10 Cara Membuat Nada Dering WA dengan Sound Of Text

Ketahui langkah-langkah membuat nada dering pribadi untuk WhatsApp!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Di mana WhatsApp memungkinkan penggunanya bisa mengirim dan menerima pesan teks, panggilan, gambar, video, hingga dokumen. Dengan banyaknya pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia, WhatsApp telah memberikan segudang fitur dan layanan untuk mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi dengan, teman, keluarga hingga rekan kerja.

Berbicara mengenai WhatsApp, memiliki nada dering notifikasi yang unik dan keren memang sudah menjadi salah satu hal yang perlu Anda coba, terutama bagi Anda yang menggunakan WhatsApp sebagai alat untuk komunikasi online setiap harinya. Memang pihak WhatsApp telah menyediakan sejumlah nada dering default yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, hanya saja nada tersebut terkesan monoton dan membosankan, sehingga tidak heran jika ada sebagian pengguna yang lebih memilih membuatnya sendiri.

Namun pernahkah Anda mencoba untuk membuat sendiri nada dering tersebut? Jika belum, Anda bisa coba membuatnya dengan mengubah tulisan menjadi suara menggunakan Sound of text. Apa itu Sound of text? Dan bagaimana cara membuat nada dering WA lewat Sound of text? Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya berikut ini!

Lihat Juga : 130 Nada Dering iPhone Semua Versi

Apa itu Sound of Text?

Sound Of Text

Sound of Text merupakan salah satu situs yang memberikan layanan kepada pengguna untuk mengubah teks menjadi suara atau audio. Dengan memanfaatkan layanan ini, pengguna bisa menghasilkan suara dari teks dalam berbagai bahasa. Seperti layanan situs konversi suara pada umumnya, di sini pengguna bisa mengetik teks atau kalimat di antarmuka Sound of Text, kemudian layanan ini akan mengonversi teks tersebut menjadi file suara yang bisa didengar dan diunduh.

Beberapa hal yang menarik dari Sound of Text yaitu tersedianya berbagai pilihan suara dan aksen bahasa yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan kecepatan dan intonasi suara yang dihasilkan. Layanan ini sering kali dimanfaatkan untuk berbagai konteks, misalnya seperti membuat materi pembelajaran, projek audio dalam aplikasi, digunakan untuk nada dering notifikasi WA, dan masih banyak hal lainnya.

Lihat Juga : 150 Nada Dering WA Pendek

Cara Membuat Nada Dering WA Pakai Sound Of Text

Ada beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat nada daring lewat situs Sound of Text. Caranya cukup mudah, Anda bisa ikuti tutorialnya di bawah ini jika merasa kebingungan.

Membuat Nada di Sound Of Text

STEP 1 : Langkah pertama, silakan akses situs soundoftext.com di aplikasi browser milik Anda. Lalu di bagian kolom “Text”, Anda bisa ketik kata atau kalimat apa pun yang ingin Anda jadikan suara untuk nada dering WA nantinya.

Contoh : “Hai ada SMS masuk nih”

STEP 2 : Kemudian di bagian “Voice”, Anda bisa memilih suara dari bahasa apa yang ingin digunakan. Di sini kami memilih opsi Indonesian, jika Anda ingin berbahasa Inggris, Anda bisa pilih English dari dalam daftar Voice.

STEP 3 : Jika sudah diatur sedemikian rupa, Anda bisa tekan Submit untuk memulainya. Lalu tunggu proses konversi teks menjadi suara beberapa saat. Jika berhasil, hasilnya akan muncul secara otomatis di bawah.

STEP 4 : Di sini Anda bisa tekan Play untuk memutar suara yang dihasilkan terlebih dahulu, selanjutnya klik Download untuk menyimpannya ke dalam memori internal.

Selain melalui situs Sound of Text, Anda juga bisa memanfaatkan situs lainnya yang sejenis untuk membuat tulisan menjadi suara. Saat ini ada banyak sekali situs yang telah menyediakan fitur dan layanan canggih untuk membuat teks menjadi suara yang dipakai untuk nada dering WA sendiri. Bahkan dengan Google Translate pun dapat memungkinkan Anda membuat suara yang mirip dengan situs Sound of text dan mengunduhnya.

Lihat Juga : Cara Login WA Web

Cara mengubah Nada Dering default WhatsApp

Setelah Anda membuat nada dering di situs Sound of Text dan mengunduhnya ke dalam memori penyimpanan, maka langkah berikutnya yaitu mengubah nada dering default WA. Tentunya ini bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan, karena Anda bisa menggantinya secara langsung lewat menu Settings di aplikasi WhastApp. Namun jika Anda merasa kebingungan mengenai hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Memastikan file unduhan

Jika proses unduhan file mp3 di situs Sound Of Text telah selesai, selanjutnya yaitu memastikan file tersebut tersimpan dengan baik di memori internal HP Anda. Mengingat dalam beberapa kondisi tertentu, file yang Anda unduh terkadang tidak bisa digunakan. Ini sering kali terjadi ketika proses unduhan tidak berjalan dengan lancar, baik karena internet yang lambat atau file mp3 telah rusak.

Dan umumnya file yang telah terunduh tersebut di simpan di folder “Download” atau “Unduhan”. Jika sudah, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Salin file nada dering

Pindah File MP3 Sound Of Text
2. Menyalin file MP3 dan memindahkannya ke folder Ringtones. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Selanjutnya buka aplikasi File Manager di HP Android Anda.
  2. Buka Penyimpanan Internal, cari dan temukan folder Download.
  3. Jika sudah, ketuk dan tahan file mp3 yang ingin Anda gunakan.
  4. Lalu pilih Copy.
  5. Berikutnya cari folder Ringtones di Penyimpanan Internal Anda.
  6. Setelah Anda menemukannya, paste file mp3 tersebut ke dalam folder.
  7. Kemudian ikuti langkah berikutnya untuk mengganti nada dering di WA melalui menu Settings.

Catatan : Jika Anda tidak menemukan folder Ringtones di dalam Penyimpanan Internal, Anda bisa membuatnya secara manual terlebih dahulu, kemudian rekatkan di folder tersebut.

3. Atur di aplikasi WhatsApp

Mengubah Nada Dering SMS WA
3. Mengubah nada dering WA lewat pengaturan. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Di halaman utama chat WhatsApp, ketuk ikon titik tiga disudut kanan atas layar.
  3. Selanjutnya pilih Settings atau Setelan, lalu ketuk Notifikasi.
  4. Di bagian “Pesan”, ketuk opsi Nada notifikasi. Secara otomatis akan muncul daftar nada dering yang tersedia di HP Anda di bagian “Kustom”.
  5. Cari dan ketuk nama nada dering yang telah Anda unduh sebelumnya. Jika sudah, ketuk kembali untuk menerapkan perubahan.
  6. Selesai.

Jika Anda ingin mengganti nada dering notifikasi untuk panggilan atau grup, Anda cukup memilih menu Nada notifikasi di bagian “Grup” atau “Panggilan”.

Lihat Juga : Pembuat Teks “Baca Selengkapnya” di WA

Rekomendasi situs download nada dering WA

Jika Anda merasa kurang dengan nada yang dihasilkan oleh layanan tersebut, Anda bisa mengunduhnya lewat sumber lainnya. Berikut ini kami sediakan rekomendasi situs download berbagai nada dering WA yang bisa Anda gunakan secara gratis sesuai keinginan.

  • Zedge
  • Mob.org
  • Notification Sounds
  • ToneTweet

Lihat Juga : 80 Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

Penutup

Seperti itulah langkah-langkah untuk membuat nada dering pribadi dengan Sound of Text. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, Anda bisa mengubah nada notifikasi WA default agar tidak terkesan monoton dan pastinya terasa lebih menyenangkan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah Sound of Text gratis?

Tentu saja. Pengguna tidak perlu membayar biaya apa pun untuk menggunakan layanan dari situs ini.

Apakah ada situs lain yang memberikan layanan serupa dengan Sound of Text?

Ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan TTS (Text to speech) secara gratis, di antaranya adalah Google Translate, Google Cloud Text to Speech, Botika Text to Speech, Free TTS, dan lain sebagainya.

Apa format audio yang digunakan untuk nada dering WA?

Ada berbagai jenis format yang bisa Anda gunakan untuk nada dering WhatsApp Anda. Umumnya format yang paling sering digunakan yaitu mp3. Jika Anda memiliki format selain mp3, Anda bisa mengonversinya terlebih dahulu.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 2 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Nada dering nama bahasa Inggris

  1. Logo Universitas Tarumanagara (UNTAR) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Tarumanagara PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  2. Logo Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo UIN Raden Fatah Palembang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Raden Fatah Palembang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…