Harga Kuda Tunggangan di Indonesia Terbaru, Lengkap 2024

Ketahui daftar harga kuda tunggangan di Indonesia berikut ini!

Selain anjing dan kucing, kuda juga merupakan hewan yang cukup digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Kecintaan terhadap kuda bisa terlihat dalam beberapa acara seperti olahraga berkuda, tradisi dan upacara, pariwisata, transportasi tradisional dan pertunjukkan kuda. Olahraga berkuda, seperti pacuan kuda dan polo, telah menjadi bagian penting dalam budaya olahraga di Indonesia. Terdapat klub-klub berkuda yang menyelenggarakan kegiatan berkuda di berbagai daerah. Kecintaan terhadap kuda juga sering dikaitkan dengan aspek budaya dan tradisi di Indonesia. Kuda tidak hanya dianggap sebagai hewan berguna dalam berbagai aktivitas, tetapi juga memiliki nilai simbolis dan historis dalam berbagai konteks budaya.

Olahraga berkuda adalah aktivitas fisik yang melibatkan manusia dalam mengendalikan kuda untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Ini adalah bentuk olahraga yang memiliki sejarah panjang dan variasi yang beragam di seluruh dunia. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua kuda cocok untuk dijadikan sebagai kuda olahraga. Kuda yang digunakan dalam berbagai jenis olahraga berkuda atau sebagai kuda tunggangan umumnya adalah kuda tunggangan atau kuda pelatihan yang telah melalui proses pemilihan dan pelatihan khusus. Namun, apakah Anda tahu berapa harga kuda tunggangan di Indonesia? Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini akan ada informasi mengenai seputar harga kuda tunggangan. Simak penjelasan berikut.

Ringkasan

  • Kuda atau nama latinnya (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesied modern mamalia dari genus Equus.
  • Jenis kuda yaitu Arabian, Quartet Horse, Thoroughbred, Andalusian, Clydesdale, Pony, Warmblood, Morgan, Tennessee Walking Horse, Appaloosa, dan Paint Horse.
  • Rekomendasi kuda yang sangat populer di seluruh dunia yaitu Arabian, Clysdesdale, Appaloosa, Morgan, dan Thoroughbred.
  • Harga kuda sumbawa anakan yaitu paling murah berkisar 3,9 juta rupiah.
  • Harga kuda poni Belanda berkisar 75 juta rupiah per ekor.
  • Harga kuda paling mahal yaitu Thoroughbred berkisar 1,5 hingga 4,5 miliar rupiah.

Lihat Juga : Rekomendasi Hewan Peliharaan

Kuda

Definisi Kuda
Sumber Gambar : wallpapercave.com

Dikutip dari wikipedia.com, kuda atau nama latinnya (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Sejak dahulu hewan ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang berfungsi secara ekonomis dan memiliki nilai historis. Kuda juga memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Para ilmuwan awalnya berpendapat bahwa leluhur kuda modern pertama kali didomestikasi sekitar tahun 3500 SM atau 5500 tahun yang lalu di Botai, Asia Tengah. Namun, pendapat ini ditentang oleh sekelompok ilmuwan lain yang menerbitkan penelitian pada 2021 lalu. Berdasarkan hasil sekuens genom DNA kuda kuno, ditemukan bahwa padang stepa Eurasia Barat, tepatnya kawasan Volga-Don, adalah habitat kuda domestik modern.

Tak hanya itu, kuda domestik modern ini menyebar dengan cepat ke luar Eurasia dan menggantikan populasi kuda lokal lainnya. Persebaran kuda domestik modern ini bersamaan dengan budaya material berkuda, termasuk kereta roda dari kebudayaan Sintasthta pada 2000 SM. Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg.

Kuda telah memainkan peran yang luas dalam kebudayaan manusia. Hewan ini pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (Nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara. Peran berikutnya adalah sebagai hewan penarik. Kuda dalam berbagai kebudayaan dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, dan kekuatan.

Lihat Juga : Rekomendasi Nama Kucing Lucu

Jenis – jenis kuda

Jenis - Jenis Kuda
Sumber Gambar : wallpapercave.com

Ada banyak jenis kuda tunggangan yang memiliki karakteristik berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya. Berikut beberapa jenis kuda tunggangan yang umum:

1. Arabian

Arabian adalah salah satu ras kuda paling terkenal dan dihargai di dunia. Mereka dikenal karena kecantikan, keanggunan, dan ketahanan fisik mereka. Arabian sering digunakan dalam olahraga berkuda seperti balap pacuan kuda dan dressage.

