Memasang Antivirus Android

Dianisa.com – Perlukah Kita Menginstall Aplikasi Antivirus Pada Smartphone Android. Kita sebagai pengguna Android terkadang dalam pikiran kita bertanya – tanya, perlukah kita menginstall antivirus pada Android. Beberapa pengguna mengatakan bahwa antivirus hanya memberatkan ponsel Android karena memakan banyak RAM, sedangkan beberapa pengguna lain mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting sebagai jaga – jaga apabila ada virus masuk pada Android.

Baca Juga :

Kita tahu bahwa pengguna Android di dunia ini sangat banyak sekali. Tidak perlu ke Negara lain, Indonesia saja dominan banyak pengguna Android. Sebenarnya ini bisa menjadi incaran empuk bagi para oknum – oknum jahat yang ingin memanfaatkan media teknologi sebagai kejahataan, atau lebih tepatnya Hacker.

Secara logika, Hacker bisa mengendalikan ponsel apabila orang (hacker) tersebut berhasil menyisipkan file tertentu atau file jahat pada ponsel tersebut. Artinya semua hal yang ada di Ponsel bisa di curi dengan mudah tanpa kita sadari. Namun disisi lain, apabila hacker tidak menyisipkan file apa – apa pada ponsel maka tidak akan pernah bisa dikendalikan sama sekali.

Apakah Kita Perlu Menginstall Aplikasi Antivirus?

Jawabannya, bisa perlu dan bisa juga tidak perlu. Kita tahu bahwa Antivirus sangat memberatkan ponsel Android, memakan banyak sumber daya. Dan terlebih lagi antivirus bekerja pada belakang background yang artinya membuat RAM terkuras akibat antivirus tersebut. Kondisi seperti tentu tidak baik bagi para pengguna smartphone dengan space RAM yang tidak besar alias kecil.

Sedangkan bagi para pengguna smartphone dengan kualitas terbaik, RAM besar, serta sumber daya baterai yang cukup besar tentu tidak akan masalah. Maka dari itu sebagai jaga – jaga, install antivirus perlu dilakukan pada pengguna yang memiliki smartphone dengan space memori dan RAM yang besar.

Sebagai pengguna Android, walaupun anda tidak menginstall antivirus sebenarnya hal tersebut aman – aman saja. Dengan catatan, anda tidak melakukan hal – hal aneh pada Android tersebut. Salah satunya adalah download Software/ aplikasi.

Untuk mendapatkan aplikasi Android, pastikan anda mengunduh dari sumber yang terpercaya, yakni Google Play Store. Selain itu, jangan mengunduh aplikasi format Apk sembarang, karena hal tersebut bisa saja telah dimasuki file jahat yang tentunya dapat berbaya untuk smartphone android anda.

Intinya adalah, jika anda pintar dalam menggunakan smartphone android, mulai dari browsing, streaming, download (aplikasi, musik, video, file, dan lainnya) dari sumber terpercaya saya rasa hal tersebut tidak akan jadi masalah. Jika anda merasa kurang jago dalam menggunakan smartphone Android maka install antivirus, tetapi jika anda jago masalah Android dan paham dalam memilih aplikasi maka tidak perlu menginstall antivirus.

PILIHAN ANDA PADA DIRI ANDA SENDIRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here