Doa Selamat Dunia Akhirat, Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya

Ketahui doa selamat dunia akhirat berikut ini beserta terjemahan, arti dan keutamaannya!

Islam mengajarkan untuk senantiasa membaca doa sebelum dan sesudah, baik memulai maupun mengakhiri suatu kegiatan di mana pun dan kapan pun. Doa terdapat banyak macam dengan tujuan yang berbeda-beda. Apabila ingin meminta kepada Allah SWT supaya terhindar dari bahaya di dunia maupun akhirat, terdapat salah satu doa yang dapat diamalkan yakni doa keselamatan dunia dan akhirat.

Doa meminta keselamatan dunia dan akhirat merupakan doa yang biasa dibaca oleh kaum muslim dalam rangka untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT di dunia maupun di akhirat yang akan datang. Doa ini memiliki makna sebagai permohonan supaya Allah menjauhkan dan melindungi hamba-Nya dari segala bencana, musibah, malapetaka dan kejahatan yang mungkin saja terjadi di dunia, serta memberikan keselamatan dan kesuksesan di akhirat. Salah satu doa yang sangat penting dalam kehidupan umat muslim ialah doa selamat dunia akhirat, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat terkait doa selamat dunia dan akhirat.

Ringkasan

  • Doa selamat dunia akhirat merupakan salah satu doa yang meminta permohonan kepada Allah SWT supaya terhindar dari segala bahaya dan kejahatan di dunia, baik di darat, laut maupun udara dan memohon kesejahteraan di akhirat.
  • Doa selamat dunia akhirat mengandung makna permohonan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT, serta menegaskan keimanan dan ketundukan kaum muslimin kepada Allah.
  • Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang mengamalkan doa selamat dunia akhirat, sebagaimana dengan firmannya yang telah dituangkan dalam Al-Quran surah Al Mu’min ayat 60.

Lihat Juga : Tulisan Bismillah Yang Benar

Sekilas tentang doa keselamatan dunia dan akhirat

Doa Keselamatan Dunia Akhirat
Sumber Gambar : joincake.com

Doa keselamatan dunia dan akhirat memiliki nama lain yaitu doa sapu jagad. Doa ini berfungsi sebagai doa memohon perlindungan yang dipanjatkan untuk meminta keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Secara harfiah, sapu jagad berarti menyapu seluruh jagat atau menyapu dunia.

Doa sapu jagad atau selamat dunia akhirat berisi permohonan supaya Allah memberikan perlindungan dan keselamatan dari segala bahaya dan musibah, baik yang terjadi di darat, laut, udara. Doa ini pula meminta supaya Allah memberikan keselamatan dari bencana alam, penyakit, kejahatan manusia dan segala sesuatu yang dapat mengganggu kesejahteraan dan ketenteraman dalam kehidupan.

Selain itu, doa ini mengandung harapan untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, seperti kesehatan, rezeki yang berlimpah. Melalui doa ini, umat muslim mengakui bahwa hanya Allah SWT yang mempunyai kekuatan dan kuasa mutlak atas segala hal yang berkaitan dengan alam semesta atau alam dunia.

Dalam pelaksanaannya, doa keselamatan dunia dan akhirat dapat dilaksanakan secara mandiri atau dalam bentuk jamuan doa bersama-sama dengan keluarga maupun di ruang lingkup masyarakat. Umat muslim biasanya membaca doa ini pada waktu tertentu, seperti setelah menunaikan sholat fardhu, menjelang tidur, maupun dalam waktu yang dianggap penting dan sakral.

Intinya, doa keselamatan dunia akhirat merupakan sebuah doa yang mengandung makna permohonan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT, serta menegaskan keimanan dan ketundukan kaum muslimin kepada Allah. Doa ini dapat memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah yang dikenal sebagai Hablum Minallah.

Selain itu, doa ini dapat membantu umat muslimin untuk meraih kesejahteraan dan ketenteraman hidup di dunia dan kebahagiaan yang bersifat abadi di alam akhirat. Rasulullah SAW menyukai doa yang singkat dan penuh dengan makna sesuai dalam gambaran hadits dari Aisyah RA, berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang bersifat singkat, padat dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud)

Doa keselamatan dunia dan akhirat menjadi salah satu bacaan yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan, Allah SWT pun sangat menyukai hamba-Nya yang mengamalkan doa tersebut, sebagaimana dengan firmannya yang telah dituangkan dalam Al-Quran surah Al Mu’min ayat 60, sebagai berikut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qaala rabbukumud’unii astajib lakum, innallaziina ‘an ibaadatii sayadkhuluna jahannama daakhiriin

Artinya: “Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Menurut riwayat Sunan At Tirmidzi dari Ubaddah bin Ash-Shamit bahwa Allah akan mengabulkan doa dari setiap muslim, sebagaimana dengan sabda Rasulullah:

Di muka bumi ini tidak ada seorang muslim yang berdoa kepada Allah SWT dengan suatu doa, melainkan Allah memberikannya. Atau Allah memalingkannya dari keburukan semisalnya, selama dia tidak berdoa dengan dosa atau memutus tali silaturahmi. Seorang lelaki berkata, “Kalau begitu kita memperbanyak doa.” Rasulullah SAW bersabda, “Allah lebih memperbanyak mengabulkan.” (HR At Tirmidzi)

Oleh karena itu, apabila seorang muslim memperbanyak doa dan memohon keselamatan di dunia maupun akhirat, maka Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut.

Lihat Juga : Tulisan Waalaikumsalam Yang Benar

Tujuan doa keselamatan dunia dan akhirat

Tujuan Doa Keselamatan Dunia Akhirat
Sumber Gambar : islamtics.com

Doa keselamatan dunia dan akhirat mempunyai beberapa tujuan yang utama bagi umat muslim di seluruh dunia, di antaranya:

  1. Memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT dari segala kejahatan atau bahaya yang ada di dunia dan akhirat nanti.
  2. Menguatkan iman dan ketaqwaan, karena kaum muslim menyadari bahwa hanya kepada Allah tempat untuk meminta, serta hanya Allah yang dapat mengabulkan segala dosa dan memberikan keselamatan dan perlindungan. Hal tersebut dapat memperkuat iman dan taqwa, serta meningkatkan kesadaran atas kebesaran Allah yang Maha Esa.
  3. Menjaga diri dari godaan setan atau iblis yang senantiasa menyesatkan manusia untuk meninggalkan jalan yang benar.
  4. Meningkatkan kepekaan sosial baik untuk diri sendiri maupun bagi seluruh umat manusia.
  5. Meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat, karena bagi siapa saja yang senantiasa mengamalkan doa keselamatan dunia dan akhirat akan merasa tenang dan damai dalam menjalankan kehidupan. Dalam jangka panjang, doa ini dapat membantu untuk meraih kebahagiaan yang kekal di alam akhirat.

Lihat Juga : Bacaan Niat Sholat Jenazah

Kapan waktu terbaik untuk membaca doa?

Makna Bacaan Bismillah
Sumber Gambar : islamic-relief.org.uk

Waktu terbaik untuk membaca doa tergantung pada jenis doa yang akan diamalkannya dan kebiasaan yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Namun, secara umum, waktu yang sangat baik untuk membaca doa ialah sebagai berikut ini:

1. Setelah sholat fardhu

Setelah menunaikan ibadah sholat fardhu, umat muslimin dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat, doa pembuka hati, doa sapu keselamatan dunia akhirat dan sebagainya.

2. Pada waktu tertentu yang dianggap sakral

Anjuran untuk membaca doa sebelum tidur, berangkat kerja, menjelang perjalanan, saat masuk dan keluar rumah, masuk dan keluar masjid, saat melihat bulan baru, awal tahun, akhir tahun dan lainnya.

