Nama – Nama Bulan dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Asal – Usulnya

Ketahui nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dalam ulasan berikut ini!

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan nama – nama bulan dalam setahun. Namun apakah Anda sudah tahu apa itu bulan? Bulan sendiri jika berdasarkan konteks penanggalan manusia, merujuk pada periode waktu yang digunakan dalam kalender.

Dalam kalender sendiri satu tahun terdiri dari dua belas bulan. Dan satu bulan biasanya memiliki panjang bervariasi antara 30 atau 31 hari, kecuali Februari yang memiliki 28 atau 29 hari dalam tahun kabisat. Setiap bulan juga tentunya  memiliki nama masing-masing  seperti Januari, Februari, Maret, dan seterusnya. Lalu apakah Anda juga sudah tahu apa saja nama – nama bulan dalam bahasa Inggris. Berikut ini merupakan beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Ringkasan

  • Nama bulan Januari dalam bahasa Inggris adalah Januari. Dan cara pengucapannya adalah Jenueri.
  • Asal usul nama Januari  diambil berdasarkan nama dewa Romawi yaitu “Janus” yang berarti dewa gerbang, pintu, atau awal yang baru.
  • Nama bulan Februari dalam bahasa Inggris adalah February. Dan cara pengucapannya adalah Februari.
  • Asal usul bulan Februari tidak terkait mitologi Romawi, melainkan berasal dari nama perayaan kuno yang bernama “Februa” yang bertujuan untuk membersihkan roh jahat.

Lihat Juga : 34 Lagu Pop Indonesia Terpopuler

Nama – nama bulan dalam Bahasa Inggris

Nama-Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris
Sumber Gambar : farmeralmanac.com

Berikut merupakan nama – nama bulan dalam bahasa Inggris, dari Januari hingga Desember yang dapat Anda ketahui.

Bahasa IndonesiaBahasa InggrisPengucapan
JanuariJanuaryJenueri
FebruariFebruaryFebrueri
MaretMarchMarch
AprilAprilEprel
MeiMayMey
JuniJuneJune
JuliJulyJulai
AgustusAugustOgest
SeptemberSeptemberSeptember
OktoberOctoberOktober
NovemberNovemberNovember
DesemberDecemberDisember

Lihat Juga : 80 Singkatan Bahasa Inggris Gaul

Asal – usul munculnya nama bulan

Asal Usul Nama Bulan Dalam Kalender
Sumber Gambar : theconversation.com

Asal usul nama bulan berasal dari sejarah kuno dan kaitannya dengan pengamatan langit serta tradisi budaya di berbagai peradaban. Nama-nama bulan yang umum digunakan sekarang ini berasal dari budaya Romawi Kuno dan mitologi Yunani Kuno. Oleh karena itu, berikut merupakan asal usul nama – nama bulan dari Januari hingga Desember yang dapat Anda simak dan ketahui:

1. Januari

Bulan Januari dinamai berdasarkan dewa Romawi bernama Janus. Janus adalah dewa gerbang, pintu, dan awal baru dalam mitologi Romawi. Ia digambarkan dengan dua wajah yang menghadap ke arah yang berbeda, melambangkan pandangan ke masa lalu dan masa depan. Bulan Januari juga merupakan awal tahun dalam kalender Romawi sebelum penyesuaian kalender dilakukan oleh Julius Caesar. Perayaan tahun baru Romawi, yang dikenal sebagai “kalends of January,” juga dirayakan pada awal bulan ini.

2. Februari

Asal usul nama bulan Februari tidak terkait dengan mitologi Romawi, melainkan dengan perayaan kuno yang disebut “Februa” atau “Februalia”. Februa adalah festival penyucian dan pembersihan yang diadakan pada bulan Februari. Festival ini bertujuan membersihkan dan membersihkan roh jahat serta membersihkan diri secara spiritual. Seiring waktu, nama festival ini kemudian digunakan sebagai nama bulan Februari.

3. Maret

Bulan Maret dinamai berdasarkan dewa perang Romawi, Mars. Mars adalah dewa perang yang dianggap sebagai pelindung Romawi dan dewa yang kuat. Bulan Maret dianggap sebagai bulan yang mengawali musim semi di belahan utara. Dalam mitologi Romawi, Mars dihubungkan dengan kekuatan dan pertumbuhan, yang sesuai dengan semangat awal musim semi yang penuh harapan.

Lihat Juga : Fancy Text Generator

4. April

Asal usul nama bulan April belum sepenuhnya jelas. Terdapat beberapa teori yang mengaitkannya dengan kata Latin “aperire” yang berarti “membuka”, mengacu pada musim semi di belahan utara ketika bunga-bunga mulai mekar dan alam mulai bangkit kembali. Bulan ini juga mungkin diambil dari nama dewi kesuburan Romawi, Aphrodite (Venus) yang memiliki kemiripan fonetik dengan “April”.