2. Quarter Horse

Ras Quarter Horse berasal dari Amerika Serikat dan terkenal karena kecepatan dan kemampuan mereka dalam balap pendek. Mereka juga sangat populer dalam western riding dan rodeo.

3. Thoroughbred

Thoroughbred adalah ras yang sangat terkenal dalam pacuan kuda. Mereka dikenal karena kecepatan dan ketangkasannya, dan sebagian besar digunakan dalam balap pacuan kuda.

4. Andalusian

Andalusian adalah kuda yang berasal dari Spanyol dan terkenal karena keanggunan gerakan dan penampilannya yang indah. Mereka sering digunakan dalam dressage dan pertunjukan.

5. Clydesdale

Ras Clydesdale adalah kuda besar dan kuat yang sering digunakan dalam kereta dan pekerjaan berat. Mereka memiliki tubuh besar dan bulu panjang yang indah.

6. Pony

Pony adalah kuda kecil dengan kaki pendek. Mereka sering digunakan untuk mengajari anak-anak bersepeda karena ukuran mereka yang lebih kecil dan temperamen yang cenderung tenang.

7. Warmblood

Ras Warmblood adalah kuda yang sering digunakan dalam dressage dan lompatan tinggi. Mereka memiliki kombinasi sifat-sifat baik dari kuda berkualitas tinggi dan kuda dingin darah (draft horse).

8. Morgan

Ras Morgan adalah kuda serbaguna yang cocok untuk berbagai jenis aktivitas, termasuk berkuda rekreasi, kereta, dan olahraga. Kuda ini memiliki tubuh yang padat, kaki yang kuat, mata yang ekspresif dan tubuh berotot. Di tahun 2005, diperkirakan ada 175.000 kuda Morgan di seluruh dunia. Kuda ini bisa dipakai sebagai kuda pacu, show jumping dan kuda tunggangan.

9. Tennessee Walking Horse

Kuda Tennessee Walking Horse dikenal karena ganggang khas mereka, yang membuat berkuda menjadi nyaman dan nyaman. Mereka sering digunakan untuk berkuda rekreasi.

10. Appaloosa

Appaloosa adalah ras kuda yang dikenal karena bercorak belang atau bintik-bintik pada bulu mereka. Mereka sering digunakan dalam berbagai jenis olahraga berkuda dan rekreasi.

11. Paint Horse

Paint Horse adalah jenis kuda yang terkenal karena pola warna mereka yang khas dan bervariasi. Pola warna pada Paint Horse dapat mencakup belang-belong, bintik-bintik, atau kombinasi dari keduanya.

Lihat Juga : Nama – Nama Hewan Bahasa Inggris

Harga kuda tunggangan

Harga Kuda Tunggangan
Sumber Gambar : wallpapercave.com

Bagi Anda yang menyukai olahraga berkuda, dan ingin memelihara kuda sendiri di rumah, berikut ini adalah kisaran harga kuda tunggangan di Indonesia, yaitu:

Jenis KudaHarga
ArabianRp 77.000.000 – Rp 400.000.000
ThoroughbredRp 1,5 Miliar – Rp 4,5 Miliar
Kuda morganRp 38.000.000 – Rp 77.000.000
Kuda Kuartal AmerikaRp 46.000.000 – 1,5 Miliar
ClydesdaleRp 154.000.000 – Rp 400.000.000

Harga kuda tunggangan lokal di Indonesia

Harga Kuda Tunggangan Lokal
Sumber Gambar : helpfulhorsehints.com

Berikut adalah perincian dari harga kuda tunggangan lokal di Indonesia yang diperoleh dari berbagai sumber, yaitu:

