6+ Cara Mengatasi COC Error, Macet, Keluar Sendiri

0

Dianisa.com – Mengatasi COC (Clash Of Clans) Error dan Macet. Clash of Clans adalah sebuah game Strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan.

Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik goblin.

Untuk mendapatkan dan menyimpan gold dan elixir, pemain harus membangun gold mine serta gold Storage dan Elixir collector serta Elixir Storage.

Elixir digunakan untuk melatih pasukan baru, melakukan penelitian di laboratorium untuk meningkatkan kekuatan pasukan, untuk membangun dan meningkatkan bangunan tertentu, sebagian besar berkaitan dengan bangunan yang digunakan dalam menyerang basis pemain lain.

Emas digunakan untuk membangun bangunan pertahanan dan untuk meningkatkan Town Hall, yang memungkinkan akses ke lebih banyak bangunan dan tingkat yang lebih tinggi untuk bangunan yang ada.

Masalah GAME

Mengatasi COC Error, Macet, Tidak Terhubung Internet

Bagi temen-temen yang suka bermain game ini (COC) pasti merasa kesal jika disaat bermain terjadi masalah atau bahkan game yang ada tidak bisa dimainkan sama sekali. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengguna bisa mencoba beberapa metode berikut ini.

1. Bersihkan File Cache

Untuk metode pertama, anda bisa mencoba Membersihkan File Sampah pada aplikasi COC, bisa gunakan cleaner atau langsung pada manajemen aplikasi.

Tujuan dari cara ini agar Memori Internal Android tidak terbebankan dengan file sampah yang menumpuk, khususnya buat anda yang suka membuka banyak aplikasi sekaligus. Untuk Menghapus File Cache, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Clash Of Clans

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Clash Of Clans” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Hapus Data Aplikasi

Dan untuk metode yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghapus Data Aplikasi. Cara ini biasanya cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah, baik muncul pesan error, tidak bisa dibuka, tidak terhubung ke Internet, dan lainnya.

Menghapus Data yang saya maksud disini adalah membersihkan basis data aplikasi, cache, history, cookies, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya…

Hapus Data Clash Of Clans

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Clash Of Clans” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Update Aplikasi

Untuk metode ketiga, anda bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi melalui Google Play Store. Cara ini bakal membuat bugs yang ada pada aplikasi hilang. Dan untuk melakukan update, anda bisa lihat metodenya dibawah ini.

Update Clash Of Clans
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi Clash Of Clans kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

4. Install Ulang Aplikasi

Metode yang terakhir, anda bisa mencoba untuk install ulang aplikasi COC. Pertama, anda hapus dahulu aplikasi tersebut, bersihkan file cache dengan Aplikasi Cleaner, kemudian restart.

Selanjutnya, anda install kembali aplikasi tersebut langsung dari Google Play Store. Adapun untuk metode penghapusan, anda bisa cek langkah-langkahnya dibawah ini.

Uninstall Clash Of Clans

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Clash Of Clans” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Memori RAM Penuh

Space RAM yang minim tentu menjadi masalah tersendiri saat bermain game online, termasuk COC. Hal ini bisa menjadi penyebab COC yang anda gunakan sering bermasalah seperti macet, lag, ataupun tidak bisa digunakan.

Solusinya bisa dengan membatasi aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Atau bisa juga dengan membersihkan cache secara maksimal dan juga menghapus game atau aplikasi lain yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi.

6. Cek Konektivitas Internet

Selain beberapa tips diatas, anda juga perlu melihat konektivitas internet smartphone android anda. Internet yang lancar tentu akan membuat permainan game serasa lebih maksimal. Kebanyakan masalah memang terjadi pada koneksi internet yang akhirnya game hanya loading terus – menerus.

Jikapun terjadi kelambatan, anda bisa gunakan fitur mode pesawat terbang selama beberapa saat untuk mencari dan mendapatkan sinyal yang baru.

Akhir Kata

Agar Permainan Game anda lebih maksimat, pastikan anda berada pada tempat dengan tingkatan sinyal yang cukup kuat. Selain itu, rutinkan untuk mengurangi beban pada RAM dengan tidak membuka banyak aplikasi dan selalu Membersihkan File Sampah.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan seputar Aplikasi Android, silahkan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here