang cukup berbeda pada masanya. Hal tersebut membuahkan hasil dalam menggiring Honkai Impact untuk menjadi game smartphone bergenre hack and slash terbaik dengan popularitas yang cukup tinggi. Sampai-sampai Mihoyo mampu membuat ragam lain seperti Genshin Impact dan game terbarunya Honkai: Star Rail. Untuk Anda yang tertarik memainkan Honkai Impact dalam platform smartphone berikut spesifikasi resminya.

Informasi perangkatSpesifikasi rekomendasi
CPUSnapdragon 845 atau Kirin 810 setara atau yang lebih baru
Memori RAM6GB
Sistem OperasiAndroid 10 atau di atasnya
Penyimpanan Kosong10GB

Mungkin ada sebagian dari Anda yang merasa bahwa spesifikasi di atas tidak sesuai dengan perangkat smartphone yang Anda pakai. Honkai Impact 3rd masih dapat dimainkan dalam spesifikasi yang lebih rendah dengan risiko penurunan performa grafis maupun FPS jika dibandingkan dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

Informasi perangkatSpesifikasi minimum
CPUArm v8a 64 bit. setara atau yang lebih baru
Memori RAM3GB
Sistem OperasiAndroid 7.0 atau di atasnya
Penyimpanan Kosong10GB

Jika Anda kurang paham mengenai kelas atau tingkatan processor smartphone, berikut ini tersedia list dari CPU smartphone yang dihitung dari menengah hingga kelas atas.

Menengah

  • Qualcomm Snapdragon 660, 632, 670, 662, 665, 675, 678, 690,710 dan 712.
  • Mediatek Helio P60,P65,P70,P90,P95,G80,G85,G88

Menengah ke atas  

  • Qualcomm Snapdragon 720G/730/730G/732G,750G, 750 5G dan 765/765G/768G
  • Kirin 810, 930, 935, 950, 955, 960, 970
  • Samsung Exynos 9820, 9825, 8895, 980, 880
  • MediaTek Helio G90T, P95
  • MediaTek Dimensity 820, 80

Kelas atas (Rekomendasi)

  • Qualcomm Snapdragon 845, 855, 855+, 865, 865+
  • HiSilicon Kirin 980, 990
  • Samsung Exynos 990
  • MediaTek Dimensity 1000, 1000+

Lihat Juga : Arti kata Suhu, Mastah dan Newbie

Spesifikasi Honkai Impact 3rd untuk iPhone

Tak jarang iPhone dipilih oleh beberapa pengguna karena selain memiliki desain serta kualitas kamera yang wah! Perangkat keluaran Apple ini juga dipakai untuk memainkan game-game kelas berat. Hal tersebut tidak terlepas dari spesifikasi perangkatnya yang begitu stabil, sehingga iPhone sebenarnya juga cukup kuat untuk digunakan sebagai smartphone gaming. Meskipun untuk beberapa model lama iPhone memiliki kendala dalam pengolahan daya baterai sehingga terasa sedikit lebih boros dibandingkan dengan ponsel android.

Dengan alasan demikian tidak sedikit pula penikmat Honkai Impact 3rd yang memainkan game-nya melalui iPhone. Bahkan mungkin saja jumlah player-nya jauh lebih banyak dari pengguna android, dengan alasan bahwa iPhone cukup banyak diminati oleh banyak pengguna di luar negeri seperti Jepang dan Amerika. Berikut ini merupakan list perangkat iOS yang kompatibel untuk memainkan game Honkai Impact.

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (generasi ke 2)
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max  
  • iPad Air (Generasi ketiga)
  • iPad mini (Generasi kelima)
  • iPad Pro (Generasi kedua) 12.9 inci
  • iPad Pro (Generasi kedua) 10.5 inci
  • iPad Pro (Generasi ketiga) 11 inci
  • iPad Pro (Generasi ketiga) 12.9 inci
  • iPad Pro (Generasi keempat) 11 inci
  • iPad Pro (Generasi keempat) 12.9 inci

Lihat Juga : Memahami FPS dalam Game

Spesifikasi Honkai Impact 3rd untuk PC

Popularitas Honkai Impact tidak hanya terhenti pada platform smartphone saja, namun juga tersedia pada platform PC. Hal tersebut karena banyak player yang ingin menikmati Honkai Impact melalui perangkat yang lebih memadai dan nyaman digunakan untuk mereka dalam memainkannya. Selain itu perangkat seperti komputer dinilai jauh lebih handal dalam menangani game-game kelas berat, karena memang sejatinya permainan seperti Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, PUBG maupun sejenisnya sudah seharusnya dijalankan melalui PC.

