Tulisan Bismillah Yang Benar, Arab, Latin, Terjemahan, Tafsir, Makna dan Keutamaannya

Ketahui tulisan bismillah dalam arab, latin beserta terjemahan, tafsir, makna dan keutamaannya berikut ini!

Bagi umat Islam, bismillah merupakan salah satu bacaan yang sudah tidak asing lagi terdengar. Bahkan hampir setiap hari bacaan ini juga sering kali diucapkan, baik ketika membaca Al-Quran atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun meski sering kali diucapkan, ada juga beberapa orang yang masih bingung atau bahkan belum mengetahui bagaimana tulisan bismillah yang baik dan benar baik secara tulisan arab maupun latin. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai tulisan bismillah dalam bahasa Arab maupun latin yang baik dan benar yang dapat Anda simak.

Ringkasan

  • Bismillah adalah segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah. Dan merupakan upaya untuk meminta berkah atau rahmat Allah.
  • Terdapat 144 ucapan Bismillahirrahmanirrahim yang disebutkan dalam Al-Qur’an.
  • Makna bismillah terkandung dalam tiga kata utama dalam frasa tersebut “bismi“, “Allah“, dan “ar-Rahman“.
  • Makna bismillah adalah pengakuan atas kekuasaan Allah dan permohonan berkat-Nya dalam segala sesuatu yang kita lakukan.
  • Membaca bismillah sebelum melakukan suatu aktivitas bukanlah kewajiban, melainkan hanya disarankan agar segala sesuatu yang kita lakukan dilandasi dengan penghormatan dan permohonan berkat dari Allah SWT.
  • Pada kalimat Bismillah terdiri dari 19 huruf.

Lihat Juga : Tulisan Waalaikumussalam

Pengertian Bismillah

Pengertian Bismillah
Sumber Gambar : pixabay.com

Umat ​​Islam biasanya membaca Bismillah saat memulai aktivitas apa pun, baik itu ibadah atau aktivitas lainnya. Misalnya membaca Alquran. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa dalam kegiatan lain seperti berangkat kerja, Bismillah biasanya juga sering kali diucapkan. Karena pada saat membaca Bismillah, semua aktivitas dianggap sebagai ibadah bagi orang yang beriman. Kemudian untuk mengakhiri perbuatan atau aktivitas juga biasanya dapat ditutup dengan membaca Hamdallah yang berbunyi Alhamdulillahirobbilalam.

Arti Bismillah secara umum adalah segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah. Selanjutnya, Bismilah berarti upaya untuk meminta berkah atau rahmat Allah. Tidak hanya itu, Bismillah juga dapat diartikan sebagai ungkapan yang diucapkan setiap kali ingin memulai sesuatu.  Bismillahirrahmanirrahim juga merupakan lafal yang terdapat pada semua huruf Al-Qur’an kecuali huruf At-Taubah. Dan dapat juga Anda ketahui bahwa Ada 144 ucapan Bismillahirrahmanirrahim yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Lihat Juga : Bacaan Niat Sahur dan Artinya

Tulisan Bismillah Arab dan Terjemahannya

Tulisan Arab Bismillah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Tafsir Bismillah

Tafsir Bismillah
Sumber Gambar : faith.consulting

Bismillah adalah sebuah frasa singkat dalam bahasa Arab yang sering kali diucapkan oleh umat Muslim sebelum melakukan sesuatu, seperti makan, minum, membaca Al-Quran, atau melakukan aktivitas lainnya. Tafsir bismillah adalah penjelasan mengenai makna dan tujuan dari penggunaan frasa tersebut.

Secara harfiah, bismillah dapat diterjemahkan sebagai “dengan nama Allah” atau “dalam nama Allah“. Namun, tafsir bismillah lebih dalam dari itu. Menurut para ulama dan ahli tafsir, penggunaan bismillah mengandung beberapa makna dan tujuan yang penting, antara lain:

1. Pengakuan akan kebesaran dan kekuasaan Allah

Dalam Islam, Allah dianggap sebagai pencipta segala sesuatu dan memiliki kekuasaan yang mutlak atas seluruh alam semesta. Dengan mengucapkan bismillah, kita mengakui bahwa semua yang ada di dunia ini berasal dari kehendak dan kuasa Allah.

2. Permohonan berkat dan rahmat dari Allah

Dalam Islam, Allah dianggap sebagai sumber segala keberkahan dan rahmat. Dengan mengucapkan bismillah, kita memohon agar segala sesuatu yang kita lakukan diberkahi dan mendapat rahmat dari Allah.

3. Perlindungan dari segala sesuatu yang tidak diinginkan

Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu memohon perlindungan dari Allah atas segala sesuatu yang tidak diinginkan, seperti gangguan syaitan atau kejadian yang tidak diharapkan. Dengan mengucapkan bismillah sebelum melakukan aktivitas apa pun, kita berharap untuk dilindungi dari segala hal yang tidak diinginkan tersebut.

