Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone

Dianisa.comTips Mengisi Daya Baterai Smartphone Android Agar Lebih Cepat Penuh. Kita tahu bahwa baterai android sangat – sangat boros jika di gunakan untuk bermain game atau internetan. Jika kita perhatikan, mengisi daya baterai android terasa lama, sedangkan baterai serasa cepat habis. Jadi, seharian kita Cuma sibuk nge-charger HP mulu.

Baca Juga :

Beberapa smartphone memang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi para pengguna smartphone yang sudah memiliki fitur tersebut. Tapi smartphone yang berfitur fast charging relatif mahal, terlebih kita masih sayang dengan smartphone kita yang lama.

Sebagai pengguna yang baik tentunya kita harus berhemat dalam memakai smartphone. Hanya pada saat butuh saja kita menggunakan smartphone maka dijamin baterai akan dapat bertahan lama. Tapi, selain bijak dalam menghemat baterai, tentunya kita harus punya trik agar saat pengisian baterai lebih cepat dan tidak menunggu selama berjam – jam. Lalu, bagaimana cara mengisi daya baterai smartphone supaya cepat penuh? Berikut ulasannya untuk anda.

Mengisi Daya Baterai Smartphone Supaya Cepat Penuh

Ada beberapa trik khusus agar pengisian daya baterai cepat penuh. Trik ini dijamin manjur jika anda lakukan dengan betul – betul. Dan berikut trik – triknya.

1. Dukungan Fast Charging

Seperti yang saya katakana diatas bahwa smartphone sekarang sudah terdapat fitur fast charging. Yang intinya sangat berguna saat sedang mengisi baterai smartphone. Jika dibandingkan dengan smartphone lain yang tidak memiliki fitur fast charging mungkin sekitar 50% lebih cepat.

Teknologi fast charging saat ini sudah tertanam pada produk Oppo, Samsung, HTC, Asus dan produk android lainnya. Tapi memang untuk yang sudah berfitur fast charging tentunya harga juga relatif lebih mahal. Jika anda sudah memiliki smartphone dengan fitur fast charging maka anda sangat beruntung sekali.

2. Jangan Gunakan Smartphone Untuk Bermain

Apapun keadaannya sebaiknya jangan gunakan smartphone saat sedang di charger, terutama internet dan bermain game. Kegiatan seperti sosial media dan bermain game membuat baterai cepat panas, dan pengisian daya juga akan terhambat dan terkesan lebih lama.

Layar smartphone yang terus menyala tentunya membuat pengisian daya semakin lama. Jadi sebaiknya, aktifitas online atau bermain game anda hentikan sejenak supaya pengisian baterai lebih cepat.

3. Aktifkan Mode Air Plane

Tujuan mengaktifkan mode air plane yakni mematikan fungsi sinyal untuk tidak bekerja sementara waktu. Beberapa koneksi Android seperti WIfi, GPS, Sinyal Operator, dan data Internet akan terputus sementara waktu. Dengan melakukan hal ini, konsumsi betarai android akan berkurang dan untuk pengisian baterai dijamin lebih cepat.

4. Gunakan Charger Original

Charger bawaan atau charger original lebih sesuai dibanding anda menggunakan charger lain. Arus yang dialirkan lebih stabil dibanding charger lain, dan tentunya hal tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi ponsel anda.

Jikapun charger bawaan sudah rusak, sebaiknya anda tetap gunakan charger dengan kualitas dan kondisi yang masih bagus.

5. Sambungkan Ke Colokan Listrik

Untuk men-charger baterai secara optimal, sambungkan ke listrik secara langsung. Hindari charging dengan port USB. Pasalnya charging dengan port USB pada komputer atau laptop pasti akan sangat lama, sampai 3 jam pun baterai juga belum penuh jika anda sambungkan dengan port USB.

6. Matikan Smartphone

Supaya cepat penuh, mematikan smartphone menjadi solusi paling jitu dari pada solusi lainnya. Semua aktifitas pada smartphone tidak bisa anda lakukan, Anda hanya bisa menunggu sampai baterai penuh. Tunggu hingga proses charging selesai (100%) atau sampai lampu LED berwarna hijau, tanpa baterai smartphone sudah penuh.

7. Jangan Gunakan Wireless Charging

Teknologi Wireless Charging memang sudah dihadirkan pada beberapa produk smartphone terkemuka seperti pada Samsung Galaxy S6. Tapi sebenarnya mengisi daya baterai dengan teknologi Wireless Charging sangat lama, berbeda sekali dengan charging dengan kabel.

Walaupun sudah tersedia Wireless Charging, sebaiknya gunakan saja charging dengan kabel biasa supaya lebih cepat. Anda tidak perlu membali Wireless Charging, simpan uang anda untuk keperluan lainnya.

8. Gunakan Power Bank Berkualitas

Gunakan power bank yang berkualitas saat anda tidak menemukan colokan charger. Jangan sampai tertipu dengan power bank murahan atau palsu, takutnya nanti malah membuat power bank ataupun smartphone anda meledak.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, dijamin proses charging akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Salah satu cara terbaik agar proses charging lebih cepat yakni sambungkan ke colokan listrik secara langsung dan matikan smartphone.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Supaya Lebih Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here