5 Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total (Update)

Dianisa.comTips Jitu Mengatasi HP Android Yang Mati Total/ Brick, Bootloop, dan Tidak Bisa Menyala Sama Sekali. Secanggih apapun smartphone yang anda miliki tetap sama dikemudian hari akan terjadi kerusakan. Tapi setidaknya anda punya smartphone yang lebih baik dibanding yang lainnya, memiliki fitur yang super keren, dan dapat bermain game secara leluasa.

Baca Juga :

Apabila smartphone android anda mati total, tidak bisa anda nyalakan sama sekali itu belum pasti smartphone android anda rusak. Mungkin saja ada penyebab kecil yang belum anda ketahui sehingga anda berfikir bahwa smartphone android rusak.

Saya sendiri memiliki 2 pengalaman mengenai smartphone android yang mati total. Pengelaman pertama karena baterai habis, alhasil selama apapun saya pencel tombol power ternyata tidak bisa hidup sama sekali. Pengalaman kedua, sistem Android error atau rusak yang artinya terjadi Bootloop atau booting terus menerus. Dan yang bisa saya lakukan adalah flash android dengan firmware yang baru.

Mengatasi Smartphone Android Yang Mati Total

Sebelum memastikan bahwa hardware android rusak, hendaknya anda cek dulu apakah benar – benar rusak atau tidak. Mungkin saja hanya bagian sistem-nya saja yang error. Berikut beberapa cara dalam mengatasi smartphone android mati total.

1. Charger Dulu Selama Beberapa Menit

Terkadang seseorang lupa bahwa yang membuat android mati bukan karena hardware nya yang rusak melainkan baterainya sudah habis. Jika anda menancapkannya secara langsung mungkin icon baterai belum muncul. Pengalaman dari saya pribadi saya menchager tetapi tidak masuk, bukan tidak masuk tetapi memang belum masuk.

Saat itu saya menunggu selama 10-15 menit dan barulah baterai android mulai terisi. Hal ini sering kali membuat para pengguna smartphone bingung karena butuh waktu lama untuk memasukkan arus ke baterai. Apabila sudah terisi, cobalah untuk menekan tombol power untuk menyalakan kembali. Jika dengan cara ini tidak berhasil, coba dengan trik kedua.

2. Lepaskan Baterai Smartphone

Smartphone bisa dinyalakan namun mengalami masalah pada Boot Sistem seperti Booting terus menerus atau Bootloap maka anda bisa mencabut baterai android anda. Cabut baterai dan diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke android. Kemudian pasang kembali dan coba aktifkan, semoga nantinya tidak bootloap lagi.

Untuk smartphone yang baterainya tidak dapat dilepas (Menyatu dengan ponsel) maka ada cara lain yang bisa anda lakukan. Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik (20-30 detik) maka android akan mati. Dengan cara ini biasanya sumber daya sudah terpotong.

3. Layar Berwarna Hitam

Layar yang berwarna hitam termasuk masalah yang cukup serius, hal ini umumnya harus lakukan flash pada android. Mungkin saja anda telah mengganti ROM Android atau mungkin anda baru saja melakukan update pada sistem secara manual sehingga bukan membuat smartphone lebih baik melainkan malah membuat smartphone error. Ada 2 kemungkinan mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi. Pertama, Soft brick dan kedua, Hard brick.

  • Soft brick : Masih bisa menyala akan tetapi stuck di layar booting / tidak mau booting (merespon ketika di charge). Brick jenis ini masih ada kesempatan untuk diperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center HH yang bersangkutan.
  • Hard brick : Handphone tidak merespon saat di charge dan gak muncul indikator batre serta tidak mau menyala /Mati Total. Brick jenis Hard brick ini banyak diperbaiki dan dibawa pada service center.

Apabila anda bingung mengenai permasalahan ini, sebaiknya anda bawa saja ke service center agar dapat diperbaiki oleh orang yang ahli dibidangnya.

4. Lakukan Factory Reset

Apabila smartphone anda hanya terdapat masalah pada booting atau hanya error pada aplikasi tertentu. Sebaiknya coba lakukan factory riset terlebih dahulu. Anda mungkin tidak bisa melakukan factory riset karena android tidak bisa masuk ke drawer aplikasi.

Solusinya cukup mudah, anda bisa lakukan #Factory Reset lewat Recovery Mode. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai masuk ke menu – menu sistem android anda. Selanjutnya anda bisa cari pilihan factory reset yang ada pada tampilan tersebut. Gunakan kombinasi tombol Volume Up + Volume Down + Tombol Power untuk menggeser ataupun memilih menu yang terlihat.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan semua data yang ada di Micro SD sudah anda backup pada komputer atau Laptop.

Baca Juga :

5. Smartphone Android Rusak

Jika dengan cara diatas tidak berhasil sama sekali, mungkin ada permasalahan pada bagian Hardware. Mungkin saja hardware anda ada yang error atau perlu diganti. Apabila smartphone anda masih garansi maka anda bisa memanfaatkan klaim garansi tersebut. Sedangkan jika masa garansi habis maka terpaksa anda harus membawa ke service center untuk diperbaiki dan anda harus bayar.

