Cara Menangani Refund Aliexpress via Doku Wallet

Aliexpress merupakan salah satu perusahaan besar yang menyediakan pelayanan perbelanjaan secara online via luar negri. Mempermudah…

Aliexpress merupakan salah satu perusahaan besar yang menyediakan pelayanan perbelanjaan secara online via luar negri. Mempermudah setiap orang dalam mendapatkan setiap barang yang mereka inginkan diseluruh dunia.

Namun ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan sebagai pelanggan dalam melakukan belanja secara daring di Aliexpress. Terutama ketika anda mengalami kendala dalam masalah pengembalian dana yang mungkin terjadi kesalahan, uang yang belum masuk ke rekening, akun Aliexpress, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwasanya artikel ini dibuat bagi anda yang melakukan belanja di Aliexpress melalui Dokuwallet.  Untuk masalah mengenai penanganan refund aliexpress via bank dan lainya akan dibuat pada artikel yang akan dating.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Langkah Penanganan Refund Aliexpress

Perlu dicatat bahwa ketika anda melakukan pembayaran doku melalui gerai, untuk tetap menyimpan struk bukti pembayaran, karena didalamnya berisi informasi penting mengenai track record anda sebagai pembeli dalam melakukan transaksi via doku.

1. Menghubungi Customer Service Aliexpress

Aliexpress memberikan pelayanan pelanggan yang siap menangani permasalahan para pengguna selama 24 jam. Yang dimana salah satu masalahnya adalah refund.

Sebelumnya, aliexpress memberi kebijakan kepada pembeli bahwasanya refund berlangsung selama 20 hari kerja. Jadi, apabila anda menghubungi CS Aliexpress pada waktu tersebut mereka hanya akan memberi jawaban kepada anda untuk menunggu hingga proses 20 hari tersebut selesai.

Jika sampai waktu 20 hari berakhir dan dana masih belum masuk Dokuwallet. Sebagai pelanggan, anda memiliki hak untuk mengadukan permasalahan ini kepada CS Aliexpress yang tersedia pada menu profil seperti gambar dibawah ini.  

Lakukan Refund Issues Aliexpress
  1. Klik “Layanan Pelanggan” Pada menu profil
  2. Pada tampilan awal terdapat list Pertanyaan, Geser Kebawah dan klik “Online Service”
  3. Pada menu Online Service pilih “Refund Issues” kemudian klik barang anda yang memiliki masalah refund.

Apabila anda masih belum mendapatkan solusi yang tepat, pelanggan dapat menghubungi Aliexpress melalui Facebook, Instagram, dan Twitter dengan mencantumkan nomor pesanan anda. Nomornya bisa dicek pada bagian “ID Pesanan”

2. Menghubungi Customer Service DOKU

Jika anda masih belum menemukan solusi yang tepat, mungkin saja yang mengalami kendala adalah Dokuwallet anda. Oleh karena itu anda dapat menghubungi email CS DOKU yaitu: [email protected]

Kemudian tuliskan mengenai masalah anda & kirimkan pada email tersebut. Nantinya anda akan menerima balasan untuk mencantumkan:

Hubungi Costumer Service DOKU
  1. REFUND ID
  2. Nama yang teregistrasi di Aliexpress
  3. Email yang teregistrasi di Aliexpress
  4. Nominal Refund
  5. Doku ID anda
  6. Order Number (ID Pesanan)
  7. Cara Pembayaran (Apakah anda lewat aplikasi Dokuwallet atau Gerai)
  8. Invoice/Nomor Transaksi (Tertulis pada struk transaksi pembelian)
  9. Tanggal Transaksi

Dari pengalaman penulis sendiri, jika mengisi data tersebut secara lengkap dan benar maka proses akan berjalan dengan mulus dan dana anda akan segera diproses dan diterima dalam waktu 24 jam.

3. Cek Dompet Aliexpress  

Adakalanya dana yang direfund tidak langsung masuk ke dokuwallet, apabila Akun aliexpress anda belum terintegrasi kepada akun doku. Uang anda bisa saja masuk kedalam “Dompet Aliexpress”. Untuk mengeceknya anda dapat membuka:

Cek Dompet Aliexpress Anda
  1. Profil anda pada akun Aliexpress, geser kebawah kemudian cari “Dompet Saya” lalu Klik!
  2. Pada Halaman Dompet saya anda disuguhi 3 pilihan yaitu Koin, Dompet Aliexpress saya, Kartu Kredit/ Debit saya. Pilihlah Dompet Aliexpress saya dan klik!
  3. Nantinya akan ditampilkan jumlah Saldo yang tersedia pada halaman Dompet Aliexpress.

Lihat Juga : Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Pesan Penulis

Dimusim Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini merupakan masa-masa sulit bagi perusahaan dagang tidak terkecuali Aliexpress. Oleh karena itu beberapa operasional terhambat atau terhenti karena masalah ini. Sehingga beberapa proses pembayaran maupun refund juga ikut bermasalah hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Namun anda tidak perlu khawatir, selama anda masih menyimpan data Aliexpress anda dengan baik seperti struk belanja dan segala informasi akun anda. Pembeli seperti kita masih memiliki hak serta kebijakan perlindungan pembelian sehingga masih memungkinkan untuk mendapatkan anda kembali.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai penanganan refund Aliexpress via Dokuwallet, semoga dengan beberapa tips yang penulis jelaskan, bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 32 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Angel berkata:

    Maaf mau tanya,status bea cukai saya retur apakah masih bisa dihitung hutang ya kak?dan status barang gagal pengiriman

