Aplikasi Android Untuk Mahasiswa
Sumber Image : Inovasee

Dianisa.com – Daftar Aplikasi Android Yang Wajib Dimiliki Oleh Mahasiswa Baru. Seorang Mahasiswa pasti akan mendapatkan tugas – tugas yang menumpuk dan banyak. Hal seperti ini memang sudah biasa dirasakan oleh mahasiswa – mahasiswa di Indonesia. Apalagi jika masuk pada kampus – kampus ternama dan cukup populer tentunya hari – harinya akan disibukkan dengan tugas dan kuliah.

Baca Juga:

Perlu anda ketahui bahwa Mahasiswa tidak hanya membutuhkan tumpukan buku dan satu Laptop saja, tetapi juga butuh Smartphone sebagai penunjang kebutuhan, baik itu sebagai alat komunikasi ataupun sebagai alat bantu lainnya.

Jika anda adalah seorang Mahasiswa dan anda juga pengguna Smartphone Android maka anda perlu aplikasi – aplikasi khusus yang bisa membantu kegiatan, tugas, dan kehidupan sehari – hari anda selama menjadi seorang Mahasiswa.

Daftar Aplikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Mahasiswa Yang Aktif Belajar

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai daftar aplikasi Android yang harus di miliki oleh Mahasiswa baru. Aplikasi yang saya reviews kali ini ada yang bersifat sebagai media komunikasi, catatan penting, mengatur pengeluaran uang, alat bantu hitung, dan lainnya yang masih banyak lagi. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang saya maksud, silahkan anda baca sendiri ulasannya berikut ini.

1. Aplikasi Sosial Media dan Chat

Sosial Media dan Chat merupakan aplikasi yang sangat penting sebagai media komunikasi yang ampuh dan cepat. Jaman sekarang sudah tidak asyik lagi dengan SMS atau Telepon, aplikasi sosial media dan chat bisa menjadi andalan, terutama Aplikasi WhatsApp. Pengguna smartphone di Indonesia lebih dominan menggunakan BBM atau WhatsApp, dan pastinya teman – teman anda juga menggunakan Aplikasi tersebut. Maka dari itu, anda juga harus menggunakannya juga.

Komunikasi bersama teman, dosen, dan keluarga menjadi lebih mudah dan cepat. Apalagi saat ini banyak area WiFi gratis, bisa dikantin, kampus, kos, ataupun yang lainnya. Dengan sosial media, tentunya anda akan mudah dalam berbagi dan bertanya mengenai tugas dengan teman – teman di kampus anda.

Baca Juga :

2. Google Drive

Google Drive merupakan sebuah media yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan dosen dalam menyimpan file penting dengan mudah dan cepat. Dengan adanya Google Drive, baik mahasiswa ataupun dosen dapat berbagi file penting ataupun tugas tertentu. Mahasiswa bisa berbagi dan mengunduh file yang telah di upload ke Google Drive.

Tenang saja, Google Drive dapat digunakan secara gratis tanpa biaya seperserpun. Anda bisa mengunduh Aplikasi Google Drive melalui Google Play store secara gratis. Atau terkadang anda tidak perlu mengunduhnya, karena biasanya Google Drive sudah terinstall pada semua perangkat Android.

Baca Juga :

3. Gmail

Gmail
Sumber Image : Play Store

Gmail merupakan layanan email gratis yang di miliki oleh Google Inc. sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia, yang menyediakan akses gratis untuk mengirim dan menerima dokumen penting. Dengan adanya Gmail pada smartphone dan tablet Android anda, anda bisa dengan mudah mendapatkan up to date mengenai tugas dari dosen, bantuan teman, informasi mengenai kampus anda dengan mudah dan cepat.

Biasanya setiap mahasiswa memang di wajibkan untuk membuat email supaya bisa menerima tugas dari dosen dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengunduh Gmail, karena biasanya Gmail sudah tersedia langsung pada semua perangkat Android.

Baca Juga:

4. Google Translate

Google Translate siap membantu anda dalam menterjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia, terutama bahasa inggris ke bahasa Indonesia. Aplikasi ini turut mendukung bagi seseorang yang kurang mengerti mengenai kosa kata bahasa inggris, walaupun hanya sedikit. Selain Google Translate, sebenarnya ada banyak kamus bahasa asing yang bisa anda gunakan secara Offline. Anda bisa mencari dan mengunduhnya langsung dari Google Play Store. Dan untuk mendapatkan aplikasi Google Translate, anda bisa mengunduhnya langsung dari Google Play Store secara gratis.

Download Google Translate Via Google Play Store

5. WPS Office

Aplikasi berikutnya yakni WPS Office. Aplikasi WPS Office dapat membantu para mahasiswa dalam membuka dan mengedit file dokumen menggunakan smartphone atau tablet Android. Jika anda tidak sempat membawa Laptop, maka WPS Office bisa menjadi solusi bagi mahasiswa. Selain mengedit, aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk keperluan mecetak dokumen.

Aplikasi WPS Office mendukung banyak format dokumen seperti Microsoft Office Word (doc.), Powerpoint (ppt.), Excel, Google Docs, Spreadsheet, Slide, TXT, ODF, dan Adobe PDF. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi WPS Office melalui Google Play Store.

Download WPS Office Via Google Play Store

Baca Juga:

6. Evernote

Evernote
Sumber Image : Play Store

Evernote bisa menjadi alat bantu bagi anda yang ingin membuat catatan penting mengenai tugas kuliah atau catatan pribadi anda sendiri. Dengan Evernote, anda tidak perlu repot membawa catatan pribadi kecil, cukup tulis sesuai yang memang penting dan harus anda catat. Selain mencatat, anda juga bisa menyisipkan gambar atau picture pada catatan anda sendiri. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.

Download Evernote Via Google Play Store

7. Photomath

Photomath merupakan aplikasi hitung menghitung yang tentunya dapat membantu anda mengerjakan soal atau rumus matematika yang cukup ribet dan memusingkan. Aplikasi ini bukan sebagai alat mencontek dan mempermudah anda layaknya kalkulator, tetapi aplikasi dibutuhkan saat waktu terdesak dan anda tidak yakin dengan jawaban anda sendiri.

Yang menarik dari Photomath adalah anda bisa gunakan kamera sebagai alat scanning soal dan secara otomatis Photomath akan memberikan hasil dari soal tersebut. Aplikasi ini bisa membaca angka dalam ketikkan komputer, bukan tulisan tangan manusia. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.

Download Photomath Via Google Play Store

Baca Juga :

8. Periodic Table

Aplikasi Periodic Table berguna bilamana kamu ada mata kuliah Kimia yang diharuskan untuk menghafal nama-nama zat kimia yang sering terlupakan. Jadi solusinya kamu bisa mengunduh dan melihatnya saat dibutuhkan.

Download Periodic Table via Google Play Store

9. Math Alarm Clock

Math Alarm Clock merupakan aplikasi Alarm gratis untuk smartphone dan tablet Android. Mahasiwa itu biasanya suka malas karena lelah banyak tugas. Dengan adanya Math Alarm Clock, anda tidak perlu takut bangun kesiangan dan yang pasti Math Alarm Clock bisa mengalahkan rasa malas anda.

Terlebih lagi, anda bisa setel nada dan volume dering sekeras mungkin supaya Anda bisa bangung tempat pada waktunya. Terlebih anda bisa bangung pas waktu shubuh supaya bisa shubuhan terlebih dahulu. Tertarik mencoba Math Alarm Clock, unduh gratis melalui Google Play Store.

Download Math Alarm Clock Via Google Play Store

10. Money Wise

Money Wise
Sumber Image : Play Store

Money Wise adalah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengatur pengeluaran saat menjalani kehidupan menjadi seorang mahasiswa. Dengan Money Wise, anda bisa memperhitungkan pengeluaran wajib seperti misalnya Kos, Uang makan/ jajan, pulsa, buku, tugas, dan lainnya. Money Wise turun mendukung anda untuk menjadi mahasiswa yang mampu mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.

Download Money Wise Via Google Play Store

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Daftar Aplikasi Android Yang Wajib Dipakai Oleh Mahasiswa, semoga dengan aplikasi diatas bisa menjadi referensi terbaik dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. SEMOGA BERMANFAAT!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here