6 Cara Mengatasi “Sayangnya, Mobile Legend Telah Berhenti” di HP Android

0
471

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Mobile Legend Telah Berhenti” di HP Android. Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basis. Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai “hero”, dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut “minions”, bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara. (Sumber : Wikipedia.org)

Baca Juga :

Mengatasi Mobile Legend Telah Berhenti

Kita tahu bahwa #Game Mobile Legend merupakan salah satu Game MOBA yang cukup terkenal ditahun – tahun ini. Bahkan jika kita melihat sekilas mengenai Game ini di #Google Play Store, unduhannya mencapai 100 Juta lebih dengan rating dari para penggunanya yang sangat baik. Namun tentu, dibalik kepopulerannya, sebagian pengguna ada yang merasakan masalah pada saat dimainkan atau saat membukanya. Salah satunya yakni muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Mobile Legend Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Mobile Legend Has Stopped”. Masalah semacam ini terjadi karena banyak sebab, seperti file sampah, file corrupt, data dan Memori Penuh, dan lainnya. Dan untuk mengatasinya, cobalah beberapa metode yang saya ulas berikut ini.

1. Pastikan Memori Mencukupi

Hal pertama yang bisa anda lakukan yakni memastikan bahwa memori smartphone anda cukup untuk memainkan Game ini. Mobile Legends akan maksimal saat RAM Smartphone anda kisaran 2 GB. Dan juga memori Internal pastikan tidak penuh atau tidak kebanyakan Aplikasi, Dokumen, Foto, Video, Audio, dan lainnya.

2. Restart Smartphone

Untuk metode kedua, cobalah me-restart Smartphone Android anda. Siapa tahu dengan melakukan hal ini, baik Aplikasi atau Game anda bisa normal kembali dan tidak terjadi muncul pesan error. Jika masih tetap tidak normal, cobalah untuk mengikuti metode berikutnya.

3. Hapus Cache Game

Untuk metode ketiga, cobalah untuk membersihkan file cache atau file sampah yang ada pada Mobile Legend. Bisa jadi, file sampah atau cache yang terlalu banyak membuat aplikasi lag, macet, atau muncul pesan error. Tidak hanya pada Game Mobile Legend, anda juga harus rutin membersihkan file cache secara rutin, baik pada Sistem atau Aplikasi lainnya. Dan untuk membersihkan file cache, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Bersihkan Cache Mobile Legend

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Mobile Legend” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus Data Game

Untuk metode berikutnya, anda bisa mencoba membersihkan Data Game Mobile Legend. Hapus Data yang saya maksud disini adalah membersihkan file sementara yang ada pada Game, seperti Basis Data, Data Login, Bookmark, History, Cache, dan lainnya. Dengan cara ini, biasanya Game atau Aplikasi dapat normal kembali. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Bersihkan Data Mobile Legend

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Mobile Legend” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Install Ulang Game

Untuk metode kelima, anda bisa mencoba untuk menghapus dan menginstall kembali Game Mobile Legend. File yang corrupt, rusak, atau karena unduhan bertipe file Apk membuat game memunculkan pesan error. Untuk melakukannya, anda bisa menghapus Game, bersihkan file cache, restart, dan install kembali Game Mobile Legend via Google Play Store. Untuk metode Uninstall, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal Mobile Legend

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Mobile Legend” » Selanjutnya tap “Uninstall” » kemudian Pilih “OKE”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Update Sistem

Dan apabila metode – metode diatas tidak dapat mengatasi masalah yang anda hadapi, bisa jadi Sistem anda yang bermasalah. Cobalah untuk meng-update Sistem anda ke versi yang lebih tinggi. Dengan cara ini, siapa tahu game Mobile Legend atau Aplikasi lain dapat normal kembali dan tidak muncul pesan error. Untuk Update sistem atau UI Smartphone, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Itulah beberapa metode sederhana yang bisa anda lakukan dalam mengatasi masalah Game Mobile Legend yang memunculkan pesan error. Metode – metode diatas dapat anda coba pada banyak smartphone Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Huawei, Honor, VIVO, Advan, Motorola, SONY, dan lainnya.

Metode yang saya berikan tidak sepenuhnya dapat berhasil 100%, karena setiap smartphone memiliki masalah yang berbeda – beda. Anda bisa mencari dan mencoba metode lain apabila kurang puas dengan metode yang saya berikan.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Mobile Legend Telah Berhenti” di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah Game Mobile Legend atau yang lainnya, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here