  2. ADE berkata:

    Mau tanya tentang refund….sayakan sudah mengisi data² dari doku dan yang saya belum isi tinggal 1 data lagi yaitu struk bukti pembayaran..dan masalahnya sturk bukti pembayaranya udah ga ada..bagai mana ya kak cara mendapatkan bukti pembayaranya itu kembali.”mohon di jawab”

    • Angel berkata:

      Barang saya datang tapi harus disuruh bayar bea cukai dengan biaya hampir dengan 1 baju yang saya beli,jadi saya minta refund tapi barang nya sudah di bawa pak pos nya lagi karna saya cancel,apakah barang saya dikirim balik ke penjual ya?karna penjual minta nomor untuk pelacakan barang nya

      • Rudi Dian Arifin berkata:

        Kurang tahu, tapi pengalaman dari teman saya memang bea cukai yang dibayar memang terlalu mahal. Terkadang memang tidak masuk akal dengan harga barang yang dibeli. Solusinya minta pihak bea cukai untuk menurunkan biaya pengambilannya supaya tidak terlalu mahal. Walaupun ini akan sangat ribet. Kalau bea cukai tidak dibayar, hitungannya bisa jadi hutang.

  3. Ade firmansyah berkata:

    Kak mau tanya…saya sudah mengirim email ke doku dan dari data² doku yang saya belum isi adalah bukti pembayaranya/struk bukti pembayaran dan sedangkan struk saya sudah saya buang kak…bagai mana ya ka cara dapet struk bukti pembayaranya lagi..mohon di jawab ka

  4. Obon berkata:

    Udah bayar di alfamart barang nya ga nyampe2…….Bisa bayar tapi ga bisa balik dana nya saat di refund… Pemerintah harus bisa ngatasi ini jangan diem aja…

    • ADE berkata:

      mao tanya…saya sudah mengisi data² refund dari doku dan 1 lagi yang saya belumll isi adalah struk bukti pembayaranya aja dan sedangkan struk bukti pembayarnya sudah ga ada…lagi mana ya cara mandapatkan struk bukti pembayaranya itu lagi..”mohon di jawab”

  5. Andiny berkata:

    Kak cara lihat dompet saya di aplikasi aliexpress dimana sih? Susah bgt gada tulisan “dompet saya”

  6. Pantek berkata:

    Sistim aliexpres benar” kacau , pengembalian dana saya hampir 3 jt ga jelas sampai sekarang , hati” kalau bisa jangan pake aplikasi ini utk belanja , benar” sangat rawan apabila barang kosong daro penjual , pengembalian dana kemungkinan besar gagal , uang ga jelas kemana

  7. Malina berkata:

    Kalo pembayaran via gerai indomarer ngimana ya gan? Uda selesai nie pengajuan refund dan uda dikirim. Tpi ngecek uangnya ga tau dimana. Dicari” Ga ketemu, ke cs nya ga ada solusi

  8. Andhy berkata:

    Saya baru Pertama kali belanja menggunakan AliExpress setelah selesai transaksi, ternyata 1-2minggu kemudian muncul pesan yang saya dapat uang anda telah dikembalikan ke Domper AliExpress. Tp yang jdi masalah setelah saya buka tidak ada daftar Dompet Aliexspess yang terdapat di akun saya. Kira2 solusinya gimana ya Min? Tq

    • Uus berkata:

      Sy jg begtu kak. Sy bingung uangnya kmn ya 🥲

      • Joe berkata:

        Saya udah rugi 500 rbu, di ambil dari visa, tp pembelian di batalkan, padahal uang di tarik dari bank, giliran di cek refund pakek id pembelian yang dibatalkan, katanya tidak ada refund untuk id tersebut, nyesel dah, gak lagi main aliexpress

  9. Intan berkata:

    Maaf nih ka emang harus tunggu sampe 20 hari dulu ya kalo mau hubungin cs aliexpres atau bikin laporan ke doku juga harus nunggu 20 hari dulu ya?

    Terus kalo sebelum 20 hari status masih terlihat finish belum masuk pengaduan refund ya di app nya?

  10. Wawiek berkata:

    Kejadian yg sama order tiba” closed…mana udh transfer

  11. Yogi berkata:

    Ko di saya cuma ada 2 pilihan, koin sama kredit/debit?

  12. Zaki berkata:

    Di tempat saya kalau belanja d aliexpress selalu refund, baik pembayaran lewat bank online, indomaret,alfamart selalu kena refund…pdhl awal2 saya bikin akun aliexpress selalu berhasil kekirim meskipun lama di pengiriman

    • Safantri berkata:

      Maaf mau tanya saya telah membatalkan pesanan saya tp uang blm jg kembali sudah 5 hari
      Apakah ada yg salah y,,saya hrs ngisi data dlu atau bagaimana y,,mohon infonya

  13. komang A.P berkata:

    saya sudah email ke pihak doku mengenai refund dana pembelian di aliexpress, tapi tidak ada jawaban dari pihak doku, apakah bisa dibantu saya harus menghubungi pihak mana yah

  14. Vicka berkata:

    Biasanya berapa lama waktu pengembalian refund?

  15. 1 2 3
  1. 260 PP WA Couple Keren, Lucu, Aesthetic, Romantis, Terpisah, dan Paling Kece!

    Berikut kami bagikan kumpulan foto profil / pp wa couple terpisah, dan paling kece yang bisa…
  2. 172 PP (Foto Profil) Kucing Couple Terpisah, Lucu Gemoy, dan Aesthetic!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) kucing couple terpisah lucu dan aesthetic yang telah kami kumpulkan dan…
  3. 100 PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah yang telah kami kumpulkan dan dapat Anda…