4. Pengingat akan adanya akhirat

Dalam Islam, akhirat dianggap sebagai tujuan akhir dari kehidupan manusia. Dengan mengucapkan bismillah, kita diingatkan untuk selalu berbuat baik dan mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat.

Dalam kesimpulannya, tafsir bismillah adalah penjelasan mengenai makna dan tujuan dari penggunaan frasa tersebut dalam Islam. Dengan mengucapkan bismillah sebelum melakukan sesuatu, umat Muslim diingatkan untuk selalu mengakui kebesaran dan kekuasaan Allah, memohon berkat dan rahmat dari-Nya, serta mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat.

Lihat Juga : Bacaan Ayat Kursi

Makna Bacaan Bismillah

Makna Bacaan Bismillah
Sumber Gambar : islamic-relief.org.uk

Makna bismillah terkandung dalam tiga kata utama dalam frasa tersebut: “bismi”, “Allah”, dan “ar-Rahman” (dalam versi panjang).

Bismi artinya “dengan nama”. Dalam konteks bismillah, kata ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan harus dimulai dengan menyebut nama Allah sebagai pengakuan atas kekuasaan-Nya.

Allah adalah nama Allah SWT dalam bahasa Arab. Dalam konteks bismillah, menyebut nama Allah sebagai awal segala sesuatu menunjukkan bahwa segala sesuatu hanya terjadi atas kehendak-Nya dan dengan berkat-Nya.

Ar-Rahman adalah salah satu sifat Allah yang berarti Maha Penyayang. Dalam versi panjang dari bismillah, kita menambahkan kata ini setelah kata “Allah” untuk menunjukkan bahwa Allah adalah sumber rahmat dan kasih sayang yang tidak terbatas.

Jadi, secara keseluruhan, makna bismillah adalah pengakuan atas kekuasaan Allah dan permohonan berkat-Nya dalam segala sesuatu yang kita lakukan. Dengan menyebut nama-Nya pada awal segala sesuatu, kita mengingatkan diri kita bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya dan kita memohon rahmat dan berkat dari-Nya.

Lihat Juga : 1000 Kata-Kata Bijak Kehidupan

Keutamaan Membaca Bismillah

Keutamaan Membaca Bismillah
Sumber Gambar : nationalworld.com

Bismillah merupakan salah satu bacaan yang sering kali diucapkan, hal tersebut tentu saja karena bacaan ini spesial dan memiliki banyak sekali keutamaan yang dapat Anda dapatkan, antara lain yaitu sebagai berikut : 

1. Menjadi lebih fokus dalam beraktivitas

Membaca bismillah sebelum melakukan suatu aktivitas dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam melakukan aktivitas tersebut. Hal ini karena dengan menyebut nama Allah, seseorang menjadi lebih sadar akan keberadaan Allah dan menjadi lebih fokus pada tugas yang dihadapi.

2. Menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik

Membaca bismillah sebelum melakukan suatu aktivitas juga dapat membantu seseorang untuk menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik. Hal ini karena menyebut nama Allah dapat membuat seseorang merasa terpanggil untuk bertindak dengan baik dan menjauhi perbuatan yang buruk.

3. Mendapatkan berkah dalam kegiatan yang dilakukan

Membaca bismillah sebelum melakukan suatu aktivitas juga dapat membantu seseorang untuk mendapatkan berkah dalam kegiatan yang dilakukan. Hal ini karena dengan menyebut nama Allah, seseorang memohon berkah dan rahmat dari Allah untuk kegiatan yang dilakukan.

4. Merasa lebih tenang dan nyaman

Membaca bismillah juga dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan nyaman. Hal ini karena dengan menyebut nama Allah, seseorang menjadi lebih sadar akan keberadaan Allah dan merasa bahwa Allah senantiasa melindungi dan memberikan kekuatan dalam setiap tindakan yang dilakukan.

5. Melindungi dari berbagai masalah dan kesulitan

Bismillah juga memiliki kekuatan magis yang dapat melindungi kita dari berbagai masalah dan kesulitan. Dengan mengucapkannya, kita memohon perlindungan dan berkat dari Allah, yang dapat membantu kita menghadapi tantangan hidup dengan lebih mudah.

6. Mendapat catatan 400 kebaikan

Jika Anda membaca bismillah ketika akan melakukan suatu kegiatan, maka Allah akan mencatat sebagai 400 kebaikan yang Anda lakukan. Hal tersebut juga tertulis dalam hadis riwayat muslim bahwa Allah memerintahkan malaikat untuk mencatat sebanyak 400 kebaikan, ketika Anda membaca kalimat bismillah. 