Jenis KudaHarga
Kuda sumbawaRp 20.000.000,00 – Rp 30.000.000 per ekor
Kuda pacuRp 25.000.000,00 – Rp 50.000.000 per ekor
Kuda poni anakan 7 bulanRp 7.000.000 – Rp 10.000.000 per ekor
Kuda poni betina 3 tahunRp 21.000.000 per ekor
Kuda poni AlbinoRp 25.000.000 per ekor
Kuda poni lokal dewasaRp 20.000.000 per ekor
Kuda poni BelandaRp 75.000.000 per ekor
Kuda poni BelandaRp 150.000.000 sepasang
Kuda poni impor dewasaRp 300.000.000 sepasang
Kuda delman betina 123 cmRp 15.000.000 per ekor
Kuda delman jantan 125 cm, usia 2 tahun16.000.000 per ekor
Kuda delman jantan 125 cm, usia 2 tahun + set delmanRp 24.000.000 per ekor
Kuda delman jantan 135 cm, usia 6 tahunRp 15.500.000 per ekor
Kuda sundelRp 14.000.000,00 – Rp15.000.000 per ekor
Kuda bonsaiRp 14.000.000,00 – Rp16.000.000 per ekor
Kuda Sumbawa AnakanRp 3.900.000 per ekor
Kuda Betina, umur 7 bulanRp 12.000.000 per ekor
Kuda Tunggang 125 cm, umur 8 bulanRp 25.000.000 per ekor
Kuda Sandelwood 127 cm, umur 3 tahunRp 25.000.000 per ekor
Kuda Sumbawa DewasaRp 35.000.000 – Rp50.000.000 per ekor

Lihat Juga : Jenis Anjing Ras Peliharaan

Rekomendasi kuda yang sangat populer di dunia

Rekomendasi Kuda Tunggangan Terpopuler
Sumber Gambar : horseyhooves.com

Berikut ini adalah rekomendasi kuda yang sangat populer di dunia, apa saja kuda tersebut?  Beberapa di antaranya yaitu:

1. Arabian

Dapat dikatakan bahwa kuda Arab merupakan salah satu jenis kuda tertua yang ada. Seperti yang dapat disimpulkan dari namanya, kuda ini berasal dari Semenanjung Arab. Menurut informasi dari laman The Spruce Pets, perkiraan garis keturunannya dapat ditelusuri hingga 3000 SM. Kuda Arab memiliki tinggi sekitar 145-155 cm dan berat antara 360-450 kg. Warna bulunya bervariasi, mulai dari hitam, putih, cokelat, hingga abu-abu.

Karakteristik kuda ini sering disebut sebagai ‘berdarah panas’ karena kemampuannya untuk menghasilkan keturunan yang cepat. Karena kekuatan dan daya tahan fisiknya, kuda Arab juga sangat cocok untuk digunakan dalam lomba-lomba. Seiring berjalannya waktu, kuda Arab telah hidup bersama manusia selama berabad-abad, yang membuat mereka menjadi hewan yang peka dan cerdas dalam berinteraksi dengan penunggangnya.

2. Thoroughbred

Dengan keanggunan dan kekukuhannya dalam postur tubuh, kuda thoroughbred memang sangat sesuai untuk reproduksi yang bertujuan untuk balapan. Sekitar tiga abad yang lalu, kuda ini telah sengaja dikawinkan melalui percampuran antara kuda Arab dan kuda lokal, seperti yang dijelaskan oleh laman The Spruce Pets. Saat ini, kuda thoroughbred telah menjadi jenis kuda balap yang paling diminati di wilayah Amerika Utara.

Kuda ini memiliki tinggi yang lebih besar dibandingkan dengan kuda Arab, dengan kisaran tinggi antara 157 hingga 173 cm. Warna yang paling umum ditemukan pada mereka adalah cokelat, hitam, dan abu-abu. Biasanya, kaki bagian bawah kuda thoroughbred memiliki warna putih, seperti memakai kaus kaki. Karena mulai dilombakan sejak usia dua tahun, kuda ini rentan terhadap stres dan risiko cedera.

3. Morgan

Morgan memiliki badan yang kuat, kaki yang kokoh, mata yang penuh ekspresi, dan otot-otot yang berkembang dengan baik. Pada tahun 2005, perkiraan jumlah kuda Morgan di seluruh dunia mencapai 175.000 ekor. Kuda ini memiliki banyak kegunaan, seperti sebagai kuda balap, peserta lompat tinggi (show jumping), dan juga sebagai kuda tunggangan.

Selain itu, kuda Morgan juga digunakan sebagai tunggangan untuk kavaleri (pasukan berkuda) di lembaga militer. Tinggi rata-rata kuda Morgan berkisar antara 145 hingga 157 cm, dengan berat tubuh mencapai 408 hingga 453 kg, dan mereka memiliki potensi untuk hidup hingga usia 30 tahun, seperti yang diungkapkan oleh laman The Spruce Pets. Yang menarik, kuda Morgan memiliki sifat yang ramah, bahkan terhadap orang asing.

