8 Tips Memilih Layanan Web Hosting Terbaik

Sebagai pengguna merasa awam dalam dunia hosting, penting sekali memahami bagaimana memilih hosting yang tepat untuk sebuah website. Hosting bagaikan rumah dari website itu sendiri, karenanya memiliki hosting terbaik akan membuat nyaman pengguna dan pemilik website.

Pengalaman penulis yang sebelumnya belum begitu memahami bagaimana memilih hosting untuk website, berdampak pada pengunjung yang terus menurun dari waktu ke waktu.

Pasalnya, sebelum saya memilih layanan web hosting dari niagahoster, website sering terjadi down dan hal tersebut tidak sekali dua kali, bahkan dalam seminggu itu bisa berkali-kali.

Hal ini tentu sangat tidak baik untuk website dan berdampak pada bisnis yang terus mengalami penurunan pendapatan. Nah, bagi anda yang mungkin sedang mencari web hosting terbaik, berikut kiat-kiat yang perlu anda perhatikan…

Lihat Juga : Cara Membuat Website dengan WordPress

1. Sesuaikan Kebutuhan Anda

Hal paling mendasar yang perlu anda perhatikan ialah sesuaikan dengan kebutuhan anda. Website seperti apa yang ingin anda buat, apakah website pribadi seperti portofolio, perusahaan (company profile), bisnis online, komunitas, atau yang seperti apa?

Karena jika kebutuhannya hanya sekedar portofolio atau company profil, maka anda tidak membutuhkan hosting dengan spesifikasi tinggi, termasuk RAM dan kapasitas penyimpananya.

Semakin tinggi spesifikasi dan performa yang dihadirkan memang semakin bagus, namun jangan sampai berlebihan yang ujungnya terjadi pemborosan.

2. Performa Server

Performa Server Web Hosting
image source : dqindia.com

Performa server menjadi sangat penting dalam suatu website, pilih hosting yang menawarkan jaminan uptime hingga 99% dimana website anda akan dijamin untuk tetap online tanpa kendala apapun.

Perhatikan juga lokasi server, jika pelanggan atau target market anda adalah orang Indonesia maka lebih baik memilih lokasi server di Indonesia.

Apakah lokasi server di luar negeri seperti Singapura terlihat kurang baik? Tidak juga, hal ini juga tergantung dari spesifikasi server dan fitur-fitur tambahan lain yang dihadirkan meskipun server-nya diluar negeri.

Lihat teknologi yang digunakan, seperti kecepatan prosesor, kapasitas RAM, media penyimpanan yang harus SSD, serta network speed agar akses website benar-benar cepat.

3. Costumer Support 24 Jam

Pastikan layanan web hosting memiliki costumer support atau costumer service yang aktif selama 24 jam penuh/ 7 hari. Karena bagaimana-pun anda tidak akan tahu kapan website anda terjadi masalah, bisa jadi pagi, siang, sore, malam, termasuk hari libur sabtu atau minggu.

Dan apabila costumer support aktif dan siap membantu, maka tentu ini menjadi nilai plus dari layanan web hosting itu sendiri. Pastikan juga layanan costumer support baik dan ramah, agar anda-pun merasa nyaman ketika berbicara atau menanyakan kendala yang ada.

Selain itu, pastikan penyedia web hosting menyediakan berbagai pilihan komunikasi seperti tiket bantuan, panggilan telepon, atau live chat.

Lihat Juga :

4. Harga Terjangkau

Pilih penyedia web hosting dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Balik ke point pertama, sesuaikan kebutuhan hosting anda dengan website yang anda buat nantinya.

Saat ini, ada banyak layanan yang menyediakan hosting dengan harga terjangkau dan unlimited untuk kapasitas penyimpanan, RAM, dan bandwith. Dan agar lebih hemat, pesan paket hosting langsung selama 1 tahun penuh, biasanya ini akan lebih hemat ketimbang paket perbulan.

