5 Cara Mengatasi Android Yang Install Aplikasi Sendiri

0
390

Dianisa.comTips Jitu Cara Mengatasi HP Android Yang Install Aplikasi Sendiri. Seiring berkembangnya waktu banyak sekali keluhan – keluhan yang dialami oleh para pengguna android. Mulai dari aplikasi error, bootloap, tidak bisa dibuka, dan bahkan install sendiri. Masalah – masalah tersebut muncul karena perawatan software yang kurang baik.

Baca Juga :

Bagi anda yang mengalami masalah pada android yang suka mengunduh dan menginstall aplikasi sendiri, mungkin itu disebabkan karena virus yang masuk pada android anda. Virus tersebut telah masuk pada aplikasi yang anda install atau masuk melalui browser online saat anda mengunduh file tertentu.

Apakah Anda Menginstall Aplikasi Secara Offline?

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara offline dan tidak mengunduh melalui Google Play Store. Mungkin saja aplikasi tersebut telah membawa virus ke android anda yang mengakibatkan android anda sering install aplikasi sendiri walaupun tidak anda perintah. Pasti sangat sulit untuk menghentikannya, karena virus masih terus bekerja. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Dan berikut tips – tipsnya.

1. Scan Dengan Anti Virus

Cara pertama yakni dengan menghapus virus yang menempel pada android anda. Gunakan anti virus terbaik seperti Kaspersky Internet Security, AVG Internet Security atau CM Security. Aplikasi tersebut mampu melakukan scanning pada virus jahat yang menggangu aktifitas harian anda. Jika anti virus tersebut nantinya tidak berhasil mengatasi masalah anda, coba dengan tips kedua.

Baca Juga :

2. Matikan Fitur Update Otomatis Google Play Store

Untuk cara kedua, anda bisa matikan fitur update pada aplikasi Google Play Store. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Google Play Store, kemudian masuk pada setelan. Hilangkan centang pada bagian “Aplikasi diperbarui Secara otomatis”. Tujuan dari cara ini agar Google Play Store tidak melakukan update aplikasi terus menerus secara otomatis. Setelah itu restart android anda, semoga bisa berhasil.

Matikan Fitur Update Otomatis Google Play

  • Buka aplikasi Google Play Store » Setelan » Hilangkan Centang Pada Bagian “Update Aplikasi Secara Otomatis” dan “Aplikasi diperbarui Secara Otomatis”.

3. Jangan Izinkan Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Dikenal

Jika sebelumnya anda menseting aplikasi agar boleh menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, sebaiknya anda hilangkan akses tersebut. Masuk pada menu pengaturan, pilih keamanan, kemudian hilangkan centang pada aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Lebih jelasnya, anda bisa lihat gambarnya dibawah ini.

Jangan Izinkan Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Dikenal

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Keamanan dan Privasi » Kemudian hilangkan tanda aktif pada “Izinkan Penginstalan Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Stop Aplikasi

Jika anda melihat aplikasi tersebut masih mengunduh dan menginstall terus menerus, carilah aplikasi tersebut pada daftar aplikasi yang berjalan. Tap Pengaturan » Aplikasi » Menjalankan. Lalu cari aplikasi yang menginstall sendiri tersebut dan stop aplikasi tersebut. Jika aplikasi masih dalam proses mengunduh, biasanya aplikasi bernama downloader, stop aplikasi tersebut agar berhenti berjalan. Anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Hentikan Aplikasi Unduhan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Pengelola Pengunduhan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Hapus Aplikasi

Jika cara diatas tidak manjur, hapus saja aplikasi berjalan tersebut. Caranya sama, Tap Pengaturan » Aplikasi » Menjalankan. Lalu cari aplikasi yang terus menginstall tiada henti tersebut. Jika ketemu langsung saja copot atau hapus aplikasi dari Android anda. Anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan mengikuti tips – tips yang saya berikan, dijamin aplikasi yang anda maksud akan berhenti menginstall. Terkadang aplikasi virus atau malware suka menggangu aktifitas anda. Walaupun anda tidak menginstall tapi aplikasi tersebut memaksa untuk terpasang pada Android anda. Hal ini termasuk kejahatan. Untuk lebih baiknya memang anda harus memasang anti virus terbaik agar nantinya tidak ada lagi malware yang masuk ke Android.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Mengatasi Android Yang Install Aplikasi Sendiri, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin disampaikan atau ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here