Cara Hard Reset Xiaomi Black Shark

Xiaomi Black Shark merupakan salah satu smartphone Gaming besutan Xiaomi. Smartphone ini hadir karena ramainya para pengguna Android yang bermain game. Lebihnya lagi, Google Play Store menjadi tempat yang paling lengkap dalam mencari Game terbaik dan super keren. Spesifikasi yang dihadirkan terbilang sangat powerfull.

Usung RAM 8 GB dengan Internal berkapasitas 128 GB serta Processor Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 Octa-core mampu maksimalkan segala aktivitas gaming pengguna. Kemudian untuk sisi multitasking, Xiaomi Black Shark siapkan OS Android OREO 8.1 yang berjalan diatas layar seluas 5.99 inches dengan resolusi 1080 x 2160 pixels.

Xiaomi Black Shark memang merupakan varian dari smartphone Gaming yang dihadirkan oleh Xiaomi. Namun bukan berarti smartphone Gaming kebal dengan semua permasalah, khususnya bugs pada sistem, aplikasi banyak yang error, lupa pola kunci, hang, bootloop, dan lainnya. Semua itu sangat mungkin terjadi, dan solusi yang bisa dilakukan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset.

Metode ini memang cukup beresiko karena banyak data yang mungkin tidak bisa diselamatkan secara maksimal. Dan ini adalah solusi awal sebelum melakukan Flashing ulang. Adapun untuk lebih jelas dalam melakukan Hard Reset atau Wipe Data, anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : Cara Split Screen HP Xiaomi

Factory Reset Xiaomi Black Shark

Factory Reset adalah istilah dalam mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan atau awal. Metode ini biasanya menjadi solusi ketika terjadi masalah pada aplikasi terinstal, banyaknya bugs atau kerusakan pada aplikasi, smartphone yang terasa lemot dan kurang maksimal saat menjalankan aktivitas multitasking, dan masalah – masalah lainnya.

Adapun jika anda tertarik untuk melakukan Factory Reset, pastikan anda melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki.

Factory Reset HP Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : Cara Mengirim SMS Otomatis di HP Xiaomi

Hard Reset Xiaomi Black Shark

Selanjutnya yakni metode Hard Reset yang bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode (Mi Recovery). Sejatinya, metode ini sama dengan Factory Reset, hanya saja Hard Reset terlepas dari sistem, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan Reset tanpa masuk ke menu utama. Namun kekurannya, pengguna tidak memungkinkan untuk melakukan backup pada semua data penting.

  1. Langkah pertama, pastikan HP Xiaomi Black Shark yang anda miliki dalam keadaan mati atau Off.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu Recovery Mode (Mi Recovery), tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo MI. Setelah muncul Logo Mi, lepaskan kedua tombol yang anda tekan tersebut.
  3. Setelah anda berhasil masuk main menu Mi Recovery Xiaomi Black Shark, anda bisa memilih “Wipe Data” kemudian lanjutkan dengan memilih “Wipe All Data”, lalu pilih “Confirm”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Jika sudah, pilih “Back to Main Menu” lalu pilih “Reboot”. Kemudian lanjutkan memilih “Reboot to System”. Dan nantinya Smartphone Xiaomi anda akan reboot. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : Cara Mengubah Background Panggilan Xiaomi

Penutup,

Dengan adanya metode diatas, diharapkan semua masalah pada perangkat Xiaomi Black Shark anda dapat teratasi dengan baik. Sebagian smartphone mungkin hasilnya akan berbeda, maka dari itu anda perlu melakukan penyesuaian sesuai dengan permasalah yang anda hadapi.

Solusi lain yang bisa anda lakukan selain Factory Reset atau Hard Reset ialah Flashing. Dan untuk melakukannya, anda membutuhkan Firmware (ROM Xiaomi Black Shark), USB, Mi Flash Tools, dan juga Driver (Opsional). Lebih jelasnya, anda bisa cari ulasannya langsung melalui Google atau YouTube mengenai metode Flashing.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai masalah Factory Reset atau Hard Reset Xiaomi, anda bisa menulisnya melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Hard Reset Xiaomi

Masalah Xiaomi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Ariwi berkata:

    bang mau tanya ??
    HP q Xiaomi Black Shark 1 kadang kadang Bootloop mati hidup mati hidup di logo BlackShark ..minta solusinya bang..