…Server dengan harga yang lebih tinggi memang memiliki performa yang cukup handal dengan pilihan fitur dan costumisasi yang lumayan lengkap. Salah satu contohnya adalah VPS (Virtual Private Server), layanan ini hadir untuk menunjang kebutuhan bisnis dengan tingkat lalu lintas website yang cukup tinggi.

Jika anda berniat untuk membangun toko online misalnya, maka pilihan VPS server dapat menjadi andalannya. Namun untuk awal-awal bisa juga pilih Unlimited Hosting, dan setelah pengunjung meningkat hingga puluhan ribu perhari, lakukan upgrade ke VPS hosting.

5. Tersedia Fitur Backup

Fitur Backup Hosting
image source : blog.addee.com.br

Pastikan layanan web hosting memiliki fitur backup otomatis dimana ketika website anda terjadi masalah, maka data yang ada didalamnya aman dan dapat dikembalikan lagi.

Saat ini, ada banyak spammers dan hacker yang mencoba meretas situs, jadi pastikan web hosting anda benar-benar handal dalam menangani masalah ini.

6. Garansi Uang Kembali

Dalam memilih web hosting, garansi uang kembali menjadi andalannya, ketika anda menggunakan layanan tersebut selama beberapa hari atau minggu maka anda bisa menghentikan layanan tersebut karena tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda.

 .. atau ketika anda mengalami banyak masalah saat menggunakan layanan web hosting, terjadi down atau semacamnya maka anda bisa berfikir dua kali untuk terus melanjutkannya.

Namun perlu diperhatikan juga, garansi uang kembali juga memiliki ketentuan dari penyedia layanan, berapa nominal dana yang bisa dikembalikan, berapa lama penggunaan resource yang digunakan, dst.

Lihat Juga :

7. Dukungan Script & addon Domain

Fitur Script dan Add On Hosting
image source : guestcanpost.com

Penting untuk anda perhatikan, pastikan layanan web hosting hadirkan beragam dukungan Script, dan addon domain untuk meningkatkan proteksi atau keamanan website.

Seperti misalnya, ketika anda ingin membuat website dengan CMS WordPress, maka pastikan layanan web hosting mendukung hal ini. Versi program PHP-pun saat ini penting untuk diperhatikan, pastikan mendukung versi PHP paling baru.

Lebihnya lagi, cek fitur-fitur tambahan lain, pastikan anda mendapat fitur kecepatan untuk memaksimalkan loading website seperti LiteSpeed Enterprise, WordPress Accelerator, Network Speed, CDN, serta untuk keamanan seperti CloudFlare Protection, Spamexpert Protection, Ddos & Malware Protection, dll.

8. Review Pelanggan

Coba lihat reviews dari pelanggan lain atau minta pendapat dari pengguna yang telah berpengalaman dalam masalah ini. Ada beragam sumber yang bisa anda temukan untuk melihat review pelanggan mulai dari blog, forum, komunitas, sosial media, dan lainnya.

Tapi jangan sampai, ketika anda mendapat informasi dari pihak tertentu lalu ditelan mentah-mentah bisa jadi anda justru akan dimanfaatkan oleh pihak tersebut, pastikan anda benar-benar mendapat informasi dari tempat yang terpercaya.

Yang paling mendasar adalah, ketahui apa yang anda butuhkan, dan selain menggunakan hosting yang tepat, pastikan anda mampu mengontrol penuh sisi software dan platform yang digunakan. Karena selain server yang baik, kontrol terhadap platform seperti loading script, cache, cookies, dan loading image penting untuk diperhatikan.

…itulah beberapa hal mendasar yang perlu anda perhatikan dalam memilih layanan web hosting berkualitas dengan harga terjangkau. Jika ada dari anda yang mungkin memiliki pengalaman lebih dalam memilih web hoting, silahkan berbagi cerita melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan salam senyum untuk anda semuanya!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. yunita berkata:

    terimakasih kak