100 Kode Remote TV Polytron LCD, LED dan Tabung Universal

Berikut daftar kode remote TV Polytron lengkap dan terbaru!

Polytron merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan sistem canggih untuk berbagai aplikasi. Perusahaan asal Indonesia ini didirikan pada tanggal 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Sejak perubahan nama PT. Hartono Istana Teknologi pada tahun 2000, nama Polytron hanya digunakan pada produk televisi dan audio saja. Namun setelah itu, perusahaan ini telah berhasil memperluas cakupan produk perlengkapan elektronik lainnya. Produk-produk tersebut di antaranya adalah speaker, televisi, lemari es (tahun 2000), mesin cuci (tahun 2010), smartphone (tahun 2011) dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai produk elektronik, saat ini televisi dengan merek Polytron masih menjadi salah satu produk pilihan yang diminati oleh masyarakat luas. Karena tidak hanya hadir dengan harga yang relatif terjangkau, namun kualitas yang disuguhkan pun juga tidak jauh berbeda dengan merek-merek ternama lainnya. Meski dilengkapi dengan beragam keunggulan yang menarik, TV Polytron juga masih kerap mendapati masalah ketika digunakan. Salah satu persoalan yang sering dialami oleh pengguna Polytron yaitu remote TV yang rusak.

Kerusakan pada remote dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa karena terjatuh akibat kelalaian pengguna atau hilang karena ukurannya yang kecil. Jika sudah begitu, Anda harus membeli remote yang baru agar bisa digunakan untuk mengoperasikan TV Polytron. Namun yang menjadi permasalahannya adalah jarang sekali produsen elektronik menjual remote secara terpisah. Lantas bagaimana solusinya? Simak informasi mengenai kode remote TV Polytron di bawah ini agar Anda bisa membeli remote TV yang bisa dipakai untuk semua jenis merek televisi dan pastinya dengan harga yang lebih murah.

Lihat Juga : 100 Gambar Anime Keren, Aesthetic, Cewek, Cowok

Kode Remote TV Polytron

Kode Remote TV Polytron
Sumber Gambar : polytron.co.id

Umumnya kode remote TV dibagi menjadi dua jenis, yaitu TV Tabung (Televisi Kuno) dan TV LCD Modern (dengan bentuk layar yang lebih tipis). Berikut kode remote TV Polytron jenis LCD/LED dan Tabung yang dapat Anda ketahui:

Jenis TV LCD / LED

TV LCD/LED adalah jenis televisi modern yang paling banyak dipakai masyarakat luas saat ini. Selain memiliki bentuk yang jauh lebih tipis dibandingkan TV tabung, jenis TV ini juga menyuguhkan tampilan layar yang elegan disertai dengan beberapa keunggulan lainnya. Berikut beberapa kode yang bisa Anda pakai.

Kode Remote TV LCD / LED : 024, 043, 017, 053, 151, 120, 147, 150, 152, 253

Jenis TV Tabung

Meskipun sudah ketinggalan zaman, bukan berarti TV Tabung sudah tidak dipergunakan lagi. Faktanya jenis TV Tabung saat ini masih banyak dipakai oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah, karena TV ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan jenis TV LCD/LED. Jika Anda termasuk salah satu pengguna TV tabung merek Polytron. Anda bisa memasukkan beberapa kode remote TV Polytron berikut ini agar bisa berfungsi dengan baik.

Kode Remote TV Polytron Tabung : 017, 253, 043, 120, 150, 053, 152, 253, 024, 147, 151,

Lihat Juga : Teks Kosong Generator

Cara Memasukkan Kode TV Polytron

Memasukkan Kode Remote TV Polytron
Sumber Gambar : polytron.co.id

Setelah Anda mengetahui beberapa kode remote TV Polytron di atas, maka tahapan selanjutnya yaitu bagaimana cara mensetting remote dan memasukkan kode tersebut ke dalam Televisi. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memasukkannya. Pertama jika Anda memakai cara manual, Anda perlu mencoba kode yang telah kami sediakan di atas satu per satu dan memasukkannya dengan menekan beberapa tombol pada remote. Kedua, Anda bisa menggunakan cara otomatis jika Anda tidak menemukan kode remote yang sesuai. Jika Anda masih belum memahaminya, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Manual

  1. Pastikan baterai remote TV Polytron Anda dalam kondisi normal, lalu nyalakan TV Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol “SET” pada remote TV beberapa detik hingga lampu indikator menyala. Jika dengan cara tersebut masih belum menyala, Anda bisa menekan tombol “SET” dan “POWER” secara bersamaan.
  3. Kemudian masukkan kode remote TV Polytron yang telah kami sediakan di atas.
  4. Jika kode yang Anda masukkan benar dan berhasil, maka TV akan meresponnya. Bagaimana jika tidak berhasil? Ulangi langkah pertama dan masukkan kode lainnya yang tersedia.
  5. Setelah itu tekan tombol “POWER” untuk mematikan lampu indikator. Dan kini Anda sudah bisa mengoperasikan televisi kembali.
  6. Selesai.