7. Dihapus dosa-dosanya

Keutamaan lainnya yang akan Anda dapatkan ketika membaca bismillah adalah Allah akan menghapus dosa-dosa yang pernah Anda lakukan. Sesuai dalam HR. Muttafaqun Alaih, bahwa Allah tidak akan menyisakan sedikit pun dosa – dosa Anda yang kecil.

Lihat Juga : 200 Kata-Kata Motivasi Sukses

Kapan waktu membaca bismillah

Waktu Yang Tepat Membaca Bismillah
Sumber Gambar : muslim.sg

Bismillah bisa dibaca dalam banyak situasi yang berbeda, tergantung pada aktivitas atau situasi yang dilakukan. Berikut adalah beberapa contoh waktu yang umum di mana bismillah dibaca, antara lain yaitu:

1. Sebelum membaca Al-Quran

Dalam Islam, disarankan untuk membaca bismillah sebelum membaca Al-Quran sebagai tanda penghormatan dan permohonan berkat dari Allah SWT.

2. Sebelum memulai makan

Dalam Islam, disarankan pula untuk membaca bismillah sebelum memulai makan sebagai tanda penghormatan dan permohonan berkat dari Allah SWT atas makanan yang akan dikonsumsi.

3. Sebelum memulai aktivitas penting

Bismillah juga dapat dibaca sebelum memulai aktivitas yang penting, seperti menjalankan bisnis, menulis surat penting, atau melakukan pekerjaan lain yang memerlukan konsentrasi.

4. Sebelum tidur

Bismillah juga bisa dibaca sebelum tidur sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT dan permohonan agar tidur kita dapat menjadi istirahat yang baik dan memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran kita.

5. Sebelum melakukan perjalanan

Dalam Islam, disarankan untuk membaca bismillah sebelum melakukan perjalanan sebagai tanda permohonan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

6. Saat akan menyembelih hewan

Hewan juga merupakan makhluk ciptaan Allah, sehingga ketika akan menyembelih hewan alangkah baiknya jika Anda membaca bismillah terlebih dahulu. Karena dengan menyebut nama Allah maka Anda telah menghalalkan hewan tersebut sebagai hewan potong dan dapat dikonsumsi.

7. Saat naik kendaraan dan melakukan perjalanan

Ketika sedang melaksanakan perjalanan, hendaknya Anda juga membaca bismillah agar perjalanan yang Anda lakukan mendapat perlindungan dari Allah SWT hingga selamat sampai tujuan.

8. Saat akan berwudu

Membaca bismillah ketika sedang berwudhu juga merupakan sunnah, karena barang siapa yang berdzikir kepada Allah ketika sedang bersuci, maka Allah akan menyucikan seluruh jasadnya.

9. Ketika masuk dan keluar masjid

Dengan membaca bismillah sebelum masuk dan keluar masjid, maka itu juga sama dengan Anda memohon ridho dari Allah SWT agar ibadah yang Anda lakukan dapat lebih khusyuk dan berkah.

Namun, perlu diingat bahwa membaca bismillah sebelum melakukan suatu aktivitas bukanlah kewajiban, melainkan hanya disarankan agar segala sesuatu yang kita lakukan dilandasi dengan penghormatan dan permohonan berkat dari Allah SWT.

Lihat Juga : 150 Kata-Kata Generasi Muda Inspiratif

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai tulisan bismillah baik dalam bahasa Arab dan latin, serta beberapa keutamaan dan makna yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat memudahkan Anda untuk dapat menulis bacaan bismillah dengan baik dan benar. Selain itu, dengan adanya berbagai keutamaan bismillah yang dapat Anda ketahui, semoga dapat membuat Anda dapat mengamalkan bacaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan memperoleh manfaatnya.

Kalimat bismillah terdiri dari berapa huruf?

Yang perlu Anda ketahui bahwa pada kalimat bismillah terdiri dari 19 huruf.

Apakah tujuan membaca bismillah?

Membaca bismillah bertujuan untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT.

Kapan dilarang membaca bismillah?

Membaca bismillah atau Bismillahirrahmanirrahim tidak boleh dilakukan pada saat membaca surat AT-Taubah. Karena membaca bismillah pada awal surat ini adalah hukumnya haram.

Apa yang terjadi ketika tidak membaca bismillah?

Ketika Anda melakukan beberapa amalan atau kegiatan penting namun tidak membaca bismillah, maka amalan tersebut kurang mendapat keberkahan dari Allah SWT.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1000+ Bio IG Keren, Aesthetic, Bahasa Indonesia, Inggris, Lengkap!

    Berikut kumpulan bio IG keren, aesthetic, Indonesia, Inggris Terbaru
  2. 21 Fungsi Menu Mailings pada Microsoft Word

    Terdapat 21 fitur pada menu Mailings pada Microsoft Word yang dijelaskan dalam artikel berikut
  3. 15 Fungsi Menu Help pada Microsoft Word

    Terdapat 15 fitur pada menu Help pada Microsoft Word yang dijelaskan dalam artikel berikut