Namun karena pasar smartphone begitu besar, pada akhirnya perusahaan game mau tidak mau turut merilis produk mereka pada pasar smartphone. Meskipun terdapat beberapa batasan perangkat keras yang mampu menjalankan game nya dengan stabil. Berikut di bawah ini spesifikasi rekomendasi Honkai Impact untuk PC.

Informasi perangkatSpesifikasi rekomendasi
Sistem OperasiWindows 10 atau yang lebih baru
ProcessorIntel Core i5-8400 or AMD Ryzen R5-1600
Memory8 GB RAM
GraphicsNVIDIA GeForce GTX 1060 or AMD Radeon RX 480
DirectXVersi 11
NetworkKoneksi internet broadband
Storage15 GB kosong dan tersedia

Jangan bimbang dulu, spesifikasi di atas merupakan rekomendasi yang disarankan oleh sang developer Honkai Impact yaitu Mihoyo bagi pemain yang ingin memainkan game-nya dengan stabil dan lancar. Honkai Impact sendiri masih dapat dinikmati dengan spesifikasi yang lebih minimum dibandingkan di atas, tentunya dengan beberapa konsekuensi penurunan kualitas permainan dari spesifikasi yang seharusnya. Berikut spesifikasi minimum untuk perangkat PC.

Informasi perangkatSpesifikasi minimum
Sistem OperasiWindows 7 SP1 x64 atau yang lebih baru
ProcessorIntel® Core™ i3-6100 or AMD FX-6300
Memory4 GB RAM
GraphicsNVIDIA® GeForce® GTX 660 or AMD Radeon HD 7870
DirectXVersi 11
NetworkKoneksi internet broadband
Storage15 GB kosong dan tersedia

Lihat Juga : 6 Fungsi VGA pada Komputer

Penutup,

Honkai Impact 3rd merupakan game Mihoyo yang mengusung tema aksi dan petualangan dengan kemasan anime yang begitu kental. Selain itu eksekusi cerita yang dibawa juga begitu dalam seiring berjalannya permainan, sehingga menjadi salah satu daya tarik yang membuat Honkai Impact begitu populer sebelum Genshin Impact dirilis pada perangkat yang sama. Meski begitu tidak ada salahnya untuk mencoba memainkan Honkai Impact 3rd, apabila Anda ingin menikmati nuansa game yang serupa dengan Genshin Impact namun dengan nuansa yang lebih modern.

Apakah Honkai Impact 3rd ada yang versi offline?

Honkai Impact 3rd merupakan game buatan Mihoyo yang berbasis online, dan memiliki update secara berkala untuk meningkatkan kualitas permainannya sejak awal dirilis 2016 lalu.

Apa bedanya Honkai Impact 3rd dengan Genshin Impact?

Hanya karena embel-embel “Impact” tersemat dengan namanya bukan berarti keduanya sama. Memang Honkai dan Genshin terbit dari developer yang sama, namun kedua game tersebut sangat-lah berbeda dari segi gameplay maupun plot cerita yang diusung. Meskipun ada beberapa karakter Genshin impact yang direferensikan serupa dari Honkai Impact karena memang dari developer yang sama.

Apakah Honkai Impact 3rd tersedia secara Gratis?

Honkai Impact 3rd merupakan permainan yang gratis untuk diakses dan di install melalui platform serta perangkat tertentu di mana game-nya akan dimainkan. Atau Anda dapat mengunduhnya melalui situs resminya di sini.

Apakah Honkai Impact 3rd tersedia pada perangkat konsol?

Sayangnya sejauh ini Honkai Impact 3rd hanya tersedia pada platform PC dan smartphone saja. Mungkin ke depannya akan tersedia informasi baru perihal masalah ini.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Harga iPad Terbaru | DESEMBER 2021

    Seri iPad terbaru dijual dari harga Rp. 4,6 jutaan sampai Rp. 23 jutaan untuk seri paling…
  2. Daftar Harga HP OPPO Terbaru | DESEMBER 2021

    Pada Q3 2021, OPPO menjadi salah satu brand smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia, dengan pangsa…
  3. Daftar Harga HP OPPO Reno Series Terbaru | DESEMBER 2021

    OPPO Reno Series adalah varian HP OPPO kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 3-12 jutaan