4. Appaloosa

Kuda ini memiliki pola bintik-bintik pada tubuhnya yang mirip dengan yang dimiliki oleh anjing dalmatian. Selain memiliki penampilan yang mencolok, kuda ini juga terkenal karena sifat kelembutan, keramahan, dan loyalitasnya, seperti yang dijelaskan oleh laman The Spruce Pets. Sejarah kuda ini mencatat bahwa mereka dibawa ke Amerika Utara oleh orang-orang Spanyol pada abad ke-17.

Kuda appaloosa memiliki ketinggian sekitar 142 hingga 152 cm (56-60 inci) dan berat antara 430 hingga 544 kg. Biasanya, mereka digunakan sebagai alat transportasi, untuk berburu binatang, dan dalam konteks pertempuran. Selain itu, kuda appaloosa juga digunakan untuk kegiatan seperti tunggangan jarak jauh, balap, rodeo, dan berbagai jenis olahraga lainnya. Apakah Anda tertarik untuk memiliki kuda dengan pola bintik-bintik yang unik ini?

5. Clydesdale

Ciri khas kuda Clydesdale adalah adanya jambul rambut putih di pergelangan kaki mereka. Keindahan mereka sering kali menjadi daya tarik utama dalam berbagai acara, seperti festival atau parade. Selain itu, kuda ini dikenal karena memiliki sifat yang lembut, ramah, dan mudah dilatih. Menurut informasi dari laman The Spruce Pets, kuda ini mulai dikembangbiakkan di Skotlandia pada abad ke-18 hingga ke-19.

Tinggi kuda Clydesdale berkisar antara 162 hingga 182 cm (64-72 inci), dengan berat tubuh mencapai 725 hingga 1.088 kg. Mereka memang sangat besar, bukan? Awalnya, kuda Clydesdale digunakan untuk mengangkut kayu gelondongan dari hutan, menarik gerobak barang, dan bahkan dipergunakan dalam konteks kendaraan perang. Kuda Clydesdale juga dapat memiliki masa hidup yang cukup lama, mencapai usia 20 hingga 25 tahun.

Lihat Juga : Jenis Ikan Hias Aquarium

Penutup

Harga kuda tunggangan di Indonesia sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor seperti usia, jenis kuda, pelatihan, serta performa dalam berbagai kompetisi dapat memengaruhi harga kuda tunggangan. Kuda dengan garis keturunan unggul dan kinerja yang gemilang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Selain itu, kondisi pasar juga dapat memainkan peran penting dalam menentukan harga kuda tunggangan. Meskipun demikian, bagi para penggemar dan pecinta kuda, investasi dalam kuda tunggangan sering kali dianggap sebagai investasi emosional dan kepuasan pribadi yang melebihi nilai finansial semata. Dengan berbagai jenis kuda yang tersedia di Indonesia, ada peluang bagi berbagai kalangan untuk menikmati kehadiran dan keindahan kuda tunggangan, baik untuk rekreasi maupun kepentingan kompetisi.

Apa yang memengaruhi harga kuda tunggangan di Indonesia?

Harga kuda tunggangan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk usia kuda, jenis kuda, garis keturunan, pelatihan, dan prestasinya dalam kompetisi. Kuda-kuda dengan garis keturunan unggul dan kinerja yang bagus biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Apakah harga kuda tunggangan di Indonesia stabil atau fluktuatif?

Kuda tunggangan di Indonesia dapat fluktuatif dan bervariasi tergantung pada faktor-faktor pasar, tren penjualan kuda, dan permintaan konsumen. Kuda dengan sifat-sifat yang sedang tren atau kuda yang memiliki prestasi baik dalam kompetisi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi.

Bagaimana seseorang bisa menilai apakah harga kuda tunggangan yang ditawarkan adalah wajar?

Untuk menilai apakah harga kuda tunggangan wajar, penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bandingkan harga kuda serupa yang dijual di tempat lain, periksa riwayat dan prestasi kuda tersebut, dan pertimbangkan faktor-faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan pelatihan. Sebaiknya juga berkonsultasi dengan ahli kuda atau penggemar berpengalaman untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang nilai kuda yang ditawarkan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…