3. Ketika mengalami musibah atau kesulitan

Apabila umat muslim sedang mengalami musibah atau kesulitan dianjurkan untuk membaca doa untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

4. Ketika membaca Al-Quran

Pada saat membaca Al-Quran, umat muslimin dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah membaca Al-Quran, serta membaca doa supaya mendapatkan manfaat dan keberkahan dari Al-Quran yang telah dibaca

5. Setelah adzan

Doa akan lebih manjur apabila dibaca setelah mendengarkan adzan. Sebelumnya dapat membaca doa setelah adzan dan kemudian dilanjutkan dengan membaca doa keselamatan dunia dan akhirat.

6. Setelah sholat sunnah

Waktu sepertiga malah dikenal sebagai waktu yang sangat mustajab, karena pada waktu tersebut kebanyakan orang tengah tertidur pulas. Untuk itu, manfaatkan untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

7. Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang sangat istimewa, yakni malam lailatul qadar. Pada malam tersebut, umat muslimin berlomba-lomba untuk mendapatkan malam kemuliaan dengan beritikaf di masjid. Di malam ini adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa keselamatan dunia dan akhirat.

Lihat Juga : Bacaan Ayat Kursi

Amalan yang dianjurkan supaya selamat dunia dan akhirat

Amalan Agar Selamat Dunia Akhirat
Sumber Gambar : muslim.sg

Alam dunia ialah alam yang bersifat sementara, karena sejatinya alam yang kekal adalah alam akhirat. Untuk itu, sebagai umat Islam harus memperbanyak amal ibadah supaya dapat selamat di dunia maupun di akhirat. Berikut ini beberapa amalan yang dapat dilakukan agar selamat dunia dan akhirat:

1. Sholat wajib lima waktu

Kewajiban dari seorang muslim adalah menunaikan ibadah sholat lima waktu. Dengan menegakkan sholat secara khusyuk, umat muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan kepada-Nya.

2. Membaca Al-Quran setiap hari

Untuk memperkuat keimanan dan mendapatkan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan membaca Al-Quran secara rutin. Selain itu, dengan membaca kitab suci dapat melindungi diri dan menyelamatkan dari dunia dan akhirat.

3. Berpuasa

Puasa merupakan amalan yang dianjurkan dalam agama Islam di bulan suci Ramadhan, karena dengan menjalankan ibadah puasa akan membentuk kebiasaan hidup yang sehat dan lebih dekat kepada Allah SWT.

4. Bersedekah

Bersedekah dan berinfak adalah amalan yang sangat dianjurkan pula dalam ajaran Islam. Dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan, dapat membantu untuk meringankan beban orang lain serta mendapatkan pahala dari Allah SWT.

5. Berdoa

Berdoa merupakan cara terbaik untuk memohon perlindungan kepada Allah. Dengan berdoa, umat muslimin dapat memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan meraih keberkahan serta keselamatan dunia dan akhirat.

6. Menghafal Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang indah dan baik yang berjumlah 99. Dengan membaca dan menghafal Asmaul Husna, niscaya Allah akan memberikan perlindungan.

7. Menjaga wudlu

Senantiasa menjaga wudlu dapat menjadikan sebagai amalan supaya selamat dari dunia dan akhirat. Menjaga wudlu berarti bahwa keadaan diri yang suci, dalam kondisi tersebut dapat dilakukan berbagai ibadah untuk terselamatkan dari dunia dan akhirat.

Lihat Juga : Doa Sholat Dhuha

Doa keselamatan dunia dan akhirat

Bacaan Niat Sholat Jenazah
Sumber Gambar : learnreligions.com

Berikut ini beberapa macam doa supaya terhindar dari segala kejahatan dan senantiasa dalam perlindungan Allah SWT, di antaranya:

1. Doa keselamatan dunia dan akhirat versi pendek

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa adzaaban naar

Artinya: “Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

2. Doa keselamatan dunia dan akhirat versi panjang

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabaraakatan fir rizqi, wa taubatan qablal maut, warahmatan indal maut, wa maghfiratan ba’dal maut, allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka dan ampunan pada saat hisab.

3. Doa perlindungan dari godaan setan terkutuk

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzubika min hamazaatisyaathiini, wa a’udzubika rabbi an yah dhuruuna

Artinya:Dan katakanlah. Ya Tuhan aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau Ya Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku.

4. Doa selamat dari fitnah orang kafir

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْم

Rabbana laa taj’alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakim

Artinya: “Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami Ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana)”

5. Doa agar selamat dari azab dan fitnah dajjal

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari azab jahannam, azab kubur, fitnah kehidupan dan juga dari fitnah dajjal.

Lihat Juga : Doa Qunut Subuh

Keutamaan doa selamat dunia dan akhirat

Anjuran Sunnah di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar : islamfaith.com

Bagi umat muslim, anjuran untuk membaca doa sebelum melakukan segala sesuatu telah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca doa, Allah SWT akan melindungi setiap makhluk-Nya dari segala bahaya dan kejahatan, serta memudahkan segala urusannya. Berikut ini beberapa keutamaan dari membaca doa keselamatan dunia dan akhiran:

  1. Memperoleh keselamatan dunia dan akhirat
  2. Memperoleh keselamatan dalam agama
  3. Menambah ilmu
  4. Memudahkan pada saat sakaratul maut
  5. Terhindar dari bencana dan kejahatan
  6. Dijauhkan dari panasnya api neraka
  7. Terhindar dari penguasa yang zalim
  8. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT ketika ajal telah tiba
  9. Mendapatkan keberkahan saat menjalani kehidupan
  10. Sejahtera dan bahagia di akhirat kelak

Lihat Juga : Bacaan Niat Puasa Pengganti Ramadhan

Penutup

Dalam agama Islam, doa keselamatan dunia dan akhirat merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh kaum muslimin, karena doa tersebut mengandung makna yang sangat dalam yaitu memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT di dunia dan akhirat. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, umat Islam perlu mengamalkan ajaran-ajaran yang telah diketahui dalam agama Islam agar dapat membantu untuk meraih keselamatan dan keberkahan.

Mengamalkan doa selamat dunia akhirat, umat muslim harus melaksanakannya dengan hati yang ikhlas dan khusyuk. Selain itu, perlu diimbangi dengan amalan-amalan baik lainnya. Semoga penjelasan terkait doa selamat dunia dan akhirat dapat menjadikan sebagai amalan untuk meraih keselamatan dan bermanfaat bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan di dunia.

Apakah doa keselamatan dunia dan akhirat itu sangat penting?

Tentu sangat penting. Apabila mempunyai keinginan untuk terhindar dari segala bahaya dan kejahatan di dunia, serta berkeinginan untuk meraih kebahagiaan di akhirat, perlu adanya amalan-amalan doa untuk memohon kepada Allah SWT, salah satunya ialah doa selamat dunia dan akhirat.

Bagaimana hukum membaca doa setelah sholat?

Hukum membaca doa setelah sholat sangat dianjurkan, karena umumnya setelah menunaikan sholat fardhu maupun sunnah, umat Islam seharusnya berdzikir dan berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Bagaimana doa agar terhindar dari penyakit menular?

Allahumma inni Audzubika minal barasi wal jununi, wal judzami wa sayi’il asqam. Yang artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan keburukan segala macam penyakit.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Samsung

    Berikut beberapa penyebab dan solusi mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP Samsung
  2. Pembuat Teks “Baca Selengkapnya” WhatsApp, Buat Prank Teman!

    Buat pesan Baca Selengkapnya atau Read More WhatsApp tanpa aplikasi
  3. Blank Text Generator : Copy & Paste Teks Kosong (Empty Text)

    Blank Text Generator dapat Anda gunakan untuk membuat teks kosong pada aplikasi WA, IG, dan GB