8+ Cara Mengatasi Game HAGO Tidak Bisa Dibuka, Error, Macet!!

0

Dianisa.comBermain game santai dan dapat berkomunikasi antar pengguna atau musuh tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi sebagian pengguna. Game HAGO merupakan salah satu game sejuta umat yang hadir untuk semua kalangan dari anak kecil, remaja, hingga dewasa. Jangan heran jika iklan game HAGO ada dimana – mana, karena memang game ini asyik untuk dimainkan.

Hadir dan selalu update dengan opsi game – game seru yang mudah dimainkan membuat sebagian kalangan terbuai untuk memainkannya secara terus – menerus. Dalam satu Aplikasi, ada banyak opsi game pilihan seperti Sheep Fight yang isinya adalah saling dorong mendorong dengan domba – domba yang ada.

Selain itu, ada Fun Link yang isinya adalah ikon buah yang cara mainnya dihabisnya sesuai dengan warna dan buah yang sama. Semakin cepat semakin cepat kesempatan buat menang.

Kemudian ada yang paling seru yakni Knife Hit, melemparkan pisau pada kayu sampai pecah dengan rentah waktu yang telah ditentukan. Semakin banyak kayu yang dipecahkan, maka kesempatan menang-pun akan semakin besar.

Ada juga Brain Quiz yang isinya adalah Quiz singkat yang harus kamu jawab. Kecepatan berfikir dan ketepatan dalam memilih jawaban menjadi kunci kemenangan. Masih banyak game – game lain yang semuanya tersedia lengkap dalam satu aplikasi.

Sering bermain dengan lawan jenis, itulah tujuan dari game HAGO. Komunikasi chat, emoji, dan juga voice call membuat pemain lebih tertantang.

Masalah Game

Mengatasi HAGO Tidak Bisa Dibuka

Game yang bermasalah, apapun itu entah tidak bisa dibuka, tidak bisa logi, macet, ataupun lag saat dimainkan tentu ada penyebabnya. Bisa jadi memang memori RAM yang penuh, penumpukan file cache pada sistem, serta koneksi internet yang lambat.

Disini saya berusaha membantu mengatasi masalah yang anda hadapi, namun anda tahu bahwa setiap pengguna memiliki masalah yang berbeda – beda. Sesuaikan dengan keadaan smartphone anda saat ini.

Semoga beberapa tips berikut ini dapat membantu.

1. Coba Tutup & Buka Game Kembali

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menutup dan membuka kembali Aplikasi. Siapa tahu cukup dengan melakukan cara ini, game bisa dimainkan kembali. Jika masih bermasalah, coba metode berikutnya.

2. Cek Konektivitas Internet

Selanjutnya, pastikan koneksi internet anda benar – benar lancar. Karena bagaimanapun, bermain HAGO, mencari teman, chat, voice call, lawan atau musuh harus terhubung internet.

Coba tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Play Store, atau yang lainnya. Jika lambat, maka Cek Kuota Internet anda. Manfaatkan fitur mode pesawat terbang selama beberapa saat untuk me-refresh dan mencari jaringan yang baru.

Masalah Koneksi Internet

3. Gunakan Aplikasi Keamanan Untuk Boost Memori

Setiap perangkat Android terbaru saat ini pasti dilengkapi dengan fitur keamanan atau pusat keamanan. Tujuannya adalah untuk membersihkan virus, cache, cookies, history, dan melakukan boost pada memori RAM.

Dengan melakukan hal ini tentu performa smartphone diharapkan lebih optimal dan membuka game atau aplikasi serasa lancar, tanpa macet dan lag. Sebagai contoh, dibawah ini saya menggunakan Aplikasi Keamanan pada perangkat Xiaomi.

Anda bisa mencoba sendiri pada smartphone yang anda miliki.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

4. Bersihkan Cache Game HAGO

Penumpukan cache yang berlebihan pada memori internal dan RAM android tentu membuat sebagian aplikasi maupun game bermasalah. Selain menggunakan Aplikasi Keamanan, anda juga bisa Membersihkan Cache secara manual langsung pada manajemen aplikasi.

Cara ini juga cukup ampuh mengatasi Game Android yang tidak bisa dimainkan. Untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Hapus Cache Game HAGO

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “HAGO” » Penyimpanan » tap “Hapus Tembolok”.

NOTE: Metode ini saya lakukan pada smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

5. Hapus Data Game HAGO

Selain metode diatas, cara lain juga bisa dengan Menghapus Data Aplikasi. Dengan cara ini tentu, opsi setelan dan permainan akan kembali pada posisi default. Dan data yang dimaksud disini ialah history, Bookmark, cache, cookies, basis data, serta data sementara lainnya.

Tenang saja, nantinya anda bisa login kembali apabila Game HAGO telah normal dan semua level yang anda mainkan tidak akan hilang.

Hapus Data Game HAGO

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “HAGO” » Penyimpanan » tap “Hapus Data”.

NOTE: Metode ini saya lakukan pada smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

6. Update Aplikasi HAGO

Hal lain yang bisa anda lakukan yakni dengan update aplikasi langsung dari Google Play Store. Selain mendapatkan peningkatan performa, anda juga akan mendapatkan tampilan UI serta penambahan Game terbaru.

Metode ini hanya bisa anda lakukan apabila belum melakukan update atau tersedianya update terbaru.

  • Buka Google Play Store, kemudian cari HAGO kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

NOTE: Apabila pembaruan tidak tersedia atau sebelumnya anda telah melakukan update, maka anda abaikan saja metode ini.

7. Hapus Aplikasi Lain Yang Sekiranya Memberatkan

Jika sekiranya ada aplikasi atau game yang tidak sudah tidak anda gunakan, maka lebih baik anda hapus. Dengan melakukan hal ini maka tentunya kinerja smartphone akan lebih maksimal karena tidak menjalankan banyak aplikasi.

Apalagi jika aplikasi yang dimaksud berjalan dibelakang layar yang umumnya selalu menghabiskan RAM dan Kuota Internet. Dan untuk menghapus aplikasi, anda bisa lihat langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Instalasi Aplikasi Huawei

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “Nama Aplikasi” » tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode ini saya lakukan pada smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

8. Instal Ulang Game HAGO

Dan untuk yang terakhir, anda bisa coba instal ulang. Hal ini bisa anda lakukan apabila dengan menghapus data dan melakukan restart tidak mengatasi masalah anda. Semua data HAGO akan tetap ada dan nantinya anda bisa login kembali setelah instal ulang.

Hapus Game HAGO

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “HAGO” » tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode ini saya lakukan pada smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

Akhir Kata

Dengan menerapkan beberapa metode yang saya tulis diatas diharapkan game HAGO dapat normal dan bisa dimainkan kembali. Tulis pertanyaan atau keluhan anda seputar game HAGO melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here