5. Mei

Bulan Mei diberi nama berdasarkan dewi kesuburan Romawi, Maia. Maia adalah dewi yang dianggap sebagai ibu dari dewa Hermes. Dia diasosiasikan dengan pertumbuhan, kehidupan baru, dan keberlimpahan alam. Bulan Mei merupakan bulan di mana alam semakin subur dan berbunga setelah musim dingin, sehingga dipilih untuk dinamai Maia.

6. Juni

Bulan Juni dinamai berdasarkan dewi pelindung Romawi yaitu Juno. Juno adalah dewi perkawinan, kelahiran, dan kesejahteraan. Dia dianggap sebagai istri dari dewa penguasa Romawi, Jupiter, dan dewi pelindung kota Roma. Bulan Juni dipilih untuk dinamai Juno sebagai penghormatan terhadap dewi tersebut.

Lihat Juga : Cool Font Text Generator

7. Juli

Bulan Juli dinamai untuk menghormati Julius Caesar, pemimpin Romawi yang terkenal. Sebelumnya, bulan ini dikenal sebagai bulan Quintilis dalam kalender Romawi. Namun, setelah kematian Julius Caesar pada tahun 44 SM, bulan ini diubah namanya menjadi “Julius” untuk menghormatinya. Julius Caesar dianggap sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah Romawi, baik sebagai jenderal maupun sebagai negarawan yang membuat banyak perubahan penting di Roma.

8. Agustus

Bulan Agustus dinamai untuk menghormati Augustus Caesar, kaisar Romawi pertama dan pendiri Kekaisaran Romawi. Bulan ini sebelumnya dikenal sebagai bulan Sextilis dalam kalender Romawi. Augustus Caesar adalah seorang pemimpin yang sangat berpengaruh dan berhasil memperluas wilayah kekaisaran, menjadikannya salah satu kaisar paling penting dalam sejarah Romawi. Untuk menghormatinya, bulan Sextilis diubah namanya menjadi “Augustus”.

9. September

Bulan September dinamai dari kata “septem” dalam bahasa Latin yang berarti “tujuh”. Pada awalnya, dalam kalender Romawi Kuno, bulan ini adalah bulan ketujuh dalam tahun kalender mereka sebelum penyesuaian dilakukan oleh Julius Caesar. Namun, setelah penambahan bulan Januari dan Februari, September menjadi bulan kesembilan dalam kalender modern.

Lihat Juga : Instagram Font Generator

10. Oktober

Bulan Oktober dinamai dari kata “octo” dalam bahasa Latin yang berarti “delapan”. Dalam kalender Romawi Kuno, bulan ini adalah bulan kedelapan dalam tahun kalender mereka. Namun, setelah penyesuaian kalender, Oktober menjadi bulan kesepuluh dalam kalender modern.

11. November

Bulan November dinamai dari kata “novem” dalam bahasa Latin yang berarti “sembilan”. Awalnya, dalam kalender Romawi Kuno, bulan ini adalah bulan kesembilan dalam tahun kalender mereka. Setelah penyesuaian kalender, November menjadi bulan kesebelas dalam kalender modern.

12. Desember

Bulan Desember dinamai dari kata “decem” dalam bahasa Latin yang berarti “sepuluh”. Dalam kalender Romawi Kuno, bulan ini adalah bulan kesepuluh dalam tahun kalender mereka. Namun, setelah penyesuaian kalender, Desember menjadi bulan kedua belas dan terakhir dalam kalender modern.

Dan yang perlu Anda ketahui bahwa sebelum penyesuaian kalender Romawi oleh Julius Caesar, tahun Romawi memiliki 10 bulan, mulai dari bulan Martius (Maret) hingga bulan Desember. Januari dan Februari tidak dianggap sebagai bulan dalam kalender tersebut. Namun, ketika kalender diubah dan dua bulan tambahan ditambahkan pada awal tahun, maka Januari dan Februari mendapatkan tempat dalam kalender dan menerima nama mereka seperti yang kita kenal sekarang.

Lihat Juga : 80 Ucapan Selamat Wisuda Bahasa Inggris

Penutup

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa nama-nama bulan dalam bahasa Inggris terkadang memiliki pengucapan yang berbeda dengan cara penulisannya. Contohnya misalnya seperti bulan Agustus yang dalam bahasa Inggris yaitu August yang dibaca menjadi Ogest. Nama-nama bulan tersebut juga diambil dari budaya Romawi Kuno dan mitologi Yunani kuno.  Semoga dengan adanya informasi di atas dapat memudahkan Anda untuk mengetahui nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, dari mulai penulisannya hingga cara pengucapannya yang baik dan benar.

Apa nama bulan paling awal dalam satu tahun?

Bulan paling awal dalam satu tahun yaitu Januari.

Apa nama bulan paling akhir dalam satu tahun?

Bulan terakhir atau bulan kedua belas dalam satu tahun yaitu Desember.

Bulan apa yang terpendek dalam satu tahun?

Bulan Februari adalah bulan yang paling pendek karena hanya memiliki tanggal 28 atau 29 hari saja.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini