Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya!

Berikut bacaan ayat kursi beserta artinya!

Bagi Anda umat muslim di seluruh dunia, pasti sudah tidak asing lagi dengan bacaan doa ayat kursi. Ayat tersebut sering kali kita baca sehari-hari. Namun apakah Anda tahu apa itu ayat kursi? Meski sering kali dianggap sebagai dengan doa pengusir setan, ayat kursi sebenarnya lebih mulia dari itu. Ayat ini merupakan gambaran tentang kekuasaan Allah SWT. Di dalam ayat tersebut juga terdapat nama-nama Allah yang agung, misalnya seperti Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Ayat kursi juga memiliki berbagai macam manfaat dan keutamaan ketika Anda membacanya. Hal tersebut juga dikatakan oleh Syaikh Bin Baz Rahmathullah yang mengatakan bahwa Ayat kursi adalah ayat yang paling agung, ayat tersebut luar biasa dalam kitab Allah karena mengandung beberapa unsur tauhid dan keikhlasan kepada Allah SWT. Dan jika Anda mengamalkan ayat kursi setiap hari, maka beberapa keutamaan ayat ini yang luar biasa akan dapat Anda rasakan. Untuk mengetahui apa saja keutamaannya, Anda dapat mengetahui apa itu ayat kursi dan bagaimana bacaan dan terjemahannya terlebih dahulu. Agar Anda dapat lebih mudah untuk mengamalkannya.

Lihat Juga : Doa Qunut dan Artinya

Pengertian Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi Latin

Ayat kursi atau yang bisa Anda sebut dengan Ayat Singgasana adalah salah satu ayat Al-Quran yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 255. Ayat ini juga disebutkan sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Quran pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab. Hal tersebut juga dapat dilihat dari isi kandungan ayat kursi yang menceritakan tentang keesaan dan kekuasaan mutlak Tuhan atas segala sesuatu dan bahwa Dia tidak kesulitan dalam memeliharanya.

Ayat kursi juga dapat dikatakan sebagai ayat yang paling utama dalam kitab Allah, dan barang siapa yang mengamalkannya akan mendapatkan berbagai macam kebaikan dan pertolongan dari Allah SWT.

Berikut ini merupakan bacaan ayat kursi yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 225:

Ayat Kursi Arab

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Bacaan latin: “Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Arti : “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang maha hidup, yang terus menerus mengurus (Makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Miliknya-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di depan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu Allah kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan tidaklah sulit bagi Allah untuk memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah:255)

Lihat Juga : 100 Kata – Kata Islami Menyentuh Hati

Tafsir ayat kursi dari kalangan ulama

Tafsir Ayat Kursi
Sumber Gambar : quranhost.com

Berikut ini juga merupakan beberapa penjelasan mengenai Ayat Kursi dari para ulama tafsir, antara lain yaitu:

1. Tafsir al-Muyasar

Allah adalah Wujud yang tidak berhak ditemui oleh siapa pun di hadapan-Nya Uluhiyah dan Ubudiyah kecuali Dia Yang Maha Hidup, Yang Memiliki hakikat kehidupan yang sempurna menurut Yang Mulia, dan Yang Maha Mengatur segala sesuatu, tidak tidur dan tidak pula tertidur. Semua yang ada di alam semesta ini, baik langit maupun bumi adalah milik-Nya. Tidak ada yang berani bersyafaat dengan-Nya kecuali dengan izin-Nya. Pengetahuannya mencakup semua makhluk yang ada, yang ada di masa lalu, sekarang dan masa depan.

Dia mengetahui hal-hal yang terjadi di hadapan makhluk menurut hal-hal yang akan terjadi di masa depan dan apa yang terjadi di belakang mereka menurut masa lalu. Dan tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui ilmu-Nya sedikit pun kecuali apa yang Allah ajarkan dan tunjukkan kepadanya. Dan kursi Allah menutupi langit dan bumi. Dan tempat duduk ini adalah tempat kedua kaki Allah jalla jalaluh.

Dan tidak ada yang mengetahui bentuknya kecuali Allah. Memelihara keduanya bukanlah beban bagi Allah. Dan Dia berdiri tinggi di atas semua makhluk-Nya dalam sifat-Nya, dan menyatukan semua sifat keagungan dan kebesaran-Nya. Ayat ini adalah ayat paling agung dari Al-Quran dan disebut sebagai Ayat Kursi.

2. Tafsir al-Mukhtashar

Allah adalah zat yang tidak memiliki tuhan, yang berhak disembah dan tidak ada tandingannya. Yang maha hidup, dan memiliki kehidupan yang sempurna, tanpa kematian dan tanpa kekurangan. Dzat Yang Maha Esa yang mengurus semuanya sendirian tidak membutuhkan bantuan makhluk-Nya. Karena Dia semua makhluk ini bisa ada, sehingga mereka semua membutuhkan Dia setiap saat dan dalam segala keadaan. Dia tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur karena sifatnya sempurna. Dia adalah pemilik tunggal dari segala sesuatu yang ada di seluruh alam semesta, baik di langit dan di bumi.

Tidak ada yang bisa berdoa untuk orang lain selain dia kecuali dengan izin dan restunya. Dia mengetahui semua ciptaan-Nya yang telah terjadi di masa lalu dan yang belum terjadi di masa depan. Mereka tidak mengetahui apa yang Allah ketahui kecuali bagian yang ingin diperlihatkan-Nya kepada mereka. Tempat duduknya-dengan kedua kaki Tuhan-menutupi seluruh langit dan bumi, yang luas dan besar. Dia tidak pernah merasakan penolakan atau kesulitan dalam merawat keduanya. Dan Dia maha tinggi dalam sifat dan sifat-sifat-Nya, dan agung dalam kerajaan dan kekuasaan-Nya.

3. Tafsir al-Wajiz

Allah adalah satu-satunya Zat yang patut disembah, yang berhak menjadi Tuhan, Dia yang hidup selamanya, Dia yang berkuasa mengatur, menjaga dan memelihara ciptaan-Nya. Rasa kantuk dan tidur tidak membebani dan tidak menguasainya. Milik-Nyalah seluruh langit dan bumi sebagai kerajaan, ciptaan dan hamba. Tidak ada yang bisa memberikan pertolongan kecuali atas kehendaknya. Ilmunya meliputi segala sesuatu di dunia dan akhirat. Ilmu-Nya atau kekuasaan-Nya mengandung segalanya.

Merawat langit dan bumi tidak membebani atau menyusahkan-Nya. Dia adalah yang tertinggi, paling kuat dan penakluk. Dia adalah orang yang memiliki kemuliaan, kebesaran, dan keagungan yang tak tertandingi. Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih dari Ubay bin Ka’ab bahwa Nabi SAW bersabda tentang ayat kursi tentang maknanya: “Sesungguhnya ayat kursi itu sama dengan ayat yang berasal dari Kitab Allah SWT”.

Lihat Juga : 100 Kata – Kata Islami Menyambut Bulan Ramadhan

Keutamaan dan manfaat membaca ayat kursi

Manfaat Ayat Kursi
Sumber Gambar : quranonline.com

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan-keutamaan yang Anda peroleh ketika Anda mengamalkan ayat kursi pada kehidupan sehari-hari. Antara lain yaitu:

1. Sebagai salah satu wasilah masuk surga

Jika Anda membaca Ayat Kursi setelah setiap shalat wajib maka Anda dapat memperoleh salah satu keutamaan ini. Oleh karena itu usahakan untuk tidak pernah melewatkan dzikir, membaca doa, dan membaca Ayat Kursi setelah sholat. Abu Umamah Radhiyallahu anhu juga mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap kali selesai shalat wajib, tidak ada yang dapat menghalanginya masuk Surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i)

2. Mendapat penjagaan dan perlindungan ketika tidur

Pada waktu tidur setiap muslim yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur dijamin mendapat penjagaan dan perlindungan Allah, dari godaan setan sampai fajar tiba. Sebagaimana disebutkan dalam Pustaka Lajnah Kemenag, di mana terdapat sebuah Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu. Yang mengatakan bahwa: Rasulullah memerintahkan saya untuk mengurus zakat di bulan Ramadhan.

Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri sebagian dari makanan (zakat)…” Di akhir hadits, pencuri itu berkata: “Jika kamu ingin tidur, bacalah ‘‘Ayat Kursi’’ karena perlindungan Allah terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai fajar. Kemudian Nabi bersabda: “Dia mengatakan yang sebenarnya, meskipun dia pembohong. Itulah iblis.” [HR al-Bukhari, 2311].

3. Salah satu ayat yang paling agung

Ayat kursi juga merupakan salah satu ayat yang paling agung di antara beberapa ayat dalam Al-Quran. Hal tersebut dapat dilihat dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bertanya kepada Ubay Bin Ka’ab, “Ayat kitab Allah manakah yang paling agung?” Ubay menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Rasulullah lantas membenarkan jawaban tersebut.

4. Mendapat perlindungan sepanjang waktu

Ketika Anda membaca Ayat Kursi di pagi dan sore hari. Maka Ayat ini dapat menjadi pelindung bagi setiap muslim yang membacanya sebagai bagian dari dzikir. Jika Anda membacanya di pagi hari, maka Tuhan akan memberikan Anda perlindungan sampai sore. Dan apabila Anda baca di sore hari, maka Tuhan akan memberikan perlindungan sampai pagi.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab, yang berbunyi bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membacanya di pagi hari, maka ia akan dilindungi (oleh Allah) dari segala macam bahaya dan setan hingga malam hari. Kemudian siapa pun yang membacanya di malam hari, maka akan dilindungi sampai pagi hari.” (HR. Al Hakim 1: 562).

5. Membuka pintu rezeki dan kebahagiaan

Allah SWT menyebutkan bahwa Allah menjamin rezeki hamba-Nya yang membaca atau mengamalkan ayat Al-Quran dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak hanya itu, dalam kitab Asraarul Mufidah juga disebutkan bahwa barang siapa yang membacakan ayat kursi sebanyak 18 kali dalam sehari akan mendapatkan manfaatnya. Salah satu manfaat yang diperoleh yaitu Allah selalu membuka pintu rezeki dan kebahagiaan untuknya.

6. Mendapat derajat yang lebih tinggi

Manfaat lainnya adalah jika Anda rajin dan rutin membaca ayat kursi, maka Allah akan mengangkat derajat Anda baik di dunia maupun di akhirat. Jika Anda membaca ayat kursi sebanyak 18 kali, Anda mendapat kehormatan secara penuh. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar Anda.

7. Jauh dari segala macam bencana

Ketika membaca ayat kursi tersebut biasanya yang banyak dicari oleh banyak orang yaitu ketenangan jiwa yang akan didapat setelah membacanya. Ketika seseorang memperoleh kedamaian dan ketenangan jiwa, maka mereka akan merasa tenang, tenteram dan damai. Namun yang perlu Anda ketahui, selain seseorang yang rajin membaca ayat tersebut akan memperoleh ketenangan, ia juga akan dilindungi oleh Allah dari semua bencana yang menimpanya pada hari ia membaca ayat tersebut.

8. Dianugerahi mati syahid

Keutamaan dan manfaat selanjutnya yang dirasakan oleh orang yang membaca ayat kursi setelah melaksanakan shalat wajib. Maka dia akan diberi pahala sebagai orang yang mati dalam keadaan syahid. Keunggulan ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi : “Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai mengerjakan sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri. Dan ia adalah seseorang yang diibaratkan seperti melakukan perang bersama para nabi sampai meninggal dalam keadaan syahid.” (HR. Hakim)

9. Dilancarkan bertemu jodohnya

Bagi Anda yang bingung dan bertanya-tanya kapan jodoh Anda akan muncul, Anda dapat mencoba dengan membacakan ayat kursi secara rutin. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Rasul ketika temannya mengatakan bahwa dia belum menikah karena dia tidak punya cukup uang. Oleh karena itu, rasul memerintahkan sahabatnya untuk membaca surat al-Ikhlas, surat Al-Kafirun, surat Al-Zalzalah, surat An-Nasr dan Ayat Kursi.

10. Mempermudah saat sakaratul maut

Ketika seseorang rajin membaca ayat Kursi, Allah menciptakan sesuatu yang tidak ada sebelumnya menjadi ada. Tidak hanya itu, Allah juga mempermudah kematian orang tersebut.

11. Kekafiran akan hilang dengan sendirinya

Menurut sabda Rasul: “Barang siapa kembali ke rumahnya lalu membaca ayat kursi, maka Allah akan menghilangkan segala kekafiran yang ada di depan matanya.” Oleh karena itu, orang yang rajin membaca ayat kursi pasti akan merasakan kegembiraan yang tiba-tiba masuk ke dalam rumah dari segala arah.

12. Kemudahan dalam segala hal

Ketika Anda sedang merencanakan sesuatu, maka Anda harus membaca ayat kursi agar Allah memudahkan semua hal yang direncanakan saat itu. Menurut Syekh Al-Bun, ia menyatakan bahwa barang siapa yang membaca seluruh ayat kursi, yaitu hingga 170 huruf, maka ia akan mendapat manfaatnya. Misalnya seperti diberikan berbagai bantuan dan kemudahan dalam segala hal, meluaskan akalnya sehingga memudahkannya berpikir, menghilangkan kesedihan dari hatinya dan menambah rezekinya.

13. Mendapatkan perlindungan saat bepergian

Jika Anda membaca ayat kursi selama perjalanan atau ketika akan memulai perjalanan, Allah akan memudahkan perjalanan orang tersebut. Allah selalu memudahkan perjalanannya dan selalu melindunginya.

14. Segala doanya akan dikabulkan

Jika Anda membaca ayat kursi kemudian setelah itu Anda berdoa, maka doa tersebut akan dikabulkan Allah karena di dalam ayat kursi terdapat asma Allah yang paling agung, yakni al hayyu al qayyuum.

15. Mendapat kelancaran dalam menuntut ilmu dan pekerjaan

Kemudian keutamaan dan manfaat yang terakhir yang dapat Anda rasakan setelah mengamalkan ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari adalah, Anda akan mendapatkan kelancaran dan keberkahan dalam menuntut ilmu dan bekerja. Jika Anda membaca ayat kursi tersebut setiap hari ketika akan bekerja dan menuntut ilmu maka Allah akan senantiasa memberikan pertolongan dan kemudahan bagi Anda.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Al-Quran Android, iOS Terbaik

Penutup

Itulah merupakan informasi mengenai ayat kursi dalam bacaan arab, latin, maupun terjemahannya yang dapat Anda ketahui. Semoga Anda juga dapat mengamalkan ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari dan merasakan beberapa keutamaan dan manfaat ayat kursi.

Mengapa disebut dengan ayat kursi?

Surat Al Baqarah ayat 255 disebut sebagai ayat kursi karena di dalam ayat tersebut terdapat kalimat atau kata kursiyyuhu yang berarti ilmu. Kemudian pendapat lainnya juga mengatakan bahwa disebut dengan ayat kursi karena disebut sebagai ayat yang paling agung dan kata kursi yang ada di dalamnya menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT.

Bagaimana cara mengamalkan ayat kursi?

Anda dapat mengamalkannya dengan membaca ayat kursi setiap hari setelah mengerjakan sholat fardu, sebelum tidur, ketika akan bepergian, ketika sedang berangkat bekerja maupun menuntut ilmu.

Ayat kursi digunakan untuk apa?

Ayat kursi dapat digunakan sebagai doa untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT, untuk meminta jodoh dan rezeki, serta berlindung dari godaan jin dan sebagainya. Tidak hanya itu, ayat kursi juga dapat menjadi jembatan Anda untuk masuk surga.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini