Mengatasi Smartphone Android Bootloap

Dianisa.comTips Jitu Mengatasi HP Android Yang Mati Total/ Brick, Bootloop, dan Tidak Bisa Menyala Sama Sekali. Secanggih apapun smartphone yang anda miliki tetap sama dikemudian hari akan terjadi kerusakan. Tapi setidaknya anda punya smartphone yang lebih baik dibanding yang lainnya, memiliki fitur yang super keren, dan dapat bermain game secara leluasa.

Baca Juga :

Apabila smartphone android anda mati total, tidak bisa anda nyalakan sama sekali itu belum pasti smartphone android anda rusak. Mungkin saja ada penyebab kecil yang belum anda ketahui sehingga anda berfikir bahwa smartphone android rusak.

Saya sendiri memiliki 2 pengalaman mengenai smartphone android yang mati total. Pengelaman pertama karena baterai habis, alhasil selama apapun saya pencel tombol power ternyata tidak bisa hidup sama sekali. Pengalaman kedua, sistem Android error atau rusak yang artinya terjadi Bootloop atau booting terus menerus. Dan yang bisa saya lakukan adalah flash android dengan firmware yang baru.

Mengatasi Smartphone Android Yang Mati Total

Sebelum memastikan bahwa hardware android rusak, hendaknya anda cek dulu apakah benar – benar rusak atau tidak. Mungkin saja hanya bagian sistem-nya saja yang error. Berikut beberapa cara dalam mengatasi smartphone android mati total.

1. Charger Dulu Selama Beberapa Menit

Terkadang seseorang lupa bahwa yang membuat android mati bukan karena hardware nya yang rusak melainkan baterainya sudah habis. Jika anda menancapkannya secara langsung mungkin icon baterai belum muncul. Pengalaman dari saya pribadi saya menchager tetapi tidak masuk, bukan tidak masuk tetapi memang belum masuk.

Saat itu saya menunggu selama 10-15 menit dan barulah baterai android mulai terisi. Hal ini sering kali membuat para pengguna smartphone bingung karena butuh waktu lama untuk memasukkan arus ke baterai. Apabila sudah terisi, cobalah untuk menekan tombol power untuk menyalakan kembali. Jika dengan cara ini tidak berhasil, coba dengan trik kedua.

2. Lepaskan Baterai Smartphone

Smartphone bisa dinyalakan namun mengalami masalah pada Boot Sistem seperti Booting terus menerus atau Bootloap maka anda bisa mencabut baterai android anda. Cabut baterai dan diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke android. Kemudian pasang kembali dan coba aktifkan, semoga nantinya tidak bootloap lagi.

Untuk smartphone yang baterainya tidak dapat dilepas (Menyatu dengan ponsel) maka ada cara lain yang bisa anda lakukan. Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik (20-30 detik) maka android akan mati. Dengan cara ini biasanya sumber daya sudah terpotong.

3. Layar Berwarna Hitam

Layar yang berwarna hitam termasuk masalah yang cukup serius, hal ini umumnya harus lakukan flash pada android. Mungkin saja anda telah mengganti ROM Android atau mungkin anda baru saja melakukan update pada sistem secara manual sehingga bukan membuat smartphone lebih baik melainkan malah membuat smartphone error. Ada 2 kemungkinan mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi. Pertama, Soft brick dan kedua, Hard brick.

  • Soft brick : Masih bisa menyala akan tetapi stuck di layar booting / tidak mau booting (merespon ketika di charge). Brick jenis ini masih ada kesempatan untuk diperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center HH yang bersangkutan.
  • Hard brick : Handphone tidak merespon saat di charge dan gak muncul indikator batre serta tidak mau menyala /Mati Total. Brick jenis Hard brick ini banyak diperbaiki dan dibawa pada service center.

Apabila anda bingung mengenai permasalahan ini, sebaiknya anda bawa saja ke service center agar dapat diperbaiki oleh orang yang ahli dibidangnya.

4. Lakukan Factory Reset

Apabila smartphone anda hanya terdapat masalah pada booting atau hanya error pada aplikasi tertentu. Sebaiknya coba lakukan factory riset terlebih dahulu. Anda mungkin tidak bisa melakukan factory riset karena android tidak bisa masuk ke drawer aplikasi.

Solusinya cukup mudah, anda bisa lakukan #Factory Reset lewat Recovery Mode. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai masuk ke menu – menu sistem android anda. Selanjutnya anda bisa cari pilihan factory reset yang ada pada tampilan tersebut. Gunakan kombinasi tombol Volume Up + Volume Down + Tombol Power untuk menggeser ataupun memilih menu yang terlihat.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan semua data yang ada di Micro SD sudah anda backup pada komputer atau Laptop.

Baca Juga :

5. Smartphone Android Rusak

Jika dengan cara diatas tidak berhasil sama sekali, mungkin ada permasalahan pada bagian Hardware. Mungkin saja hardware anda ada yang error atau perlu diganti. Apabila smartphone anda masih garansi maka anda bisa memanfaatkan klaim garansi tersebut. Sedangkan jika masa garansi habis maka terpaksa anda harus membawa ke service center untuk diperbaiki dan anda harus bayar.

Jika terjadi masalah pada software mungkin masih gampang cara penanganannya, tapi jika yang rusak bagian hardware mungkin agak susah cara penanganannya.

Baca Juga :

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam Memperbaiki Smartphone Android Yang Mati Total dan Tidak Bisa Menyala Sama Sekali, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan atau ingin bertanya mengenai artikel diatas, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan Selamat mencoba!!

6 KOMENTAR

  1. bang saya mau tanya handpnone saya merek vivo y15 kan mentok logo dan saya bawa ke konter service hp tapi setelah beberapa hari ternyata hp saya tetap enggak bisa di refrees malahan hp saya mati total karna gagal saat di reefrees di konter, apa penyebab nya bang dan bagai mana cara mengatasinya, tolong bang beri solusi….?

    • Untuk masalah semacam itu, bisa jadi pada bagian Hardware mas, jujur saya kurang paham untuk permasalahan Hardware. Adapun jika pada bagian sistem atau aplikasi, bisa mencoba untuk melakukan scanning dengan apps antivirus. Selain itu, gunakan cleaner untuk membersihkan file sampah. lakukan update sistem juga…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here