4 Cara Mengubah Default Browser Windows

Dalam perkembangan browser atau peramban web saat ini, Microsoft juga tak mau kalah dengan pesaingnya seperti Chrome, Firefox, dan Opera. Dengan alasan tersebut, Microsoft telah mengembangkan dan merilis browser yang lebih baik dari default browser (Internet Explorer) yang telah ada sebelumnya, yakni Microsoft Edge.

Bagi anda yang masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8, maka dipastikan masih menggunakan default browser Internet Explorer. Meskipun demikian, hal tersebut tidaklah masalah mengingat pengguna bisa menggunakan browser lain seperti Opera, Firefox, atau Google Chrome.

Saya sendiri sebagai pengguna Windows 10 menggunakan Firefox sebagai browser default. Meskipun demikian, saya juga terkadang menggunakan Chrome dan Edge untuk kebutuhan lainnya. Terlepas apapun browser yang ingin anda gunakan nantinya, berikut beberapa metode yang bisa anda ikuti dalam mengubah default browser di Windows 7, 8, atau 10 anda.

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Icon Folder di Windows

Cara Mengubah Default Browser Windows 10

Pada Windows 10 sendiri, ada dua cara yang bisa anda lakukan dalam mengubah default browser. Bisa melalui ‘Default Apps’ bisa anda lakukan melalui fitur Settings. Sedangkan ‘Open with’ pada klik kanan file XML atau HTML yang tersimpan di drive anda (jika ada). Berikut opsinya…

Melalui Fitur Default Apps

Pertama, anda masuk ke menu Settings terlebih dahulu. Klik Start » Settings. Atau bisa dengan tekan tombol Windows + I secara bersamaan. Selanjutnya, klik fitur Apps.

1 Settings Apps Windows

Pada fitur tersebut, klik Default Apps. Scrool ke bawah, kemudian klik browser yang ada dibagian Web browser. Lalu, pilih browser yang anda inginkan.

2 Mengganti Default Browser Windows 10

Melalui Klik Kanan ‘Open With’ pada File

Sebelumnya, pastikan anda memiliki file HTML atau XML yang tersimpan di drive komputer anda. Klik kanan pada file tersebut, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, kemudian pilih Open with, kemudian pilih Choose another app.

1 Mengganti Default Browser untuk file HTML

Selanjutnya, pilih default browser yang anda inginkan. Setelah itu, centang bagian Always use this app to open .html files. Dengan begitu, semua file html bisa anda buka secara langsung menggunakan browser tersebut.

2 Memilih open With pada file HTML

Lihat Juga : Cara Memasang Ekstensi Google Chrome

Cara Mengubah Default Browser Windows 8

Selain pada Windows 10, default browser juga dapat anda setting pada Windows 8 dan 8.1. Melalui video dibawah ini, anda bisa mengikuti step by step untuk melakukannya.

  1. Yang pertama, klik kanan pada menu Start » kemudian pilih Control Panel.
  2. Pada menu Control Panel, klik Program » Default Programs.
  3. Selanjutnya, pilih Set your default programs. Lalu, akan muncul beragam program yang bisa anda pilih.
  4. Pilih browser yang ingin anda jadikan sebagai default browser. Kemudian klik Set this program as default. Klik OK.
  5. Dengan begitu, default browser telah anda pilih.
  6. Selesai.

Cara Mengubah Default Browser Windows 7

Selanjutnya pada Windows 7. Meskipun sistem ini sudah jarang yang menggunakan, namun bagi anda yang masih menggunakannya bisa mengikuti tutorial video dibawah ini.

  1. Pertama, klik menu Start yang ada di Windows 7 anda, kemudian klik Default Programs.
  2. Lanjutkan dengan memilih Set your default programs.
  3. Kemudian pilih browser yang ingin anda jadikan default browser.
  4. Lalu, klik Set this program as default. Klik Ok.
  5. Dengan begitu, default browser telah berganti pada pilihan yang anda inginkan.
  6. Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.