Apa itu Email Hosting dan Kenapa Perusahaan Memerlukannya?

Email hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna menggunakan alamat email yang sama dengan domain website

Email hosting merupakan salah satu fasilitas yang saat ini wajib dimiliki oleh perusahaan digital. Pasalnya, selain bisa meningkatkan nilai brand dari sebuah bisnis, penggunaan alamat email resmi yang sesuai dengan URL website akan semakin meningkatkan kepercayaan di mata calon pelanggan.

Sebagai contoh, ketika mencari pekerjaan via platform digital, pernahkah Anda menemukan HRD yang menggunakan alamat email [email protected] dan [email protected]? Nah, dari kedua pilihan kontak di atas, kira-kira mana yang lebih terlihat kredibel dan terpercaya? Tentu saja mayoritas pelamar kerja akan memilih untuk mengirim data diri ke alamat email pertama.

Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan layanan email hosting perusahaan, berikut sudah kami rangkum beberapa alasan kenapa sebaiknya sebuah bisnis sebaiknya menggunakannya.

Lihat Juga : Apa itu Enkripsi?

Apa itu Email Hosting?

Apa itu Email Hosting
Sumber Gambar : unsplash.com

Sesuai namanya, pengertian email hosting secara umum yakni sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan menggunakan alamat email sama seperti nama domain website. Email hosting berbeda dari layanan email gratisan yang memiliki pilihan nama terbatas, serta harus menggunakan nama perusahaan penyedia email.

Dengan menggunakan email hosting, Anda bisa membuat alamat email dengan username suka-suka tanpa perlu menyertakan brand provider email. Sangat menarik, bukan?

Kenapa Perusahaan Perlu Email Hosting?

Manfaat Email Hosting
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan

Poin pertama dari banyak kelebihan email hosting yang perlu Anda ketahui adalah soal branding. Di era digital seperti sekarang reputasi brand bisa mempengaruhi kredibilitas yang nantinya akan berujung pada angka penjualan.

Anda bisa menaikkan kredibilitas perusahaan dengan menggunakan email hosting, karena setiap percakapan, penawaran atau interaksi yang dilakukan via email bisa diarahkan ke alamat email custom sesuai brand perusahaan.

2. Inbox terbebas dari iklan yang tidak relevan

Iklan yang sering kali tersemat di inbox email gratisan memang bisa mengganggu fokus bagi sebagian orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ketika menggunakan email hosting perusahaan periklanan seperti Google Adsense sudah tidak punya akses lagi ke dashboard email yang digunakan.

3. Mendukung kapasitas penyimpanan yang lebih besar

Aspek lain yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah ketersediaan kapasitas penyimpanan pada email hosting. Berbeda ketika Anda menggunakan email gratisan seperti Gmail yang hanya punya storage 15GB, dengan email hosting Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan.

Terlepas dari itu, bagi sebuah bisnis digital, kapasitas email tentu sangat penting karena jika inbox sudah penuh biasanya email baru tidak lagi bisa masuk ke dalam inbox. Hal ini tentu bisa mengganggu jalannya bisnis jika email tersebut berisi orderan dari konsumen atau informasi dari supplier.

4. Dukungan privasi dan keamanan lebih terjaga

Layanan email gratisan seperti Gmail atau Yahoo mail memang sampai saat ini jarang error atau rentan terhadap ancaman sistem keamanan. Namun, sebagai pengguna Anda sebaiknya tidak lantas tutup mata terkait berbagai potensi ancaman cybercrime yang ada.

Seiring perkembangan teknologi, kreativitas para hacker dan cracker dari seluruh dunia juga semakin berkembang. Maka dari itu, jika Anda merupakan pebisnis yang sepenuhnya memakai infrastruktur digital harus memperkuat sistem keamanan agar data perusahaan tidak mudah disalahgunakan.

Memakai layanan email hosting menjadi salah satu langkah yang tepat. Karena dengan dukungan infrastruktur hosting terpisah dari server publik, Anda bisa melakukan optimasi sekaligus filtering jika ada ancaman yang berpotensi merugikan.

Lihat Juga : Apa perbedaan HTTP dan HTTPS?

5. Mudah digunakan

Menggunakan email hosting tidak serumit seperti yang Anda bayangkan. Pasalnya, setiap layanan yang menawarkan paket email hosting biasanya sudah satu paket dengan CMS untuk memudahkan pengguna dalam mengirim dan menerima pesan via email.

Fitur-fitur email hosting sendiri tidak jauh berbeda seperti layanan email gratisan milik Google ataupun Yahoo. Pada dasarnya, bahkan sekelas pemula sekalipun akan langsung paham dan bisa menggunakan fasilitas email hosting untuk menunjang kebutuhan komunikasi via surat elektronik.

6. Kontrol lebih mudah dan leluasa

Bagi perusahaan berbasis digital, kontrol terkait layanan yang digunakan menjadi salah satu hal wajib yang harus dimiliki. Terutama jika perusahaan Anda sudah punya ratusan karyawan yang setiap hari butuh pengawasan agar tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Nah, email hosting bisa memberikan akses kontrol lebih leluasa kepada admin soal pengaturan akun, penghapusan akun, penambahan akun, hingga filter konten.

7. Sebagai sarana branding perusahaan dan karyawan

Terakhir email hosting juga bisa menjadi sarana branding bagi sebuah bisnis atau perusahaan, bahkan ketika usaha Anda masih dalam skala rintisan (Startup). Dengan menggunakan alamat email custom sesuai alamat domain website, sedikit banyak usaha Anda akan semakin dikenal ketika menjalin komunikasi via email.

Selain itu, jika Anda sudah punya karyawan, maka email hosting bisa menjadi salah satu platform komunikasi yang powerfull, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal.

Itulah beberapa alasan kenapa perusahaan perlu email hosting untuk menjalankan bisnis di era digital. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda ya!


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022