Cara Otomatis

Jika Anda telah memasukkan semua kode yang kami berikan di atas, namun TV Anda masih tidak merespon apa pun. Maka ada kemungkinan kode yang Anda masukkan tadi tidak ada yang cocok. Sehingga Anda perlu memasukkan kode remote TV Polytron secara otomatis. Caranya cukup mudah, yaitu setelah lampu indikator menyala, Anda perlu mengarahkan remote ke TV lalu tekan tombol volume (+ atau -) yang ada pada televisi secara berulang. Setelah Anda mendapatkannya, Anda bisa menekan tombol Power untuk menghentikan proses pencarian kode otomatis.

Lihat Juga : 1 GB Berapa MB?

Penyebab kode remote TV tidak berfungsi                     

Penyebab Kode Remote TV Polytron Tidak Berfungsi
Sumber Gambar : polytron.co.id

Jika remote TV universal yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik, tentu ada beberapa faktor yang memungkinkan hal tersebut dapat terjadi. Misalnya seperti berikut ini:

1.Remote kehabisan baterai

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika baterai menjadi salah satu masalah yang sering terjadi ketika remote televisi tidak berfungsi. Baterai yang lemah biasanya ditandai dengan respon remote yang berjalan cukup lambat, sehingga perlu menekan beberapa kali agar bisa merespon.

2. Salah memasukkan kode remote

Tidak hanya masalah pada komponen baterai saja, tetapi penggunaan kode remote yang salah juga bisa menjadi alasan mengapa remote TV universal Anda tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengetahui beberapa kode remote TV yang kami paparkan pada tabel di atas sangat penting untuk diketahui, agar ketika Anda memasukkan salah satu kode namun tidak berhasil, Anda masih bisa menggunakan kode lainnya sampai cocok.

3. Ada kerusakan pada sensor infrared

Sensor infrared merupakan salah satu bagian penting pada sebuah remote TV, karena berfungsi untuk mengirim sinyal menuju TV Anda. Jika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka tidak menutup kemungkinan remote TV akan bermasalah. Untuk mengetahui apakah sensor infrared mengalami kerusakan atau tidak, Anda bisa menggunakan kamera ponsel Anda.

Lihat Juga : 1 GB Berapa KB?

Cara memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi

Ketika Anda mendapati masalah pada remote TV yang tidak berfungsi dengan baik, Anda bisa mencoba salah satu solusi alternatif di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Mengganti baterai baru, jika Anda merasa baterai yang lama pada remote TV sudah melemah.
  2. Pastikan kembali kode remote TV universal yang Anda masukkan sudah benar.
  3. Bersihkan bagian keypad dari kotoran atau debu yang menumpuk.
  4. Bersihkan besi penghubung yang sudah berkarat.
  5. Keringkan remote TV jika basah terkena air, dan hindari penggunaan hari drayer saat mengeringkan remote tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Close Source

Penutup

Dengan mengikuti setiap tahapan yang kami berikan di atas dengan benar, Anda bisa menggunakan TV Polytron dengan normal kembali tanpa kendala. Jika Anda kesulitan saat memasukkan kode remote TV Polytron, Anda bisa coba salah satu tips alternatif di atas. Mungkin saja kendala tersebut disebabkan karena baterai remote yang lemah atau salah memasukkan kode remote.

Itulah beberapa kode remote TV Polytron yang bisa Anda coba beserta cara settingnya. Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini! Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa perbedaan remote universal dan non-universal?

Cara termudah menemukan perbedaannya yaitu dengan melihat tombol Set atau Mode. Jika remote Anda tidak memiliki tombol tersebut, maka bisa dipastikan remote itu adalah remote non-universal.

Di mana letak kode TV?

Umumnya, kode TV bisa Anda lihat dengan mengecek bagian belakang produk.

Apa penyebab remote TV tidak berfungsi?

Ada banyak faktor yang menyebabkan TV tidak bisa merespon sinyal dari remote. Misalnya seperti baterai remote lemah, ada kerusakan pada sensor infrared, atau mungkin salah memasukkan kode remote.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Doa Qunut Subuh Arab, Latin, dan Artinya Lengkap!

    Berikut bacaan doa qunut beserta artinya!
  2. Download Adobe Photoshop CS4 Terbaru

    Berikut kami sediakan link download Adobe Photoshop CS4 terbaru untuk Windows 7, 8, 10, 11
  3. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator