4 Cara Mem-private Akun Instagram

Setiap pengguna Sosial media seperti Instagram memiliki kepribadian dan keinginan yang berbeda-beda. Walaupun sosial media bersifat publik, tapi terkadang masih ada pengguna yang tetap ingin mengutaman privacy-nya agar tidak dilihat orang lain yang tidak ia kenal.

Seperti yang kita ketahui bahwa intagram merupakan tempat nongkrong anak muda untuk berbagi foto dan video. Banyaknya pengguna instagram membuat para pengguna mudah dalam mencari teman atau mendapatkan followers.

Foto dan video memang bersifat privasi, berbeda dengan kata kata atau status yang tidak begitu penting. Untuk itulah beberapa pengguna instagram ingin foto dan video yang mereka bagikan hanya dapat dilihat oleh teman atau followers mereka.

Salah satu keunikan pada Instagram ialah, anda dapat melakukan kunci pada akun anda sehingga hanya orang yang anda kenal atau anda setujui yang bisa melihat foto dan video yang anda bagikan. Jika ada pengguna instagram lain yang belum menjadi followers anda, pengguna tersebut hanya bisa melihat gambar gembok yang artinya “Akun Bersifat Privasi”.

Lalu, bagaimana cara mengunci akun instagram agar private? untuk mengunci akun instagram, sangat mudah untuk dilakukan. Tapi sebelum melakukannya, simak penjelasan mengenai private akun Instagram berikut ini.

Lihat Juga : 2 Cara Hemat Data Internet Saat Menggunakan Instagram

Beberapa Alasan yang Membuat Seseorang Mem-private Akun IG

Setiap pengguna tentu memiliki alasan yang berbeda-beda, kenapa ingin mem-private atau menyembunyikan akun IG dari publik. Beberapa hal dibawah ini mungkin menjadi salah satu alasan kenapa seseorang ingin memprivate akun Instagram. Berikut alasannya;

  • Mendapat tag dari orang yang tidak dikenal, yang seringkali mengganggu kita sebagai pengguna. Untuk influencer atau bisnis mungkin tidak begitu masalah, namun untuk akun personal (biasa) hal ini tentu tidak mengenakkan.
  • Seringkali foto dan video diambil tanpa izin. Hal ini sangat sering terjadi di social media, baik Instagram, Facebook, dan Twitter. Banyak pengguna lain mengambil foto tanpa izin dan bahkan digunakan untuk hal-hal yang sifatnya negatif hingga berdampak pembulian tanpa sebab.
  • Menghidari spam dari IG yang tidak dikenal atau Buzzer. Sekali membuat masalah di sosial media baik sengaja atau tidak sengaja sangat besar dampaknya, bahkan untuk pengguna yang tidak pernah melakukannya terkadang juga terkena dampaknya. Selain itu, pengguna Instagram terutama akun bodong, buzzer, akun bisnis abal-abal juga sering kali membuat spam di Instagram dikomentar dan DM Instagram.
  • Menghindari Stalker dari pengguna lain. Buat anda yang mungkin terlihat lebih cantik, menghindari stalker dari pengguna lain bisa jadi alasan ingin menjadikan akun Instagram ke private.

Kelebihan Ketika Akun IG di Private

Apa yang terjadi setelah akun Instagram dijadikan akun private. Inilah beberapa kelebihan yang nantinya anda dapatkan;

  • Privasi anda lebih terjaga mengingat hanya followers atau pengikut yang hanya dapat melihat profil, foto, dan video yang anda bagikan.
  • Mengurangi para pencuri dalam mengambil foto dan video yang anda bagikan.
  • Mengurangi pengguna yang ingin melakukan spam terhadap akun serta komentar foto maupun video anda.
  • Lebih mudah dalam mengontrol siapa saja yang anda setuju untuk mengikuti (follow) serta melihat foto dan video anda.

Kekurangan Ketika Akun IG di Private

Selain kelebihan, anda juga perlu melihat kekurangan yang nantinya anda dapatkan setelah menjadikan akun Instagram ke private akun. Berikut penjelasannya;

  • Seseorang (bukan followers) tidak dapat melihat akun IG anda, baik kontak, foto, video, dan sebagainya.
  • Anda perlu mengkonfirmasi dahulu agar pengguna yang mengikuti anda dapat melihat akun anda.
  • Untuk akun bisnis tidak dapat anda jadikan private akun.
  • Sangat tidak cocok untuk anda yang ingin jualan atau bisnis online di Instagram.

Lihat Juga : 3 Cara Mengganti Foto Profil Instagram

Cara Mem-private akun Instagram Lewat HP

Mengunci akun instagram akan berdampak pada penguna yang ingi melihat profil anda. Terkadang para pengguna instagram akan melakukan follow saat melihat foto-foto yang anda pajang. Nah, jika anda mengunci akun instagram maka pengguna tidak bisa melihat foto yang anda bagikan sehingga mereka akan pergi dan meninggalkan profile anda.

Meskipun demikian, sebagian pengguna tetap melakukan follow meskipun tidak tahu isinya apa. Tapi hal tersebut tentunya tidak masalah bagi anda karena anda lebih mengutamakan privasi dibanding followers berlimpah.

Metode pertama menggunakan smartphone android atau iOS (iPhone), buka aplikasi Instagram kemudian masuk ke halaman Profil, klik icon tiga jari yang ada dibagian atas, kemudian klik icon Pengaturan.

1 Pengaturan Instagram Android

Setelah itu, pilih fitur Privasi dimana fitur ini sangat berfungsi untuk mengontrol semua privasi anda di Instagram.

2 Masuk Fitur Privasi Instagram

Selanjutnya, pilih Privasi akun seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

3 Pilih Privasi Akun Instagram

Kemudian aktifkan fitur Akun Privat (tanda biru artinya aktif) untuk menjadikan akun anda private dengan keterangan dibawahnya ‘Jika akun anda bersifat pribadi, maka hanya orang yang anda setujui yang bisa melihat foto dan video. Pengikut yang sudah ada tidak terkena dampaknya’.

4 Aktifkan fitur Akun Privat Instagram

Lihat Juga : 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram

Cara Mem-private Akun Instagram Lewat Komputer

Selain melalui smartphone, anda juga dapat mengikuti tutorial ini ketika login Instagram via komputer atau laptop. Buka Instagram melalui browser Chrome atau Firefox, kemudian masuk ke halaman Profil, lalu pilih fitur Edit Profil.

1 Edit Profil Instagram Browser

Setelah itu, pilih menu Privasi dan Keamanan. Kemudian dibagian Privasi Akun, anda centang bagian Akun Pribadi dengan keterangan ‘Apabila akun bersifat pribadi, hanya orang yang Anda setujui yang dapat melihat foto dan video Anda di Instagram. Pengikut Anda yang ada tidak akan terpengaruh’.

2 Private Akun Instagram

Lihat Juga : 2 Cara Mengganti Username Instagram

Pertanyaan Seputar Private Akun Instagram

Berikut beberapa pertanyaan yang terkadang ditanyakan oleh pengguna Instagram ketika mengaktifkan fitur Akun Privat Instagram.

Apakah private akun Instagram membuat followers hilang?

Tentu saja tidak, mengubah akun publik ke akun private tidak berdampak sama sekali terhadap followersnya anda.

Siapa saja yang dapat melihat foto dan video yang ada di feed Instagram?

Hanya followers atau pengikut anda yang dapat melihat foto dan video yang anda bagikan. Artinya, orang yang mengikuti anda, namun belum anda setuju maka tidak akan pernah bisa melihat postingan anda.

Siapa yang dapat melakukan like dan komentar di private akun Instagram?

Sama seperti penjelasan sebelumnya, hanya followers yang dapat menyukai atau menambahkan komentar dipostingan anda.

Bagaimana mengembalikan private akun Instagram menjadi publik lagi?

Sama seperti tutorial diatas, anda cukup masuk ke fitur Privasi kemudian matikan fitur Akun Privat. Dengan begitu, akun Instagram anda kembali ke akun publik.

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Email & Password Instagram

Akhir Kata,

Dengan melakukan cara di atas, pengguna instagram lain (bukan Followers) tidak akan pernah bisa melihat foto dan video yang anda bagikan. Setelah mereka mencoba follow akun anda, dan anda menyetujuinya maka barulah pengguna tersebut dapat melihat semua foto dan video yang ada di feed Instagram anda.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan Selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.