50 Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Asalnya

Ketahui nama tarian daerah di Indonesia beserta asalnya berikut ini!

Salah satu cerminan kaya akan budaya dan sebagai identitas suatu daerah adalah seni tari. Tarian daerah memiliki gerakan yang anggun dan ritme memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Dan yang paling menarik, seni tari yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia merupakan gambaran dari sejarah, kepercayaan dan nilai-nilai yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Tarian daerah mempunyai manfaat yang cukup luas, baik bagi individu ataupun kelompok. Tarian daerah sangat efektif bagi sarana untuk melestarikan tradisi budaya dan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Selain itu, kesenian dan budaya yang memukau dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah dan menikmati pertunjukkan seni budaya.

Ringkasan

  • Seni tari merupakan kesenian daerah yang lebih mendominasi dalam gerakan badan yang berirama dan diiringi oleh musik, gamelan dan suatu benda yang dapat menghasilkan bunyi.
  • Gerak ekspresif merupakan gerak yang dapat mempengaruhi perasaan manusia karena adanya keindahan dalam gerakan tersebut.
  • Kesenian tari terdapat 3 unsur utama yaitu wiraga, wirama dan wirasa.
  • Seni tari terdapat unsur pendukung yaitu ragam gerak, ragam iringan, ragam, tata rias dan kostum, serta pola lantai.
  • Jenis tari tradisional terbagi menjadi 3 di antaranya tari primitif, tari klasik dan tari rakyat.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Sekilas tentang seni tari

Definisi Seni Tari
Sumber Gambar : dictio.id

Mengutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia, tari adalah salah satu bentuk kesenian yang memiliki media ungkap melalui gerakan manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, seni tari merupakan kesenian daerah yang lebih mendominasi dalam gerakan badan yang berirama dan diiringi oleh musik, gamelan dan suatu benda yang dapat menghasilkan bunyi.

Tari merupakan seni dengan gerakan badan, tangan atau bagian lainnya yang menjadi substansi dasar. Menariknya, gerakan yang di maksud dalam sebuah seni tari yaitu bukan gerakan keseharian, melainkan gerakan yang sudah diatur sedemikian rupa dan dalam wujudnya sebagai gerak yang ekspresif. Gerak ekspresif merupakan gerak yang dapat mempengaruhi perasaan manusia karena adanya keindahan dalam gerakan tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Alat Musik Angklung

Unsur dalam seni tari

Unsur Seni Tari
Sumber Gambar : dictio.id

Kesenian daerah yaitu tari, mengandung unsur yang terbagi menjadi 2 yakni unsur utama dan unsur pendukung. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai unsur tari:

1. Unsur utama seni tari

Unsur utama adalah unsur yang harus ada dalam sebuah tarian, terdapat 3 unsur penting dalam seni tari yaitu:

  • Wiraga atau raga yaitu sebuah kesenian tari yang harus menunjukkan gerakan badan, baik dalam posisi tari tersebut berdiri atau duduk.
  • Wirama atau irama yaitu sebuah kesenian tari harus mempunyai unsur irama yang berguna untuk menyatukan gerakan badan dan pengiringnya, seperti irama musik.
  • Wirasa atau rasa yaitu kesenian tari harus mampu menyampaikan perasaannya melalui gerakan ekspresi.

2. Unsur pendukung seni tari

Unsur pendukung adalah unsur pelengkap dalam sebuah tarian yaitu

  • Ragam gerak yaitu kesenian tari akan terlihat lebih memukau apabila seluruh anggota badannya berkolaborasi. Seperti gerakan tangan dan kaki, lirikan mata maupun ekspresi wajah.
  • Ragam iringan yaitu penambahan ritme berupa musik sesuai dengan jenis tarian yang akan dibawakan. Hal itu bertujuan supaya menciptakan perpaduan yang indah dan memukau.
  • Rias dan kostum yaitu kesenian tari harus ada tata rias dan kostum yang menjadi bagian penting dan bertujuan untuk menyampaikan pesan berupa makna dan rasa dari tarian tersebut.
  • Pola lantai yaitu sebuah pola gerakan yang dibentuk oleh penari pada saat di atas panggung. Adanya pola lantai sebuah tarian akan lebih menarik dan tidak monoton.

Lihat Juga : Contoh Puisi Tentang Guru

Jenis tari tradisional

Jenis Tari Tradisional
Sumber Gambar : kapanlagi.com

Tari tradisional merupakan bagian penting dari warisan budaya suatu daerah. Berikut ini adalah 3 jenis tari tradisional dan penjelasan secara singkat:

1. Tari primitif

Tari primitif merupakan sebuah tari yang lebih mengungkapkan keyakinan maupun kehendak. Tarian ini bersifat sederhana, mulai dari unsur gerakan, busana, tata rias, iringan hingga tempat pertunjukkan.

2. Tari klasik

Tari klasik merupakan kesenian tari yang dipelihara dengan baik oleh kalangan bangsawan dan telah mencapai keindahan yang tinggi. Gerakan pada tari klasik mempunyai aturan tertentu, seperti diatur secara teliti, mengikat dan tentu saja tidak boleh untuk dilanggar.

3. Tari rakyat

Tari rakyat merupakan kesenian tari yang telah berkembang di kalangan masyarakat. Tari rakyat juga bersifat sederhana dan gerakan pada tarian ini tidak memiliki aturan, yang membedakan dengan tarian lainnya yaitu tari rakyat lebih bervariasi.

Lihat Juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Daftar nama tarian daerah dan asalnya

Daftar Nama Tarian Daerah
Sumber Gambar : bukalapak.com

Di setiap daerah memiliki jenis tarian yang berbeda-beda sesuai dengan wilayahnya. Berikut ini daftar nama tarian daerah beserta asalnya:

Nama TarianAsal
Tari SamanNanggroe Aceh Darussalam
Tari SeudatiNanggroe Aceh Darussalam
Tari Ranup LampuanNanggroe Aceh Darussalam
Tari Tor-TorSumatra Utara
Tari MandudaSumatra Utara
Tari BaluseSumatra Utara
Tari Makan SirihRiau
Tari KecakBali
Tari MelemangRiau
Tari ManggarRiau
Tari PiringSumatra Barat
Tari PayungSumatra Barat
Tari IndangSumatra Barat
Tari Gending SriwijayaSumatra Selatan
Tari Mejeng BesukoSumatra Selatan
Tari TabotBengkulu
Tari Rodat CempakoSumatra Selatan
Tari Bidadari Terminang AnakBengkulu
Tari Joget DangongKepulauan Riau
Tari JogiKepulauan Riau
Tari ZapinKepulauan Riau
Tari YospanPapua
Tari SekaPapua
Tari RaimamunaPapua
Tari SuanggiPapua Barat
Tari WutukalaPapua Barat
Tari MambesakPapua Barat
Tari GalaMaluku Utara
Tari Soya-SoyaMaluku Utara
Tari PendetBali
Tari BarongBali
Tari GambyongJawa Tengah
Tari Reog PonorogoJawa Timur
Tari GandrungJawa Timur
Tari Serimpi PutriYogyakarta
Tari Gemu FamireMaluku
Tari CakaleleSulawesi Utara
Tari BabangsaiKalimantan Selatan
Tari RemongJawa Timur
Tari Kuda LumpingJawa Timur
Tari KaronsihJawa Barat
Tari PasambahanSumatra Barat
Tari BalineseKalimantan Barat
Tari GamelanBali
Tari RemoJawa Timur
Tari MerakJawa Barat
Tari JaipongJawa Barat
Tari TopengJawa Barat
Tari LegongBali

Lihat Juga : Film Horor Indonesia Terbaik

Penutup

Kesenian tari adalah bentuk ekspresi budaya yang sangat memukau dan memikat hati para penonton yang melihat pertunjukkan seni tari. Melalui gerakan yang indah, tarian mampu menghubungkan masyarakat dengan warisan budaya yang kaya dan mendalam. Dari daftar nama tarian dan asal daerahnya, diharapkan untuk masyarakat tetap melestarikan budaya seni tari agar tetap melekat dan menjadi bagian dari Indonesia, serta menjaga warisan budaya agar tidak punah.

Apa yang membuat seni tari sangat unik dan memikat hati penonton?

Kesenian tari mempunyai daya tarik yang unik karena di dalamnya terdapat gabungan dari gerakan tubuh yang indah, penuh ekspresi emosional dan iringan musik. Melalui beberapa kombinasi ini, tarian mampu menyampaikan makna dan memikat hati penonton.

Bagaimana seni tari dapat memperkaya dan mempertahankan warisan budaya?

Seni tari dapat memperkaya dan mempertahankan warisan budaya melalui pertunjukkan kesenian tradisional. Hal itu sebagai upaya agar seni tari tetap mempertahankan identitas budaya dan menghormati tradisi yang sudah turun temurun. Adanya gabungan elemen dan menciptakan bentuk tarian kontemporer yang mencerminkan perkembangan zaman memperkuat untuk warisan budaya berupa tari tetap kaya sampai kapan pun.

Apa saja peran seni tari untuk menginspirasi masyarakat?

Peran seni tari untuk menginspirasi masyarakat yaitu dengan cara menyampaikan pesan, menciptakan kesadaran dan memicu perubahan sosial. Langkah-langkah itu mampu untuk menginspirasi masyarakat agar lebih bisa mengekspresikan diri, menciptakan imajinasi dan menunjukkan keindahan dalam gerakan sebuah tarian tersebut.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Universitas Tarumanagara (UNTAR) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Tarumanagara PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  2. Logo Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo UIN Raden Fatah Palembang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Raden Fatah Palembang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…