Mengatasi Asphalt 8 Telah Berhenti
Sumber Image : gameloft

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Asphalt 8 Telah Berhenti” di HP Android. Asphalt 8 merupakan salah satu #Game Balap terbaik besutan dari Gamelof. Game balap yang satu ini hadir dengan kualitas grafis yang sangat baik yang mampu memanjakan penggunanya saat berada di atas layar. Pilihan mobil yang begitu lengkap dan keren dengan opsional mesin yang begitu canggih sehingga membuat pengalaman pengguna lebih tertantang. Menariknya lagi, banyaknya tantangan membuat pengguna merasa ingin mencoba dan terus mencoba.

Baca Juga :

Mengatasi Asphalt 8 Telah Berhenti

Beberapa pengguna smartphone Android, utamanya yang sudah menginstall Game Asphalt 8: Airborne tidak semuanya bisa berjalan lancer dan maksimal. Sebagian ada yang mengalami Lag, #Tidak Bisa Dibuka, atau muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Asphalt 8 Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Asphalt 8 Has Stopped”. Masalah tersebut bisa terjadi karena file sampah atau cache, file instalasi corrupt atau tidak support, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak metode mengatasinya berikut ini.

1. Pastikan Unduhan File Selesai

Kita tahu bahwa Asphalt 8 Airbone adalah Game dengan kualitas grafis-nya yang sangat baik. Ini menjadikan ukuran file dari Asphalt 8 sangatlah besar, sekitar 2 GB lebih. Sebelum memainkan, pastikan unduhan telah selesai dan terunduh semua. Karen ajika belum bisa jadi masalah dapat terjadi saat bermain game atau saat membuka Game.

2. Pastikan Jaringan Maksimal

Selanjutnya, saat bermain game pastikan kualitas jaringan di sekitar anda terlihat maksimal. Karena jika tidak, maka setiap anda bermain bisa jadi nge-lag, berhenti ditengah jalan, atau muncul pesan error. Game ini sebenarnya tidak membutuhkan banyak paket data, karena file mentahan sudah kita download sebanyak 2 GB tersebut. Hanya butuh koneksi sedikit saja agar dapat terhubung dengan banyak pengguna.

3. Pastikan Memori Mencukupi

Selain Internal yang besar, pastikan Memori RAM anda mencukupi untuk bermain game ini. Saran dari saya, minimal RAM anda berkisar 3 GB. Selain itu, jangan membuka banyak aplikasi dibelakang background saat bermain Game ini. Kebanyakan smartphone terjadi Lag atau muncul pesan error disaat Memori RAM penuh.

4. Restart Smartphone

Hal sederhana yang bisa anda lakukan saat muncul pesan error pada Game Asphalt 8 Airbone yakni dengan melakukan Restart pada Smartphone Android. Siapa tahu dengan melakukan hal ini, Game anda bisa normal kembali, walau kemungkinannya sangatlah kecil.

5. Hapus Cache Asphalt 8

Metode berikutnya yakni dengan membersihkan file sampah pada Game Asphalt 8 Airbone. Tumpukan file sampah atau file cache dapat menghambat permainan Game anda. Lebihnya lagi, jika file cache tidak pernah dihapus sampai berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan. Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Cleaner atau Keamanan pada Smartphone anda untuk membersihkan file cache. Dan untuk membersihkan file Cache, anda bisa melihat contohnya dibawah ini.

Bersihkan Cache Asphalt 8

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Asphalt 8” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Hapus Data Asphalt 8

Kemudian untuk metode berikutnya yakni dengan membersihkan data Game Asphalt 8 Airbone. Dengan membersihkan data game maka tentunya Game akan kembali pada posisi bawaan, cara ini umumnya dapat membuat bugs pada Game hilang. Membersihkan data Game akan menghapus data – data yang bersifat sementara seperti Akun, Data Login, History, Cache, Basis Data, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Bersihkan Data Asphalt 8

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Asphalt 8” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

7. Install Ulang Asphalt 8

Dan untuk metode ke tujuh, anda bisa install ulang Game Asphalt 8 Airbone. Dengan install ulang kembali, diharapkan Game Asphalt 8 Airbone dapat normal kembali. Sebelumnya, anda perlu menghapus Game dan menghapus file cache (sementara) yang masih menempel, lalu lakukan restart. Setelah itu, barulah anda mencoba untuk install kembali Game Asphalt 8 Airbone. Dan untuk langkah – langkah penghapusan, anda bisa lihat caranya dibawah ini.

Uninstal Asphalt 8

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Asphalt 8” » Selanjutnya tap “Uninstall” » kemudian Pilih “OKE”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

8. Asphalt 8 Tidak Support

Jika sudah banyak metode yang anda pakai namun hasilnya gagal, kemungkinan permasalah ada pada Sistem Android anda atau memang Smartphone anda kurang compatible dengan Game Asphalt 8 Airbone. Solusinya, anda bisa mencoba melakukan Updating Sistem anda, siapa tahu dengan melakukan hal tersebut Game dapat normal kembali. Karena sekali lagi, bugs terjadi tidak hanya pada Aplikasi ataupun Game, tetapi juga bisa pada Sistemnya.

Itulah beberapa metode sederhana yang bisa anda lakukan dalam mengatasi Game Asphalt 8 Airbone yang muncul pesan error atau tidak bisa dimainkan. Metode yang saya berikan pada anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, VIVO, ASUS Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, SONY, Huawei, Acer, NOKIA, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Asphalt 8 Telah Berhenti” di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada sesuatu yang ingin anda tambahkan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here