Microsoft 365 mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer

Microsoft baru-baru ini mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk Internet Explorer 11 (IE 11) untuk Microsoft 365. Tepatnya mulai 17 Agustus 2021, semua aplikasi dan layanan pada Microsoft 365 tidak akan lagi mendukung atau terintegrasi dengan IE 11. Setelah memutuskan dukungannya, pelanggan akan mengalami penurunan pengalaman atau tidak dapat tersambung ke aplikasi dan layanan Microsoft 365, bahkan fitur tertentu mungkin berhenti berfungsi saat mengakses layanan melalui IE 11.

Bisa dibilang, perubahan ini akan sulit bagi beberapa pelanggan Microsoft 365, namun kali ini pelanggan akan diberikan transisi untuk beralih menggunakan Microsoft Edge sebagai browser yang lebih baru. Hadirnya Microsoft Edge, menjadi standar web terbuka yang memungkinkan pengalaman online yang lebih baik dan lebih inovatif. Microsoft juga menjelaskan, bahwa pelanggan Microsoft 365 baik dalam konteks konsumen dan komersial, akan dilayani dengan baik dengan perubahan baru melalui akses web yang lebih cepat dan lebih responsif ke rangkaian fitur yang lebih banyak di perangkat seperti Outlook, Teams, SharePoint, dan fitur lainnya.

Microsoft 365 Tidak mendukung IE 11
Penghentian layanan Microsoft untuk Internet Explorer. techcommunity.microsoft.com

Perlu diketahui, Internet Explorer telah berada di pasar selama 27 tahun lamanya, namun seiring waktu peramban ini tidak lagi memenuhi persyaratan teknologi modern saat ini, bahkan IE 11 sangat tertinggal di belakang browser lain seperti Chrome dan Firefox dalam dukungan fitur dan fungsionalitas.­­­ Microsoft akhirnya memutuskan untuk mengakhiri dukungan pada IE 11 dan memberikan pengalaman online yang lebih baru kepada pelanggan dengan Microsoft Edge.

Microsoft Edge baru telah menjadi awal dari kemajuan dan teknologi browser yang lebih modern dari Microsoft. Microsoft Edge termasuk dalam browser yang pengembangannya berbasis Chromium, sehingga ekstensi Google Chrome akan support dengan Microsoft Edge. Peramban baru Microsoft 365 ini juga memberikan dukungan di berbagai sistem operasi bukan hanya Windows, ini juga mendukung sistem MacOS, Android, dan iOS.

Untuk Anda yang sudah menggunakan IE 11 sebagai web default, memang disarankan untuk beralih menggunakan browser baru. Beberapa alternatif yang populer meliputi Google Chrome, Firefox, Safari, atau untuk pengguna Microsoft menggunakan browser Edge terbaru.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.