Jika terjadi masalah pada software mungkin masih gampang cara penanganannya, tapi jika yang rusak bagian hardware mungkin agak susah cara penanganannya.

Baca Juga :

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam Memperbaiki Smartphone Android Yang Mati Total dan Tidak Bisa Menyala Sama Sekali, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan atau ingin bertanya mengenai artikel diatas, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan Selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 57 Comment

  1. joko purnomo berkata:

    bang saya mau tanya handpnone saya merek vivo y15 kan mentok logo dan saya bawa ke konter service hp tapi setelah beberapa hari ternyata hp saya tetap enggak bisa di refrees malahan hp saya mati total karna gagal saat di reefrees di konter, apa penyebab nya bang dan bagai mana cara mengatasinya, tolong bang beri solusi….?

  2. arif berkata:

    Bang nanya hp we ko pas dinyalain kadang nyala kadang gak .
    juga saat di cas kadang masuk kadang gak mohon bantuannya

    • Dian Arifin berkata:

      Untuk masalah semacam itu, bisa jadi pada bagian Hardware mas, jujur saya kurang paham untuk permasalahan Hardware. Adapun jika pada bagian sistem atau aplikasi, bisa mencoba untuk melakukan scanning dengan apps antivirus. Selain itu, gunakan cleaner untuk membersihkan file sampah. lakukan update sistem juga…

  3. Uswah berkata:

    mas, hp saya bisa mati total tapi saat di charge indikator nya nyala.. gimana cara memperbaikinya ya mas?

    • Dian Arifin berkata:

      Baterainya tampil ngak mas, susah mas untuk mengatasi smartphone mati total, soalnya permasalah beda-beda, bisa pada sistemnya saja atau bisa pada hardware.

  4. Rico andriawan berkata:

    mas hp saya waktu itu saya mainin dan tanpa sadar saya mainin nya sampe batre habis, trus saya charge ternyata gak penuh2 walau udah 8 jam di charge, dan hp tetep gak bisa nyala. sebelumnya saya pernah kejadian begitu tapi pas besokny bisa nyala lagi, tapi kali ini nggak. hp saya samsung j7 prime

  5. ilham berkata:

    Bang hp sa merek advan kenapa kalau di cas masuk
    Tapi kalu di nyalain ga bisa masuk

  6. sisca berkata:

    Bang hp saya sering mati sendiri,terus gk mau nyala waktu di pencet tombol power.
    Tapi setelah batray d buka,terus d power lg,baru bisa nyala.
    Itu knpa ya bang?
    hp nya asus zenfone go zb5000kl.
    Kira2 yg brmslah apa nya bang?

  7. Damara berkata:

    Mas, hp saya samsung gt19082 kenapa pas saya nyalain berhenti di logo setelah flashing dan wipe data masih gitu juga kyk berat gitu kalau di charge bisa,kenapa itu ya mas?

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau di charger bisa kemungkinan baterainya mas, tapi ini hanya asumsi belaka. Atau bisa jadi IC nya yang bermasalah. Solusinya bawa ke Service Center..

  8. Oche berkata:

    Mas posisi hp saya cas dalam keadaan mati
    Trus saya mau coba cara restart dengan menekan tombol volume up+down+power+ home
    Awalnya gak bisa
    Trus saya coba lagi malah tiba2 hp saya udah mati total
    Malah indikator batre yg di cas gak muncul
    Saya coba nyalakan jg gak bisa
    Kira2 gimana ini mas?
    Mohon arahannya?

  9. angel berkata:

    bang mau tanya nih,kpadahal hp ku udah aku carger 2 jam lebih tp nggak mau nyala, trus gimana bang?

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau yang seperti itu ada bagian Hardware nya yang bermasalah, solusinya bawa ke Service Center nya. Jangan di otak atik sendiri, malah parah nanti ….

  10. Lala berkata:

    Mas hp saya mati hidup sendiri kemarin. Terus hari ini ndak bisa hidup. Kenapa ya?

    • Dian Arifin berkata:

      Saya ngak tau, sebelumnya dipakai buat apa dulu mbak, kan saya ngak tau kasus HP mbak secara pasti. Hmmm, mending bawa aja mbak ke service center dari pada nanti mbak otak atik sendiri malah bermasalah …

  11. Endy pay berkata:

    Numpang Tanya jg mas…
    Hp saya Fujitsu f03f, hp Fujitsu itu kalo di cas lampu di sepeker nyala, nga Ada gambar logo carger.
    Nha masalah yg saya alami, di carger bisa nyala lamounya, tp pas saya aktifkan, yg nyala cuma lampu yg di sepeker itu aja, layarnya nga ikut nyala… Kenapa ya

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi layarnya, bisa jadi IC, bisa jadi sistem. Coba masuk recovery mode HP yang mas gunakan. Kalau bisa masuk ya Hard Reset aja, kalau ngak bisa ya bawa aja ke Counter Service terdekat mas ..

  12. benjamin jordan berkata:

    Bang. Hp saya advan s5e new. Hpnya sempat Stuck logo, saya pikir mungkin hanya instal balik. Saat saya buka batre nya. Baru dipasang balik. Hpnya g mau nyala”. Masuk recovery mode pun g bisa. Ini masalahnya apa ya?

  13. Agung"_ berkata:

    Mas Mau Tanya HP saya Lava 758 Kemarin Di Charger Baik” saja pas Keesokan Nya Pas Saya Tidur ,.,,, Mati Gak Bisa Dinyalain Walaupun Udah saya Power dan coba Untuk Di Reboot gak Bisa

    Gimana Saranya Bang

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi baterainya yang bermasalah, atau bisa jadi hardware lain. Bawa ke service mas solusinya nanti di cek. Kalau saya memberikan solusi via tulisan juga mustahil,

  14. koko berkata:

    mas ini hp saya cyrus.aku cash lampunya nyala.waktu aku nyalain kok gak bisa ya..pdahal udah berjam2 ak cash.solusinya ya…gmn?

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi IC nya yang bermasalah, solusinya bawa ke Service Center atau Counter terdekat biar dicek sama ahlinya.

  15. iko berkata:

    Hp LG D685 pro lite gak bisa nyala kalau di pencet tombol power ada yg bunyi di mesin, di tambah gak bisa baca kartu sim. Solusinya gimana bang?

    • Dian Arifin berkata:

      Wahh, mesin sampai bunyi mas, Itu ada hardware yang bermsalah, Segera bawa ke Service Center. Atau bawa ke Counter …

      Untuk solusi awal dari saya, coba lakukan Hard Reset dulu …

  16. suriatik berkata:

    mas hp saya samsung v ,kemarin pas di main hp nya tiba tiba mati,tapi pas dicarger hp nyan gisi ada gambar baterenya.tapi kalau cargernya di lepas .ngak bisa hidup mohon solusinya.makasih,,

  17. rubinstein berkata:

    hape saya zenfone 2, berawal dari baterai yg 20% tiba jadi 9% tiba” mati…
    setelah mati hpnya hidup sendiri dan muncul logo android tidur dgn tulisan NO COMMAND,
    udah wipe cache, factory reset tetap aja yg muncul android tidur
    Ini masalahnya dimana ya mas?

  18. purnomo perdana berkata:

    mau tanya ni mas, hp saya samsung j7 prime, klo hp nya drop atau hbis batre nya, pas mau ngecas gak masuk2 arus nya, hp nya jg gak hidup2. klo pas hp itu hidup, pengecasan nya normal, tlong pencerahan ny?

  19. Yasien berkata:

    kak saya mau tanya, hp saya samsung note 1, udah lama banget nggak di pakek, saya charger tapi gak masuk, saya beli batre tetep juga gak hidup, saya ikutin tatacara yang kakak ajarkan tetap tidak bisa? Gimana kak solusinya ? saya mua bawak di servis samsung mahal banget kak

    • Dian Arifin berkata:

      Tergantung permasalahannya mas, kalau masalahnya cukup berat ya pasti mahal. Mungkin bukan karena baterainya, tapi karena hardware lain.

  20. Baguss berkata:

    Mas , Hp saya Evercoss R40G* , masalahnya yaitu kadang2 sering mati sendiri gitu kaya nge hang, di cas gak mau masuk dan dinyalain tombol powernya pun gak mau hidup … seperti mati total .. Biasanya aku copot batrainya ( hp cepet panas) dan aku diemin beberapa jam terus aku pasang lagi ke hpnya baru bisa nyala lagi mas . Kira2 yg rusak apa ya mas , dah sering banget mati total ..

  21. anwar berkata:

    hp saya system androitnya mati bang solusi yg di atas itu ga pengaruh hp saya trus apa yg harus saya lakuin

    • Dian Arifin berkata:

      Solusinya bawa ke Service Center agar dilakukan pengecekan pada hardware yang ada. Kebanyakan HP Android yang mati total, pasti permasalahannya ada pada hardware.

  22. Sendi berkata:

    Bang hp saya tiba tiba mati, ga tau tuh rusak atau tidak.
    gmn yh cara memperbaikinya?

    • Dian Arifin berkata:

      bisa jadi IC nya mas, perlu dilakukan pengecekan. Kalau emang benar IC nya yang rusak, maka harus di bongkar dan ganti. Biayanya bisa sampai ratusan.

  23. Insan berkata:

    Bang hp saya oppo a7,jd pas kmrn tuh saya lupa naruh hp alhasil dia nyala trs selama bbrp minggu trs pas td saya nyalain ada notif buat cas,pas saya cas dia ga ada notif baterai atau bahkan ga bisa saya nyalain,itu knp ya?

  24. pasek berkata:

    Mohon bantuanya mas. Hp yang saya perbaiki merek greenorange, adapaun masalah hp ini tidak mau hidup. Batre kondisi bagus dan full dan saat di cas arus listrik masuk tetap saja hp ini tidak bisa hidup. Mohon solusinya mas. Trmksih

  25. m.fakhrul berkata:

    bg hp saya huawei lua u 22 juga mati kalau mau pake cara diatas gk bisa jd apanya yg kenak lagi bg